Pemanfaatan SSL untuk Optimasi Keamanan Website Anda.

ssl adalah
Table of Contents

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi website agar dapat masuk di halaman pertama mesin pencari Google. Salah satunya adalah dengan memasang SSL. Bisa dikatakan, SSL merupakan sebuah sertifikat bagi website agar diakui oleh Google sebagai situs yang aman dan terpercaya.

Namun, saat ini penyebutan SSL telah diganti menjadi TLS. Bagi anda yang masih belum mengetahui kedua istilah tersebut dan kegunaannya, kami akan membahasnya secara lebih komprehensif. Sehingga, anda juga dapat mengimplementasikannya pada halaman situs anda sendiri.

Perbedaan SSL dengan TLS

SSL atau Secure Socket Layer adalah teknologi yang merujuk pada jenis keamanan digital yang memperbolehkan proses enkripsi saluran komunikasi antara website dengan web browser. Sedangkan TLS atau Transport Layer Security merupakan suatu sistem yang memiliki tugas untuk mengamankan data yang bersifat private (pribadi).

Untuk saat ini, Secure Socket Layer sudah tidak dipergunakan lagi dan sepenuhnya beralih pada TLS. Pada dasarnya, kedua istilah ini memiliki fungsi yang sama, yaitu mengamankan transfer data pada suatu website. 

Pentingnya Menggunakan SSL / TLS

Baik SSL maupun TLS secara umum digunakan untuk tujuan mengamankan website dari sisi keamanannya. Berikut ini terdapat beberapa alasan mengapa Secure Socket Layer sangat penting untuk sebuah situs.

1. Meningkatkan Kredibilitas Website dan Ranking di Search Engine

Alasan yang pertama, dengan adanya sertifikat ini maka dapat meningkatkan reputasi website yang ditunjukkan dengan adanya notifikasi yang muncul saat anda mengakses tampilan web di browser. 

Selain itu juga dapat meningkatkan ranking halaman situs di mesin pencari. Hal tersebut akan berbanding lurus dengan pengoptimalan teknik SEO. Dikarenakan, algoritma Google lebih menyukai website yang memiliki sertifikat Secure Socket Layer. Bahkan, Google juga secara terang – terangan tidak menyukai situs yang tidak memiliki sertifikat SSL/TLS.

2. Mencegah Terjadinya Pencurian Data

Alasan yang kedua, mampu untuk melindungi dari ancaman pencurian data melalui hacker atau peretas. Caranya adalah dengan melakukan pengacakan data sensitif (randomize) serta enkripsi data.

3. Menghindari Terjadinya Kesalahan saat Mengirim Data

Alasan yang terakhir, Secure Socket Layer juga berfungsi sebagai fitur untuk melakukan proses otentikasi yang memastikan bahwa segala informasi yang dikirim sesuai dengan tujuan. Sehingga, menghindari terjadinya kesalahan saat pengiriman informasi yang menyebabkan terjadi peretasan atau pencurian data pribadi anda.

Cara Kerja SSL / TLS

Selanjutnya anda akan mengenal lebih dalam mengenai prinsip kerja dari sertifikat SSL / TLS. Jadi, setiap bentuk pertukaran data akan te-record, yang meliputi fitur pengiriman email, melakukan transaksi jual beli, data perusahaan dan lain sebagainya.

Terkait sertifikat itu sendiri memiliki dua kombinasi yang digunakan, yaitu private key dan public key. Fungsi dari private key digunakan untuk mendekripsi data ke dalam format yang dapat digunakan kembali oleh penerima (receiver) data. Sedangkan, public key berfungsi untuk mengenkripsi data yang akan dikirim (deliver).

Transformasi HTTP menuju HTTPS

Lantas, apa hubungan antara HTTP dengan HTTPS? Jika anda teliti, maka akan menemukan perbedaan yang paling mendasar, dimana jika alamat URL suatu website menggunakan sertifikat SSL, maka secara otomatis akan berubah protokol dari HTTP (Hypertext Transfer Protocol) menjadi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). 

Perbedaan tersebut cukup berpengaruh pada peningkatan jumlah visitor serta mempengaruhi jumlah konversi yang didapatkan. Kedua protokol tersebut memiliki fungsi untuk mentransfer segala bentuk informasi dari satu perangkat komputer ke perangkat lain melewati jaringan internet.

