Marketing Automation untuk Langkah Pemasaran Efektif.

Marketing automation merupakan suatu langkah guna mengelola aktivitas pemasaran dalam waktu singkat menggunakan sebuah teknologi berupa perangkat lunak.
marketing automation
Table of Contents

Sudahkah anda melakukan marketing automation pada proses marketing Anda? Tahukah Anda bahwa teknologi satu ini dapat membantu serta memudahkan anda dalam proses pemasaran? Seiring dengan perkembangan teknologi, tantangan demi tantangan dalam upaya melakukan pemasaran mulai bermunculan.

Sebagai pelaku bisnis, tentu saja anda harus siap untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada, baik di masa sekarang maupun masa mendatang. Tidak hanya itu saja, perkembangan teknologi pada nyatanya juga dapat memudahkan Anda untuk menghadapi tantangan yang bermunculan. Lantas, apakah otomatisasi pemasaran itu? Mari simak penjabaran di bawah ini!

Pengertian Marketing Automation

Lantas, apakah pengertian dari marketing automation? Marketing automation merupakan suatu langkah guna mengelola aktivitas pemasaran dalam waktu singkat menggunakan sebuah teknologi berupa perangkat lunak. Anda dapat dengan mudah mengatur serta mengotomatisasi tugas-tugas berkala serta kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif pada seluruh saluran pemasaran. Otomatisasi pemasaran selain dapat memudahkan juga dapat memberikan pengalaman personalisasi bagi para pelanggan Anda, di mana akan memicu pertumbuhat pendapatan perusahaan.

Membantu proses identifikasi pelanggan yang memiliki potensi, membantu proses pemeliharaan prospek juga merupakan keuntungan dari menerapkan otomatisasi pemasaran. Marketing Automation melakukannya dengan meningkatkan efisiensi dari tiap-tiap saluran penjualan dalam skala besar serta mengubah basis prospek luas agar mendapat umpan balik positif dari para pelanggan.

Perangkat lunak untuk otomatisasi pemasaran kerap kali berintegrasi dengan perangkat lunak CRM (customer relationship management) serta CDP (Customer Data Platform). Anda dapat menggunakan alat atau perangkat lunak untuk melakukan personalisasi pesan atau konten, menjadwalkan pesan serta mengotomatisasi tanggapan yang akan dikirim kepada para pelanggan maupun prospek. Perangkat lunak marketing automation dapat membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas tim baik penjualan maupun pemasaran.

Perangkat lunak yang dapat membantu proses otomatisasi pemasaran ini dirancang khusus untuk memungkinkan perusahaan melakukan pemasaran secara lebih efektif pada seluruh saluran serta memungkinkan adanya praktik pemasaran secara modern, salah satunya adalah peningkatan retention rate, penjualan, serta ROI.

Baca juga :
B2B Marketing Bangun Hubungan Jangka Panjang dengan Klien
Micro Influencer: Influencer dengan Keterlibatan Relatif Tinggi
Terapkan Brand Storytelling, Ciptakan Cerita Tentang Merek

Jangan Salah Paham, Ini Hal-Hal yang Tidak Dilakukan Marketing Automation

Beberapa dari Anda yang telah memahami tentang otomatisasi pemasaran mungkin tidak jarang menganggap beberapa praktik serupa merupakan bagian darinya. Oleh karena definisi yang luas, hal itu bisa saja terjadi dalam proses memahami konsep satu ini. Mari kita simak beberapa poin di bawah ini untuk mengurangi kesalahpahaman akan konsep sistem otomatisasi pemasaran.

  1. Marketing automation bukanlah pemasaran email spam
    • Memang betul adanya jika otomatisasi pemasaran dapat membantu memudahkan Anda dalam pengiriman pesan kepada para pelanggan. Namun, maksud dari memudahkan bukanlah merujuk ke pada spam yang mengganggu. Otomatisasi pemasaran dapat bermanfaat saat digunakan untuk mengirim konten maupun pesan yang sudah disesuaikan dan bersifat relevan.
  2. Tidak digunakan sebagai alat fungsi tunggal
    • Masih ingatkah Anda bahwa otomatisasi pemasaran dapat membantu Anda dalam memudahkan beberapa tugas? Hal itu mencakup rangkaian fitur yang akan membantu perusahaan guna mendorong lebih banyak prospek, lalu melakukan konversi menjadi penjualan. Selain itu, pengelolaan media sosial juga menjadi salah satu dari beberapa fitur yang ditawarkan.
  3. Tidak bukan merupakan solusi mengatur lalu lupakan
    • Perlu diingat bahwa semua proses pada upaya pemasaran tidak ada yang instan. Prosesnya juga tidak sekadar mengatur, mempersiapkan, lalu sudah selesai begitu saja. Begitu pula dengan otomatisasi pemasaran, di mana, hasil nyata baru akan Anda peroleh melalui proses serta strategi dan upaya yang tepat.

