Riset Pasar: Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Jenis

Riset pasar (market research) adalah penentuan kelayakan pemasaran layanan baru atau produk baru, dengan cara menganalisis pelanggan potensialnya. Ruang lingkup riset pasar meliputi riset produk, pemasaran, periklanan, hingga tanggung jawab perusahaan. Riset pasar dapat dilakukan secara primer atau sekunder. Simak juga tahapan dan tips melakukan riset pasar pada artikel ini.
riset pasar
Daftar Isi

Saat ini, customer sudah memiliki banyak kekuatan karena mereka dapat meneliti produk atau layanan anda dan membuat keputusan sepenuhnya sendiri. Oleh karena itu, anda perlu melakukan sebuah Riset Pasar atau market research. Hal tersebut perlu anda lakukan karena customer cenderung meminta referensi dari anggota jaringan mereka atau membaca ulasan online daripada berbicara dengan salah satu perwakilan penjualan anda.

Untuk melakukan riset pasar, anda memerlukan bantuan dari konsumen anda. Namun, bagaimana anda akan mengumpulkan data itu? Dalam kasus ini, riset pasar adalah cara yang baik untuk mendapatkan semua jawaban yang anda butuhkan.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai jenis riset pasar yang dapat anda gunakan sebagai alternatif pemecahan masalah dan tantangan dalam bisnis.

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar lebih sering orang lain gunakan dalam pencarian sistematis, objektif, dan menyeluruh untuk mempelajari fakta-fakta yang relevan dengan masalah apapun di bidang pemasaran. 

Riset pasar dapat terepresentasikan dengan metode untuk mendapatkan fakta yang akan seorang eksekutif gunakan dalam merumuskan kebijakan dan rencana. Hal tersebut juga dapat Anda definisikan sebagai pengumpulan sistematis pencatatan dan analisis data tentang masalah yang berkaitan dengan pemasaran barang dan jasa.

Hal ini termasuk dalam pencarian sistematis untuk informasi yang melibatkan pengumpulan data, analisis, dan interpretasi. Penelitian tidak dapat menarik keputusan, tetapi dengan membantu bidang pemasaran dalam pengambilan sebuah keputusan. 

Riset pasar merupakan elemen penting dari strategi pemasaran karena riset pasar mencakup analisis pasar yang lengkap yang meliputi informasi mengenai sifat, ukuran, profitabilitas organisasi dari pasar yang berbeda, perubahan pasar, serta berbagai faktor-ekonomi, sosial, dan politik yang mempengaruhi perubahan tersebut. Tujuan utama dari market research adalah untuk mengetahui tentang konsumen dan pasar produk atau jasanya.

Tujuan Riset Pasar

Sebuah proyek riset pasar biasanya memiliki 3 jenis tujuan yang berbeda, antara lain:

1. Administratif

Administrative Riset Pasar
Ilustrasi tujuan administratif dari sebuah kegiatan market research

Untuk membantu perusahaan atau pengembangan bisnis dengan perencanaan yang tepat, terorganisir, serta kontrol sumber daya manusia dan material. Oleh karena itu, hal tersebut dapat memenuhi semua kebutuhan spesifik dari pasar pada waktu yang tepat.

2. Sosial

Social Riset Pasar
Ilustrasi aspek sosial sebagai tujuan riset pasar

Untuk memuaskan kebutuhan spesifik pelanggan melalui suatu produk atau jasa. Produk atau layanan harus sesuai dengan persyaratan atau preferensi pelanggan saat dikonsumsi.

3. Ekonomi

Economical Riset Pasar
Ilustrasi kepentingan ekonomi sebagai tujuan riset pasar

Untuk menentukan tingkat ekonomis keberhasilan atau kegagalan dari sebuah perusahaan saat baru mengenal pasar atau memperkenalkan produk atau layanan baru. Dengan demikian, perusahaan tersebut dapat memberikan kepastian untuk semua tindakan yang hendak mereka laksanakan.

