Content Marketing: Pengertian, Manfaat dan Strategi untuk Bisnis

Content marketing adalah strategi pemasaran yang berpusat pada proses pendistribusian konten secara konsisten untuk menarik minat audiens dalam menggunakan produk bisnis Anda. Strategi pemasaran konten terbagi menjadi lima jenis, yaitu blog, media sosial, email, video, dan ebook.
content marketing
Daftar Isi

Banyak cara untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk atau jasa bisnis suatu perusahaan. Salah satu cara yang saat ini banyak digunakan adalah strategi content marketing. Metode ini terbukti cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness produk perusahaan dengan proses pemasaran tepat sasaran.

Pada artikel kali ini, akan membahas lebih dalam mengenai apa itu content marketing serta apa saja strategi dan manfaat yang dimilikinya. Sehingga, anda dapat mengimplementasikan strategi bisnis secara efektif untuk memajukan serta meningkatkan promosi brand produk anda.

Apa Itu Content Marketing

Pemasaran konten atau biasa disebut dengan content marketing adalah strategi pemasaran yang dijalankan dengan mengelola, mendistribusikan kebutuhan konten yang menarik dan relevan. Sehingga, mampu untuk menarik minat audiens dalam membaca konten, serta mengkonversi menjadi konsumen produk atau layanan bisnis anda.

Untuk menerapkan content marketing yang berkualitas, anda harus melaksanakan beberapa tahapan pembuatan, serta penyusunan strategi yang tepat. Anda juga harus melakukan audit secara berkala untuk menyortir kebutuhan konten. Pastikan untuk mengembangkan konten yang relevan, konsisten, lalu juga menerapkan teknik SEO dengan baik.

Strategi Content Marketing untuk Bisnis

Tetapkan Tujuan Anda

Ada beberapa tujuan yang perlu Anda tetapkan sebelum melanjutkan perjalanan konten pemasaran Anda.

  • Target Bisnis
  • Konten yang Dapat Digunakan Untuk Meraih Perhatian Target
  • Keuntungan bagi Target Bisnis

Rencanakan Anggaran Biaya

Untuk melakukan content marketing, Anda perlu menyiapkan budget khusus. Karena Anda mungkin membutuhkan beberapa fasilitas penunjang berbayar hingga beberapa SDM untuk membantu apa saja terkair konten.

Buat Brand Anda Menjadi yang Terunggul

Agar meraih kesuksesan dalam content marketing, Anda perlu membuat dan menunjukkan bahwa brand Anda unggul dibanding kompetitor. Untuk melakukannya, Anda bisa membuat penjelasan dari beberapa pertanyaan di bawah:

  • Apa perbedaan produk atau jasa Anda dengan kompetitor?
  • Apa kelebihan produk Anda?
  • Masalah apa yang dapat diselesaikan dengan layanan atau produk Anda?
  • Produk Anda manakah yang paling menguntungkan dan mengapa?

Setelah Anda tahu apa nilai jual produk Anda dari jawaban atas pertanyaan di atas. Anda dapat memasukkannya ke dalam konten pemasaran untuk mengedukasi pelanggan.

Tentukan Rancangan Konten

Setelah mendapatkan jawaban atas kelebihan produk Anda, maka langkah selanjutnya adalah merancang konten sesuai dari poin-poin yang ada. Merancang konten merupakan salah satu tahap penting dan tidak dapat Anda lewatkan. Rancangan ini banyak membantu Anda dalam mengembangkan konten selanjutnya dan tetap teratur hingga berhasil mencapai tujuan.

Jalankan Konten Sesuai Rencana

Melakukan improvisasi memang cukup baik, apalagi jika Anda memiliki ide yang lebih baik untuk perbaikan konten. Namun, alangkah baiknya jika konten terbut dapat mengikuti rancangan awal yang telah dibuat. Karena kami yakin bahwa dalam tahap perencanaan tersebut, Anda juga telah memiliki banyak pertimbangan. Lakukan improvisasi secukupnya dan seperlunya saja.

