6 Cara Membuat WordPress untuk Pemula, Mudah!

Cara membuat wordpress dapat diterapkan di berbagai kalangan termasuk dalam pemula, digunakan banyak berbagai kepentingan terutama bisnis atau pribadi. Ada beberapa cara membuat website wordpress dengan mudah, selain itu banyak manfaat yang didapatkan adanya penggunaan website wordpress.
membuat wordpress
Daftar Isi

Cara membuat WordPress baru-baru ini banyak diperbincangkan oleh masyarakat luas, terutama oleh perusahaan bisnis.

Perkembangan teknologi sangat berkembang dengan pesat dari hari ke hari. Hal tersebut membuat situs web WordPress dipergunakan untuk kepentingan bisnis dengan mudah tanpa harus mengembangkan coding-nya sendiri.

WordPress merupakan CMS yang sangat direkomendasikan untuk kalangan pemula yang ingin belajar membuat website gratis.

Cara membuat WordPress tidak membutuhkan skill dan keahlian khusus dalam bidang tersebut. Setiap orang dapat membuat website untuk kepentingan pribadi atau bisnis dengan menggunakan WordPress.

Artikel ini akan membahas pengertian CMS WordPress, manfaatnya, serta cara membuat WordPress dengan mudah bagi pemula. Simak artikel berikut dengan saksama agar Anda dapat memiliki website yang profesional!

Apa itu WordPress?

Tampilan Cms Wordpress
Tampilan CMS WordPress | Sumber: Ahrefs

WordPress adalah salah satu platform berbasis CMS (Content Management System) yang digunakan untuk membuat website.

CMS ini bersifat open source, sehingga dapat digunakan secara gratis dan siapapun bebas memodifikasinya.

Platform ini pertama kali diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Mereka sebelumnya menggunakan software blogging b2/cafeblog yang penggunaannya hampir sama, tetapi tahun 2003, fungsinya beralih ke WordPress karena software tersebut ditutup. 

Karena sifatnya yang open source, banyak pengguna mempelajari cara membuat WordPress ini untuk kepentingan pribadi atau organisasi sederhana.

Manfaat Menggunakan CMS WordPress

Penggunaan CMS WordPress dalam pengembangan website memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Memudahkan Pengguna 

WordPress bersifat fleksibel, sehingga dapat digunakan secara kustom dengan tampilan maupun plugin sesuai kebutuhan.

Seiring berkembangnya teknologi, cara membuat WordPress dapat diimplementasikan dalam berbagai kepentingan bisnis, pribadi, dan sebagainya.

2. Tersedia Banyak Plugin

Banyak plugin yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memudahkan Anda dalam mengembangkan website. Beberapa plugin tersebut seperti anti virus, anti-spam, SEO, dan masih banyak lagi lainnya.

Itu sebabnya, banyak orang yang mempelajari cara membuat WordPress untuk mendapatkan website dengan banyak plugin yang fungsional.

3. Kemudahan Akses

Membuat website dengan CMS ini cocok untuk Anda yang memiliki beberapa orang dalam satu tim. CMS ini dapat diakses dengan mudah oleh beberapa orang, seperti editor, penulis, kontributor, dan tim lainnya.

Dengan demikian perusahaan dapat dengan mudah untuk melakukan identifikasi sesuai dengan posisinya. 

Cara Membuat WordPress

Berikut merupakan cara membuat WordPress dengan langkah-langkah mudah yang dapat Anda ikuti.

1. Menentukan Jenis Website

Cara membuat WordPress yang pertama yaitu harus mengetahui jenis laman yang akan dibuat, termasuk niche apa yang akan menjadi tema situs tersebut.

Jenis website tersebut dapat disesuaikan dengan tujuan, seperti untuk bisnis atau kepentingan pribadi pengguna. Hal ini menjadikan website menjadi lebih efisien untuk selanjutnya.

Berikut adalah beberapa jenis website yang dapat menjadi referensi bagi Anda sebelum mengembangkan situs web menggunakan CMS ini.

a. Website Pribadi

Contoh Blog Pribadi Wordpress
Contoh Blog Pribadi

Cara membuat WordPress dengan tipe ini juga cukup mudah, karena berupa website yang sederhana.

Website ini seringkali disebut dengan blog. Laman yang disediakan dapat berupa pengalaman, informasi, resensi, maupun argumen sendiri.

Tidak hanya itu, konten-konten di dalamnya juga lebih memperhatikan konsep-konsep dasar SEO (Search Engine Optimization) agar dapat muncul di Search Engine Result Page (SERP).

b. Website Toko Online

Toko Online Wordpress
Contoh Website Toko Online

Jenis website ini biasanya digunakan dalam bisnis perusahaan maupun perseorangan. Jenis toko online sendiri sebenarnya luas, dapat mengacu pada model business-to-customer (B2C), business-to-business (B2B), customer-to-customer (C2C) dan sebagainya.