Baca Juga:
Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab dari Seorang Account Executive
Apa itu Marketing dan Strategi untuk Mengoptimalkan Bisnis

Ruang Lingkup Riset Pasar

Lingkup market research mengacu pada area atau aspek yang dicari dalam kegiatan riset tersebut. Dengan kata lain, market research menyiratkan di bidang mana riset dapat anda terapkan. Faktanya, market research berkaitan dengan hampir setiap aktivitas manajemen pemasaran. Selain itu, riset pasar juga memiliki cakupan yang luas dan komprehensif. 

Ruang lingkup riset pasar mencakup bidang-bidang berikut:

1. Riset Produk

Produk melibatkan barang dan jasa. Cabang riset pertama ini mencakup semua masalah yang berkaitan dengan produk perusahaan. 

Hal ini mempelajari dan memecahkan masalah terkait produk, seperti:

  • Studi kualitas dan kinerja produk
  • Studi karakteristik fisik dan psikologi produk
  • Menentukan penggunaan produk yang ada
  • Studi komparatif produk kompetitif
  • Mendeteksi masalah konsumen terkait produk
  • Menentukan kebutuhan untuk mengembangkan produk baru

2. Riset Pemasaran

Bidang riset pemasaran ini berhubungan dengan pasar/konsumen. Ini mempelajari karakteristik dan komposisi pasar sasaran yang mencakup pasar saat ini maupun pasar potensial.

Cabang ini meliputi:

  • Mendefinisikan dan memilih target pasar, bisa mass market ataupun niche market
  • Menjelaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran
  • Studi ukuran dan lokasi pasar saat ini
  • Menilai tren pasar saat ini dan memproyeksikan tren masa depan

3. Riset Metode dan Kebijakan Penjualan

Bidang riset ini, khususnya berkaitan dengan studi dan analisis aktivitas yang berhubungan dengan penjualan.

Berbagai aspek yang tercakup dalam bidang ini adalah:

  • Studi dan analisis catatan penjualan
  • Analisis wilayah penjualan dalam hal produk, ukuran pesanan, waktu, syarat dan ketentuan, serta metode
  • Studi tentang aktivitas dan efektivitas salesman
  • Mengevaluasi metode penjualan yang ada  

4. Riset Periklanan

Periklanan adalah salah satu metode promosi pasar yang ampuh. Sebagian besar anggaran promosi dikhususkan untuk kegiatan periklanan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan penelitian terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan periklanan. 

Dibawah ini, aspek-aspek yang tercakup : 

  • Studi banding berbagai elemen melalui promosi produk, misalnya promosi menggunakan website
  • Studi tentang tujuan periklanan, pemilihan media, tema, dan biro iklan
  • Aspek sosial periklanan: efek negatif dan positif dari periklanan pada masyarakat luas
  • Peran periklanan dalam berbagai tahap siklus hidup produk

5. Riset Harga

Harga merupakan elemen penting dari riset pasar. Di negara berkembang, harga memainkan peran yang penting. Kebijakan dan metode penetapan harga yang sesuai dapat memberikan kontribusi positif dalam pencapaian tujuan pemasaran. Jelas bahwa harga tetap menjadi penentu utama keputusan pembelian. 

Hal ini meliputi:

  • Studi tentang tujuan penetapan harga
  • Studi tentang efektivitas kebijakan dan strategi penetapan harga
  • Mempelajari berbagai metode untuk menetapkan harga
  • Studi tentang pengaruh diskon, tunjangan, dan variabel musiman

6. Penelitian Distribusi

Dalam pemasaran saat ini, distribusi memiliki peran yang unik untuk menentukan keberhasilan suatu produk. Seorang pemasar dapat berkontribusi pada kepuasan konsumen total dengan merancang jaringan distribusi yang tepat. Distribusi fisik dan saluran distribusi adalah dua komponen penting dari penelitian tersebut. 

Hal tersebut meliputi:

  • Studi banding antara distribusi langsung dan tidak langsung
  • Distribusi fisik dan layanan tambahan
  • Mempelajari berbagai jenis saluran distribusi

7. Riset Lingkungan Bisnis dan Tanggung Jawab Perusahaan

Area ini tidak berkaitan dengan pemecahan masalah pemasaran apapun secara langsung. Untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang terkait dengan lingkungan bisnis yang luas, penelitian semacam itu perlu anda lakukan. Studi area ini membantu para pemasaran merumuskan strategi untuk pasar saat ini dan masa depan juga.

