5 Cara Membuat Website Toko Online di WordPress untuk Pemula

Di era digital saat ini, membuat website toko online merupakan strategi bisnis yang mempunyai prospek bagus. Toko online sendiri adalah suatu bisnis yang dipasarkan melalui digital dengan bantuan internet dan teknologi, salah satunya website. Cara membuat website toko online pun tidak harus mempunyai keahlian khusus, tetapi bisa dilakukan secara otodidak oleh setiap orang. Selain itu, banyak platform untuk membuat toko online.
Cara Membuat Website Toko Online
Daftar Isi

Jika Anda memiliki ide bisnis, ini saat yang tepat untuk menciptakan keberadaan daring usaha Anda melalui website toko online. Tak perlu bingung, cara membuat website toko online tidaklah sulit.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan berbagai platform open-source yang bisa diakses secara gratis, seperti WordPress.

WordPress memungkinkan Anda untuk menciptakan website toko online yang menarik, meski Anda tidak memiliki keahlian khusus di bidang website development.

Penasaran bagaimana cara membuat website toko online di WordPress? Jika iya, mari simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Pentingnya Website Toko Online

Ilustrasi Website Toko Online
Sumber: Freepik

Memiliki website toko online akan menguntungkan bisnis Anda. Pasalnya, website toko online memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan potensial yang lebih luas.

Lebih dari itu, berikut beberapa alasan pentingnya website toko online:

1. Memudahkan Pelanggan Mendapatkan Informasi Produk 

Website bisa dijadikan sebagai media untuk menyediakan informasi mengenai bisnis, layanan, ataupun produk yang Anda tawarkan.

Dengan demikian, pelanggan bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai produk Anda kapan pun dan di mana pun.

2. Memudahkan Proses Transaksi 

Umumnya, website toko online memiliki banyak fitur yang memudahkan pelanggan dalam proses transaksi.

Adapun salah satu fitur yang kerap digunakan dalam situs web toko online, yaitu sistem pemesanan atau keranjang dan pilihan metode pembayaran.

Dengan fitur semacam ini, pelanggan bisa membeli produk atau layanan yang ditawarkan dengan mudah tanpa harus menunggu respons admin terlebih dahulu.

3. Meningkatkan Efisiensi Biaya

Memiliki website toko online bisa membantu Anda menghemat biaya operasional. Pasalnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa gedung dan melakukan pemeliharaan.

4. Tidak Terbatas Waktu dan Tempat (Fleksibel)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, website toko online bisa membantu Anda menjangkau pelanggan potensial yang lebih luas.

Hal ini dikarenakan, website membuat bisnis Anda tersedia secara online dan bisa diakses oleh pelanggan kapan pun dan di mana pun.

Dengan kata lain, website toko online menjadikan bisnis Anda tidak terbatas oleh tempat dan waktu.

5. Mendapatkan Keuntungan Lebih Banyak

Meluasnya jangkauan bisnis dan ketersediaan layanannya selama 24 jam membuat Anda berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Bagaimana tidak, luasnya jangkauan bisnis menandakan bahwa Anda bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Persiapan Membuat Website Toko Online

Meskipun mudah, pembuatan website toko online tidak bisa dilakukan asal-asalan. Dalam tahap persiapan, Anda perlu memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya yaitu:

  • Tentukan dan ketahui produk yang akan Anda jual
  • Lakukan riset pasar dan analisis peluangnya
  • Lakukan analisis kompetitor untuk mencari inspirasi
  • Susun strategi pemasaran untuk mempromosikan website baru Anda

Cara Membuat Website Toko Online di WordPress

Sebenarnya, ada beberapa cara membuat website toko online. Namun, cara yang paling mudah dan ramah pemula, yaitu menggunakan WordPress.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, pembuatan website toko online menggunakan WordPress ini tidak membutuhkan keahlian khusus. Hanya dengan melihat tutorial, Anda sudah bisa membangun website untuk bisnis Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat website toko online menggunakan WordPress, berikut langkah-langkahnya:

1. Tentukan Nama Domain dan Hosting

Cara membuat website toko online yang pertama, yaitu tentukan nama domain Anda terlebih dahulu. Nama domain ini bisa menggunakan nama brand atau perusahaan Anda.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih nama domain adalah gunakan nama yang singkat dan mudah diingat.

Jika sudah memilih nama domain, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan, yaitu membeli hosting di penyedia hosting terpercaya.

Dalam hal ini, hosting digunakan untuk menjalankan website Anda agar tersedia secara online di internet.

