Pelajari CTA dan Cara Membuatnya untuk Tingkatkan Konversi Bisnis Anda.

cta adalah
Table of Contents

Setiap pelaku bisnis tentunya sedang berjuang untuk meningkatkan strategi marketing dalam bisnisnya. Salah satu cara yang populer adalah dengan memasang iklan atau promosi di media sosial. Mengingat perkembangan teknologi kian pesat, hampir setiap bisnis memiliki situs website. Namun, mengembangkan bisnis melalui website perlu strategi khusus yang dikemas dengan menarik dan manis agar pengunjung mau melakukan tindakan sesuai arahan dan tujuan setiap bisnis. Strategi tersebut biasa disebut CTA (Call To Action).

Mengenal CTA pada Website

CTA atau Call To Action merupakan alat pemasaran dalam dunia marketing yang mengandalkan gambar maupun kalimat persuasif untuk melayani dan memandu setiap pengunjung website Anda. Karena pada dasarnya setiap pengunjung membutuhkan bantuan untuk mengarahkannya dalam mengambil keputusan. Sehingga hal tersebut memengaruhi psikologis pengunjung untuk segera bertindak. Oleh karena itu, CTA ini bersifat mendorong untuk mengambil tindakan yang lebih spesifik dan sesuai arahan.

Beberapa contoh dorongan tersebut adalah tindakan untuk berlangganan, mengisi formulir, membeli, atau melakukan tindakan lainnya sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Jika strategi ini digunakan dengan optimal, maka tingkat konversi bisnis Anda akan maksimal.

Jenis-jenis CTA pada Website

Sebelum melangkah lebih lanjut, hal dasar yang perlu diketahui adalah mengenal jenis-jenis CTA dalam website agar sesuai dengan tujuan situs Anda. Berikut ini penjelasannya.

1. Lead Generation

Arti lead dalam lead generation merupakan orang yang tertarik dengan penawaran jasa atau produk bisnis Anda. Biasanya, lead berasal dari pengunjung yang berpotensi menjadi calon konsumen Anda. Oleh karena itu, sajikan elemen seperti tautan yang membantu pengunjung tertarik dan yakin untuk menjadi konsumen. Sebagai contoh, dengan menambahkan tautan “Registrasi” yang mengarah ke landing page maka lead akan mengetahui dan melakukan tindakan sesuai panduan tersebut.

2. Lead Nurturing

Ketika bisnis Anda sudah mendapatkan lead maka langkah selanjutnya adalah membantu mereka lebih dalam agar mau menggunakan penawaran produk atau jasa Anda. Lebih tepatnya, jenis CTA ini ditujukan khusus kepada lead yang belum melakukan transaksi apapun. Sehingga perlu menambahkan pemanis dalam menawarkan produk atau jasa Anda, seperti menawarkan percobaan secara gratis maupun potongan harga.

3. Product/Service Direction

Memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan melalui website merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan jumlah konsumen bisnis Anda. Misalnya dengan menambahkan tombol dengan kalimat tegas “Beli Sekarang” atau “Ikut Bergabung” pada situs. Penambahan tombol tersebut harus disesuaikan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Form Submission

Berkaitan dengan pengunjung yang akan mendaftarkan diri sebagai konsumen atau client bisnis Anda, maka perlu menyediakan formulir untuk memasukkan data diri calon konsumen. Penggunaan cara tersebut dapat membantu untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung yang secara resmi menjadi konsumen Anda.

5. Read More

Penggunaan CTA tidak hanya sekedar menarik perhatian pengunjung agar mau menjadi konsumen. Dalam setiap situs perlu ditambahkan konten menarik dan informatif seperti artikel, video, maupun gambar yang sesuai dengan tema bisnis Anda. Jenis CTA ini mendorong pengunjung agar mau mengunjungi laman konten tersebut sehingga traffic bisnis Anda akan meningkat.

6. Social Sharing

Keberadaan konten dalam website menjadi peran penting dalam dunia bisnis. Hal ini dikarenakan konten merupakan fasilitas yang efisien untuk membangun citra dan reputasi bisnis Anda. Konten yang menarik akan mendorong pengunjung untuk membagikan kepada rekan atau media sosial mereka. Penting untuk menambahkan kalimat perintah membagikan konten kepada khalayak lain, seperti “Apakah Artikel ini Membantu? Bagikan Sekarang” dalam situs Anda. Selain itu, gunakan logo media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lainnya agar mereka lebih mudah membagikan konten tersebut.