Hal tersebut juga membantu menilai kekuatan dan kelemahan departemen pemasaran dalam kaitannya dengan lingkungan bisnis. Dalam lingkungan bisnis yang dinamis saat ini, kajian terhadap berbagai variabel ekonomi, sosial, dan budaya menjadi sangat penting. Demikian pula perlu untuk menganalisis tanggung jawab perusahaan.

Aspek utama bagian ini tercakup atas:

  • Peramalan bisnis jangka pendek dan jangka panjang
  • Aspek teknologi
  • Ketersediaan dan kualitas sumber daya produktif

Jenis Riset Pasar

Banyak perusahaan menggunakan market research untuk menguji produk baru atau untuk mendapatkan informasi dari konsumen tentang jenis produk atau layanan apa yang mereka butuhkan dan tidak mereka miliki saat ini. 

Misalnya, sebuah perusahaan sedang mempertimbangkan untuk masuk ke bisnis dan mungkin melakukan riset pasar untuk menguji kelayakan produk atau layanannya. Jika hasil market research menegaskan minat konsumen, maka bisnis dapat melanjutkan dengan percaya diri berdasarkan rencana bisnis. Jika tidak, perusahaan harus menggunakan hasil ini nantinya untuk melakukan penyesuaian produk agar sesuai dengan keinginan pelanggan.

1. Riset Pasar Primer

Riset primer adalah riset yang dilakukan sendiri atau mempekerjakan seseorang untuk melakukannya. Riset ini melibatkan kunjungan langsung ke sumber target pasar guna mengajukan pertanyaan dan mengumpulkan informasi.

a. Face to Face Interview

Gambar Interview Riset Pasar
Ilustrasi Face-to-Face Interview

Dari sana, perusahaan akan mewawancarai orang-orang di jalan tentang publikasi yang mereka baca dan apakah mereka mengenali salah satu iklan atau merek dalam iklan tersebut di majalah atau surat kabar yang diperlihatkan pewawancara kepada mereka.

b. Riset Pasar Online

Riset Pasar Online
Ilustrasi Riset Pasar Online

Dengan orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu online, maka semakin banyak kegiatan market research yang bergeser dan menjadi secara online juga. Meskipun platform mungkin telah berubah, pengumpulan data sebagian besar masih dilakukan dalam bentuk survei. Para customer cenderung lebih menyukai survei secara online dan menawarkan pendapat ketika mereka punya waktu.

2. Riset Pasar Sekunder

Riset Pasar Sekunder adalah jenis riset yang telah disusun, dikumpulkan, diorganisir, dan dipublikasikan oleh orang lain sebelumnya.

a. Laporan Pemerintah

Ilustrasi Laporan Pemerintah
Ilustrasi Laporan Pemerintah (from Unsplash)

Sebuah bisnis atau perusahaan dapat menggunakan informasi dari laporan pemerintah untuk memutuskan tingkat gaji yang akan ditawarkan kepada calon karyawan, menentukan target pasar atau jenis produk yang akan dikembangkan untuk menghasilkan keuntungan serta menarik minat potential target.

b. Situs Web dan Aplikasi Kompetitor

Gambar Orang Melihat Situs Web
Ilustrasi perencanaan web/app (from Unsplash)

Situs web dan aplikasi kompetitor adalah tambang emas untuk penelitian sekunder. Tentukan pesaing anda kemudian analisa web serta app kompetitor dan bandingkan dengan web/app perusahaan anda. Selain itu, pastikan anda menyiapkan cara sistematis untuk mengumpulkan dan mencatat apa yang anda temukan sehingga proses eksekusi bisa berjalan dengan optimal.

