Apa itu Marketing dan Strategi untuk Mengoptimalkan Bisnis.

marketing
Table of Contents

Dalam sebuah perusahaan yang mengedepankan bisnisnya, marketing menjadi bagian yang sangat penting untuk mencapai tujuannya. Selain itu, dapat memenuhi kebutuhan pasar yang setiap waktu bisa berubah-ubah sesuai dengan perkembangannya. Ditunjang dari kaca perusahaan, juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan dimata konsumen.

Marketing digunakan untuk membangun awareness kepada pengguna, karena pertama pengguna perlu untuk mengenal produk yang akan dipasarkan melalui bentuk produk baik warna maupun identitas dari produk yang ditawarkan. Melakukan kegiatan penawarannya diperlukan adanya strategi yang akan dilakukan, tetapi perlu dikenali juga ada banyak jenis-jenis marketing yang perlu diketahui oleh pebisnis sebelum memulai kegiatan promosinya. Terkadang program affiliate juga perlu untuk dilakukan dalam pemasaran perusahaan, artikel ini akan menjelaskan beberapa strategi yang harus dipahami dalam bisnis. 

Apa itu Marketing 

Marketing adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada khalayak sasaran oleh perusahaan, dengan menawarkan produk serta layanan yang disediakan oleh perusahaan tersebut.  Secara istilahnya, marketing adalah proses manajemen untuk memindahkan layanan yang mereka tawarkan kepada konsumen targetnya. 

Jenis Marketing

Sebelum melakukan marketing kita juga harus mengetahui jenis-jenis yang ada, berikut jenis marketing dibagi berdasarkan target pasar, teknik pemasaran, serta alat yang digunakan.

1. Target Pasar

Ada beberapa teknik untuk melakukan marketing berdasarkan target pasar, antara lain :

a. Business to Business (B2B)

Business to Business (B2B) salah satu marketing yang memperhatikan target pasar dalam pelaksanaannya. B2B adalah tawaran layanan yang diberikan oleh perusahaan terkait dengan produk maupun layanan yang ditawarkan kepada konsumen yang dalam hal ini pelaku bisnis menjadi konsumennya. Seperti halnya, kita sebagai produsen bahan mentah pakaian atau kain kemudian ditawarkan kepada pelaku bisnis pada fashion. Secara tidak langsung yang dilakukanya, marketing adalah pelaku bisnis kepada pelaku bisnis. 

b. Business to Customer (B2C)

Segmentasi marketing ini berdasarkan target pasar yang dicari, pelaku bisnis berhubungan langsung dengan konsumen sebagai targetnya. Fokusnya ada pada penggunanya. Misalnya, dalam suatu bisnis yang bergerak di bidang makanan dipimpin oleh perseorangan atau individu kemudian menawarkan produknya kepada konsumen dalam hal ini konsumen yaitu pelanggan.

c. Consumer to Consumer (C2C)

Model bisnis ini sudah banyak yang dilakukan oleh masyarakat, namun mereka tidak menyadarinya telah melakukan model tersebut. Pengguna sebagai pelaku customer, dimana antara satu pengguna dengan pengguna lainnya saling melakukan jual beli terkait produk yang akan ditawarkan.

Contoh sederhana, terlihat dari marketplace shopee dengan posisi sebagai seller atau penjual produknya kepada pengguna atau customer. Dalam hal ini marketing mulai dilakukan dengan memperhatikan target pasarnya.

d. Business to Government (B2G)

Model bisnis ini juga disebut sebagai Business to Administration (B2A), produk yang ditawarkan meliputi pelayanan maupun informasi yang diberikan kepada pemerintah dengan tujuan untuk membantu memudahkan segala urusan yang menyangkut pemerintahan.

Pengembang bisnis, berkesempatan untuk melakukan penawaran berupa proyek maupun tawaran produk sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Salah satu contoh dari model bisnis B2G ini adalah situs dari businessofgoverment.org, dimana menghubungkan beberapa penelitian independen maupun berasal dari perguruan tinggi guna memberikan banyak referensi untuk peningkatan pemerintahan.

