SMTP adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

SMTP atau Simple Main Transfer Protocol merupakaan server yang menyediakan layanan pengiriman email. SMTP Gmail dapat digunakan secara gratis dan dapat mengirim pesan email dengan jumlah yang banyak. Ketahui cara setting SMTP berikut!
SMTP adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya
Daftar Isi

Apakah Anda mengetahui istilah SMTP? Dalam era digital ini, komunikasi melalui email menjadi salah satu pilar utama dalam berbagai aspek kehidupan kita.

Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah protokol yang mendasari pengiriman email di seluruh dunia.

Lantas, apa itu simple mail transfer protocol? Bagaimana fungsi dan cara kerjanya? Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui secara lengkap tentang pengertian, fungsi, dan cara kerjanya. Yuk, simak!

Apa itu SMTP?

Ezgif.com Webp Maker 36
Sumber: unsplash.com

SMTP adalah protokol komunikasi yang digunakan untuk mengirim email melalui jaringan komputer.

SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol yang dirancang untuk mengatur proses pengiriman email dari pengirim ke penerima.

Dalam jaringan internet, simple mail transfer protocol berperan sebagai perantara dalam proses pengiriman email dari pengirim (sender) ke penerima (receiver).

Fungsi SMTP

Simple mail transfer protocol memiliki beberapa fungsi dalam pengiriman email. Apa saja fungsinya? Fungsi dari SMTP adalah sebagai berikut:

1. Pengiriman Email

Peran atau fungsi utama dari SMTP adalah bertanggung jawab atas pengiriman email dari server pengirim ke server penerima.

Hal ini melibatkan serangkaian langkah yang mencakup autentikasi, pengiriman pesan, penerimaan oleh server penerima.

2. Protokol Pengiriman

Sebagai protokol pengiriman, simple mail transfer protocol bekerja di atas lapisan aplikasi dalam model referensi OSI.

Protokol ini memastikan bahwa email dapat dikirim dengan aman dan dapat diandalkan di berbagai server di seluruh dunia.

3. Interaksi antara Server

Simple mail transfer protocol memungkinkan interaksi antara server email pengirim dan penerima.

Interaksi ini untuk memastikan bahwa email dapat melewati berbagai server sebelum mencapai tujuannya, yang mungkin berbeda dan tersebar di seluruh dunia.

4. Manajemen Queue Email

Simple mail transfer protocol juga terlibat dalam manajemen queue email. Jika server penerima tidak dapat segera menerima email, simple mail transfer protocol akan menyimpannya dalam antrian dan mencoba lagi nanti. 

Cara Kerja SMTP

Dalam struktur simple mail transfer protocol, klien email pengirim atau server berperan sebagai klien SMTP, sementara server email pengirim berfungsi sebagai server SMTP. 

Klien ini memulai proses koneksi dengan server dan menyampaikan email, lengkap dengan rincian penerima, subjek, dan isi pesan. 

Server mengolah email tersebut dan menentukan server selanjutnya yang sesuai berdasarkan alamat penerima. 

Server berikutnya dapat berupa server simple mail transfer protocol tambahan dalam jalur pengiriman atau server tujuan akhir, yaitu server email penerima. 

Setelah pesan mencapai server penerima, pesan tersebut dialihkan ke kotak masuk penerima menggunakan protokol yang berbeda, seperti POP atau IMAP.

Sementara itu, untuk mengirim email, klien email pengirim atau server menginisiasi koneksi dengan server simple mail transfer protocol penerima dan menyampaikan data yang diperlukan, seperti alamat email penerima. 

Informasi ini kemudian diproses oleh server simple mail transfer protocol, yang melakukan verifikasi terhadap alamat penerima untuk menentukan apakah email dapat diterima atau tidak. 

Jika alamat penerima terverifikasi, email akan dimasukkan ke dalam antrian untuk proses pengiriman.  Server penerima selanjutnya berusaha mengirimkan email ke dalam kotak masuk atau folder yang ditentukan oleh penerima.

Cara Menyiapkan Server SMTP

Penyiapan protokol ini melibatkan pemasangan perangkat lunak server SMTP di perangkat komputer, server, atau pada platform cloud

Proses khusus untuk menyiapkan server ini akan bervariasi tergantung pada perangkat lunak yang dipilih. 

