Mengenal Account Executive: Tugas dan Tanggung Jawabnya.

account executive
Table of Contents

Sebuah perusahaan tentunya membutuhkan jembatan untuk melakukan kegiatan antara klien dengan perusahaan itu sendiri. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan membutuhkan account executive. Sebagian besar posisi tersebut menjadi paling penting karena sebagai jembatan antara keinginan dari perusahaan dan keinginan dari klien. Permasalahan yang mereka tangani juga sesuai dengan bidang industri atau perusahaan terkait bisnis tersebut. 

Pada dasarnya, tugas account executive adalah menangani permasalahan yang berhubungan dengan klien atau customer. Mulai dari pembuatan perencanaan, melakukan brainstorming internal maupun eksternal, serta melakukan beberapa meeting dengan jalinan kerja sama oleh perusahaan dan klien. 

Sebagian orang tergiur oleh posisi ini karena merupakan salah satu pekerjaan dengan pendapatan dalam kategori tinggi. Selain itu, tugas dan tanggung jawab juga tinggi kepada perusahaan. Tugas dan tanggung jawab account executive juga beriringan sesuai dengan bidang bisnis yang bergerak, tetapi biasanya melakukan interaksi dengan klien yang paling utama. Oleh karena itu, penting adanya posisi ini dalam perusahaan terutama dengan kompetitor dan kompetisi pasar yang tinggi. 

Jika Anda tertarik dengan posisi ini, artikel ini akan membahas mengenai pengertian, gaji, tugas, dan tanggung jawab seorang account executive.

Pengertian

Account executive adalah profesi yang hampir mirip dengan marketing office (sales), tetapi seorang AE harus bisa berhubungan baik dengan semua klien dan mampu menghasilkan kerja sama antara keduanya serta saling menguntungkan kedua belah pihak. Pekerjaan seorang AE biasanya lebih spesifik sesuai dengan bidang industri pada tempat kerja karena setiap perusahaan mempunyai spesifikasi AE yang berbeda-beda. 

Pendapatan bergantung pada kualitas dari seorang account executive dalam bidang pemasaran bisnisnya. Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga pada posisi account executive dan tugasnya berbeda setiap perusahaan. Akan tetapi, semua yang menjadi seorang AE harus mempunyai spesifikasi pada bidang pemasaran untuk bisnis. 

Seperti halnya seorang account executive pada industri media yang bertugas menawarkan iklan serta memposisikan diri sebagai koordinator departemen pembuat iklan sebagai jembatan akses antara pemilik iklan dengan staff produksinya. 

Tidak hanya kualitas saja, account executive juga memerankan sebagai orang ketiga sehingga penampilan fisik sangat berguna untuk menarik klien. Berpenampilan menarik, pandai dalam melakukan komunikasi dengan setiap orang dan yang paling penting dapat menyuarakan klien mengenai kebutuhan yang mereka butuhkan terhadap perusahaan. 

Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas account executive tidak hanya sebatas melakukan pemasaran, tetapi juga melakukan pemasaran produk atau layanan kepada klien. Ada banyak komponen yang bisa menjalin sukses untuk kerja sama. Ada beberapa tugas dan tanggung jawab account executive, antara lain:

1. Membuat Rencana Promosi

Rencana Promosi Account Executive

Seorang AE harus mempunyai keahlian dalam bidang promosi, membuat jadwal untuk melakukan penawaran terkait dengan produk maupun layanan pada bisnis perusahaan. 

2. Merencanakan Proyek Klien

Rencana Dengan Klien Account Executive

Selain membuat promosi, account executive juga bertugas membuat rencana proyek klien yang. Terkadang, klien tidak mau bercampur tangan mengenai rencana kedepannya sehingga klien biasanya memberikan sebagian besar dari maksud dan tujuan mereka dengan perusahaan. Selebihnya, tugas account executive adalah melakukan perencanaan mulai dari perjanjian kontrak kerja hingga finalisasi dalam penyelenggaraan proyek antara klien dengan perusahaan.

3. Mencari Klien Baru 

Mencari Klien Baru Account Executive

Account executive sebagian besar hampir sama dengan karena harus mampu mencari klien baru dengan sebanyak-banyaknya dan sebaiknya-baiknya. Klien biasanya terdiri dari berbagai kalangan. Tugas account executive adalah menjangkau semua klien, termasuk mencari klien-klien baru dalam perusahaan yang sesuai dengan klasifikasinya. Sebelum mencari klien baru, AE harus bisa menganalisis pasar yang sesuai dengan target pasar pada perusahaan. Tujuan perusahaan untuk mencari klien yang sesuai karena harus selaras dengan tugas dan tanggung jawab account executive. 

4. Memastikan Tercapai Target

Target Account Executive

Setiap perusahaan mempunyai target yang berbeda-beda sesuai dengan bisnisnya. Tugas seorang account executive adalah mampu merealisasikan target tersebut.

5. Menawarkan Iklan

Sebagian besar, seorang AE juga bertugas dalam melakukan iklan dengan melakukan penawaran produk maupun layanan pada bisnis perusahaan. Berawal dengan kertertarikan klien terkait produk, hal ini akan membentuk suatu relasi baru dalam bisnis dan terjalin kerja sama antara kedua belah pihak. 

