Apa itu IMAP? – Definisi, Fungsi, & Perbedaannya dengan POP3

IMAP adalah protokol yang dapat menyimpan seluruh email agar tetap aman dan dapat diakses di semua device, sehingga Anda tak perlu khawatir jika perangkat utama mengalami gangguan atau kerusakan. Anda tetap dapat mengaksesnya melalui perangkat lain.
email yang masuk pada client dengan memanfaatkan protokol imap
Daftar Isi

Berbicara tentang email, Pernahkah Anda bertanya bagaimana pesan tersebut dapat dikirim dan diterima hingga sampai di kotak masuk tujuan? Dalam hal ini, IMAP adalah protokol yang berfungsi untuk menghubungkannya.

IMAP adalah protokol yang sering digunakan untuk mengatur komunikasi server dan client.

Sebenarnya, protokol email tidak hanya itu saja, ada beberapa pilihan lain yang juga banyak dikenal, seperti POP3 dan SMTP.

Penasaran bagaimana cara kerjanya? Artikel berikut akan membahas tentang protokol ini secara lengkap, mulai dari pengertian hingga perbedaannya dengan POP3. Yuk, simak!

Apa itu IMAP?

Kepanjangan IMAP adalah Internet Message Access Protocol. Fungsinya adalah untuk menghubungkan email dari server menuju perangkat client.

Jadi, protokol ini memungkinkan Anda untuk mengakses semua folder di layanan server email.

Pada dasarnya, protokol ini membuat penerima email dapat membaca pesan yang diterima tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Mungkin pesan tersebut terlihat seperti disimpan dalam perangkat, tetapi sebenarnya penerima hanya membacanya melalui server.

IMAP adalah protokol yang dapat menyimpan seluruh email agar tetap aman dan dapat diakses di semua device.

Jadi, Anda tak perlu khawatir jika perangkat utama mengalami gangguan atau kerusakan, Anda tetap dapat mengaksesnya melalui perangkat lain.

Protokol ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1986 dengan versi pertamanya. Saat ini, IMAP sudah mengembangkan versi terbarunya, yaitu IMAP4.

Protokol ini juga dilengkapi dengan SSL (Secure Socket Layer), sehingga lebih aman dari kemungkinan penyadapan atau peretasan.

Fungsi IMAP

Beberapa fungsi dan kegunaan dari IMAP adalah sebagai berikut. 

1. Menyimpan Pesan di Server

IMAP adalah protokol yang dapat menyimpan pesan di dalam server. Pesan tersebut tidak akan hilang sampai pengguna menghapusnya secara manual.

Dengan itu, pengguna dapat mengakses pesan tersebut kapan pun mereka membutuhkannya.

2. Organisasi Email

Protokol ini juga dapat mengorganisasi pesan dan mengelolanya dengan lebih efisien.

Pasalnya, IMAP akan menyimpannya di beberapa folder dalam server, sehingga akan memudahkan pengguna ketika mereka memiliki banyak email dengan berbagai kategori.

Singkatnya, IMAP artinya dapat membantu Anda untuk mengelompokkan pesan berdasarkan kategorinya. Dengan itu, pesan-pesan lama juga akan lebih mudah ditemukan.

3. Sinkronisasi Otomatis

Ketika Anda melakukan aktivitas terhadap email, seperti membaca, menghapus, atau memindahkannya, maka perubahan itu otomatis akan tersimpan dalam server.

Jadi, jika Anda mengaksesnya dari perangkat yang berbeda, protokol ini akan melakukan sinkronisasi otomatis terhadap aktivitas sebelumnya.

4. Akses di Banyak Device

IMAP adalah protokol email yang dapat memungkinkan Anda untuk mengakses pesan dari berbagai perangkat, seperti tablet, smartphone, atau desktop.

Hal ini disebabkan karena email yang diterima akan tersimpan di server, sehingga semua perangkat yang terhubung akan menampilkan pesan yang sama.

5. Email pada Website

Biasanya, website menyediakan formulir kontak, di mana pengguna dapat mengirimkan email secara langsung dari website.

Pada konteks ini, IMAP adalah protokol yang memungkimkan untuk mengonfigurasi server dalam kasus tersebut.

Selain itu, website juga membutuhkan notifikasi secara real time dari email. Hal ini berkaitan dengan adanya pesan baru, konfirmasi pendaftaran, atau pemulihan password.

Dengan menggunakan protokol ini, server dan website akan terhubung secara real time.

6. Pengembangan Website dan Aplikasi

IMAP adalah protokol yang dapat mengintegrasikan fungsi tambahan pada website, seperti mengelola inbox mail, menyinkronkan pesan, dan juga otomatisasi tindakan berdasarkan isi dari email tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan IMAP

Internet message access protocol memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut masing-masing penjabarannya.

1. Kelebihan

IMAP adalah protokol email yang banyak digunakan karena dapat memudahkan penggunanya untuk mengirim dan menerima email.

Selain itu, protokol ini juga memiliki beberapa keunggulan lain, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Email dapat diakses melalui perangkat apapun hanya dari browser, sehingga Anda tidak memerlukan aplikasi untuk membukanya
  • IMAP tidak melakukan pengunduhan secara otomatis terhadap semua email yang masuk, sehingga tidak memperlambat kecepatan akses
  • Protokol ini hanya akan mengunduh pesan ketika Anda membukanya
  • Dapat menerima pesan masuk secara real time pada semua perangkat yang tersambung
  • Dapat digunakan dan diakses oleh banyak pengguna, sehingga akan memudahkan keperluan tim
  • Mendukung fungsi pencarian dan pengurutan, sehingga lebih mudah untuk menemukan email yang Anda butuhkan

2. Kekurangan

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata IMAP juga memiliki beberapa kelemahan, loh. Simak beberapa kekurangannya berikut ini!

