Mengulas Marketing Mix 7P, Strategi Bagi Bisnis Anda.

Marketing mix merupakan strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalamanya. Marketing mix telah dikembangkan menjadi marketing mix 7P yaitu product, place, price, promotion, people, process dan physical evidence.
marketing mix
Table of Contents

Sebagai pemasar, kita tahu bahwa meremehkan kekuatan perencanaan itu hal yang kurang tepat. Bagi kebanyakan dari kita, kekuatan perencanaan itu perlu membuat strategi yang tepat. Salah satu yang menuntun anda mencapai tujuan anda adalah dengan menerapkan strategi Marketing Mix 7P yang efektif dan efisien.

Kita semua menggunakan label atau brand yang berbeda tergantung pada industri tempat kita bekerja, siapa target pasar kita, dan produk atau layanan yang kita jual. Namun ada satu model abadi yang dimanfaatkan oleh setiap pemasar terlepas dari bidang pekerjaan mereka. Hal itulah yang dinamakan Marketing Mix. 

Sebelum kita masuk ke seluk beluknya, berikut adalah garis beras apa itu marketing mix. Marketing Mix biasanya dikenal dengan 4 faktor utama yaitu, Product, Place, Price, Promotion. Kemudian hal ini diperluas menjadi Marketing Mix 7P dengan mencakup 3 faktor tambahan lainnya yaitu Bukti Fisik, Manusia, dan Proses

Penting untuk dipahami bahwa meskipun marketing mix dapat mengarahkan strategi anda dan memberi anda pemahaman yang lebih baik tentang pasar yang lebih luas, serta bisnis anda secara internal, ini bukan One-Stop-Shop. Marketing Mix adalah taktik yang bekerja paling baik ketika diterapkan secara teratur atau semi-teratur sebagai struktur untuk perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan evaluasi ulang kegiatan pemasaran anda. 

Apa itu Marketing Mix

Marketing Mix secara tradisional terdiri dari 4 keputusan pemasaran untuk mengarahkan tujuan bisnis ke pasar sasaran tertentu. Empat keputusan ini adalah Product, Place, Price, Promotion (atau juga disebut dengan 4P)

Sejak dimulainya Marketing Mix (dicetuskan oleh Mc Carthy dalam buku 1960 berjudul A Managerial Approach ), Marketing Mix telah berkembang untuk memasukkan lebih banyak keputusan pemasaran inti untuk menjadikannya alat yang berguna untuk bisnis. 

Marketing Mix yang diperluas, juga disebut Marketing Mix 7P, mencakup People,Process, dan Physical Evidence. Marketing Mix yang diperluas lebih cocok untuk pemasaran layanan, oleh karena itu, Marketing Mix 7P sangat cocok untuk bisnis online anda. 

Pada 1990-an, serangkaian keputusan pemasaran yang lebih didorong oleh customer, disingkat karena C ditambahkan untuk meningkatkan Marketing Mix secara keseluruhan: Customer, Cost, Convenience, Communication (oleh Lauterborn), atau Commodity, Cost, Channel, Communication (oleh Shimizu)

Menggunakan Marketing Mix 7P sebagai kerangka kerja untuk keputusan bisnis dan pemasaran menciptakan strategi yang tepat yaitu : 

  • Efektif
  • Mengembangkan kekuatan bisnis sambil meminimalkan kelemahan
  • Meningkatkan daya saing pasar
  • Fleksibilitas dan inovasi bisnis
  • Tingkatkan kerjasama tim

Mengenal Definisi Konsep Marketing Mix 7P

Marketing Mix 7P adalah seperangkat taktik pemasaran yang diakui, yang dapat anda gunakan dalam kombinasi apapun untuk memuaskan pelanggan di pasar sasaran anda. Marketing Mix 7P dapat dikontrol, tetapi diperuntukkan pada lingkungan pemasaran internal dan eksternal anda. Menggabungkan taktik pemasaran yang berbeda ini memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan anda juga dikenal dengan Tactical Marketing Mix

Setelah anda mengemabangkan startegi pemasaran anda, ada Marketing Mix 7P yang harus anda gunakan untuk terus mengevaluasi kembali aktivitas bisnis anda. Ketujuh hal tersebut adalah Product, Price, Promotion, Place, Packaging, Positioning, and People. Karena produk, pasar, pelanggan, dan kebutuhan berubah dengan cepat, anda harus terus-menerus meninjau kembali Marketing Mix 7P ini untuk memastikan anda berada di jalur yang benar dan mencapai hasil maksimal yang mungkin bagi anda di pasar saat ini 

Baca juga :
Apa itu Marketing dan Strategi untuk Mengoptimalkan Bisnis
Penerapan Prototype untuk Proses Perancangan Produk Berbasis Aplikasi
Langkah-Langkah Membuat Tampilan Website Toko Online Sendiri

Formula dan Contoh Marketing Mix

1. Product

Dalam marketing mix 7P berbasis online, produk harus 100%  online, artinya produk tidak memiliki fitur fisik. Misalnya menjual produk tradisional di toko online tidak akan cukup baik. 