Jenis website ini merupakan pilihan website bisnis yang bergerak di bidang penjualan produk. Banyaknya bisnis yang sudah mulai menggunakan jenis website ini membuat Anda harus berlomba untuk menampilkan kualitas situs toko online yang terbaik.

c. Website Berita

Website Berita Wordpress
Contoh Website Portal Berita

Situs ini menyediakan banyak informasi terkini yang ramai diperbincangkan. Website ini juga dapat dibuat menggunakan WordPress dengan jenis yang bisa disesuaikan untuk keperluan instansi atau masing-masing pengguna.

d. Website Portofolio

Website Portofolio Wordpress
Contoh Tampilan Portofolio pada Website

Laman ini biasanya digunakan sebagai wadah portofolio pengguna untuk menampilkan hasil karya dalam bentuk digital.

Dengan demikian, engagement yang didapat akan semakin kuat untuk meniti karir di kemudian hari. Hal itu termasuk salah satu manfaat membuat website pribadi yang dapat membuat perusahaan untuk melihat karya pemiliknya. 

e. Website Forum 

Website Forum Wordpress
Contoh Tampilan Website Forum

Jenis ini seringkali digunakan sebagai forum untuk berdiskusi dari berbagai komunitas. Terhubung dari satu orang dengan lainnya untuk menyampaikan diskusi secara online.

Forum terbesar yang sering digunakan komunitas yaitu Kaskus, Vault Network Board, Forocoches dan lainnya. 

2. Menentukan Platform 

Langkah kedua dalam cara membuat WordPress yaitu menentukan platform yang digunakan. Platform di sini dapat berarti sebagai CMS (Content Management System).

CMS dapat membantu pengguna dalam mengatur, mengubah, serta membuat konten pada website tanpa membutuhkan keahlian khusus terlebih dalam menggunakan bahasa pemrograman.

Di samping sifat open source-nya, platform ini juga fleksibel dan user friendly. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa pilihan platform CMS lainnya, seperti Drupal, Joomla, dan lain sebagainya.

3. Menentukan Hosting dan Domain 

Langkah selanjutnya dari cara membuat WordPress adalah menentukan hosting dan domain yang akan digunakan. Keduanya bertujuan agar memudahkan pencarian situs. Pada dasarnya, hosting berarti sebagai rumah, sedangkan domain adalah alamatnya, sehingga keduanya saling berkaitan. 

a. Memilih Hosting

Ada beberapa hal harus diperhatikan dalam pemilihan hosting yang digunakan dalam cara membuat website pribadi maupun bisnis.

Anda harus memastikan keamannya sudah terjamin, memiliki waktu loading yang cepat, dan ketersediaan server yang memadai.

Selain itu, terdapat banyak pilihan hosting yang dapat Anda pilih, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • VPS Hosting: Digunakan dalam traffic yang tinggi. Dalam penggunaannya tidak dapat diakses tanpa adanya izin dari penyewa. VPS bersifat privat atau pribadi
  • Shared Hosting: Merupakan hosting sharing yang digunakan secara bersamaan dengan pengguna lainnya. Space yang akan digunakan secara bersamaan yaitu penyimpanan, CPU dan disk space
  • Cloud Hosting: Kombinasi antara shared hosting dan VPS hosting, mempunyai kapasitas penyimpan yang terbilang besar dan mudah dalam pengelolaannya. Jika memakai hosting ini, jika ada salah satu server gagal maka server lainnya akan bisa berjalan dan tidak berpengaruh
  • Dedicated Hosting: Hosting yang khusus didedikasikan untuk sebuah website tertentu dalam jumlah yang lebih besar, biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar
  • WordPress Hosting: Jenis ini sangat cocok untuk mengoptimalkan kinerja website yang menggunakan CMS WordPress

b. Memilih Domain 

Anda juga perlu melalukan upgrade dan memilih domain yang akan digunakan pada website.

Ada beberapa hal perlu untuk diperhatikan, seperti penggunaan domain yang mudah, sesuai dengan topik yang disajikan pada situs, serta sesuai dengan tujuan dan jenis website.

4. Menginstal WordPress

Langkah selanjutnya adalah menginstall WordPress. Cara instalasi ini dilakukan dengan menginstal CMS WordPress. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

a. Login cPanel

Login Cpanel
Login cPanel

Pertama, Anda perlu melakukan akses login dengan link cPanel pada umumnya. Biasanya, link untuk login tersedia dalam bentuk URL melalui namawebsite.com/cpanel/.

b. Instal SSL

Install Ssl
Install SSL

SSL merupakan Secure Socket Layer, atau biasa disebut sebagai sertifikat SSL. Dengan menggunakan sertifikat SSL, tampilan website lebih profesional dan lebih aman, sehinga dapat meminimalisir pencurian data informasi yang bersifat rahasia.

c. Membuka App Installer

Pilih App Installer Dalam Membuat Website Wordpress
Pilih App Installer

Langkah selanjutnya yaitu membuka app installer. Anda dapat menggunakan softaculous dengan memilih icon WordPress sebagai script, kemudian menginstalnya.