Ketahui Kebutuhan dan Elemen yang Tersedia

Perlu diketahui bahwa content marketing memiliki beberapa kebutuhan utama seperti Sumber Daya Manusia, tools, hingga fasilitas pendukung lainnya. Anda dapat menyesuaikan content tersebut dengan elemen yang telah tersedia atau menambah sumber daya untuk memenuhi proses pembuatan konten.

Evaluasi Hasil dari Konten Anda

Setelah beberapa konten berhasil diposting, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi hasil dari konten-konten tersebut. Walaupun dilaksanakan terakhir, namun tahap ini tidak boleh dilewatkan. Hasil evaluasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk perbaikan konten di masa depan dan penyusunan konten selanjutnya.

Contoh Content Marketing

Untuk merancang strategi pemasaran konten yang tepat, anda perlu untuk melakukan riset pasar serta kompetitor bisnis anda. Selain itu, anda juga harus mengikuti tren perkembangan dunia teknologi dan informasi terkini. Berikut ini terdapat beberapa channel untuk menerapkan contoh content marketing agar dapat anda manfaatkan untuk menunjang kampanye bisnis anda.

Perencanaan Strategi Sebelum Melakukan Content Marketing Melalui Channel  Marketing
Perencanaan Strategi Content Marketing (Foto: Pexels)

1. Content Marketing di Blog

Blog merupakan halaman website berisi konten berupa artikel dengan tujuan memberikan informasi kepada audience atau pembaca. Orang yang biasa dan aktif untuk membuat situs blog disebut dengan blogger. Informasi yang ditampilkan pada blog menyesuaikan dengan kebutuhan pengembang, dan isi dari blog tersebut harus relevan, serta tidak mengandung unsur penipuan.

Untuk menciptakan konten yang baik dan masuk pada halaman pertama di mesin pencari Google, anda perlu menerapkan teknik SEO dengan baik. Mengoptimalkan SEO On Page halaman blog adalah hal mendasar untuk dikuasai, sehingga artikel yang anda buat mampu untuk bersaing dan mendapatkan trafik lebih besar daripada kompetitor lain.

2. Content Marketing di Social Media

Saat ini, penggunaan media sosial mengalami peningkatan seiring dengan kebutuhan komunikasi secara instan dan dapat menjangkau berbagai tempat. Sehingga, banyak pengguna internet yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan dan memperkenalkan bisnis atau usaha yang dimiliki.

Salah satu media yang sering dipakai adalah konten, tujuannya untuk mendapatkan minat pembaca serta meningkatkan product branding bisnis anda. Infografis merupakan salah satu bentuk konten yang sering digunakan pada media sosial untuk memperkenalkan produk atau jasa suatu bisnis. Social media yang sering digunakan adalah Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube.

3. Email

Email marketing juga termasuk ke dalam strategi content marketing yang cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness melalui notifikasi email konsumen. Isi dari email tersebut berupa konten yang berisi tulisan, gambar, maupun video yang menjelaskan secara singkat mengenai layanan produk bisnis perusahaan.

4. Content Marketing Melalui Video

Selanjutnya, jika anda sering menggunakan platform media sosial seperti Youtube, tentu anda pernah melihat beberapa iklan yang sering muncul dalam setiap channel. Iklan tersebut merupakan salah satu bentuk konten video yang bertujuan untuk mempromosikan kepada konsumen terkait dengan layanan atau jasa yang dimiliki.

5. Content Marketing Melalui Ebook

Dan yang terakhir, anda juga dapat menggunakan bantuan ebook (Electronic Book) untuk membantu pemasaran konten anda secara cepat. Biasanya, strategi ini dapat diterapkan ketika anda telah melakukan promosi melalui email, media sosial atau blog.

