Apa Itu Afiliasi? Keuntungan, Cara Kerja dan Komponennya

Afiliasi adalah kerjasama antara pelaku usaha dan orang yang menawarkan barang dengan prinsip memberikan komisi ketika melakukan transaksi menggunakan link referral. Dengan kata lain, afiliasi ini hampir sama dengan broker, makelar, sponsor ataupun perantara.
afiliasi
Daftar Isi

Di era digital saat ini, semakin mudah untuk menghasilkan uang salah satunya yakni dengan afiliasi. Afilisiasi sangatlah berbeda dengan bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang mencari downline untuk mendapatkan uang. Bisnis afiliasi mendapatkan keuntungan dari komisi menjual barang milik pedagang lain (merchant) tanpa harus mencari downline

Apa Itu Afiliasi

Bisnis afiliasi adalah bentuk kerjasama bisnis menggunakan sistem penjualan produk dari satu perusahaan atau lembaga pemilik produk yang bertindak sebagai produsen dengan pelaku usaha yang menjual produk dengan memberikan komisi saat produk terjual. Bisnis ini menggunakan link referral untuk menawarkan produk atau jasa. Sebagai pihak yang menjualkan produk atau affiliate, anda diharuskan melampirkan link pada blog atau situs untuk mengarahkan para pengunjung blog atau sosial media anda.  

Ketika pengunjung melakukan pembelian menggunakan link referral anda maka otomatis anda akan mendapatkan komisi. Komisi yang didapatkan bergantung kepada pihak afiliasi, sebagian pihak akan memberikan komisi beberapa persen dari hasil penjualan dan pihak lainnya akan memberikan komisi dalam jumlah yang tetap untuk setiap konversinya. Untuk mengetahui konversi dapat dilakukan dengan menggunakan kode unik atau kupon yang akan menunjukkan konversi anda.

Baca Juga:
Peran E-commerce di Bidang Bisnis
Tertarik Untuk Memulai Bisnis Startup? Begini Caranya!

Komponen Penting Afiliasi

1. Merchant (pedagang) 

Merchant merupakan pihak yang memiliki barang atau jasa yang dijual melalui internet. Barang jasa yang dijual bisa berupa barang nyata (elektronik, buku, perhiasan, dan lainnya), barang maya (e-book, template web, dan lainnya), jasa (sewa domain, hosting, dan lainnya). 

2. Affilate (perantara) 

Affiliate merupakan pihak perantara untuk menjual atau mengarahkan pembeli untuk membeli barang dan jasa dari pedagang, agar terjadi transaksi sehingga orang tersebut akan mendapatkan komisi dari transaksi yang berhasil. 

3. Customer (pembeli) 

Customer atau pembeli adalah pihak yang membeli barang dan jasa yang ditawarkan oleh affilate melalui internet. Pembeli tentunya akan memilih dalam membeli atau bertransaksi di internet, sesuai dengan penawaran yang menarik dan menggiurkan dari para affiliate

Keuntungan Afiliasi

Jika Anda terjun ke dalam dunia afiliasi dan menjadi seorang affiliate, maka prospek cerah dalam menghasilkan uang melalui internet akan terbuka lebar. Dikatakan memiliki prospek yang cerah karena beberapa alasan berikut ini: 

