Pay Per Click: Pengertian, Jenis, Contoh & Cara Membuatnya

Salah satu metode yang kerap digunakan untuk membuat traffic website bisnis meningkat adalah PPC. PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, dimana pemasang iklan akan membayar sesuai dengan jumlah klik iklan yang mereka pasang. Metode ini lebih efektif dan efisien mengingat hampir seluruh masyarakat sudah terhubung dengan internet. Selain budgetnya dapat disesuaikan, PPC juga memberikan dampat positif untuk SEO.
pay per click
Daftar Isi

Banyak cara yang dilakukan agar traffic website bisnis meningkat, salah satunya adalah dengan metode yang sering digunakan yaitu metode PPC (Pay Per Click).

Tujuan dari strategi pemasaran PPC ini adalah untuk meningkatkan penjualan yang dampaknya bisa sangat signifikan.

Metode ini disinyalir lebih efektif dan efisien mengingat hampir seluruh masyarakat sudah terhubung dengan internet.

Nah, pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai pengertian, kelebihan, kekurangan, cara membuat, dan strategi pemasangannya agar efektif. Jadi, yuk simak sampai akhir!

Pengertian Pay Per Click

PPC (Pay Per Click) merupakan metode kerja sama berupa iklan di internet di mana pemasang iklan akan membayar sesuai dengan jumlah klik iklan yang mereka pasang. Metode ini banyak dijumpai di berbagai media seperti Google, Instagram, Facebook, dan media lainnya.

Jenis-jenis Pay Per Click

Setelah memahami definisinya, akan dijabarkan mengenai jenis-jenis PPC yang sering ditemui di dunia maya. Berikut penjelasannya.

1. Search Advertising

Jika Anda sering menemukan bertanda logo “Ad” atau “Iklan” di samping hasil pencarian, maka jenis iklan tersebut adalah search advertising. Jenis PPC ini sering muncul di Search Engine Result Page (SERP) seperti Google maupun Bing.

2. Social Advertising

Tidak jauh berbeda dengan jenis PPC search advertising, hanya saja iklan ini khusus ditampilkan pada platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya.

3. Remarketing

Pemasangan iklan dengan jenis PPC ini ditampilkan khusus untuk audiens website Anda sebelumnya. Jadi penggunaan ini lebih efektif karena menargetkan orang-orang yang sudah tertarik dengan website Anda.

4. Display Advertising

Anda dapat memilih iklan berupa teks maupun visual yang menarik seperti gambar, video, bahkan GIF. Tampilan iklan yang muncul akan berbentuk display ads. Oleh karena itu, jenis PPC ini sering juga disebut Google Display Network (GDN).

5. Google Shopping

Jenis PPC ini cocok untuk pemilik bisnis produk yang memiliki lapak penjualan online marketplace. Iklan ini akan menampilkan produk yang Anda jual beserta harganya di hasil pencarian Google.

Kelebihan Pay Per Click

Mengikuti perkembangan era digital hampir setiap manusia tidak terlepas dari internet. Informasi dapat diakses setiap saat dan dimana saja dengan cara yang mudah.

Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan ini dengan  memasang iklan di media sosial maupun media internet lainnya. Berikut ini beberapa manfaat atau kelebihan saat Anda menggunakan metode PPC.

1. Target Konsumen Lebih Fokus dan Relevan

Dengan memasang iklan dengan metode PPC akan memungkinkan Anda untuk mengatur audiens sesuai dengan kriteria target pasar bisnis Anda.

Misalnya, jika memiliki bisnis produk mainan anak, maka target audiens yang harus Anda sasar yaitu orang tua.

Selain itu, jumlah audiens iklan juga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Semakin banyak jumlah audiens yang Anda tetapkan maka semakin banyak pengeluaran untuk biaya pemasangan iklan.

2. Budget dapat Disesuaikan

Sesuai dengan sistem pembayarannya Anda dapat mengontrol budget pengeluaran untuk pemasangan iklan di internet. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan biaya pemasangan iklan yang relatif mahal.

Metode PPC membantu Anda untuk memilih pembayaran rutin secara harian hingga bulanan. Lebih lanjut, jika dengan metode ini iklan Anda mendapatkan hasil yang positif, Anda perlu mempertimbangkan untuk menambah budget.

Dengan demikian, semakin besar pengeluaran budget untuk iklan maka semakin banyak pula kemunculan iklan bisnis Anda di dunia maya.

3. Memberikan Dampak Positif untuk SEO

Penggunaan SEO dan PPC secara bersamaan akan memberikan dampak positif yang cepat untuk bisnis Anda.

Hal ini dikarenakan PPC dapat dijadikan sarana riset untuk menentukan keyword yang memiliki peran penting dalam meningkatkan jumlah audiens website. Peningkatan tersebut akan berpengaruh pada traffic website Anda.

4. Target Audiens Tidak Dapat Membedakan PPC dengan Organik

Para pelaku bisnis khawatir jika memasang iklan dengan metode ini tidak akan berhasil karena beberapa orang sering melewatkan iklan yang ditampilkan oleh Google, Instagram, Facebook, dan media lainnya. Memang benar, namun bukan berarti semua orang akan melewatkan iklan PPC.

Sebagian orang tidak bisa membedakan iklan PPC dengan feed organik. Sehingga masih banyak orang yang melakukan klik iklan yang Anda pasang.

Selain itu, platform media memastikan iklan Anda akan disampaikan kepada target audiens yang spesifik dan sesuai dengan kriteria. 