2. Pasang WordPress

Login Wordpress
Login WordPress

Cara membuat website toko online selanjutnya, yaitu pasang WordPress di device yang Anda gunakan. Lengkapi semua informasi yang diminta hingga WordPress berhasil terpasang.

Setelah terpasang, Anda akan mendapatkan e-mail yang berisikan informasi login untuk masuk ke dashboard WordPress. Nah, untuk keamanan, Anda bisa mengganti password akun WordPress tersebut.

3. Buat Halaman Baru

Langkah selanjutnya, yaitu buatlah halaman baru di WordPress untuk bisnis toko online Anda. Halaman ini bisa berupa halaman about, halaman FAQ, ataupun halaman kontak.

Lantas, bagaimana cara membuat halaman baru di WordPress? Mudah saja. Pertama-tama, klik navigasi menu “Pages” lalu tekan pilihan “Add New”.

3. Pasang Plugin WooCommerce

Plugin Wordpress
Plugin WooCommerce (Sumber: Hostinger)

Di WordPress tersedia beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat website. Nah, salah satu plugin untuk membuat situs web toko online adalah WooCommerce.

Plugin ini bisa Anda pasang dengan cara menekan navigasi plugin di WordPress, lalu klik Add New. Jika sudah, Anda bisa mencari plugin WooCommerce, lalu aktifkan.

4. Atur Tampilan Website

Atur Design Website Toko Online
Desain Website Toko Online (Sumber: Hostinger)

Cara membuat website toko online selanjutnya, yaitu atur tampilannya agar menarik dan user friendly.

Soal tampilan, Anda bisa menggunakan template gratis yang tersedia di WordPress. Pilihlah template yang sesuai dengan persona toko online Anda.

5. Masukkan Produk

Cara membuat website toko online yang terakhir, yaitu masukkan semua produk Anda agar bisa diakses oleh pengguna. Adapun cara menambahkan produk adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dashboard admin
  • Pilih “Product”, lalu klik “Add New”
  • Masukkan harga, deskripsi, dan gambar produk

Tips Membuat Website Toko Online

Bagaimana? Cara membuat website toko online tidak sulit, kan? Nah, agar website Anda lebih menarik dan bekerja optimal, berikut tips membuat situs web toko online yang bisa Anda terapkan.

1. Perhatikan Aspek SEO

Saat membuat website toko online, Anda perlu memperhatikan aspek SEO-nya. Sebab, SEO penting untuk membantu meningkatkan performa website di mesin pencarian.

Dengan SEO yang optimal, website Anda akan muncul di ranking atas SERP, sehingga lebih mudah ditemukan di mesin pencarian Google. Hal ini tentu akan berdampak baik pada situs web dan bisnis Anda secara keseluruhan.

2. Buat Landing Page Coming Soon

Landing page coming soon bisa Anda gunakan untuk memberitahu pengunjung bahwa Anda akan segera meluncurkan produk atau layanan baru.

Landing page ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menghimpun data dari pelanggan, seperti e-mail atau nomor HP. Dengan demikian, Anda bisa memiliki database untuk keperluan promosi.

Tips agar landing page Anda menarik, yaitu gunakan desain dan elemen-elemen pendukung, seperti foto dan tulisan.

3. Promosikan di Media Sosial

Untuk mengenalkan website Anda pada pelanggan, Anda bisa menggunakan media sosial. Promosikan website Anda melalui media sosial toko yang sudah dibuat sebelumnya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara membuat website toko online di WordPress untuk pemula. Setelah membaca penjelasan di atas, tentu Anda sudah paham, kan?

Kini, Anda tak perlu bingung lagi jika ingin membuat website untuk bisnis atau toko online. Cukup gunakan WordPress dan manfaatkan plugin yang tersedia.

Namun, tak dapat dipungkiri, membuat website dengan WordPress memiliki banyak keterbatasan, salah satunya yaitu desainnya yang tidak eksklusif.

Tema gratis yang ada dalam WordPress telah banyak digunakan oleh orang lain, sehingga terkesan pasaran.

Jadi, jika menginginkan desain yang eksklusif dan tidak pasaran, Anda membutuhkan bantuan dari profesional. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website terpercaya, seperti Sekawan Studio.

Sekawan Studio menyediakan jasa pembuatan website profesional untuk toko online. Tim kami akan membantu Anda dalam mewujudkan design yang eksklusif dan responsif.

Bahkan, pembuatan website di Sekawan Studio juga telah SEO friendly, sehingga situs web Anda akan tampil maksimal di mesin pencarian.

Tunggu apalagi? Serahkan masalah pembuatan website toko online Anda pada Sekawan Studio!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.