Pilih Inbound Marketing untuk Menarik Audiens

Perusahaan akan mencoba untuk memberikan apresiasi serta mengerahkan upaya pemberdayaan kepada para audiens untuk mencapai tujuan bisnis pada setiap tahap dalam rangkaian proses bisnis. Strateginya berbagai macam bentuknya, seperti pemasaran blog, konten, acara, pengoptimalan SEO, media sosial, serta saluran lainnya.
inbound marketing
Daftar Isi

Apakah pendekatan inbound marketing terdengar asing di telinga anda? Perkembangan zaman dan teknologi membuat pola berpikir para pengguna semakin beragam. Kemudahan dalam mengakses sesuatu secara online dapat pula mempengaruhi keberagamannya.

Para pelaku bisnis tentunya memiliki tantangan yang semakin beragam pula. Salah satu tantangan tersebut adalah melakukan komunikasi dengan para pengguna ataupun pelanggan.

Bagaimana cara melakukan pendekatan yang tepat sasaran dan lain sebagainya. Tidak perlu risau, sebab inbound marketing bisa jadi jawaban untuk pertanyaan tersebut. Ingin tahu lebih tentangnya? Mari kita simak pembahasan lebih dalam bersama-sama.

Pengertian Inbound Marketing

Inbound marketing merupakan sebuah metode yang digunakan dalam pengembangan bisnis dengan membangun interaksi bermakna jangka panjang dengan para konsumen, prospek, maupun para pelanggan. Sederhananya, inbound marketing mengacu pada suatu proses atau upaya dalam menarik para pengguna yang potensial untuk bisnis anda. Fokus pada strategi atau metode ini adalah menarik audiens, bukan mendorong perusahaan anda agar dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Pada marketing ini, perusahaan akan mencoba untuk memberikan apresiasi serta mengerahkan upaya pemberdayaan kepada para audiens untuk mencapai tujuan bisnis pada setiap tahap dalam rangkaian proses bisnis. Strategi yang menjadi andalan inbound marketing berbagai macam bentuknya, seperti pemasaran blog, konten, acara, pengoptimalan SEO, media sosial, serta saluran lainnya.

Pendekatan bisnis ini dapat membuat menarik perhatian para audiens atau calon pelanggan maupun pelanggan itu sendiri. Mengapa demikian? Sebab konten dalam inbound marketing bersifat mendidik atau mengedukasi dan juga menghibur.

Coba anda bayangkan jika dalam proses pemasaran, bisnis anda menerapkan hal itu. Meluncurkan ide-ide menarik yang menjadi konten edukasi serta hiburan. Pastinya respon baik dari audiens akan perusahaan anda terima.

Mengapa Harus Inbound Marketing?

Pada dasarnya, semua strategi pemasaran jika dilakukan, dikelola, serta dieksekusi dengan tepat akan menghasilkan hasil yang baik. Begitu pula dengan inbound marketing. Di mana beberapa ahli menyebutkan bahwa marketing ini dapat jauh lebih menghasilkan hasil daripada marketing konvensional jika pengelolaannya tepat. Hal tersebut dibuktikan dengan kekuatan yang dimiliki oleh metode pemasaran ini, yakni kemampuan dalam menempatkan pelanggan untuk memegang kemudi yang dapat menghubungkan bisnis anda dengan audiens lain.

Beberapa aspek bisnis seperti konversi dari prospek, retention rate, juga brand awareness ikut andil merasakan hasil lebih baik dari pengelolaan inbound marketing secara tepat. Anda sebagai pelaku bisnis harus pandai-pandai memanfaatkan segala macam saluran untuk menghasilkan konten-konten edukasi yang dapat menghibur para audiens.

Pendekatan strategis ini melibatkan proses pembuatan konten yang tidak hanya mendidik dan menghibur, tapi juga dapat menjawab pertanyaan atau membantu menyelesaikan masalah masing-masing audiens. Mengapa anda harus membuat konten dengan kriteria seperti itu? Sebab begitulah cara perusahaan anda menjaga komunikasi jangka panjang dengan para pelanggan maupun audiens jika menggunakan pendekatan inbound.

Jika dimisalkan, konten yang anda hasilkan haru sigap dan tepat dalam memberikan solusi pada masalah para audiens. Penting untuk memperhatikan tren serta search intent dari para audiens atau pelanggan agar anda dapat memperkirakan atau merencanakan konten apakah yang harus dibuat untuk ke depannya. Konten tersebut juga harus dapat dijangkau dalam saluran mana saja, entah di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, maupun situs web milik perusahaan juga berbagai platform belanja. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada siklus pembelian dalam perusahaan anda agar dapat memperkirakan para pelanggan yang potensial.

Baca juga:
B2B Marketing Bangun Hubungan Jangka Panjang dengan Klien
Retention Rate: Seberapa Penting untuk Bisnis?
Strategi Tepat untuk Menjalankan Bisnis dengan Social Media Marketing

3 Poin Krusial pada Inbound Marketing, Apa Sajakah Mereka?

Komunikasi Dalam Inbound Marketing
Komunikasi dalam Inbound Marketing © Unsplash.com

Lalu, bagaimanakah atau langkah penting apakah yang harus ada dalam upaya menerapkan inbound marketing? Jawabannya sangatlah sederhana! Ada tiga cara, yakni menarik (attract), melibatkan (engage), dan menghibur (delight). Kami akan jelaskan secara singkat terkait dengan masing-masing dari poin tersebut di bawah ini.