Install Wordpress
Install WordPress

d. Pilih Domain Instalasi

Pilih Domain Untuk Membuat Website Wordpress
Pilih Domain Instalasi

Selanjutnya, pilihlah domain yang sesuai dengan tema dan niche website Anda. Pastikan untuk membuat domain yang mudah diingat.

e. Melengkapi Data Website

Melengkapi Data Website Wordpress
Melengkapi Data

Selanjutnya, Anda dapat melengkapi data formulir yang tersedia pada cPanel, seperti nama, blog, deskripsi blog, dan beberapa data lainnya.

Selain itu, Anda juga harus membuat username dan password yang akan digunakan dalam untuk akses sebagai admin.

f. Klik Install

Install Website Wordpress
Langkah Terakhir dalam Install Website WordPress

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengeklik ‘install‘ dan menunggu sampai proses instalasi selesai. Tunggu konfirmasi dan URL untuk login ke dalam WordPress.

5. Memilih Tema Tampilan

Cara membuat WordPress, baik untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis, pasti membutuhkan tampilan yang menarik agar bisa disesuaikan dengan jenis dan tujuan situs web tersebut.

Saat pertama kali menginstal WordPress, maka akan tersedia dengan tampilan default. Tampilan tersebut dapat menunjang pengunjung laman. Semakin menarik tampilan yang digunakan juga semakin berpotensi untuk meningkatkan visitor.

6. Mengoptimalkan Laman

Langkah terakhir adalah dengan mengoptimalkan laman melalui dashboard WordPress. Sebelum itu, Anda perlu login dengan memasukkan username dan password yang telah terdaftar melalui URL situs tersebut.

Beberapa cara membuat WordPress yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan laman tersebut adalah sebagai berikut. 

a. Membuat Sitemap

Sitemap merupakan daftar isi yang ada di dalam blog atau website yang telah dibuat. Optimasi dengan membuat sitemap dapat dilakukan pada website dengan WordPress agar dapat memudahkan untuk mencari konten yang pernah Anda publikasikan. 

b. Mengubah Permalink

Permalink berfungsi sebagai alamat agar lebih mudah dan tidak membingungkan ketika dibaca oleh pengunjung. Biasanya, permalink yang digunakan juga akan berpengaruh pada analitik SEO oleh google.

c. Menginstal Plugin SEO

Pada langkah ini, sangat direkomendasikan untuk menginstal analisa SEO menggunakan plugin, seperti Yoast SEO atau RankMath.

Optimasi ini dapat membantu konten pada website muncul ke dalam halaman pertama pencarian Google. Plugin SEO dapat menganalisis keterbacaan, meta SEO, kata kunci, permalink, internal link, serta gambar yang digunakan.

d. Menambahkan Plugin Backup

Cara membuat WordPress yang selanjutnya adalah dengan menambahkan plugin backup. Hal ini dilakukan untuk menambah cadangan data dan berjaga-jaga ketika file website yang tidak dapat ditemukan atau hilang. Dengan plugin backup, data dapat dicadangkan secara otomatis dan berkala.

e. Mengkonfigurasi Google Analytics

Dalam membuat website, Anda juga harus mengkonfigurasikannya dengan Google Analytics. Hal ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi pengunjung secara demografis, memonitor pengunjung, serta dapat mendapatkan data yang dapat digunakan untuk optimasi website.

f. Sinkronisasi dengan Google Search Console

Sinkronisasi perlu untuk dilakukan dalam pembuatan website, terutama pada Google Search Console.

Cara ini digunakan untuk melihat perkembangan traffic maupun menganalisa performa konten dengan sumber organik melalui pencarian Google.

Dengan mamantaunya secara berkala, hal itu memungkinkan untuk menjadikan website Anda berada pada peringkat pertama pencarian Google.

Nah, itulah beberapa cara membuat WordPress yang dapat Anda ikuti. Cukup mudah bukan? Meskipun membuatnya tak butuh keahlian khusus, tetapi tetap membutuhkan ketelitian dan ketelatenan agae situs web Anda dapat digunakan sesuai tujuannya.

Namun, jika Anda ingin memiliki website tanpa bersusah payah untuk membuatnya sendiri, serahkan saja pada kami! Gunakan jasa pembuatan website dari Sekawan Studio yang sudah pasti terpercaya dan profesional.

Dengan menggunakan jasa kami, Anda dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan pribadi maupun bisnis. Anda juga dapat menggunakan WordPress sebagai CMS-nya agar lebih mudah untuk dikelola.

Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk informasi menarik lainnya!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.