6. Membuat Rincian Daftar Harga Periklanan 

Daftar Harga Account Executive

Daftar harga akan mengacu pada perjanjian kerja antara klien dengan perusahaan. Harga juga harus sesuai dengan perjanjian atas kesepakatan kedua belah pihak.

7. Menjalin Komunikasi Perusahaan 

Komunikatif Account Executive

Selain adanya sikap saling menghargai, seorang AE juga harus komunikatif. Pada dasarnya, account executive adalah orang yang banyak bicara untuk melakukan penawaran produk sehingga akan tercipta dan tuntutan pada sikap yang komunikatif. Komunikasi juga harus jelas antara perusahaan dan klien.

Baca juga :
Menyusun Strategi Penyusunan Niche Market yang Tepat untuk Bisnis Anda
Apa itu Marketing dan Strategi untuk Mengoptimalkan Bisnis

Karakteristik yang Perlu Dimiliki

Seorang AE mempunyai karakteristik tertentu agar semua tugas dan tanggung jawabnya dapat terlaksana dengan baik. Ada beberapa spesifikasi maupun karakteristik khusus yang harus ada dalam diri seorang AE, antara lain:

1. Pengetahuan dan Keahlian

Pertama, karakteristik account executive adalah mengenai pengetahuan dan keahlian. Beberapa pengetahuan yang harus dimiliki secara lugas adalah 

  • Pengetahuan ekonomi pemasaran,
  • Kemampuan negosiasi, 
  • Pengetahuan mengenai industri media, 
  • Pengetahuan komunikasi, 
  • Pengetahuan komputerisasi, 
  • Penguasaan berbagai bahasa, tidak hanya mahir dalam bahasa Indonesia saja, tetapi memiliki kemampuan bahasa asing juga dapat menjadi nilai tambah dalam menjalankan tugas account executive di dalam perusahaan. 

2. Bertanggung Jawab

Seorang account executive harus menanamkan jiwa yang bertanggung jawab pada dirinya. Segala urusan akan banyak berhubungan dengan orang lain sehingga seorang AE harus mampu mempertanggungjawabkan apa yang telah menjadi kesepakatan kedua belah pihak. Salah satunya dengan sifat bertanggung jawab terhadap segala tindakan.

3. SMART

Smart Account Executive

Selain tanggung jawab, tugas account executive adalah mempunyai pemikiran SMART yaitu 

  • Specific, mempunyai tujuan yang spesifik sesuai dengan kenyataan yang ada
  • Measurable, segala sesuatu tindakan maupun keputusan dari tujuan harus terukur sesuai dengan ekspektasinya
  • Achievable, tujuan harus bisa ia capai menjadi sebuah target dalam bisnis
  • Realistic, segala tujuan dan keputusan mempunyai alat ukur yang realistis atau sesuai dengan kenyataannya
  • Time-bound, dalam melakukan tugasnya ada beberapa poin yang harus ia capai. Semua rancangan harus mempunyai jangka waktu atau timeline sendiri untuk masing-masing capaiannya.

4. Percaya Diri

Gaji 

Gaji Account Executive

Pendapatan yang AE dapatkan pada setiap perusahaan biasanya berbeda-beda, bergantung dengan level posisi serta kebijakan dan bidang pada perusahaan. Biasnaya gaji berkisar antara Rp 4.000.000,- sampai Rp 6.000.000,-. Ada beberapa level posisi untuk seorang AE, antara lain:

1. Junior Account Executive 

Posisi ini adalah posisi paling rendah untuk menjadi seorang AE dan biasanya dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya masih didampingi dengan senior AE. Terlebih lagi untuk memegang klien dan bertemu untuk melakukan meeting

2. Senior Account Executive

Posisi ini biasanya untuk seorang AE yang telah berpengalaman selama 4-5 tahun dalam melakukan tugas dan tanggung jawab. Pada suatu perusahaan, biasanya senior AE ini bertugas untuk melakukan pengarahan kepada junior serta mendampingi apabila junior AE melakukan pertemuan dengan klien. Upah kerja pada posisi ini umumnya lebih tinggi daripada level sebelumnya, meskipun perbedaannya tidak terlalu tinggi antara tingkatan.

3. Account Manager

Account manager bertugas untuk mengatur account executive dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya serta dalam mencari klien secara langsung. Posisi ini merupakan level tertinggi dengan nominal gaji yang cukup besar yaitu sekitar Rp 6.000.000,- ke atas tergantung dengan bisnis yang sedang dijalankannya.

Kesimpulan 

Pada dasarnya, tugas account executive adalah menangani permasalahan yang berhubungan dengan klien atau customer. Tugas dan tanggung jawab account executive tidak hanya sebatas menjalin interaksi dengan klien, tetapi ada tujuh tugas dan tanggung jawab yang perlu AE perhatikan dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, terdapat beberapa karakteristik yang harus diperhatikan sebelum terjun ke dalam dunia AE. 

Gaji yang diperoleh berbeda-beda bergantung pada perusahaan dan kebijakannya. Namun, menjadi seorang AE termasuk dalam kategori pekerjaan berpenghasilan tinggi dalam dunia kerja. Dengan artikel ini, diharapkan Anda dapat mempersiapkan dan memperhatikan hal yang penting sebelum memilih dalam pekerjaan ini.

Sekawan Media membuka jasa optimasi website dengan menerapkan teknik SEO friendly dan mobile responsiveness.

 

 

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.