  1. Attract: Menarik para audiens dengan menggunakan konten serta melakukan komunikasi dengan mereka.
  2. Engage: Sajikan wawasan serta solusi sesuai dengan kebutuhan serta sasaran dari keluhan yang sedang dialami.
  3. Delight: Sediakan bantuan juga dukungan untuk memberdayakan pelanggan atau audiens dalam melakukan pembelian.

Selain menjadi langkah utama dalam pemasaran jenis ini, ketiga poin di atas juga dapat dijadikan sebagai strategi dalam proses pemasaran yang berlangsung. Berikut rincian mengenai ketiga poin krusial dalam inbound marketing.

Baca juga:
Strategi Tepat untuk Menjalankan Bisnis dengan Social Media Marketing
Langkah Mudah Menyusun Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis Anda
Marketing Automation untuk Langkah Pemasaran Efektif

1. Attract

Poin attract memegang peran penting untuk memikat atau menarik perhatian para pengguna dengan membuat konten sesuai ketentuan atau aspek yang telah kami jelaskan sebelumnya. Untuk melakukan pendekatan ini secara mendalam anda dapat melakukan optimasi terhadap tiap-tiap konten yang telah dibuat. Targetkan kata kunci secara spesifik, bantu para audiens menjawab atau menemukan solusi terhadap masalahnya, pastikan pula lakukan komunikasi dengan mereka guna membangun hubungan jangka panjang.

2. Engage

Poin engage berfokus pada strategi di mana anda dapat melibatkan para audiens. Tambahkan beberapa informasi-informasi penting tentang nilai atau keuntungan yang akan diberikan oleh bisnis anda kepada para audiens. Untuk catatan, usahakan memasukkan informasi yang relevan dan juga dapat dipercaya dan dipertanggung jawabkan keasliannya. Strategi ini juga berfokus pada bagaimana anda mengelola layanan untuk interaksi dengan pelanggan. Usahakan untuk menawarkan sebuah solusi, bukan sebuah produk.

3. Delight

Poin delight, seperti penjelasan singkat sebelumnya, merujuk pada strategi di mana bisnis anda melibatkan pengelolaan terhadap kepuasan pelanggan terkait dengan produk maupun proses pembelian. Terjadinya umpan balik merupakan cara tepat untuk strategi satu ini. Media sosial dapat menjadi sebuah pilihan untuk penerapan strategi delight, di mana anda dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dan menerima umpan balik secara langsung maupun tidak langsung.

Langkah Menuju Inbound Marketing yang Sukses

Dalam melakukan kegiatan pemasaran, pasti tidak asing bagi anda saat mendengar bahwa lebih banyak anda berinvestasi, dalam bentuk apapun itu, semakin banyak pula anda menerima timbal balik darinya. Sama halnya dengan teknik pemasaran ini. Semakin baik dan semakin relevan konten atau strategi anda dalam menyelesaikan atau membantu masalah dari para audiens, semakin banyak pula keuntungan yang dapat anda rasakan.

Lalu, bagaimana atau apa saja langkah yang harus dilakukan agar dapat mewujudkan inbound marketing yang sukses? Mari kita simak bersama beberapa poin di bawah ini.

  1. Tentukan tujuan bisnis serta persona dari para konsumen target anda
  2. Pelajari tentang target konsumen atau audiens agar dapat membuat konten relevan
  3. Sediakan konten pada setiap tahap
  4. Usahakan untuk menjawab setiap kemungkinan dari pertanyaan yang pelanggan ajukan terhadap bisnis anda
  5. Pilih platform tepat untuk menyalurkan atau menyampaikan konten anda
  6. Tentukan cara paling baik untuk menjangkau para audiens
  7. Buat dan jalankan kalender konten dalam bisnis anda
  8. Lakukan analisis hasil
  9. Lakukan optimasi pada program inbound marketing anda

Inbound Marketing yang Sukses, Apakah Bisa Berdampak pada ROI?

Tahukah anda bahwa inbound marketing pada nyatanya dapat berdampak pada ROI? Langkah pemasaran ini membutuhkan biaya yang lebih rendah daripada langkah pemasaran lainnya. Hal tersebut otomatis dapat berdampak pada ROI bila pengelolaan dan penggunannya tepat.

Inilah alasan mengapa inbound marketing dapat menyalurkan dampak terhadap ROI.

  1. Dapat mengarahkan anda untuk mengantongi hasil yang memuaskan daripada metode konvensional.
  2. Tidak memerlukan banyak biaya dalam penerapan dan pelaksanaannya.
  3. Dapat menghasilkan ROI yang terjamin.

Kesimpulan

Jika anda mencari sebuah strategi atau pendekatan yang tepat untuk meningkatkan keterlibatan para audiens, inbound marketing merupakan jawaban yang anda cari. Dalam upaya meningkatkan keterlibatan para pengguna, pastikan untuk melakukan pengecekan pada beberapa poin krusial dalam prosesnya. Anda juga harus memahami kebutuhan para target audiens. Satu hal yang paling penting adalah konten anda dapat menjadi sebuah jawaban dari pertanyaan yang mereka ajukan.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.