Panduan Cara Membuat Website Toko Online Sendiri untuk Pemula.

website toko online
Table of Contents

Ide berbisnis tidaklah terbatas, melakukan bisnis dimulai dengan hal yang kecil. Salah satu ide yang dapat kita tuangkan pada sebuah cara berbisnis melalui toko online. Membuat website toko online merupakan strategi bisnis yang mempunyai prospek bagus pada masa sekarang ini. Banyak orang mulai membuka bisnis kecilnya dengan berladang pada toko online, tidak harus mempunyai perusahaan yang besar yang bisa membuka usahanya pada toko online. 

Cara membuat website toko online, tidak harus mempunyai keahlian khusus tetapi bisa dilakukan secara otodidak oleh setiap orang. Keberanian untuk melakukan sebuah usaha, mencoba untuk mengambil langkah untuk menggerakkan bisnisnya. Membuat toko online tidak membutuhkan modal yang cukup besar, hanya dibutuhkan konsistensi, ide bisnis, serta rasa keberanian untuk memulai usaha. 
Banyak platform untuk membuat toko online   yang disediakan tanpa berbayar, salah satunya yaitu dengan wordpress. Setelah mengetahui cara membuat website toko online, Anda harus bisa menggali ide-ide kreatif untuk bisnis serta konsisten untuk melakukan perkembangan dalam bisnis. Pada artikel ini akan membahas mengenai, cara membuat website toko online dan membuat website dengan gratis.

Apa itu Toko Online

Toko online seringkali disebut dengan “olshop” yang gencar diperbincangkan dan digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tidak hanya kaum wanita saja yang menggemari aktivitas ini, namun para kaum laki-laki juga mulai aktif pada perkembangan toko online. Membuat toko online seringkali memicu menimbulkan ide-ide bisnis yang tidak disangka sebelumnya. 
Pada dasarnya, toko online adalah suatu bisnis yang dipasarkan melalui digital dengan bantuan internet dan teknologi. Toko online mempunyai beberapa bentuk, salah satunya yaitu marketplace atau e-commerce.

Manfaat Membuat Website Toko Online

Memiliki website toko online, tentunya juga mempunyai banyak manfaat untuk bisnis dan konsumen. Berikut manfaat yang dapat kita rasakan dengan menggunakan situs web tersebut, antara lain:

1. Memudahkan Pelanggan dalam Proses Pembelian Produk 

Jika Anda memiliki bisnis pada bidang tertentu, dalam toko online biasanya mempunyai target untuk pelanggan pada produk yang ditawarkannya juga harus lebih dari satu. Produk mempunyai keterlibatan paling banyak untuk menarik pelanggan pada toko online. 

Disamping itu, penjual membutuhkan testimoni dari pelanggan dan ditampilkan pada website toko online tersebut. Cara membuat toko online terlebih dapat memudahkan para pelanggan jika ingin membeli produk atau layanan yang ditawarkan pada website toko online. 

2. Memudahkan Proses Transaksi 

Transaksi yang ada pada kegiatan jual beli semakin mudah, adanya sistem yang saling terintegrasi antara pembeli dengan sistem website. Banyak toko online yang sudah menggunakan payment secara langsung melalui website tanpa harus menggunakan cara konvensional. Selain itu, dalam website dilengkapi dengan fitur live chat yang langsung terhubung dengan penjual secara langsung. Sehingga, pembeli semakin mempelajari cara membuat website toko online yang lebih multifungsi dengan kepentingan lainnya tidak hanya situs jual-beli saja. 

3. Meningkatkan Efisiensi Biaya

Biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan berjualan offline yang menyewa tempat atau toko untuk berjualan sebagai berlangsungnya proses jual-beli antara pembeli dan penjual. 

4. Mendapatkan Keuntungan Lebih Banyak

Keuntungan yang diperoleh dari bisnis online ini cukup besar, biasanya pembeli hanya mendapatkan untung ketika mereka melakukan penjualan offline jika membuka lapak dan tidak bisa dalam hitungan 24 jam hanya beberapa jam mereka membuka lapaknya. Jika menggunakan toko online, mereka dapat menerima pembeli dalam waktu 24 jam secara terus menerus tanpa adanya batasan waktu yang digunakan pada sistem. Pembeli menyiapkan barang dan harus stand by melalui smartphone mereka saja. 

5. Tidak Terbatas Waktu dan Tempat (Fleksibel)

Bisnis tidak terbatas oleh wilayah, memungkinkan untuk bisa menjangkau ke luar negeri tidak hanya pada wilayah lokal saja tetapi bisa mencapai luas. Dalam membuat cara website toko online, kita perlu untuk menyediakan berbagai jenis bahasa yang digunakan di dalam website menyesuaikan pada lokasi yang digunakan. Hal ini memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan website terkait dengan tawaran produk atau layanan yang ada. 

6. Memudahkan Proses Jual Beli secara Digital

Kegiatan jual beli semakin mudah, meskipun pembeli mendapatkan pesanan yang masuk banyak mereka tidak takut untuk track record nya hilang. Semua pesanan yang masuk akan di rekam oleh sistem dan dapat dilihat kembali di kemudian hari. Sehingga proses dari jual-beli khususnya pada toko online terkesan semakin mudah dan dapat diterapkan.

