Python: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, & Kekurangannya

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif yang sering digunakan oleh developer di dunia pemrograman, terutama pada pengembangan website, software, aplikasi berbasis web, data learning, dan lain sebagainya.
seorang laki-laki memegang kertas bertuliskan python
Daftar Isi

Berbicara tentang bahasa pemrograman, Python adalah salah satu yang paling banyak digunakan.

Mungkin Anda juga sudah tidak asing dengan istilah tersebut, terlebih jika berkecimpung di bidang programming.

Selain itu, bahasa pemrograman tersebut juga beginner friendly, sehingga cocok bagi Anda yang masih pemula dan baru terjun ke dunia programming

Penasaran dengan bahasa tersebut? Tepat sekali, bagi Anda yang ingin memahami dan mempelajarinya, artikel berikut akan merangkum beberapa informasi dari bahasa Python. Simak dengan baik!

Apa itu Python?

Logo Python

Pengertian Python adalah bahasa pemrograman interpretatif yang sering digunakan oleh developer di dunia pemrograman, terutama pada pengembangan website, software, aplikasi berbasis web, data learning, untuk merancang aplikasi dan software di berbagai bidang.

Selain itu, bahasa pemograman ini juga cocok digunakan oleh pemula atau developer yang baru terjun di dunia programming. Sebab, Python adalah bahasa yang mudah dipahami dan dipelajari.

Pada tahun 2022, Stack Overflow membuktikan bahwa Python adalah bahasa pemrograman yang terpopuler keempat setelah JavaScript, HTML/CSS, dan juga SQL.

Dari lebih dari 70.000 responden, 48% mengatakan bahwa mereka menggunakan bahasa pemrograman ini.

Bahasa ini memang banyak digunakan oleh beberapa perusahaan besar. Contoh pemrograman Python  pada layanan web yang mungkin sering Anda temukan adalah Google, Facebook, Instagram, Spotify, dan beberapa perusahaan terkenal lainnya.

Sejarah Python

Konsep bahasa pemrograman ini pertama kali muncul pada tahun 1980-an, digagas oleh Guido van Rossum ketika dia bekerja di Centrum Wiskunde & Informatica, salah satu institut ilmu komputer di Belanda.

Guido akhirnya merilis bahasa tersebut pada tahun 1991 dengan versi pertamanya Python 0.9.0. Bahasa pemrograman ini semakin berkembang dari tahun ke tahun, dan meluncurkan beberapa versi yang lebih update.

Pada tahun 2010-an, bahasa pemrograman ini semakin berkembang pesat dan populer dalam pengembangan website atau data analytics.

Banyaknya dukungan dari komunitas developer membuat bahasa ini semakin diminati oleh banyak orang.

Bahasa ini semakin berkembang dari tahun ke tahun, hingga pada tahun 2020-an, Python menjadi salah satu bahasa yang paling populer dan multifungsi di dunia.

Python adalah bahasa yang banyak digunakan pada berbagai industri, seperti teknologi, AI, web development, dan lain sebagainya.

Fungsi Python

Di antara fungsi dan kegunaan Python yang banyak digunakan oleh para developer adalah sebagai berikut.

1. Pengembangan Web

Python adalah bahasa yang banyak digunakan dalam pengembangan website. Bahasa ini biasanya digunakan untuk membuat framework yang populer, seperti Flask atau Django.

Python juga menyediakan fitur untuk memanipulasi URL, interaksi dengan database, dan mengelola sesi pengguna.

Oleh karena itu, tak heran jika bahasa pemrograman ini cukup populer di kalangan web developer karena kemampuannya dalam membuat website yang dinamis dan API yang kuat. 

2. Otomatisasi Script

Bahasa ini dapat digunakan untuk membuat skrip dan menjalankan perintah berulang secara otomatis.

Tugas dan perintah tersebut dapat berupa instruksi untuk memproses data, mengelola file, menjalankan sistem, dan lain sebagainya.

Dengan fungsi tersebut, Python akan sangat membantu melakukan otomatisasi pekerjaan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam pengembangan web dan perangkat lunak.

3. Artificial Intelligence 

Artificial Intelligence atau yang biasa dikenal dengan AI adalah kecerdasan buatan berbasis teknologi yang membuat komputer dapat melakukan perintah layaknya manusia.  

Dalam hal ini, Python adalah bahasa yang berperan penting untuk pembuatan AI. Bahasa ini memiliki fitur PyTorch dan TensorFlow yang dapat menciptakan jaringan saraf tiruan untuk pengenalan data, pemrosesan bahasa, dan juga memprediksi data.

4. Data Analytics

Bahasa pemrograman ini menyediakan beberapa pustaka seperti ScikitLearn dan SciPy yang membuatnya dapat melakukan beberapa perintah pengolahan data, seperti visualisasi, eksplorasi, proses statistik, dan lain sebagainya. 