Dari ketiga tahapan tersebut anda dapat menyisipkan tambahan dokumen berupa ebook agar user mengunduh dokumen dengan cara melakukan proses subscribe pada perusahaan atau organisasi anda.

6. Menciptakan Podcast Informatif

Tahukah Anda bahwa pendengar podcast di Indonesia cukup banyak? Andadapat menggunakan media tersebut untuk membuat konten pemasaran baik dengan membuat saluran sendiri berdasarkan niche Anda atau berkolaborasi dengan produsen konten lain di niche yang sama. 

7. Kolaborasi Bersama Influencer

Strategi pemasaran konten ini adalah kombinasi dari seluruh hal di atas. Anda bisa menggunakan teks, audio, video atau artikel blog, namun bedanya konten tersebut digunakan untuk kolaborasi bersama influencer.

Namun, ada satu hal yang harus diingat. Bahkan jika influencer yang bekerja sama dengan Anda sudah memiliki dampak yang kuat, konten Anda kemungkinan tidak akan berdampak signifikan kecuali jika kualitas pemasaran konten Anda dimaksimalkan. Oleh karena itu penting untuk melakukan riset pemilihan influencer.

Baca juga:
Panduan Lengkap Optimasi Instagram Ads untuk Bisnis Anda
TikTok Ads: Fitur Pemasaran Terbaru Dari TikTok
Pengertian, Manfaat dan 8 Strategi Digital Marketing

Manfaat Content Marketing untuk Bisnis

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai perlunya content marketing untuk meningkatkan keuntungan jangka panjang sebuah perusahaan. Kami telah membagi menjadi lima manfaat utama yang diperoleh dari pemasaran konten yang efektif.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat yang pertama, tentu saja untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk serta menarik minat agar membeli dan menggunakan produk tersebut. Brand awareness dapat diperoleh dari tingkat kredibilitas dan konsistensi suatu perusahaan dalam memproduksi dan mengelola konten yang berkualitas. Contohnya, pembuatan company profile website yang memiliki halaman blog dan selalu menyajikan informasi yang teraktual dan up to date.

2. Memperbaiki SEO

Search Engine Optimization (SEO) menjadi suatu keharusan bagi pelaku bisnis, terutama di lingkungan startup untuk melebarkan sayap tidak hanya di dunia pengembangan produk aplikasi atau software saja. Namun, juga merambah area marketing untuk membantu proses kebutuhan promosi produk agar dapat bersaing dengan kompetitor dan mencapai halaman pertama di mesin pencarian Google.

3. Untuk Investasi Jangka Panjang

Manfaat ketiga, dengan menerapkan content marketing secara maksimal, bisnis yang anda jalankan mampu untuk mendapatkan investasi dalam jangka waktu yang panjang. Untuk mencapai hal tersebut, anda harus menggunakan SEO yang memiliki objective mendapatkan organic search dan organic traffic yang meningkat.

4. Meningkatkan Traffic

Selanjutnya, content marketing mampu untuk meningkatkan jumlah pengunjung website dengan distribusi konten secara konsisten dan tersistem. Anda juga harus memastikan, konten yang anda buat sesuai serta berkorelasi dengan tujuan atau layanan produk anda. Gunakanlah optimasi SEO, baik dari sisi On Page maupun Off Page untuk menciptakan artikel user friendly.

5. Mampu Mengkonversi Pelanggan

Keuntungan yang terakhir, dengan penerapan pemasaran konten yang benar maka anda dapat meningkatkan jumlah konversi pelanggan anda untuk menjadi konsumen tetap dari bisnis yang dijalankan. Hasil konversi tersebut tentu saja dipengaruhi oleh tingkat kepuasan dan kepercayaan konsumen dengan kinerja dan layanan yang diberikan.

Sekawan Studio menawarkan jasa pembuatan website untuk membantu kampanye bisnis perusahaan anda, serta memudahkan proses pemasaran secara online.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.