8 Cara Daftar Google Ads untuk Pemula, Dijamin Mudah!

Solusi periklanan PPC seperti Google Ads sangat efektif dalam membantu anda mencapai tujuan pemasaran. Layanan ini akan meningkatkan penjualan, mengarahkan traffic, dan membantu meningkatkan brand awareness bisnis anda.
ilustrasi google ads
Daftar Isi

Google Ads memang sudah terbukti kinerjanya. Banyak pelaku usaha yang memanfaatkan layanan ini untuk meningkatkan brand awareness, traffic web, sampai dengan tingkat penjualan bisnis mereka.

Bagi Anda yang tertarik pada Google Ads dan berniat untuk menggunakan layanan google satu ini, berikut kami urikan langkah-langkah atau cara daftar Google Ads secara lengkap!

Apa itu Google Ads?

Ilustrasi Perencanaan Iklan Dengan  Menggunakan Layanan Google Berupa Google Ads
Ilustrasi perencanaan iklan menggunakan google ads (from freepik)

Google Ads atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Google Adwords adalah platform yang menawarkan jasa periklanan bagi individu, organisasi, maupun perusahaan yang ingin meningkatkan brand awareness ataupun meningkatkan penjualan mereka.

Layanan Google Ads tentunya tidak gratis, tetapi hal ini sepadan dengan fitur-fitur yang diberikan oleh GoogleAds. 

Google Ads secara definisi adalah sistem periklanan yang dikembangkan Google untuk membantu bisnis menjangkau target pasar online melalui platform mesin pencari dan situs mitranya.

Layanan iklan ini menampilkan berbagai jenis iklan yang muncul di pada halaman mesin pencarian setelah user mencari kata kunci dan frasa terkait dengan bisnis dan produk atau layanan yang diiklankan.

Google meluncurkan Google Adwords pada tahun 2000,  sekitar dua tahun setelah mesin pencarinya diluncurkan.

Layanan ini diciptakan sebagai platform bagi para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka pada halaman hasil mesin pencarian Google.

Seiring berjalannya waktu, layanan ini telah berkembang dengan menampilkan iklan di semua platform, seperti YouTube dan Google Maps.

Google Ads juga muncul di aplikasi seluler dan situs web serta platform lain yang merupakan bagian dari jaringannya.

Cara Daftar Google Ads

Berikut kami sajikan cara daftar Google Ads:

1. Buat Akun Google

Tampilan Untuk Cara Daftar Google Ads
8 Cara Daftar Google Ads Untuk Pemula, Dijamin Mudah!

Cara daftar Google Ads yang pertama adalah membuka situs webnya dan klik Masuk untuk membuat akun baru atau klik Mulai Sekarang jika Anda sudah memiliki akun.

Perlu diperhatikan bahwa Anda harus benar-benar mengerti niche brand Anda agar mudah menentukan kemana nantinya pengunjung akan diarahkan ketika mengklik iklan Anda.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan nama bisnis Anda ketika mendaftar.

2. Tetapkan Sasaran Kampanye Iklan

Tampilan Google Ads
8 Cara Daftar Google Ads Untuk Pemula, Dijamin Mudah!

Cara daftar Google Ads selanjutnya adalah menetapkan sasaran kampanye iklan. Berikut beberapa opsi sasaran kampanye iklan Google yang dapat Anda pilih, meliputi:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan penjualan dan traffic web
  • Mendapat lebih banyak kunjungan ke lokasi fisik bisnis Anda
  • Memperluas jangkauan audiens
  • Meningkatkan jumlah unduhan aplikasi
  • Mendapat lebih banyak kunjungan serta engagement pada platform Youtube

Selalu ingat, tetapkan sasaran iklan sesuai dengan yang Anda butuhkan.

3. Pilih Jenis Iklan

Ada beberapa jenis iklan yang bisa Anda pilih, diantaranya:

  • Search Ads
  • Shopping Ads
  • App Ads
  • Display Ads
  • Video Ads

Jangan lupa perhatikan anggaran Anda ketika memilih jenis iklan.

4. Pilih Lokasi Penayangan dan Target Audiens

Memilih Tipe Campaign Di Google Ads
8 Cara Daftar Google Ads Untuk Pemula, Dijamin Mudah!

Cara daftar Google Ads selanjutnya adalah menentukan lokasi penayangan iklan beserta target audiensya. Google Ads sendiri menyediakan dua opsi lokasi penayangan iklan, yaitu search network dan display network.

Jika Anda memilih search network, maka iklan Anda akan muncul pada halaman hasil pencarian Google ataupun situs Google lainnya.

Namun, jika Anda memilih display network, maka iklan Anda bisa muncul pada platform selain Google.

Setelah itu, tentukan target audiens. Pastikan Anda menarget audiens dengan benar setelah melakukan research.

Jangan sampai menarget audiens yang salah, sehingga akan menimbulkan kerugian pada bisnis Anda. Pilih lokasi, bahasa, interest, dan lain sebagainya secara detail.

5. Tetapkan Anggaran Iklan

Cara daftar Google Ads selanjutnya adalah tetapkan anggaran harian kampanye iklan Anda. Untuk wilayah Indonesia, anggaran minimal yang harus dikeluarkan sebesar Rp 50.000.

Kemudian tentukan fokus anggaran iklan anda, semisal berdasarkan view, click atau lain sebagainya pada kolom bidding.

Google Adwords akan secara otomatis mengatur jumlah penayangan iklan sesuai dengan anggaran yang telah Anda keluarkan.