2. Teknik Pemasaran

a. Word of Mouth (WOM)

WOM adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh individu maupun perusahaan dengan menawarkan produknya. Pada dasarnya strategi ini dilakukan dari mulut ke mulut, biasanya seseorang mulai melakukan tawarannya dengan membicarakan keunggulan produk.

Selain itu, memberikan tester barang yang ditawarkan kepada pembeli. Marketing ini paling banyak kita jumpai ketika berada di keramaian, dengan banyaknya orang yang akan dijadikan target pelaku dari WOM ini mulai melakukan proses tawarannya. 

Adapun beberapa keuntungan jika kita menggunakan strategi ini loyalitas dari pelanggan lebih besar karena penjual memastikan pembeli benar-benar membeli produk yang kita tawarkan, disisi lain popularitas brand yang kita tawarkan, serta membangun kepercayaan dari pembeli.

b. Guerilla Marketing

Strategi marketing ini berasal dari kata ‘gerilya’ yang merupakan suatu taktik dalam hal ini diterapkan dalam pemasaran produk dalam perusahaan. Salah satu cara menggunakannya yaitu dengan menggunakan viral marketing, cara ini paling efektif ketika kita melakukan teknik guerilla.

Menciptakan sebuah tagline baru yang mana dapat diterima oleh pelanggan, sehingga akan menghasilkan popularitas yang tinggi. Pada dasarnya marketing adalah untuk menarik pelanggan guna membeli produk yang telah kita tawarkan. 

Salah satu contoh dari teknik ini adalah IKEA, promosi yang ditawarkan dengan memberi informasi eksplisit bahwa penyimpanan dalam rumah itu penting adanya sehingga taktik yang merek berikan yaitu mengubah lemari penyimpanan menjadi sebuah tangga rumah yang nampak menarik dan indah. 

c. Affiliate Marketing

Strategi ini membutuhkan pihak ketiga untuk melakukannya, dengan membantu menawarkan produk yang kita miliki kepada orang lain. Biasanya perusahaan besar menggunakan teknik tersebut, dengan tujuan memperluas targetnya. Ketika seseorang tersebut telah berhasil melakukan tugasnya, feedback yang mereka dapatkan berupa komisi.

Pada dasarnya, program affiliate ini mempunyai beberapa pihak yang ikut terlibat, di antaranya :

  • Merchant

Merchant merupakan pihak utama yaitu penghasil produk maupun layanan. Kepemilikan produk yang pertama berada pada pihak merchant atau perusahaannya. Begitu juga pihak perusahaan akan membayarkan komisi kepada affiliate.

  • Affiliate 

Affiliate disebut juga sebagai pihak promosi. Disini kekuatan besar terhadap penawaran produk berada. Produk yang diberikan oleh perusahaan akan ditawarkan mereka dengan gaya sesuai kreasinya tanpa menghilangkan ketentuan dari produk.

Biasanya orang yang terlibat dalam program affiliate ini adalah seseorang yang mempunyai impact besar terkait perkembangan produk, seperti influencer, blogger maupun perusahaan yang bergerak dalam bidang affiliate marketing. 

Strategi yang dapat dilakukan oleh seorang affiliate juga terkait dengan penulisan konten yang berkualitas, menggunakan media sosial bisa dengan akun pribadi affiliate maupun akun khusus untuk promosi. 

Perusahaan yang menerapkan affliate antara lain : amazon associates, shopee, afliasi hostinger dan lain sebagainnya.

  • Customer 

Pihak terakhir yang memberi keputusan yaitu customer. Setelah mendapatkan banyak informasi dari seorang affiliate, maka akan muncul atensi dari pelanggan yang menghasilkan keputusan antara membeli ataukah tidak.

Baca juga :
Strategi Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis
Panduan Belajar Search Engine Marketing (SEM) dan Implementasinya
Memahami Konsep Dasar SEO dalam Kebutuhan Digital Marketing

d. Database Marketing 

Teknik yang dilakukan guna untuk mengumpulkan beberapa data yang berasal dari konsumen, sehingga dapat memudahkan perusahaan untuk mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan oleh pelanggan. 

