Protokol POP3 Untuk Mengelola Program Email Perusahaan Anda.

POP3 atau Post Office Protocol adalah protokol yang menangani penerimaan pesan email dari server email.
pop3
Table of Contents

Singkatan dari “Post Office Protocol”. POP3, kadang-kadang disebut hanya sebagai “POP,” adalah metode standar sederhana untuk mengirimkan pesan email. Server email POP3 menerima email dan memfilternya ke dalam folder pengguna yang sesuai. Ketika pengguna terhubung ke server surat untuk mengambil suratnya, pesan diunduh dari server surat ke hard disk pengguna.

Pengertian POP3

POP3 adalah protokol (elemen konfigurasi dan pengoperasian akun email) yang memungkinkan penerimaan email. Anda akan mendengar paling banyak tentang protokol POP3 sehubungan dengan konfigurasi program email. Jika program email ingin dapat menerima pesan dan menampilkannya, program tersebut harus terhubung ke server email menggunakan, misalnya: POP3.

Protokol standar ini dibangun ke dalam program email paling populer, seperti Thunderbird dan Outlook. POP3 adalah solusi kuno dan kuno. Beberapa fungsional dan tidak memadai untuk kebutuhan konsumen saat ini. Namun, dia masih bekerja dengan sempurna untuk apa dia diciptakan. POP dapat dianggap sebagai layanan “store-and-forward”. Dia akan membatasi tugasnya dalam hal ini.

POP3 memungkinkan Anda mengunduh salinan pesan ke komputer dan memintanya untuk dihapus dari server. Pesan yang akan dikirim dari komputer Anda (dari program email) tidak akan meneruskan salinan pesan ke server. POP3 tidak menyinkronkan pesan di kedua arah.

Mengetahui Sejarah POP3

Versi pertama dari Post Office Protocol pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 sebagai RFC 918 oleh satuan tugas rekayasa internet. Pengembang mengembangkan protokol email sederhana dan efektif yang dikenal sebagai protokol POP3, yang digunakan untuk mengambil email dari server. Ini menyediakan fasilitas untuk mengakses surat secara offline daripada mengakses kotak surat secara offline.

Pada tahun 1985, Post Office Protocol versi 2 diperkenalkan di RFC 937, tetapi diganti dengan Post Office Protocol versi 3 pada tahun 1988 dengan diterbitkannya RFC 1081. Kemudian, POP3 direvisi untuk 10 tahun berikutnya sebelum diterbitkan. Setelah disempurnakan sepenuhnya, itu diterbitkan pada tahun 1996.

Meskipun protokol Post Office Protocol 3 telah mengalami berbagai peningkatan, para pengembang mempertahankan prinsip dasar yang mengikuti proses tiga tahap pada saat pengambilan surat antara klien dan server. Mereka mencoba membuat protokol ini sangat sederhana, dan kesederhanaan ini membuat protokol ini sangat populer saat ini.

Baca Juga :
Hati-Hati di Internet, Amankan Diri Anda Menggunakan Proxy
Kenali Malware dan Cara Agar Perangkat Anda Tetap Aman

Bagaimana Cara Kerjanya?

Server memulai layanan POP3 dengan mendengarkan pada port TCP 110. Ketika klien ingin menggunakan POP3 untuk pengambilan email, itu membuat koneksi TCP dengan host server. Setelah koneksi ini dibuat, server Post Office Protocol 3 mengirimkan salam. Pada titik ini, sesi memasuki status otorisasi.

Dalam status transaksi berikutnya, klien dan server bertukar perintah dan tanggapan hingga sambungan ditutup atau dibatalkan. Perintah dari klien terdiri dari kata kunci case-insensitive, mungkin diikuti oleh argumen. Tanggapan dari server terdiri dari indikator status dan kata kunci, yang dapat diikuti dengan informasi tambahan.

Saat klien mengeluarkan perintah keluar , sesi memasuki status pembaruan. Server POP3 melepaskan semua sumber daya yang diperoleh selama status transaksi , dan mengatakan “selamat tinggal”, yaitu saat koneksi TCP ditutup. Setelah sesi POP3 memasuki status pembaruan, server Post Office Protocol 3 menghapus pesan.

Apa Saja Kegunaan POP3?

  • Ini memungkinkan pengguna untuk membaca email secara offline. Ini membutuhkan koneksi internet hanya pada saat mengunduh email dari server. Setelah surat diunduh dari server, maka semua surat yang diunduh berada di PC atau hard disk komputer kita, yang dapat diakses tanpa internet. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa protokol POP3 tidak memerlukan konektivitas internet permanen.
  • Ini memberikan akses mudah dan cepat ke email karena sudah tersimpan di PC kita.
  • Tidak ada batasan ukuran email yang kami terima atau kirim.
  • Ini membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan server karena semua email disimpan di mesin lokal.
  • Ada ukuran maksimum pada kotak surat, tetapi dibatasi oleh ukuran hard disk.
  • Ini adalah protokol sederhana sehingga merupakan salah satu protokol yang paling populer digunakan saat ini.
  • Sangat mudah untuk dikonfigurasi dan digunakan.

Mengetahui Kekurangan POP3

  • Jika email diunduh dari server, maka semua email akan dihapus dari server secara default. Jadi, surat tidak dapat diakses dari mesin lain kecuali jika dikonfigurasi untuk meninggalkan salinan surat di server.
  • Mentransfer folder email dari mesin lokal ke komputer lain bisa jadi sulit.
  • Karena semua lampiran disimpan di komputer lokal Anda, ada risiko tinggi serangan virus jika pemindai virus tidak memindainya. Serangan virus dapat membahayakan komputer.
  • Folder email yang diunduh dari server email juga dapat rusak.
  • Mail disimpan di mesin lokal, jadi siapa pun yang duduk di mesin Anda dapat mengakses folder email.

Kesimpulan

POP3 singkatan dari Post Office Protocol revisi 3. Protokol ini menangani penerimaan pesan email dari server email Anda. Penting untuk diketahui bahwa jika Anda mengakses akun email Anda melalui POP3, setelah pesan Anda diunduh ke komputer lokal Anda, pesan tersebut akan dihapus dari server. Ini membuatnya tidak praktis jika Anda ingin membaca email Anda di lebih dari satu tempat/komputer.

Sekawan Studio menawarkan paket jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website profesional sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.