Apa itu Monetisasi? Simak Keuntungan dan Cara Melakukannya!

Monetisasi adalah proses atau aktivitas yang dilakukan untuk dapat mengonversikan sesuatu menjadi uang. Monetisasi biasa disebut juga dengan monetize.
monetisasi media sosial
Daftar Isi

Di era yang serba digital ini, pekerjaan yang berasal dari internet pun bisa menjadi sumber pendapatan, mulai dari melakukan afiliasi, hingga monetisasi akun media sosial.

Monetisasi adalah sebuah kegiatan atau proses mengubah konten agar menghasilkan uang. Uang yang dihasilkan berasal dari konten yang Anda buat dan unggah di media sosial, seperti YouTube, Instagram, TikTok, blog, dan sebagainya.

Lantas, apa sebenarnya monetisasi itu? Kemudian, apa keuntungan dan cara melakukannya? Untuk menjawah pertanyaan tersebut, yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu Monetisasi?

Monetisasi adalah proses atau aktivitas yang dilakukan untuk dapat mengonversikan sesuatu menjadi uang. Monetisasi biasa disebut juga dengan monetize. Monetize adalah pemanfaatan sesuatu untuk menghasilkan uang.

Arti monetisasi juga dapat dipahami sebagai metode untuk menghasilkan pendapatan dari sumber baru. Metode ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menambahkan iklan pada halaman web, menjalankan Google Ads, Facebook Ads, YouTube Ads, dan lainnya. 

Monetize menjadikan konten yang sebelumnya diakses publik secara gratis menjadi konten yang lebih private. Hanya pelanggan yang membayar saja yang dapat menikmati konten tersebut. 

Contohnya, ketika membuka YouTube, Anda akan menemukan iklan di awal atau tengah video. Nah, itu adalah salah satu metode monetisasi yang digunakan oleh creator untuk mendapatkan uang dari YouTube. 

Keuntungan Monetisasi

Dengan menerapkan monetize ini, bukan hanya mendapatkan cuan. Namun, terdapat beberapa keuntungan lainnya. 

1. Mendapatkan Penghasilan

Keuntungan yang utama dari monetisasi adalah mendapatkan penghasilan atau uang. Konten yang di-monetize juga dapat membuka jalan untuk beberapa aliran pendapat yang berbeda.

Penghasilan Dari Monetisasi Media Sosial
Ilustrasi Penghasilan dari Monetize (Alexanders Mils/Unsplash)

Misalnya, seorang pekerja kantoran yang membutuhkan lebih banyak pendapatan atau income. Akhirnya, pekerja tersebut membuat konten di media sosial dan di-monetize.  Oleh karena itu, monetize dapat memberikan penghasilan tambahan.

2. Membagikan Informasi

Konten yang Anda buat tentu mengandung informasi yang berguna bagi orang lain. Konten dapat dibuat di berbagai media sosial, yaitu YouTube, blog, Instagram, TikTok, dan sebagainya. 

Dengan membagikan konten tersebut, Anda juga sekaligus memberikan informasi yang berguna bagi dan konten menjadi lebih bermanfaat.

3. Menambah Ilmu Dunia Digital

Di era yang serba modern ini, mencari uang dapat dilakukan hanya dengan melalui online dan internet. Itulah pentingnya belajar mengenai ilmu digital agar Anda semakin melek dengan teknologi yang berkembang saat ini.

Dengan semakin paham mengenai dunia teknologi, Anda juga akan semakin paham mengenai cara menghasilkan uang dengan cara yang mudah melalui internet.

Baca Juga: Brand Awareness: Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Sistem monetize ini mengharuskan konsumen untuk berlanggan sebuah konten. Dengan sistem ini, perusahaan dapat meningkatkan loyalitas konsumen karena mereka berlangganan sehingga cenderung lebih setia.

5. Meningkatkan Kualitas Konten

Monetize ini membuat konsumen harus berlangganan. Untuk itu, mereka tentu melihat konten yang baik dan berkualitas untuk dijadikan sebagai langganan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda membuat konten yang berkualitas agar pelanggan puas. Pelanggan yang suka dan puas terhadap konten tersebut akan merekomendasikan kepada orang lain. Hal tersebut membuat traffic konten Anda meningkat.

Apa Saja yang Bisa Dimonetisasi?

Banyak konten yang dapat Anda buat agar mendapat monetize. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Berikut ini adalah penjelasan mengenai konten apa saja yang bisa di-monetize dan bagaimana cara me-monetize sebuah konten.

