Panduan Belajar Search Engine Marketing (SEM) dan Implementasinya.

search engine marketing
Table of Contents

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan bisnis atau produk anda melalui internet. Salah satu caranya ada dengan menggunakan internet marketing. Strategi pemasaran tersebut terbagi lagi menjadi beberapa jenis, namun kali ini kami hanya akan membahas seputar search engine marketing.

Apakah anda mengenal istilah tersebut? Bagi seorang digital marketer tentu sudah akrab dengan salah satu marketing channel tersebut. Untuk anda yang baru belajar, dapat memulai dengan mempelajari hal – hal dasar untuk menambah insight baru seputar SEM.

Apa itu Search Engine Marketing

Pengertian dari Search Engine Marketing adalah salah satu jenis pemasaran melalui internet yang memanfaatkan promosi iklan. Dimana, anda pasti pernah menjumpai pada halaman pertama mesin pencari Google menampilkan beberapa page URL yang terdapat label “Ad / Iklan”. Nah, page URL tersebut adalah situs yang sedang menjalankan kampanye bisnis SEM.

Yang mana, di dalam dunia digital marketing sendiri, SEM menggunakan metode PPC (Pay Per Click), dimana setiap kali terdapat pengguna yang masuk, maka pemilik dari situs iklan tersebut harus membayar kepada search engine untuk setiap click -nya.

Dapat dibayangkan bahwa, apabila anda menggunakan strategi search engine marketing untuk memperkenalkan produk atau layanan, maka anda harus membayar terlebih dahulu kepada mesin pencari seperti Google atau Bing. Sehingga, anda akan otomatis diprioritaskan untuk dapat mencapai halaman pertama secara cepat, namun untuk jangka waktu yang relatif sebentar.

Perbedaan SEO dan SEM

Lantas apa sebenarnya perbedaan dari SEO dan SEM? Pada intinya, kedua hal ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mendapatkan brand awareness, visitor traffic, dan conversion rate. Namun, pengaplikasiannya yang berbeda, dimana untuk Search Engine Optimization sendiri lebih mengarah untuk mendapatkan jumlah pengunjung secara organik. Sedangkan, SEM lebih berfokus pada meningkatkan jumlah visitor melalui sebuah iklan yang ditampilkan dengan halaman website.

Perbedaan yang berikutnya adalah keberhasilan SEO dapat dirasakan untuk jangka waktu yang panjang (long-term), dikarenakan untuk mendatangkan pengunjung secara organik tidak bisa dilakukan optimasi untuk satu hingga dua bulan. Namun, impact yang dirasakan tentu dalam waktu lebih dari 3 bulan dengan berbagai metrik yang telah dioptimasi tentunya.

Untuk SEM sendiri cocok untuk digunakan pada penerapan kampanye bisnis atau promosi dengan jangka waktu yang relatif pendek (short-term). Sehingga, kata kunci yang anda targetkan biasanya akan efektif dalam interval waktu yang lebih sedikit daripada anda menerapkan keyword targeted secara organik.

Contoh Search Engine Marketing 

Contoh dari penerapan Search Engine Marketing adalah Google Adwords atau sering dikenal dengan Google Ads. Platform tersebut merupakan layanan khusus yang dimiliki oleh mesin pencari Google untuk memudahkan pengguna dalam mengiklankan produk secara berbayar dan lebih mudah.

Salah satu tools rekomendasi untuk dapat mendukung pengelolaan Google Ads sendiri adalah dengan menggunakan Google Adsense atau Keyword Planner. Kedua tools tersebut sangat cocok untuk anda yang masih pemula dan ingin menjalankan program bisnis dengan memanfaatkan channel dari SEM.

Hal yang paling penting untuk anda perhatikan adalah melakukan riset pasar dan menentukan target kompetitor bisnis anda. Kemudian, buat beberapa list terkait analisa kata kunci yang tepat dan paling cocok untuk layanan atau produk bisnis anda. Jangan lupa untuk selalu mengoptimasi halaman web anda agar tetap berada di halaman pertama, baik dari sisi teknis, maupun konten dalam page tersebut.

Baca juga :
Strategi Tepat untuk Menjalankan Bisnis dengan Social Media Marketing
Penjelasan Lengkap Apa itu Brand Identity dan Manfaatnya

Manfaat dari Search Engine Marketing

Apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan search engine marketing? Berikut merupakan beberapa keuntungan ketika anda telah mengimplementasi teknik pemasaran ini.

1. Menentukan Target Audiens yang Lebih Spesifik

Pertama, anda dapat menentukan target pembaca yang lebih jelas, dimana SEM sangat cocok untuk digunakan dalam menarget sebuah keyword yang lebih spesifik, seperti letak geografis, jenis layanan, dan lain sebagainya.

Apabila anda mendapatkan target audiens yang tepat, maka ada kemungkinan anda akan memperoleh nilai konversi yang lebih besar dari seberapa revenue yang dihasilkan. Pastikan juga untuk membuat konten yang menarik, tidak mengandung duplikasi konten, jelas, dan tidak bertele – tele.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Kedua, dengan teknik SEM mampu meningkatkan brand awareness perusahaan atau organisasi anda. Dikarenakan pengguna internet akan lebih sadar mengenai produk atau service yang anda tawarkan jika halaman web anda lebih sering muncul pada halaman atau ranking pertama.

Untuk meningkatkan kesadaran konsumen, anda perlu memperhatikan desain atau tampilan situs anda berjalan dengan baik dan memiliki kemudahan dalam segi user experience (UX). 

3. Meningkatkan Conversion Rate

Ketiga, manfaat utama dari penggunaan SEM pada akhirnya adalah untuk mengubah audiens anda agar beralih menjadi konsumen bisnis tetap anda. Sehingga tingkat konversi menjadi acuan paling penting untuk mencapai goals bisnis suatu perusahaan. Dimana, hal tersebut menjadi tolak ukur terbaik untuk mengevaluasi seberapa efektifkah kampanye bisnis yang anda jalankan.

4. Mendatangkan Traffic Lebih Cepat daripada SEO

Dan terakhir, objektif awal dari search engine marketing sendiri adalah untuk mendapatkan trafik sebanyak – banyaknya, sehingga mampu meningkatkan brand awareness kedepannya. Berbeda dengan SEO yang mampu mendatangkan jumlah pengunjung secara perlahan dengan jangka waktu yang terbilang cukup lama.

Namun, dengan menggunakan strategi SEM ini anda dapat memperoleh trafik yang secara cepat dengan jangka waktu yang lebih singkat. Tentu saja, kekurangannya terletak pada keefektifan dari keyword tersebut dapat bertahan untuk waktu yang singkat.

Kesimpulan

Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang cukup efektif untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis anda secara cepat, sistematis, dan akurat. Sehingga, anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas lagi dengan bantuan media internet. Diutamakan menjalankan SEM pada kebutuhan promosi iklan untuk jangka waktu yang pendek.

Sekawan Studio menawarkan paket layanan jasa website development yang melayani proses pembuatan situs secara custom dan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis customer.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.