Kita harus melihat produk online sebagai sesuatu yang sifatnya terukur, yang prosesnya berkisar seputar online seperti : 

  • Penciptaan dan pengelolaan produk
  • Harga Produk
  • Distribusi Produk 

Saat membuat produk online dalam Marketing Mix 7P, kita perlu memikirkan semua aspek yang mengelilingi produk tersebut. Mari kita paparkan tentang subjek melalui pertanyaan yang berpotensi membantu kami memberikan produk online yang lebih baik 

  • Apa merek online dari produk yang dibuat?
  • Apakah produk online memiliki lini produk atau serangkaian produk dalam jangkauan?
  • Apa saja layanan tambahan di sekitar produk?
  • Bagaimana siklus akhir produk online terlihat? Apakah dapat di upgrade atau berbasis pembaharuan?
  • Apa jaminan dari produk online tersebut? 

Produk mengacu pada apapun yang dijual, seperti Produk Fisik, Layanan, atau Pengalaman. Tidak peduli bagaimana anda memposisikan diri anda sebagai sebuah merek, produk, atau layanan, anda akan selalu menjadi pusat dari strategi bisnis anda sendiri. Karena hal tersebut mempengaruhi setiap aspek.

Sementara hal-hal seperti layanan pelanggan adalah kuncinya, produk anda yaitu apa yang pelanggan dapatkan, pada akhirnya adalah hal yang paling mereka pedulikan. Tentu saja, jika pembeli anda tidak puas dengan apa yang anda jual, mereka tidak akan kembali kepada anda. Tetapi jika kualitasnya tepat dan itu menyelesaikan masalah mereka, produk tersebut akan terjual sendirinya.

2. Place

Dimana anda menjual produk atau layanan anda? Ada banyak tempat dan cara bisnis dapat menjual. Jadi “tempat” tidak hanya mengacu pada lokasi fisik. Itu bisa berarti menjual melalui situs web, katalog, media sosial, memanfaatkan pameran dagang, dan tentu saja toko. “Tempat” mencakup setiap saluran distribusi. Sebagian besar perusahaan tidak dapat mendirikan mendirikan toko di sembarang tempat, perlu adanya riset dan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan

‘Tempat’ dalam Marketing Mix 7P yang berbasis online berarti tempat di mana dan bagaimana anda memberi pelanggan anda akses ke produk anda. Dalam pemasaran online, ada banyak pilihan bagi anda untuk menjual diberbagai platform. 

Tempat terbaik untuk pelanggan anda adalah tempat terbaik untuk dijangkau dan nyaman bagi target audiens anda. Jika melihat produk online secara ketat solusi apa yang anda miliki untuk menjual produk anda? Banyak tempat seperti : 

  • Platform media sosial (baik menjual langsung atau dengan merujuk traffic pada website anda sendiri)
  • Toko online khusus (Shopee, WooCommerce), halaman arahan dengan fitur pembelian
  • Pasar online (Amazon, eBay, Etsy)

Tujuan dari ‘Tempat’ dalam Marketing Mix 7P berbasis online adalah untuk mempertimbangkan faktor kenyamanan bagi pelanggan anda. Mengaktifkan tempat yang paling nyaman bagi pelanggan anda untuk mengakses produk online anda sangat penting untuk keseluruhan pengalaman bisnis anda. 

3. Price

Harga dalam hal ini berbasis online mengacu pada biaya produk yang akan dibayar pelanggan anda. Dalam harga, kita perlu memasukkan faktor sekunder, misalnya, apa nilai yang dirasakan pelanggan dari produk online dan mempertimbangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk mendapatkan produk. 

Termasuk pelanggan, waktu yang dihabiskan untuk memperoleh produk anda dalam strategi penetapan harga membantu anda mengembangkan harga yang lebih akurat untuk produk anda. Kami mengasosiasikan produk online dengan menjadi instan dalam akuisisi, tetapi dalam banyak kasus, ada beberapa langkah yang terlibat untuk pelanggan. 

Sebagai contoh : 

  • Pra-pendaftaran dan pendaftaran 
  • Orientasi 
  • Lama proses checkout dan pembelian 
  • Waktu unduh 

Waktu akuisisi yang lama meningkatkan biaya bagi pelanggan, yang menyebabkan hilangnya penjualan. Penetapan harga produk online dengan cara yang benar adalah metode meningkatkan pendapatan dengan dengan skala. Strategi penetapan harga yang tidak efisien pada akhirnya akan menjadi akhir dari produk. Seperti halnya skala yang lebih besar, skala masalah yang lebih kecil juga. 

Strategi penetapan harga yang sangat baik mencakup penggunaan diskon, syarat pembayaran, dan memiliki peluang untuk tunjangan.

4. Promotion

Promosi dalam Marketing Mix 7P adalah penggunaan alat komunikasi pemasaran online untuk menjangkau audiens target anda. Promosi mencakup penggunaan iklan online, hubungan masyarakat, komunikasi langsung, dan promosi penjualan untuk menjangkau dan mempengaruhi audiens. 