  • Bergantung pada koneksi internet perangkat
  • JIka perangkat tidak terhubung dengan internet, email tidak dapat diakses secara offline
  • Memiliki batasan penyimpanan yang bergantung pada server
  • Jika sandi diketahui oleh orang lain, maka mereka dapat mengaksesnya dengan mudah

Cara Kerja IMAP

Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, apakah Anda penasaran dengan cara kerja dari protokol ini? Berikut kami sajikan proses singkatnya.

  • Ketika Anda masuk pada client email, seperti Windows Mail, Microsoft Outlook, MailSpring, dan lain sebagainya, maka klien tersebut akan menghubungi server dengan internet message access protocol
  • Setelah itu, port tertentu, seperti 993, akan membuat koneksi antara klien dan server
  • Semua header email akan tampil pada client
  • Saat Anda mengklik sebuah email, maka protokol akan mengunduhnya di client tersebut. Namun, lampiran pesan tidak dapat terunduh secara otomatis
  • Email tersebut akan tetap berada pada server sampai Anda menghapusnya secara manual

Contoh Penggunaan IMAP 

Dalam kehidupan sehari-hari, IMAP adalah protokol yang sangat berguna untuk mengakses email.

Contoh penggunaan IMAP dapat Anda lihat pada perusahaan yang menerapkan kerja remote.

Para pekerja dapat mengakses email kantor di manapun mereka berada dan melalui device apapun.

Hal itu akan memungkinkan mereka dapat bekerja dari mana saja, terlebih lagi jika Anda memiliki perusahaan dengan banyak cabang berjauhan.

Seluruh cabang dapat mengakses dan mengelola email tersebut dengan mudah, karena otomatis tersinkronisasi.

Selain itu, IMAP adalah protokol yang dapat memudahkan pemilik bisnis toko online atau e-commerce.

Mereka mungkin perlu memeriksa pesan dari pelanggan atau status perjalanan pengirimannya.

Dengan protokol ini, mereka dapat memantaunya dari semua perangkat yang digunakan. 

Protokol ini juga sangat berguna pada pekerjaan yang berhubungan dengan IT, seperti pembuatan website dan aplikasi.

Sebab, proyek IT tentunya akan membutuhkan kerjasama tim yang baik, sehingga IMAP dapat menjadi solusi untuk memeriksa update terbaru dari anggota tim atau klien melalui email.

Perbedaan POP3 dan IMAP

POP3 dan IMAP adalah dua protokol yang paling sering digunakan untuk kepentingan email. Lantas, apa perbedaannya? Simak tabel berikut untuk mengetahui perbandingan antara keduanya!

AspekIMAPPOP3
PenyimpananEmail tetap disimpan pada server dan tidak diunduh ke perangkat.Email diunduh ke perangkat lokal. Setelah itu, biasanya server akan menghapusnya.
AksesDapat diakses dengan banyak perangkat. Perubahan yang dilakukan pada sebuah perangkat akan otomatis tersinkronisasi di device lainnya.Tidak mendukung sinkronisasi di banyak perangkat, sehingga Anda harus mengunduh pesan tersebut di device yang berbeda.
KecepatanHanya mengunduh header email dan isinya, sehingga lampiran tidak otomatis terunduh.Mengunduh seluruh isi email beserta lampirannya.
Penggunaan bandwidthLebih hemat bandwidthMembutuhkan lebih banyak bandwidth
Organisasi emailPengguna dapat mengorganisasi email pada folder yang ada di server.Organisasi email hanya terbatas melalui perangkat lokal.
KeamananLebih aman, karena terdapat fitur enkripsi dan otentikasi.Meskipun terdapat opsi enkripsi, tetapi IMAP dianggap lebih aman daripada POP3.

Itulah tadi beberapa rangkuman informasi tentang internet message access protocol, mulai dari pengertian hingga perbandingannya dengan POP3.

Kesimpulannya, IMAP adalah protokol email yang dapat memudahkan pengguna dalam mengirim, menerima, dan juga mengelola email.

Dengan memanfaatkan protokol ini, Anda dapat mengakses email dari beberapa device secara bersamaan.

Hal ini akan sangat bermanfaat pada untuk berbagai keperluan, seperti pekerjaan remote, e-commerce, dan juga kebutuhan tim IT. 

Protokol ini juga dapat berfungsi sebagai penghubung antara server dan website, sehingga situs web dapat terintegrasi dengan email secara langsung.

IMAP adalah protokol yang juga berperan pada pengembangan situs web dan aplikasi sebagai penyedia fungsi tambahan.

Berbicara tentang situs web, apakah Anda tertarik memiliki website?

Tentunya, website akan sangat bermanfaat bagi segala kebutuhan Anda, seperti bisnis, organisasi, pendidikan, pemerintahan, bahkan pribadi, terlebih di zaman teknologi yang semakin berkembang ini.

Memiliki website tidak sesulit yang Anda bayangkan, loh. Saat ini, sudah tersedia layanan jasa pembuatan website profesional dari Sekawan Studio.

Kami akan membantu Anda memiliki website profesional untuk kebutuhan bisnis di bidang apapun.

Hanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 minggu saja, Anda sudah dapat menggunakannya. Tentunya, waktu pengerjaan itu juga disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jadi, segera jadwalkan konsultasi gratis bersama kami untuk menyampaikan segala kebutuhan Anda! Dapatkan paket dan penawaran menarik sekarang juga!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.