6 Cara Promosi Produk Menggunakan Website, Banyak Untung!

Pesatnya perkembangan teknologi, membuat pelaku bisnis memanfaatkan dunia digital sebagai strategi marketing mereka. Salah satunya adalah melakukan promosi produk melalui internet, baik melalui website maupun media sosial. Promosi produk yang menggunakan website umumnya menggunakan dua teknik, yaitu teknik SEO dan SMO. Selain meningkatkan traffic pada website, kedua teknik tersebut dapat mendatangkan pelanggan baru untuk bisnis anda.
promosi produk menggunakan website
Daftar Isi

Para pelaku bisnis semakin gencar melakukan strategi marketing dengan promosi produk menggunakan website. Lantas, bagaimana contoh promosi produk menggunakan menggunakan website yang tepat?

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, para pelaku bisnis memanfaatkan dunia digital sebagai strategi marketing mereka. Salah satu media yang mereka gunakan adalah website.

Website merupakan sebuah platform sebagai media untuk promosi penawaran produk atau jasa dari suatu bisnis. Selain media sosial seperti Instagram dan Facebook, website tetap menjadi wadah promosi bisnis yang primadona.

Website dapat mencakup informasi yang cukup lengkap. Terdapat beberapa fitur mendukung seperti desain layout yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan setiap bisnis.

Selain itu, website juga menampilkan konten-konten menarik yang dapat memikat pelanggan. Jika Anda tertarik untuk mempromosikan produk atau jasa melalui website, simak penjelasan berikut ini.

Teknik Promosi Produk Menggunakan Website

Website memberikan banyak kemudahan dan fitur yang mendukung untuk mengembangkan suatu bisnis. Hal tersebut membuat para pelaku bisnis melakukan promosi produk menggunakan website.

Website menghadirkan berbagai macam fitur yang user friendly, sehingga memberikan kemudahan untuk para pelaku bisnis yang baru terjun di dunia digital, khususnya website.

Dengan begitu, promosi produk menggunakan website menjadi lebih mudah diterapkan oleh semua kalangan.

Promosi produk menggunakan website disebut dengan media internet. Pada umumnya, promosi produk tersebut menggunakan teknik SEO dan SMO.

Tak hanya meningkat traffic pada website, dengan kedua teknik tersebut dapat mendatangkan pelanggan baru untuk bisnis Anda.

Untuk itu, simak penjelasan lebih lanjut mengenai kedua teknik tersebut berikut ini.

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan teknik strategi pemasaran online khususnya untuk website. Fungsi SEO sebagai optimasi halaman website agar memperoleh banyak pengunjung yang sumbernya melalui mesin pencarian di Google. 

Teknik ini dapat membantu website menjadi maksimal sehingga situs website Anda muncul di halaman pertama atau berada pada rating tertinggi di mesin pencarian. 

Oleh karena itu, penting bagi pelaku bisnis untuk memahami teknik SEO guna mengoptimalkan website bisnis yang sedang Anda kembangkan.

2. SMO (Social Media Optimization)

Hampir sama dengan SEO, teknik  ini bertujuan untuk meningkatkan traffic website bisnis Anda. Hanya saja, penggunaan platform pada SMO berbeda.

Jika SEO fokus terhadap platform situs website, teknik SMO cenderung fokus pada platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Tujuan dari teknik ini juga sama, yaitu mendatangkan pengunjung bahkan menambah pelanggan baru pada produk yang Anda tawarkan.

Manfaat Promosi Produk Menggunakan Website

Promosi Produk Pada Website
Ilustrasi promosi produk (Igor Miske/Unsplash)

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat melakukan promosi produk menggunakan website.

1. Meningkatkan Angka Penjualan

Adanya promosi produk menggunakan website dapat meningkatkan angka penjualan. Produk yang dipromosikan melalui website akan mendapat banyak perhatian lebih dari konsumen, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan angka penjualan.

2. Jangkauan Lebih Luas

Promosi produk diharuskan untuk menjangkau konsumen seluas-luasnya. Dengan jangkauan produk yang meluas, produk akan mendapat perhatian lebih.

Ketika orang membuka website, mereka akan menemui produk Anda terpampang sehingga jangkauan produk menjadi lebih luas.

3. Hemat Biaya

Saat menggunakan website sebagai sarana produksi, salah satu manfaat yang paling dirasakan pelaku bisnis adalah menghemat biaya.

Metode pemasaran secara tradisional seperti mencetak brosur dan pamflet masih menguras biaya. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk sarana promosi tersebut.

4. Memahami Perilaku Konsumen

Dengan promosi melalui website, akan memberikan kemudahan untuk mengetahui perilaku konsumen dengan interaksi yang dilakukan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk memahami kebutuhan dari konsumen.

5. Mudah Melakukan Riset dengan Kompetitor

Dengan memahami lingkungan website, akan sangat mudah untuk melakukan riset dengan kompetitor. Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kompetitor. Hal tersebut sangat berguna untuk perbaikan bisnis.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Website Menggunakan WordPress untuk Pemula

Cara Promosi Produk Menggunakan Website

Website merupakan media promosi yang paling murah, efektif, dan efisien. Dengan menggunakan website, Anda dapat memberikan informasi mengenai produk, potongan harga, dan informasi lainnya secara rinci. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menerima informasi dengan cepat dan tepat.