Baca juga :
Mengenal Sales Funnel untuk Pengembangan Bisnis Anda
Mengulas Riset Pasar, Salah Satu Metode Investasi Bisnis Anda

Cara Membuat Website Toko Online

Ada beberapa cara membuat website toko online yang bisa diterapkan pada bisnis Anda terutama pada pemula pengguna toko online. Tampilan yang diberikan yang bisa menarik pelanggan untuk mengunjungi toko online tersebut. Cara membuat toko online dengan wordpress juga bisa dilakukan oleh pemula. Berikut beberapa cara membuat website toko online untuk diri sendiri, antara lain :

1. Menentukan Nama untuk Bisnis Anda

Nama toko online hal yang penting dalam membuat website toko online, sama halnya dengan brand maupun merk dari bisnis kita. Penentuan nama harus didasarkan pada penggunaan yang mudah diingat khususnya oleh para konsumen. Jika nama yang digunakan mudah diingat, maka konsumen akan berulang kali dapat mengunjungi laman toko secara terus menerus. Biasanya nama yang digunakan berdasarkan nama merek atau produk dengan nama produk utama yang menjadi dasar bisnis. Sebagai contohnya, (Nama Merek + Produk Utama) yaitu RajaProperti dengan penulisannya menggunakan satu kata gabungan.

2. Menentukan Hosting sesuai Kebutuhan

Hosting merupakan hal yang paling penting juga dalam membuat toko online melalui wordpress, penentuan hosting harus ditentukan dengan benar. Hosting juga merupakan penentu performa dari website yang telah kita buat. Ada beberapa hosting yang mempunyai kekurangan dalam kecepatannya begitu juga sebaliknya. Cara membuat website toko untuk diri sendiri juga harus diperhatikan untuk kecepatan akses, terutama jika banyak pengguna yang akan mengaksesnya. Beberapa spesifikasi yang dibutuhkan dalam membuat toko online :

a. Core CPU dan RAM 

Core CPU yang dibutuhkan minimal 1 serta RAM yang dibutuhkan adalah 1 GB. Ketentuan tersebut digunakan dalam traffic low hingga medium pada sebuah website. Sedangkan untuk traffic high dapat menggunakan 2GB. Selain itu, disk space yang digunakan yaitu minimal 2GB. Jika kurang dari penentuan tersebut, kurang direkomendasikan dalam membuat website untu toko online. Situs web juga sangat membutuhkan banyak disk space karena membutuhkan menyimpan banyak gambar pada laman toko online. Sehingga, minimal dibutuhkan 2GB. 

b. SSD Storage

Hosting dalam membuat website toko online sendiri maupun membuat laman website gratis juga membutuhkan penyimpanan SSD, yang dapat meningkatkan performa dibandingkan dengan menggunakan HDD. Sehingga, lebih perhatikan penggunaan SSD maupun HDD dalam memilih hosting. 

c. Unlimited 

Dalam membuat situs pada toko online dengan wordpress, juga membutuhkan banyak space untuk gambar terutama dalam gambar produk dan sebagainnya. Sehingga, website harus mempunyai fitur untuk unlimitedinodes. Dengan memenuhi spesifikasi tersebut, maka laman toko online dapat mempunyai performa yang baik.

3. Menentukan Teknologi CMS yang Tepat dan Relevan

Cara membuat website toko online, terlebih dengan menggunakan wordpress yang harus ditentukan terlebih dahulu yaitu mengenai penentuan CMS (Content Management System) yaitu sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menambah maupun memodifikasi isi dari sebuah situs tersebut.  

Selain itu, CMS dapat memudahkan dalam membuat website toko online dengan wordpress atau tidak. Adapun beberapa alasan penting menggunakan CMS :

  • Aplikasi Gratis Open Source
  • Mengelola serta mengembangkan konten secara fleksibel, mudah dan cepat
  • Memudahkan pengguna awam untuk mengeksplorasi konten di dalam website
  • Menyediakan banyak pilihan tema tampilan dalam bentuk mentah maupun pre-design
  • Memiliki banyak tutorial dalam membuat website toko online dengan wordpress
  • Memudahkan untuk dioptimasi
  • Mempunyai beberapa fitur dalam manajemen pengguna, seperti mengatur beberapa role pengguna administrator, editor, author, subscriber dan sebagainya.

Baca juga :
Strategi Pemasaran Produk yang Tepat dengan Internet Marketing
Pengenalan Apa itu Hosting Beserta Jenis dan Cara Kerjanya

Kesimpulan 

  • Cara membuat website toko online dapat menggunakan berbagai platform, salah satunya yaitu dengan menggunakan wordpress. Pada dasarnya, toko online adalah suatu bisnis yang dipasarkan melalui digital dengan bantuan internet dan teknologi. Toko online mempunyai beberapa bentuk, salah satunya yaitu marketplace atau e-commerce.
  • Cara membuat website toko online sangatlah mudah dan dapat diterapkan oleh pengguna awam tanpa harus memiliki keahlian khusus. Manfaat yang diperoleh dari adanya situs web milik sendiri banyak sekali, diantaranya dapat memudahkan pelanggan, efisiensi biaya, keuntungan lebih besar dan sebagainnya.
  • Diharapkan para pelaku bisnis kecil maupun besar, dapat menerapkan cara membuat web toko online sendiri untuk mendapatkan banyak manfaat. Sedikit demi sedikit manfaat yang diperoleh oleh penjual maka akan menjadikan impact yang besar pada bisnis yang dijalaninya. Salah satunya dapat mengembangkan bisnis.

Sekawan Studio membuka paket jasa pembuatan website toko online untuk membantu pemasaran produk secara digital melalui internet.
Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.