Bagaimana Marketing Automation Mempengaruhi Pelanggan?

Selain dapat mempengaruhi atau memberikan dampak pada perusahaan Anda, otomatisasi pemasaran nyatanya juga dapat mempengaruhi para pelanggan. Otomatisasi pemasaran dapat membantu para pelanggan dalam memecahkan atau memberi solusi atas masalah umum, terutama yang muncul pada era omnichannel digital. Terkadang, para pelanggan cenderung merasa kewalahan terhadap informasi yang akan membuatnya kesulitan dalam menemukan jawaban.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana otomatisasi pemasaran dapat mempengaruhi para pelanggan, mari simak beberapa poin di bawah ini!

  1. Menampilkan konten relevan
    • Dengan bantuan otomatisasi pemasaran, Anda dapat melakukan spesifikasi tentang informasi yang akan diperlihatkan kepada setiap pelanggan. Teknologi ini dapat membantu Anda untuk menampilkan informasi khusus yang memang dapat menjawab pertanyaan atau dibutuhkan oleh para pelanggan atau audiens.
  2. Menyediakan jawaban yang lebih tepat dengan cepat
    • Selain membantu Anda dalam menampilkan konten relevan, otomatisasi pemasaran juga dapat membantu untuk memprioritaskan tugas serta mengelolanya sehingga pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan atau audiens akan cepat terjawab. Langkah yang juga harus Anda lakukan adalah memahami riwayat para pelanggan serta otomatisasi tanggapan untuk mereka sesuai dengan pembelian sebelumnya.
  3. Menawarkan pengalaman omnichannel
    • Dengan menggunakan perangkat untuk otomatisasi pemasaran, Anda dapat melakukan pengumpulan data guna menawarkan pengalaman personalisasi seperti email bertarget yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, Anda juga akan dibantu untuk menyediakan layanan khusus pelanggan guna membangun interaksi berkualitas dengan mereka.

Apa Saja yang Dapat Dilakukan oleh Marketing Automation untuk Bisnis Anda?

Kini, beralih kepada bagaimana otomatisasi pemasaran berpengaruh pada bisnis Anda. Selain beberapa keuntungan singkat yang telah kami sebutkan maupun jabarkan sebelumnya, kami akan menjelaskan mengapa otomatisasi pemasaran patut untuk Anda terapkan pada proses bisnis khususnya pada upaya pemasaran.

  1. Prospek yang memenuhi syarat
    • Menyediakan prospek yang sesuai merupakan tantangan bagi bisnis Anda hari ini maupun di masa mendatang. Beberapa metrik dapat membantu menentukan kualitas dari suatu prospek. Perangkat otomatisasi pemasaran menyediakan fitur untuk memudahkan Anda dalam mengukur metrik melalui proses kualifikasi agar sesuai dan memenuhi syarat.
  2. Mengorganisir data klien
    • Jika Anda memiliki klien yang relatif banyak, mungkin perangkat otomatisasi pemasaran bisa menjadi jawaban tepat untuk memudahkan Anda. Teknologi ini membantu Anda dalam melakukan pengelolaan data-data para klien.
  3. Melakukan laporan kepada klien
    • Kesulitan dalam membuat laporan untuk klien karena prosesnya tidak sebentar dan cenderung memakan waktu? Tidak perlu risau! Perangkat marketing automation dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan dalam format PDF dengan cepat.
  4. Menjadi pengingat untuk para klien
    • Sama seperti mengirimkan email personalisasi kepada para klien, otomatisasi pemasaran juga membantu dalam melakukan reminder kepada klien Anda. Mengirimkan pengingat utama untuk setiap event penting atau tindakan yang nantinya perlu tindak lanjut.
  5. Membuat invoice dan melakukan pembayaran
    • Tahukah Anda jika perangkat marketing automation dapat membantu Anda dalam membuat faktur serta memproses atau melakukan pembayaran untuk para klien? Pengelolaan pembayaran ini tidak sembarangan, tentu saja. Anda harus mengikuti beberapa prosedur yang berlaku pada perusahaan Anda.
Baca juga :
Customer Centricity Rumuskan Strategi dengan Pengalaman Pelanggan

Kesimpulan

Di era digital seperti saat ini, teknologi berkembang dengan pesatnya untuk menawarkan kemudahan dalam proses-proses khusus, seperti upaya pemasaran. Perkembangan teknologi rasanya tidak pernah berhenti, sebab, di masa mendatang tentunya akan banyak tantangan yang mungkin lebih rumit dari tantangan saat ini.

Dengan adanya marketing automation, Anda bisa dengan mudah mengatur jalannya proses bisnis. Beberapa ahli mengatakan bahwa marketing automation dapat menjadi senjata kuat untuk Anda. Oleh karena itu, perhatikan kembali beberapa poin krusial untuk memaksimalkan hasil yang nantinya hendak dicapai dengan marketing automation.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.