Akan tetapi HTTP termasuk ke dalam versi protokol yang belum terenkripsi dengan baik. Sehingga, tingkat otentikasinya menjadi kurang daripada menggunakan HTTPS yang memiliki sistem enkripsi data yang baik dan direkomendasikan langsung oleh Google. 

Dengan pemasangan Secure Socket Layer tersebut, maka secara tidak langsung telah menunjukkan komputer yang saling berhubungan telah menyetujui sebuah kode dan mampu menghalau segala bentuk usaha untuk mengambil data.

Jenis – Jenis Secure Socket Layer

Terdapat beberapa pembagian jenis dari SSL/TLS, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Domain Validated SSL

Domain Validated SSL (DV SSL) sangat direkomendasi bagi Server Message Block (SMB) dengan harga yang cukup terjangkau. Sertifikat jenis memerlukan kepemilikan hak akses domain, meliputi email dan validasi DNS.

Tidak disarankan bagi bisnis e-commerce untuk menggunakan sertifikat ini karena DV SSL hanya menampilkan website anda merupakan situs yang aman dan telah terenkripsi. Dan sertifikat ini sangat cocok untuk kebutuhan web testing dengan penanda HTTPS, serta gembok berwarna hijau.

2. Extended Validated SSL

Extended Validated SSL (EV SSL) termasuk ke dalam sertifikat yang memiliki tingkat keamanan tinggi dan direkomendasikan bagi anda yang ingin membuka bisnis online, terutama yang bergerak pada pengembangan toko online. Ciri – ciri dari penggunaannya adalah tertulis nama bisnis dengan warna hijau pada URL dekat dengan nama domain yang tersemat.

Sertifikat ini mengharuskan pemilik domain untuk melakukan proses verifikasi kepemilikan domain terlebih dahulu dengan menyertakan beberapa dokumen legal. Dikarenakan, sertifikat tipe ini digunakan bagi badan usaha yang memiliki legal standing, seperti CV, PT, dan instansi negara.

3. Organization Validated SSL

Jenis yang terakhir adalah Organization Validation SSL (OV SSL), yang secara umum memiliki kesamaan dengan DV Secure Socket Layer. Yang menjadi perbedaan terletak pada proses verifikasi dengan menunjukkan bukti kepemilikan domain secara penuh. Yang berarti, penerbit sertifikat akan memastikan bahwa domain telah terdaftar dengan informasi nama bisnis, lokasi, dan lainnya.

Sertifikat jenis ini biasanya banyak digunakan di beberapa website perusahaan untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan audiens. Penanda dari sertifikat ini adalah dengan HTTPS, serta bergembok warna hijau.

Cara Memasang SSL/TLS yang Tepat

Bagaimana cara memasang SSL/TLS yang benar dan mudah? Sebenarnya, anda harus menentukan terlebih dahulu apakah akan menggunakan sertifikat yang gratis atau berbayar. Anda perlu mempertimbangkan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan. 

Jika anda pengguna CMS seperti WordPress dan terbiasa dengan tampilan CPanel, anda cukup menginstall plugin Really Simple SSL. Setelah berhasil terpasang dengan sempurna, maka anda dapat melakukan proses aktivasi melalui menu setting > SSL. Terakhir, pada bagian atas halaman situs akan nampak pesan notif apabila proses redirect menuju HTTPS belum aktif. Untuk mengatasi problem tersebut, cukup dengan menekan tombol “Go Ahead, Activate SSL!”.

Baca juga :
Mengenal Perkembangan dan Penggunaan Internet serta Manfaatnya
SEO dan SEM: Mengenal Perbedaan Beserta Manfaatnya
Cara Kerja SSH dan Manfaat Penggunaannya pada Server

Kesimpulan

  • SSL/TLS adalah komponen protokol yang sangat direkomendasikan oleh Google untuk pengembangan website serta mendukung proses optimasi dari sisi keamanan.
  • Manfaat dari penggunaan sertifikat ini adalah meningkatkan kredibilitas situs, optimasi SEO, mencegah terjadinya peretasan, dan menghindari kesalahan dalam transfer data.
  • Jenis – jenis dari sertifikat ini antara lain, domain, organization, serta extended validated Secure Socket Layer. Plugin yang dapat anda manfaatkan untuk memasang SSL/TLS adalah Really Simple SSL.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website profesional dan siap melayani berbagai bisnis mulai dari skala kecil hingga enterprise.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.