7. Event Promotion

Sesuai dengan jenisnya CTA ini mempromosikan produk atau jasa bisnis Anda melalui acara yang diselenggarakan. Acara tersebut bisa diselenggarakan secara online seperti melalui webinar atau mungkin diselenggarakan secara langsung. Informasi acara tersebut dapat Anda tampilkan dalam situs lalu meyakinkan pengunjung agar berpartisipas dalam agenda yang telah ditentukan.

8. Sale Closing

Jenis CTA Sale Closing ini fokus terhadap peningkatan jumlah konsumen maupun client Anda.  Oleh karena itu, pentingnya menambahkan kontak dari tim bisnis Anda agar mereka akan lebih mudah untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda miliki. Penambahan elemen ini biasanya diletakkan pada laman product atau service maupun di akhir konten yang telah dibuat.

Cara membuat CTA yang Efektif

Hal yang wajib diperhatikan dalam membuat CTA pada website adalah  pemilihan kata yang tepat serta letaknya yang strategis. Agar Anda bisa menerapkannya, simak cara beserta penjelasan berikut.

1. Gunakan kalimat yang singkat dan tegas

Penggunaan kata dalam CTA ini memang singkat,jelas,dan tegas seperti pada umumnya. Biasanya, kalimat yang digunakan berupa kalimat perintah. Sehingga akan lebih mudah dipahami oleh pengunjung tentang apa yang semestinya dilakukan mereka.

2. Tunjukkan kreativitas Anda

Selain kalimat yang ringkas dan sederhana, kalimat yang digunakan pada CTA ini mengandung bumbu yang menarik sehingga menjadi unik dan menarik. Tujuannya agar pengunjung lebih yakin dan tertarik dengan CTA yang Anda suguhkan.

3. Tunjukkan manfaat dari bisnis Anda

Selain mengenalkan produk atau jasa kepada pengunjung, Anda juga bisa mengenalkan manfaat dari tindakan yang dilakukan oleh pengunjung. Seperti memberikan potongan harga jika pengunjung bisa menggunakan produk atau jasa bisnis Anda.

4. Tawarkan bantuan

Tujuan utama CTA adalah membantu pengunjung untuk segera bertindak sesuai panduan dan arahan yang benar. Disarankan menggunakan kalimat yang bersahabat layaknya situs Anda merupakan teman pengunjung. Pahami posisi pengunjung sebagai calon konsumen maupun client. Dengan begitu, pengunjung akan lebih yakin terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sehingga hal itu memengaruhi peningkatan dalam bisnis Anda.

5. Desain CTA yang menonjol

Agar CTA dapat  terbaca dengan jelas maka font yang digunakan disarankan terlihat mudah dibaca. Untuk ukuran desain tombol harus cukup menonjol dan proporsional. Gunakan kombinasi warna yang nyaman dilihat namun kontras dengan desain dan background website Anda.

6. Memilih penempatan CTA yang strategis

Setelah pemilihan kata yang dan desain tombol pada CTA, selanjutnya hal yang diperhatikan adalah memilih area penempatannya. Ternyata tidak asal saja untuk meletakkan CTA yang telah dibuat. Semakin tepat area yang digunakan akan memberikan dampak yang baik untuk bisnis Anda.

Area tersebut merupakan bagian website yang mudah dibaca pengunjung. Sebagai contoh, bagian atas halaman website, bagian bawah halaman website, header, sidebar, maupun bagian utama landing page.

Kesimpulan

  • CTA atau Call To Action merupakan alat pemasaran dalam dunia marketing yang mengandalkan gambar maupun kalimat persuasif untuk melayani dan memandu setiap pengunjung website Anda.
  • Tujuannya adalah mendorong dan mengingatkan  pengunjung agar mau segera melakukan tindakan. Hal ini akan memberi keuntungan untuk traffic bisnis Anda.
  • Untuk mencapai hal itu, Anda perlu memperhatikan beberapa cara sebelum menerapkan CTA. Seperti menggunakan kalimat yang ringkas dan sederhana namun tegas, menambahkan kalimat yang unik dan menarik agar bersifat  persuasif, menunjukkan manfaat  dan penawaran bisnis Anda, serta membuat desain CTA yang menarik dan sesuai penempatannya.

Sekawan Studio menawarkan bantuan pembuatan website dengan menerapkan strategi marketing Call To Action. Hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.