Secara umum, langkah-langkah yang diperlukan melibatkan konfigurasi berbagai pengaturan server, seperti alamat server, nomor port, protokol keamanan, dan opsi autentikasi. 

Selain itu, ada kemungkinan bahwa Anda harus mengatur pengaturan DNS dan mengonfigurasi aturan firewall untuk memastikan kelancaran pengiriman email.

Cara Mengatur SMTP di Website

Pada dasarnya, Anda dapat mengonfigurasi simple mail transfer protocol menggunakan alamat email domain yang telah dibuat melalui layanan hosting atau menggunakan penyedia layanan email profesional, seperti Gmail.

Akan tetapi, untuk pengaturan simple mail transfer protocol, disarankan untuk menggunakan alamat email yang menggunakan domain Anda agar tampilan lebih terlihat profesional.

Anda dapat mengikuti petunjuk berikut ini untuk membuat email dengan alamat domain Anda sendiri.

1. Buat Alamat Email dengan Domain Sendiri

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum mengatur simple mail transfer protocol adalah pastikan Anda memiliki alamat email yang terkait dengan domain website.

Hal ini dapat dilakukan melalui panel kontrol hosting atau platform penyedia layanan email.

2. Pilih Layanan

Tentukan layanan simple mail transfer protocol yang akan Anda gunakan. Beberapa penyedia layanan email, seperti Gmail, SendGrid, atau layanan email khusus hosting menyediakan server SMTP yang dapat digunakan.

3. Dapatkan Informasi Server SMTP

Setiap layanan SMTP akan memberikan informasi server yang perlu Anda konfigurasi. Informasi ini mencakup alamat server, nomor port, dan metode keamanan. Beberapa rekomendasi keamanan untuk layanan SMTP adalah SSL atau TLS.

4. Konfigurasi Pengaturan SMTP

Jika Anda menggunakan WordPress, gunakan plugin, seperti “WP Mail SMTP” untuk mengonfigurasi pengaturan simple mail transfer protocol. Kemudian, isi informasi server simple mail transfer protocol yang Anda dapatkan.

5. Uji Pengaturan

Kirim email uji untuk memastikan pengaturan simple mail transfer protocol telah berfungsi dengan baik. Kemudian, perika log atau pesan kesalahan jika terdapat masalah.

6. Pemantauan dan Pemeliharaan

Selanjutnya, terus pantai kinerja pengaturan simple mail transfer protocol untuk memastikan email terkirim tanpa kendala.

Kemudian, perbarui pengaturan jika terdapat perubahan pada penyedia layanan email atau kebutuhan bisnis.

7. Keamanan

Pastikan menggunakan metode keamanan, seperti SSL atau TLS untuk melindungi data email yang dikirim melalui simple mail transfer protocol.

8. Backup Konfigurasi

Melakukan backup untuk SMTP adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, lakukan backup konfigurasi simple mail transfer protocol Anda untuk mengantisipasi kemungkinan kehilangan pengaturan.

Itulah dia penjelasan lengkap terkait apa itu SMTP serta fungsi dan cara kerjanya. Dalam dunia yang terhubung secara digital, pengiriman email menjadi kunci dalam berbagai aspek komunikasi dan bisnis. 

SMTP adalah protokol yang mendasari proses ini, menyediakan fondasi yang kokoh untuk pengiriman pesan email yang andal, aman, dan efisien. 

Dengan autentikasi pengirim, manajemen antrian yang baik, dan keamanan yang ditingkatkan melalui STARTTLS dan SMTPS, protokol ini menjaga integritas dan keberlanjutan komunikasi email di seluruh dunia.

Untuk menjaga dan mengoptimalkan performa website Anda, gunakan layanan jasa maintenance website dari Sekawan Studio.

Sekawan Studio akan memelihara, memperbaiki, dan menjaga situs dari bug and error. Selain itu, kami akan melakukan pemeriksaan detail serta laporan berbasis data setiap bulannya.

Oleh karena itu, agar website Anda terjaga dari bug and error, segera hubungi tim marketing Sekawan Studio untuk informasi selengkapnya terkait harga dan layanan kami.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.