5. PPC Tidak Dipengaruhi Algoritma

Algoritma Google selalu diperbarui yang dapat mengubah sistem pemeringkatan di mesin pencarian. Tidak jauh berbeda, media sosial seperti Instagram dan Facebook juga mengubah algoritmanya sesuai dengan aktivitas dan minat pengguna. Dengan begitu, pengguna akan melewatkan iklan yang dipasang oleh media tersebut.

Namun dengan metode PPC, Anda tidak perlu khawatir karena pemasangan iklan yang ditampilkan tetap bisa tersampaikan kepada target audiens karena tidak dipengaruhi oleh algoritma.

Baca juga:
Strategi tepat untuk Menjalankan Bisnis dengan Social Media Marketing
Menyusun Strategi Niche Market yang Tepat untuk Bisnis Anda
Panduan Belajar Search Engine Marketing (SEM) dan Implementasinya

Kekurangan Pay Per Click

Berikut beberapa kekurangan PPC yang perlu Anda jadikan pertimbangan:

1. Biaya yang Cepat Meningkat

Meskipun Anda memiliki kendali atas anggaran Anda, biaya PPC dapat dengan cepat meningkat jika Anda tidak mengelolanya dengan baik.

Pasalnya, Anda harus membayar setiap kali iklan diklik. Jadi, jika kampanye Anda tidak menghasilkan konversi yang cukup, biaya dapat melebihi manfaatnya.

2. Persaingan yang Ketat

Banyak bisnis bersaing untuk peringkat yang sama dalam hasil PPC. Ini bisa mengakibatkan peningkatan biaya per klik dan persaingan yang sengit. Anda harus memiliki strategi yang baik untuk bersaing secara efektif.

Contoh Pay Per Click

Anda mungkin akan menemukan banyak menemukan contoh pay per click saat berselancar di internet. Bahkan, bisa jadi anda tidak sadar bahwa iklan atau sponsor yang muncul merupakan bagian dari PPC. Berikut adalah contoh dari PPC yang mungkin seringkali anda temui:

1. Contoh PPC di Google Ads

Ini adalah contoh tampilan PPC yang terlihat di Google

Contoh Pay Per Click Google
Contoh Pay Per Click Google

2. Contoh PPC di Instagram Ads

Ini adalah contoh PPC yang sering kita jumpai di Instagram.

Contoh Pay Per Click Instagram
Contoh Pay Per Click Instagram

Cara Membuat Iklan Pay Per Click

Jika Anda tertarik membuat iklan PPC, berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

1. Google Ads

Google Ads adalah fitur Google yang memberi Anda pilihan untuk menampilkan iklan komersial Anda di hasil pencarian Google dengan kata kunci tertentu yang relevan.

Tentunya hal ini sangat membantu dalam membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan karena Google memegang pangsa pasar terbesar baik secara regional maupun global.

Artinya kemungkinan iklan Anda dilihat lebih banyak orang terbuka jika Anda menggunakan iklan bayar per klik Google.

Cara beriklan dalam bentuk pay per click juga cukup sederhana. Cukup dengan menggunakan akun Google. Metode pembayaran yang ditawarkan Google juga berbeda-beda.

2. Instagram Ads

Instagram juga menawarkan perusahaan beriklan di platformnya melalui Instagram Ads. Pada prinsipnya membuat iklan di Instagram mirip dengan membuat iklan di Facebook.

Pasalnya kedua platform periklanan ini digabungkan di bawah Facebook Ads Manager. Oleh karena itu, langkah membuat iklan Instagram hampir sama dengan membuat iklan Facebook.

Cara beriklan di Instagram dengan Instagram Ads antara lain:

  • Masuk ke Manajer Iklan Facebook
  • Tentukan tujuan periklanan
  • Tetapkan judul untuk iklan
  • Pilih audiens target
  • Tentukan waktu dan lokasinya
  • Pilih format iklan
  • Lakukan pembayaran

Strategi Agar Pay Per Click Tepat Sasaran

Berikut adalah beberapa stratgei agar PPC yang kita gunakan dapat tepat sasaran:

1. Penentuan Kata Kunci yang Akurat

Pilih kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Gunakan alat penelitian kata kunci untuk menemukan kata kunci yang paling banyak dicari oleh audiens target Anda.

2. Penargetan Geografis yang Tepat

Jika bisnis Anda hanya beroperasi di daerah tertentu, atur penargetan geografis untuk memastikan iklan Anda hanya ditampilkan kepada orang-orang dalam wilayah tersebut.

3. Uji A/B

Lakukan uji A/B dengan berbagai versi iklan untuk menentukan mana yang paling efektif. Uji berbagai judul, teks iklan, dan gambar untuk memaksimalkan tingkat konversi.

Baca juga: E-commerce: pengertian, perbedaan, keuntungan dan jenis

Itulah dia uraian lengkap mengenai pengertian pay per click beserta kelebihan, kekurangan, contoh, cara membuat, dan strategi memasangnya agar bisa tetap sasaran.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa PPC adalah metode metode kerja sama berupa iklan di internet di mana pemasang iklan akan membayar sesuai dengan jumlah klik iklan yang mereka pasang di platform situs maupun media sosial seperti Google, Instagram, dan Facebook.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu jenis PPC adalah search advertising yang tampil di laman SERP.

Untuk menerapkan metode PPC jenis ini, sebuah bisnis tentunya harus memiliki website terlebih dahulu. Nah, apabila Anda membutuhkan jasa pembuatan website, Sekawan Studio bisa menjadi solusinya!

Sekawan Studio membuka jasa pembuatan, desain, dan maintenance website untuk memaksimalkan potensi situs Anda agar masuk di posisi teratas pada mesin pencari Google. Yuk, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.