  • Modal yang diperlukan dalam membangun bisnis afiliasi sangat murah, bahkan bisa gratis sama sekali. Dengan demikian, Anda sudah bisa membangun bisnis afiliasi berperan sebagai affiliate hanya dengan bermodal sebuah blog gratisan saja. 
  • Tidak diperlukan tempat atau kios dalam memamerkan barang atau jasa yang akan dipromosikan, karena hanya butuh internet dan media penunjang yang cukup murah, seperti blog dan situs jejaring. 
  • Banyak pilihan bagi Anda seorang affiliate, karena Anda dapat menjual dan memasarkan ratusan bahkan ribuan jenis produk milik merchant yang ingin dijualkan oleh Anda sebagai seorang affiliate marketing. 
  • Tidak memerlukan biaya produksi, karena barang yang Anda jual tentunya diproduksi oleh penjual/merchant
  • Tidak diperlukan kemampuan public speaking seperti marketing di dunia nyata pada umumnya, karena Anda hanya perlu kemampuan dan usaha sebagai internet marketing. 
  • Sebagai affiliate, Anda tidak perlu repot dalam mengurusi masalah order dan pengiriman barang, karena semua sudah diatur dan ditangani oleh merchant. 
  • Tidak perlu stok barang, karena stok barang sudah disediakan oleh merchant
  • Tidak memerlukan karyawan, ini sangat jelas karena Anda hanya perlu bermodal blog dalam mengelola barang yang akan dipromosikan. Dengan tidak diperlukan karyawan ini, akan menghemat pengeluaran Anda sebagai pebisnis internet. 
  • Tidak perlu menghadapi komplain dari pelanggan, karena pelanggan/pembeli akan melakukan komplain ke penjual langsung sebagai pemilik barang (merchant). 
  • Tidak diperlukan biaya sama sekali (gratis) untuk mendaftar menjadi affiliate ke penyedia jasa affilate (penjual). Oleh karena itulah Anda perlu hati-hati dalam memilih program afiliasi, agar tidak terjebak di layanan afiliasi berbayar yang justru hanya menguntungkan merchant.
  • Tidak ada perjanjian yang memikat, karena jika Anda telah bergabung dengan layanan bisnis afiliasi manapun, dan akan berhenti sebagai affiliate maka Anda dapat langsung berhenti dalam mempromosikan produk. 
  • Dapat menjadi ladang passive income untuk Anda. Anda dapat menghasilkan uang ketika Anda sedang liburan, ke kantor, bahkan tidur sekalipun, karena proses transaksi secara otomatis diatur oleh merchant sebagai pemilik barang. 

Baca Juga:
Model STP Marketing, Segmen Marketing yang Unggul Untuk Bisnis
Mengenal Sales Funnel untuk Pengembangan Bisnis Anda

Cara Kerja Afiliasi

Cara Kerja Afiliasi
(Foto: Unsplash)

1. Mendaftar Afiliasi

Sebelum mulai menjadi afiliasi, lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Carilah perusahaan yang menawarkan program program bisnis di internet dengan melalui situs resminya. Setelah melakukan pendaftaran tunggulah persetujuan untuk kemudian masukkan kode referral yang unik. Kode tersebut digunakan untuk mengetahui  apakah ada produk yang terjual via program afiliasi atau tidak. Kode referral berfungsi sebagai penanda jika konsumen telah membeli suatu produk yang anda promosikan.

2. Mempromosikan Produk Afiliasi

Sebagai seorang affiliate, diperlukan promosi produk dan kode referral kepada calon pembeli. Semakin banyak orang yang mengetahui kode refferal anda, maka semakin besar peluang produk bisa laku terjual. Terdapat banyak aktivitas promosi yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk seperti membagikan kode referral melalui sosial media, mereview produk hingga menyebarkan kode referral ke berbagai forum online dan blog di internet.

3. Pembelian Melalui Kode Referral

Tujuan mengikuti program afiliasi pada dasarnya adalah untuk memasarkan produk milik perusahaan afiliasi ke calon pembeli dengan menggunakan kode referral. Demi menarik minat pembeli, tak jarang kode referral akan dilengkapi pula dengan diskon tambahan. Hal ini akan menarik lebih banyak pembeli karena akan mendapatkan potongan harga jika menggunakan kode refferal anda.

4. Mendapat Komisi dari Tiap Penjualan

Dari setiap pembelian yang menggunakan kode referral, anda akan langsung mendapatkan komisi sesuai jumlah yang telah disepakati bersama. Perlu dipahami pula bahwa sejumlah perusahaan afiliasi akan memberikan komisi baru setelah pihak afiliator mengisi form, meningkatkan traffic situs, mengunduh aplikasi ataupun berlangganan pada layanan newsletter perusahaan.

Kesimpulan 

Tidak semua orang memliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka. Nah, sebagai solusinya anda bisa memulai bisnis afiliasi untuk  mendapatkan penghasilan demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Cara kerja yang simpel dan dapat dikerjakan dimana pun dan kapan pun, membuat pekerjaan ini banyak diminati. Jadi apakah anda tertarik untuk menjadi affiliate?

Sekawan Studio menawarkan paket jasa pembuatan website profesional dengan berbagai tipe situs sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.