1.  YouTube

YouTube adalah salah satu situs web berbagi video yang dapat digunakan dengan metode monetisasi. Monetize YouTube bisa disebut juga dengan AdSense. Untuk menggunakan metode ini, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Seorang Youtuber Perempuan Sedang Take Video Untuk Channel Youtube Yang Dimonetisasi
Ilustrasi Youtuber (Jenny Ueberberg/Unplash)

Syarat monetisasi YouTube atara lain adalah memiliki setidaknya 1000 subscribers atau pengikut, mendapatkan 4000 jam tayang dalam rentang waktu 12 bulan, dan mematuhi ketentuan serta kebijakan dari YouTube.

Adapun cara monetisasi YouTube adalah sebagai berikut:

  • Login ke akun YouTube, pilih ikon profil
  • Pilih YouTube Studio
  • Pilih Monetisasi
  • Klik Daftar Sekarang
  • Klik Setujui Persyaratan
  • Masuk pada laman Monetisasi Channel, pilih Mulai
  • Jika sudah memiliki akun AdSenses, pilih Sudah Memiliki akun AdSense. Jika belum memiliki akun AdSense, daftarkan akun AdSense terlebih dahulu
  • Tunggu Peninjauan dari YouTube

2. TikTok

Saat ini, TikTok menjadi situs populer yang banyak diminati oleh semua kalangan. Karena banyaknya pengguna TikTok, platform ini bisa menjadi ladang cuan yang potensial, loh.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok? Yup, caranya adalah dengan menggunakan metode monetisasi.

Terdapat beberapa cara untuk monetize TikTok, yaitu melakukan live streaming, TikTok Creator Fund, TikTok Creator Marketplace, TikTok Shopping, TikTok Ads, TikTok Affiliate dan kolaborasi dengan influencer TikTok.

Adapun lebih lengkapnya, berikut ini adalah cara monetisasi TikTok:

  • Buka aplikasi TikTok
  • Klik bagian Profil
  • Klik tiga garis horizontal di pojok kanan atas
  • Klik Creator Tools
  • Scroll dan pilih monetisasi sebuah kebutuhan

3. Blog

Blog dapat digunakan selayaknya media sosial pada umumnya, seperti menyalurkan hobi, berbagi foto, cerita, dan vide, serta berdiskusi dengan orang lain.

Tak hanya itu, banyak perusahaan yang menggunakan blog atau website sebagai cara untuk membangun brand awareness

Hal ini karena banyak pengguna internet yang memanfaatkan search engine seperti Google untuk menjawab rasa ingin tahunya, sehingga blog juga berpotensi menjadi ladang cuan dan meningkatkan visibilitas bisnis.

Jenis monetisasi website beragam, seperti paid per click (ppc), paid to click (ptc), paid per survey (pps), dan paid per review.

Lantas, bagaimana cara monetisasi website? Berikut ini adalah cara terlengkap agar blog dapat menghasilkan uang.

  • Menayangkan iklan di Google AdSense
  • Marketing Afiliasi
  • Menjual produk fisik dan digital
  • Menjadi freelance writer
  • Sponsored post

Tips Menerapkan Monetisasi

Banyak tips yang dapat dilakukan agar konten Anda bisa di-monetize. Berikut adalah cara-caranya:

  • Mengidentifikasi keahlian dan kemampuan untuk dapat dikembangkan menjadi konten yang berkualitas.
  • Jagalah orisinalitas konten yang Anda buat agar tidak dicap sebagai konten yang plagiasi.
  • Pilihlah media sosial yang cocok untuk konten Anda, konten dapat berupa foto, video, bahkan tulisan.
  • Anda harus konsisten dalam membuat konten agar pelanggan tidak bosan.
  • Hal yang terpenting adalah lakukan monetize dengan cara mendaftarkan diri ke Google AdSense atau mempromosikan suatu produk.

Baca Juga: Pain Point: Pengertian, Jenis, Contoh, & Tips Mengatasinya

Itu penjelasan mengenai monetisasi dan cara melakukannya yang bisa Anda ketahui. Pada intinya, monetize adalah sebuah kegiatan yang dapat menghasilkan uang. 

Anda dapat mengikuti tips di atas agar konten yang dibuat dapat menghasilkan uang dan menjadi itu sebagai sumber pendapatan.

Salah satu media yang bisa di-monetize adalah website. Website yang memiliki banyak traffic akan berpotensi besar untuk dimonetisasi. Agar sebuah website memiliki traffic yang banyak, Anda perlu menerapkan prinsip SEO.

Nah, berkenaan dengan ini, Sekawan Studio dapat menjadi jawabannya. Sekawan Studio menyediakan jasa SEO profesional yang dapat meningkatkan ranking situs website Anda untuk menjangkau target pasar potensial.

Yuk, kunjungi website Sekawan Studio untuk informasi lebih lanjut!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.