Pemasaran online menawarkan banyak strategi efektif untuk dipilih agar dimasukkan ke dalam Marketing Mix 7P anda. Setiap bisnis dan produk online-nya memerlukan pendekatan yang berbeda ketika memanjangkan pelanggan mereka. 

Beberapa metode berkisar pada iklan langsung di berbagai platform, sementara strategi lain berkisar pada membangun otoritas dengan konten atau mendapatkan pengikut di media sosial. 

Strategi bisnis online yang baik mencakup tujuan bisnis anda, dengan metode yang praktis untuk mendapatkannya. Inovasi dalam keputusan pemasaran anda sangat penting untuk menjaga goals yang akan dicapai. 

Metode promosi pemasaran online sebagai bahan pertimbangan : 

5. People

Manusia sebagai keputusan pemasaran dalam Marketing Mix 7P berbasis online sangat penting. Produk dan bisnis yang hebat membutuhkan orang-orang yang terlibat dalam distribusi online dan personel yang berhubungan langsung dengan pelanggan. 

Menjawab pertanyaan orang-orang dalam Marketing Mix 7P, secara akurat berarti mengukur dan mengevaluasi interaksi antara bisnis dan pasangannya serta interaksi antar personil dan pelanggan. 

Bagaimana anda dapat melakukannya? Layanan pelanggan sangat penting dalam pengaturan online ketika interaksi tidak bersifat fisik. Merancang sistem dukungan pelanggan tidak lebih baik dimana pelanggan dan karyawan anda dapat berinteraksi satu sama lain dengan lancar dan terukur, memungkinkan kami menghasilkan pengalaman yang lebih konsisten untuk keduanya. 

Ada banyak opsi dan kombinasi dukungan online yang dapat anda perkenalkan ke dalam alur kerja bisnis anda. Misalnya, hal yang paling dasar, anda dapat mengintegrasikan media sosial sebagai saluran untuk dukungan pelanggan atau memanfaatkan ulasan online (seperti Google My Business)

6. Process

Proses sebagai keputusan pemasaran dalam Marketing Mix 7P berbasis online mendefinisikan prosedur yang diperlukan dan optimalisasi penyampaian produk online dan pengalaman inti darinya. Tugas apa yang diperlukan suatu produk untuk memberikan pengalaman intinya bagi penggunanya. 

Optimalisasi proses bergantung pada data yang dikumpulkan dan mengukur data dengan mempertimbangkan indikator kinerja utama (KPI). Untuk memiliki proses yang dioptimalkan, kebutuhan konstan untuk melacak keberhasilan operasi anda dalam Marketing Mix 7P sangat penting. 

Semakin baik proses yang kita miliki, semakinsiap skala kita, dan mendokumentasikan setiap langkah yang kita ambil, meningkatkan peluang kita untuk memahami kesehatan bisnis melalui perspektif pemasaran online. 

Proses pelacakan dna kinerja sistem secara keseluruhan memungkinkan kami untuk menemukan kesalahan kritis yang terbaik sebelum terjadi atau, paling tidak menemukannya sangat awal sebelum kegagalan signifikan terjadi. 

7. Physical Evidence

Dalam bauran pemasaran yang diperluas, bukti fisik mengacu pada berbagai elemen pengalaman layanan layanan, seperti fasilitas, desain interior, corak, dan artefak pasca pembelian (cinderamata). 

Dalam bisnis online, potongan-potongan bukti ini tidak akan memiliki elemen fisik. Namun, digitalisasi bukti fisik ini masih memungkinkan dan merupakan keputusan pemasaran yang penting untuk dimiliki. 

Kesadaran merek online di berbagai saluran adalah contoh bukti online yang sangat baik. Seberapa baik saluran ini memperluas pengalaman layanan, misalnya melalui jumlah pengikut, likes, dan metrik keterlibatan sosial lainnya. 

Baca juga :
Cara Promosi Produk yang Tepat dengan Menggunakan Website
Model STP Marketing, Segmen Pemasaran yang Unggul untuk Bisnis

Kesimpulan

Memasukkan model Marketing Mix 7P ke dalam alur keputusan pemasaran perusahaan akan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik untuk bisnis anda. Manfaat keputusan pemasaran seputar produk, harga, tempat, promosi, manusia, proses dan bukti fisik perusahaan. Bisnis yang memahami bagaimana menghubungkan semua bagian dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar mereka. 

Dengan seperangkat pedoman yang tepat, pemasar dapat menyusun strategi dan mengembangkan kampanye yang bekerja untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan yang sangat berharga. Marketing Mix 7P dari bagian Marketing Mix dapat bertindak sebagai daftar periksa yang terstruktur dengan baik untuk pemasar yang bertujuan menciptakan strategi efektif yang mencapai tujuan mereka dan mengembangkan bisnis sepenuhnya. 

Sekawan Studio menyediakan jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website terpercaya. Jika anda tertarik, silakan hubungi kontak kami.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.