Jika Anda ingin membuat promosi produk menggunakan website, Sekawan Studio akan memberikan beberapa cara dan tips yang tepat. Untuk itu, simak uraian berikut ini.

1. Membuat Website Bisnis

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat website untuk promosi produk Anda.

  1. Memilih layanan website hosting yang tepat.
  2. Mendaftarkan nama domain sesuai dengan pilihan.
  3. Memilih platform untuk pengelolaan website.
  4. Mengunduh platform, disarankan memilih WordPress.
  5. Mengubah tema sesuai dengan keinginan.
  6. Mengunduh plugin.
  7. Tahap terakhir adalah terapkan strategi SEO dan promosikan website milik Anda tersebut.
  8. Pantau website dengan tools analytic.

2. Membuat Halaman Penawaran Produk

Dalam website terdapat beberapa halaman yang berisi bagian-bagian penting atau informasi mengenai produk yang Anda tawarkan.

Sebagai contoh, pada halaman utama website biasanya memuat informasi dasar dan pengenalan produk bisnis Anda.

Pada halaman ini, Anda dapat mengenalkan secara rinci mengenai nama dan spesifikasi produk, cara memesan atau membeli, info kontak, dan informasi lainnya. Sehingga, pengunjung akan lebih mudah untuk membaca informasi di halaman awal.

3. Membuat Konten Promosi Produk

Kini, banyak contoh konten  promosi yang menarik di berbagai media sosial. Konten promosi produk tersebut dapat berupa video, artikel, atau hanya sekedar foto yang menarik.

Pentingnya konten promosi produk menggunakan website akan menambah daya tarik bagi pengunjung. Sebab, manusia lebih menyukai sajian visual yang ditampilkan.

Contoh konten-konten yang sedang tren saat ini adalah content soft selling. Konten tersebut dapat berupa tips dan trik, konten review, tutorial, dan konten menarik lainnya.

4. Menampilkan Info Kontak

Selain informasi mengenai produk, tidak kalah penting bagi Anda untuk menampilkan informasi kontak yang dapat dihubungi. Kontak tersebut dapat berupa akun media sosial, email, atau nomor HP.

Tujuannya agar pengunjung website yang tertarik membeli produk Anda tidak mengalami kesulitan jika ingin memesan.

Dengan begitu, website Anda telah memberikan pelayanan dan pengalaman yang menyenangkan untuk para pelanggan.

5. Memasang Banner Promosi

Banner promosi merupakan gambar atau grafis berbentuk seperti spanduk untuk iklan yang dipasang pada halaman website. Anda dapat menggunakan banner promosi ini untuk memancing pengunjung masuk ke halaman produk Anda.

Calon pembeli dapat berinteraksi secara langsung melalui banner promosi tersebut, baik itu membeli maupun hanya sekedar melihat tawaran produk dari bisnis Anda.

Metode ini merupakan cara yang paling efektif dan efisien karena mampu menarik pelanggan dengan tampilan visual dari banner promosi tersebut.

6. Menggunakan Plugin untuk Bisnis

Berikut adalah beberapa rekomendasi plugin yang dapat digunakan untuk bisnis pada website Anda.

  1. Woo Commerce
  2. BigCommerce
  3. Shopify
  4. Easy Digital Downloads
  5. WP eCommerce
  6. MemberPress
  7. MonsterInsight
  8. Yoast SEO
  9. OptinMonster
  10. MemberPress

Contoh Promosi Produk menggunakan Website

Berikut adalah beberapa brand atau merek yang memanfaatkan website untuk bagian dari promosi mereka.

1. Google

Google menggunakan platform blogspot sebagai sarana iklan dan promosi produk mereka. Hal tersebut karena blogspot semakin banyak digunakan oleh masyarakat, sehingga semakin mudah untuk Google menampilkan iklan.

Tampilan Website Google Untuk Promosi
Ilustrasi tampilan Website Google (Solen Feyisa/Unsplash)

2. Ikea

Ikea merupakan produk yang menawarkan furniture dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Website Ikea menampilkan menampilkan ide-ide dan inspirasi untuk desain interior ruang. Hal tersebut juga merupakan sarana untuk mempromosikan produk dari Ikea kepada pelanggan.

3. Lemonilo

Produk lokal jika tidak kalah untuk mempromosikan produknya di website. Lemonilo merupakan produsen mie dengan label sehat.

Website dari Lemonilo ini dikemas secara menarik dengan menggunakan slide otomatis dan tampilan yang beragam.

Kesimpulan

  • Pada umumnya, promosi produk dengan website adalah dengan menggunakan teknik SEO dan SMO.
  • Terdapat beberapa cara promosi produk menggunakan website, seperti membuat halaman penawaran produk, membuat konten promosi produk, menampilkan info kontak, dan menggunakan banner promosi.

Demikian uraian singkat mengenai promosi produk menggunakan website. Anda dapat menerapkannya untuk kepentingan bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Bagi Anda yang ingin mempromosikan produk Anda menggunakan website tanpa perlu repot, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan wesbite toko online dari Sekawan Studio.

Kami bisa membuatkan website toko online dengan fitur lengkap dan memudahkan pemasaran produk Anda hanya dalam waktu 2-3 minggu saja. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.