5. Pengembangan Game dan Aplikasi

Bahasa ini memiliki pustaka PyGame yang menyediakan tools untuk membuat game yang menarik.

Pada pembuatan game, Python adalah bahasa yang dapat mengontrol suara dan interaksi dari pemain, sehingga memang sangat cocok digunakan pada pengembangan permainan.

Selain itu, bahasa ini memiliki pustaka PyQT dan Tkinter yang dapat membantu pengembangan aplikasi desktop. Oleh karena itu, bahasa ini juga sering digunakan pada pengembangan aplikasi yang fungsional.

Kelebihan dan Kekurangan Python 

Setelah mengetahui beberapa informasi sebelumnya, Anda juga harus memperhatikan kelebihan dan kekurangannya. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Kelebihan

Berikut merupakan beberapa keuntungan menggunakan bahasa ini.

  • Mudah dipelajari: Karena mudah dipelajari dan digunakan, bahasa ini menjadi pilihan yang populer bagi para developer, terutama bagi yang belum memiliki banyak pengalaman
  • Open source: Karena sifatnya yang open source, bahasa ini dapat digunakan tanpa mengeluarkan biaya. Hal ini juga merupakan salah satu alasan utama mengapa bahasa pemrograman ini banyak digunakan dalam mempelajari programming
  • Dukungan komunitas: Adanya komunitas developer yang aktif di seluruh dunia akan sangat memudahkan pengembang untuk berbagi sumber daya dan tutorial
  • Fleksibel: Bahasa ini memiliki lebih dari 120.000 pustaka yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Pustaka-pustaka tersebut dapat memudahkan pengguna dalam melakukan analisis data
  • Multifungsi: Selain itu, bahasa ini juga dapat diterapkan di banyak industri, seperti keuangan, komputasi, web development, pengembangan game, geografi, dan lain sebagainya

2. Kekurangan

Selain memiliki banyak keunggulan, bahasa ini juga mempunyai beberapa kelemahan yang juga penting untuk Anda pertimbangkan.

Di antara kekurangan dari Python adalah sebagai berikut.

  • Multiprosesor: Bahasa ini kurang mendapat dukungan dari multiprosesor, sehingga penulisan kodenya cukup terbatas
  • Desain terbatas: Bahasa pemrograman ini juga memiliki desain yang terbatas karena diketik secara dinamis
  • Kecepatan: Kecepatannya relatif lebih lambat daripada bahasa pemrograman yang lain seperti Java dan C++
  • Hardware: Kecepatan yang cukup lambat membuat bahasa ini tidak cocok digunakan pada perangkat keras, atau aplikasi yang membutuhkan akses pada hardware

Fitur-Fitur Python

Bahasa ini memiliki banyak fitur yang membuatnya populer di kalangan para developer. Adapun beberapa fitur-fitur unggulannya adalah sebagai berikut.

1. Kode Dinamis

Variabel pada bahasa pemrograman ini dapat mengubah tipe secara otomatis saat kodenya berjalan, sehingga tidak perlu dideklarasikan secara eksplisit. Hal ini membuat kode Python menjadi lebih dinamis.

2. Sintaksis Mudah

Sintaks dari bahasa ini cukup mudah untuk ditulis dan dibaca karena mirip dengan bahasa manusia.

Hal itu karena bahasa ini menggunakan sintaks dengan banyak kata kunci berbahasa inggris, sehingga lebih mudah dipahami oleh manusia.

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti Java, C++, atau Haskell, Python adalah pilihan yang paling sederhana dan lebih user friendly.

3. Berorientasi pada Objek

Python adalah bahasa yang termasuk Object Oriented Programming (OOP), atau berorientasi pada objek. Oleh karena itu, bahasa ini cukup mudah dalam penggunaannya.

Nah, itulah beberapa informasi tentang bahasa pemrograman Python. Pada intinya, bahasa ini banyak digunakan pada proses pengembangan website.

Sebab, Python adalah bahasa yang mudah untuk dipelajari dan digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun.

Berbicara tentang pengembangan web, jika Anda berencana untuk memiliki website untuk kepentingan bisnis, organisasi, atau komunitas, percayakan kepada Sekawan Studio!

Kami menyediakan layanan jasa pembuatan website profesional yang dapat memaksimalkan pemasaran bisnis Anda.

Tentunya, website kami sudah sesuai dengan standar SEO, menggunakan desain yang responsif dan user friendly, sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna Anda.

Tak perlu ragu, sudah banyak perusahaan yang mempercayakan pembuatan website-nya pada kami.

Segera konsultasikan kebutuhan website Anda pada kami untuk mendapatkan penawaran yang paling sesuai!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.