6. Pilih Kata Kunci

Menentukan Keyword Di Google Ads
8 Cara Daftar Google Ads Untuk Pemula, Dijamin Mudah!

Memilih kata kunci juga merupakan salah satu cara daftar Google Ads. Kata kunci atau keyword sangat berperan dalam kampanye iklan dimana biasanya Google akan membandingkan kata kunci yang Anda miliki dengan hasil riwayat pencarian pengguna Google.

Dengan demikian, Google dapat menentukan target audiens Anda secara tepat sehingga tujuan Anda untuk mengiklankan bisnis Anda pada Google bisa tercapai.

7. Mulai Buat Iklan

Setelah tahap satu sampai tujuh selesai dilakukan, sekarang kita memasuki tahapan utama yaitu pembuatan iklan.

Ada tiga komponen penting saat membuat iklan, yaitu headline, deskripsi dan CTA (Call to Action). Kemudian, Anda bisa meninjau iklan Anda sebelum di-publish dengan fitur preview.

8. Lakukan Pembayaran dan Publish Kampanye Iklan

Cara daftar Google Ads selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Yup, sebelum Anda meluncurkan iklan, pastikan Anda telah melakukan pembayaran.

Pasalnya, kampanye iklan di Google Ads baru bisa di-publish setelah pembayaran yang Anda lakukan telah berhasil.

Selain itu, jangan lupa untuk double-check iklan Anda, pastikan tidak melewatkan informasi penting bisnis Anda.

Tips Meningkatkan Efektivitas Google Ads

Ilustrasi Beberapa Teknik Marketing Termasuk Google Ads
Ilustrasi Google Ads sebagai salah satu Teknik Marketing (from freepik)

Melansir dari situs bluehost, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar iklan Anda efektif:

1. Hitung Anggaran Iklan Anda

Tujuan Anda memakai layanan iklan Google merupakan ladang investasi dimana nantinya iklan tersebut dapat memenuhi tujuan-tujuan bisnis Anda.

Untuk itu, sangatlah penting untuk memperhitungkan dengan benar anggaran guna menjadi bahan pertimbangan untuk memilih jenis iklan yang efektif untuk bisnis Anda.

2. Tunjukkan Keunikan Bisnis Anda

Saat ini, banyak sekali bisnis serupa yang berkembang. Oleh karena itu, bisnis Anda harus memiliki keunikan yang bisa menjadi selling point produk Anda dan yang membedakan dengan bisnis lainnya.

Ketika bisnis Anda memiliki keunikan, orang akan cenderung menaruh rasa penasaran lebih pun memberikan impresi yang membekas kepada audiens.

3. Lakukan Riset Kata Kunci

Lakukan riset kata kunci dengan benar dan tepat. Penggunaan kata kunci dapat membantu google dalam menempatkan iklan Anda pada audiens yang tepat. 

4. Jujur

Hindarilah manipulasi harga pada iklan dengan tujuan agar menarik audiens. Mungkin awalnya Anda akan mendapat traffic yang lumayan besar, tetapi efek panjangnya, bisa jadi bisnis Anda dicap sebagai bisnis yang curang karena manipulasi harga pada iklan.

5. Optimalkan Iklan Pada Pengguna Seluler

Sekitar 60% pengguna internet di dunia menggunakan perangkat seluler, pastikan iklan Anda dapat dilihat dengan baik pada perangkat seluler.

Selain itu, optimalkan landing page dan situs web untuk tampilan seluler sehingga mereka mendapatkan user experience yang baik dan berujung tertarik pada iklan Anda.

6. Hindari Kesalahan Pada Ejaan dan Tata Bahasa

Usahakan Anda membuat iklan dengan tata bahasa yang bagus dan tidak terdapat kesalahan pengejaan dalam penulisannya.

Tata bahasa yang jelek serta pola kalimat yang tidak runtut dapat membuat audiens kehilangan minat untuk mencari tahu lebih jauh tentang bisnis Anda.

7. Selalu Ukur Kinerja Iklan 

Jika Anda menggunakan Google Ads untuk meningkatkan penjualan atau traffic situs web atau e-commerce, maka Anda harus memasang dan mengatur Google Analytics di situs Anda untuk melacak konversi serta metrik lain seperti demografi dan sumber traffic.

Dengan memperoleh beberapa Informasi tersebut, dapat membantu Anda mengoptimalkan iklan sehingga bisa mendapatkan hasil terbaik.

Itulah dia penjelasan lengkap tentang cara daftar Google Ads yang penting untuk diketahui jika Anda ingin memasarkan produk atau bisnis Anda.

Memasang iklan di Google Ads memang berpotensi besar mendatangkan traffic dan leads. Akan tetapi, biaya yang harus dikeluarkan pun tidak kalah besarnya.

Nah, sebagai alternatifnya, Anda mungkin bisa mempertimbangkan strategi SEO untuk meraih traffic yang besar dengan modal minim.

Namun, strategi SEO memerlukan pengetahuan yang mumpuni. Jika Anda tidak ingin repot-repot mempelajarinya, Sekawan Sudio dapat menjadi solusinya.

Dengan menggunakan jasa SEO dari Sekawan Studio, Anda bisa meningkatkan visibilitas website serta meraih jangkauan pasar yang lebih besar.

Tim ahli Sekawan Studio terdiri dari web developer, web designer, dan ahli SEO yang mampu mengembangkan bisnis atau institusi Anda melalui website yang dikonstruksi dengan baik.

Bagaimana, apakah Anda siap untuk membawa bisnis Anda ke level selanjutnya? Jika iya, hubungi tim kami sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.