Jika pelanggan ingin melakukan pembelian ulang, pembeli tidak diharuskan mengisi email, data diri untuk melengkapinya, maka secara tidak langsung adanya database marketing yang diterapkan dalam perusahaan. Database ini juga dibuat berdasarkan interaksi dari pengunjung dengan laman maupun akun perusahaan. 

3. Alat yang Digunakan 

a. Telemarketing 

Telemarketing adalah salah satu kegiatan dari perusahaan yang menjual layanan dengan menggunakan telepon, posisi ini biasanya ada dalam perusahaan dan orang yang menempati posisi ini adalah telemarketer.  Divisi ini termasuk juga dalam divisi marketing. 

b. Digital Marketing

Digital marketing adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk melakukan penawaran atau pemasaran menggunakan media digital yang lebih dikenal sebagai internet. Dalam hal ini, platform yang digunakan banyak sekali seperti blog, website, ataupun media sosial lainnya.

c. Direct Mail Marketing 

Direct mail marketing adalah promosi yang dilakukan secara langsung mengguakan email sebagai platform. Kontak didapatkan melalui jejak pelanggan, jika pernah mendaftarkan email dalam bentuk subscribe atau lainnya. Selain itu, dapat menjangkau jarak yang jauh.

Perusahaan menggunakan strategi ini dengan mengirimkan katalog produk langsung atau berupa tawaran kode reveral maupun potongan harga menarik yang diberikan.

Strategi Marketing

Apa itu marketing, mungkin sudah kita ketahui banyak sekali jenis dan manfaatnya bagi bisnis. Berikut ada beberapa hal mengenai strategi penerapannya, yang harus diperhatikan. Antara lain :

1. Target Pasar 

Target pasar sangat penting bagi pengusaha, sebelum memulai bisnisnya harus melihat sekelompok konsumen yang akan dijadikan sebagai sasaran untuk produknya. 

Hasil yang didapatkan berupa karakteristik konsumen sesuai dengan ketentuan masing-masing. Sehingga, perusahaan mengetahui karakteristik mana yang paling sesuai dengan target dari perusahaan. 

2. Menggunakan Influencer/ Key Opini Leader (KOL)

Berbeda dengan menggunakan affiliate, cara ini juga dirasa sangat berpengaruh terhadap perusahaan. Ditunjang dari segi lain, juga memberikan dampak yang signifikan dari promosi influencer terletak dari kualitas produk sendiri dan influencer terkenal dengan memiliki pengikut dan jangkauan yang luas.

3. Memanfaatkan Platform 

Platform bisa juga berhubungan dengan sosial media maupun alat yang bisa digunakan untuk memasarkan produk. Dalam hal ini juga perlu untuk diperhatikan yang paling penting terdiri dari 2, yaitu : 

a. SEM 

Search Engine Marketing (SEM) digunakan sebagai alat promosi dalam sebuah perusahaan, terlebih digunakan campaign yang merupakan produk baru yang ingin memasarkan produknya agar lebih dikenal oleh pelanggan. Strategi ini termasuk berbayar, namun biaya yang dikeluarkan juga tergantung dengan keyword atau kata kunci yang digunakan dan juga lokasi yang digunakan. 

b. SEO

Salah satu cara untuk memperluas jangkauan, yaitu dengan memperhatikan optimasi SEO (Search Engine Optimization). Cara untuk mendapatkan penawaran kita berada di posisi teratas di antara kompetitor lain. 

Penggunaan dan penempatan kata kunci yang sesuai akan sangat berpengaruh pada target pasar pemasaran perusahaan. Prinsip yang harus diterapkan juga mengenai optimasi konten website maupun sosial media, serta memperhatikan kenaikan trafiknya.

Kesimpulan 

Marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan berbagai strategi yang dilakukan guna untuk mendapatkan pelanggan dan memperluas jangkauan bisnis yang dilakukan. Ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan dalam melakukan penawaran. Perlu untuk menentukan target pasar terlebih dahulu sebelum melakukan target bisnis yang akurat akan dijalankan. 

Sekawan Media membuka jasa optimasi website dengan menerapkan teknik SEO friendly dan mobile responsiveness.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.