Baca Juga:
Apa itu Business Development dan Tugas dalam Menjalankannya
Mengenal Apa itu Benchmarking, Jenis, serta Manfaat dalam Bisnis

Tahapan Riset Pasar

Proses riset pasar dirancang untuk memberikan gambaran menyeluruh tentanng rencana pemasaran perusahaan, membantu mengidentifikasi titik kelemahan serta kekuatannya. Berikut merupakan tahapan-tahapan yang bisa dilakukan untuk riset pasar :

1. Identifikasi Peluang

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mendefinisikan masalah yang ingin anda selesaikan. Mengembangkann pertanyaan yang memungkinkan anda dalam mendefinisikan peluang sehingga penelitian dapat lebih spesifik dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah atau menentukan tindakan apa yang harus dilakukan terkait peluang yang ada untuk mencapai tujuan penelitian.

2. Menyusun Research Plan

Dengan membuat marketing research plan dapat membantu perusahaan menemukan cara untuk memecahkan masalah. Renacana serta rancangan riset ini tergantung pada anggaran yang tersedia, metode riset yang dipilih untuk mendapatkan data, dan cakupan proyek. Ada dua metode research market yaitu primer dan sekunder yang tertera pada bagian jenis riset pasar.

3. Pengumpulan Data

Setelah mengidentifikasi tujuan, penting untuk mulai mengumpulkan informasi. Dalam riset pemasaran, sebagian besar data yang anda kumpulkan akan bersifat kuantitatif dan kualitatif, yang bersifat deskriptif dan observasional. Idealnya, kedua jenis data tersebut akan digabung.

4. Analisa Data

Menganalisis data adalah cara untuk menemukan tren atau pola dalam perusahaan atau pasar yang dapat memengaruhi kinerja pasar bisnis. Analisis data mengubah metrik mentah menjadi informasi yang dapat dicerna untuk memberikan jawaban atas pertanyaan penelitian awal anda. Saat Anda menganalisis data, jangan mencoba menebak pola berdasarkan asumsi saja sebelum mengumpulkan data untuk hasil yang lebih valid.

5. Presentasikan Hasilnya

Setelah selesai melakukan penelitian dan menganalisis data, anda bisa membuat laporan penelitian yang kemudiam mempresentasikan findings. Laporan riset pemasaran setidaknya berisi detail utama perusahaan seperti profil pelanggan, audiens target, dan pesaing pasar, serta menjawab pertanyaan yang ingin dijawab oleh riset anda.

Tips Melakukan Riset Pasar

Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk melakukan riset pasar :

1. Gunakan Elemen yang Interaktif

Gunakan elemen dinamis untuk menangkap intensitas respons atau progres untuk menunjukkan sejauh mana proses survei berjalanHal-hal ini dapat membantu meningkatkan tingkat respons dalam survei online anda.

2. Tanyakan Pertanyaan yang Sesuai

Cara terbaik untuk mengidentifikasi peluang dan meningkatkan strategi pemasaran adalah dengan mengajukan pertanyaan yang tepat. Ketika melakukan wawancara, gunakan penelitian observasional untuk memahami partisipan Anda dengan lebih baik.

3. Kenali Buyer Persona

Untuk memahami target pelanggan anda sebenarnya, buyer persona memiliki peran yang signifikan. Buyer persona membantu mengidentifikasi titik masalah, tantangan, dan motivasi pembelian pengguna sehingga anda dapat mengetahui kesenjangan dalam proses atau ekspektasi mereka dan offer dengan penawaran yang relevan.

Kesimpulan

Riset pasar bisa menjadi pengalaman yang sangat membuka mata anda sebagai sisi customer dan penjual. Bahkan jika anda merasa mengenal pembeli anda dengan cukup baik. Dengan menyelesaikan studi, kemungkinan akan mengungkapkan saluran baru dan kiat pengiriman pesan untuk membantu meningkatkan interaksi anda. 

Website sangat berperan penting dalam sebuah perusahaan sebagai media promosi produk serta layanan yang ditawarkan. Website merupakan salah satu strategi marketing yang cukup efektif serta memiliki jangkauan yang luas.

Namun, pembuatan web merupakan proses yang tidak mudah. Untuk itu, Sekawan Studio hadir untuk memudahkan anda dalam mengoptimalkan strategi marketing anda. Sekawan Studio membuka jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website profesional. Jika anda tertarik dengan layanan kami, silakan hubungi kontak resmi kami. Terima kasih!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.