Contoh, Manfaat, Software & Pengertian Marketing Automation

Marketing automation adalah langkah dalam melakukan pemasaran waktu singkat menggunakan sebuah teknologi berupa perangkat lunak. Contoh penerapan marketing automation adalah email reminder serta review dan feedback.
marketing automation
Daftar Isi

Sudahkah anda melakukan marketing automation pada proses marketing Anda? Tahukah Anda bahwa teknologi satu ini dapat membantu serta memudahkan anda dalam proses pemasaran? Seiring dengan perkembangan teknologi, tantangan demi tantangan dalam upaya melakukan pemasaran mulai bermunculan.

Sebagai pelaku bisnis, tentu saja anda harus siap untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada, baik di masa sekarang maupun masa mendatang. Tidak hanya itu saja, perkembangan teknologi pada nyatanya juga dapat memudahkan Anda untuk menghadapi tantangan yang bermunculan. Lantas, apa itu marketing automation? Mari simak penjabaran di bawah ini!

Pengertian Marketing Automation

Marketing automation adalah suatu langkah guna mengelola aktivitas pemasaran dalam waktu singkat menggunakan sebuah teknologi berupa perangkat lunak. Anda dapat dengan mudah mengatur serta mengotomatisasi tugas-tugas berkala serta kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif pada seluruh saluran pemasaran. Marketing automation dapat memberikan pengalaman personalisasi bagi para pelanggan Anda, di mana akan memicu pertumbuhan pendapatan perusahaan.

Penerapan marketing automation dapat membantu proses identifikasi pelanggan yang memiliki potensi, membantu proses pemeliharaan prospek. Marketing automation melakukannya dengan meningkatkan efisiensi dari tiap-tiap saluran penjualan dalam skala besar serta mengubah basis prospek luas agar mendapat umpan balik positif dari para pelanggan.

Marketing Automation Tools

Perangkat lunak untuk marketing automation kerap kali berintegrasi dengan perangkat lunak CRM (customer relationship management) serta CDP (Customer Data Platform). Anda dapat menggunakan alat atau perangkat lunak untuk melakukan personalisasi pesan atau konten, menjadwalkan pesan serta mengotomatisasi tanggapan yang akan dikirim kepada para pelanggan maupun prospek. Perangkat lunak marketing automation dapat membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas tim baik penjualan maupun pemasaran.

Perangkat lunak yang dapat membantu proses marketing automation ini dirancang khusus untuk memungkinkan perusahaan melakukan pemasaran secara lebih efektif pada seluruh saluran serta memungkinkan adanya praktik pemasaran secara modern, salah satunya adalah peningkatan retention rate, penjualan, serta ROI.

Baca Juga :
B2B Marketing Bangun Hubungan Jangka Panjang dengan Klien
Pilih Inbound Marketing untuk Menarik Audiens
Apa itu Omni Channel Marketing? Pengertian Hingga Manfaatnya.

Manfaat Marketing Automation

Selain dapat mempengaruhi atau memberikan dampak pada perusahaan Anda, otomatisasi pemasaran nyatanya juga dapat mempengaruhi para pelanggan. Marketing dapat membantu para pelanggan dalam memecahkan atau memberi solusi atas masalah umum. Terkadang, para pelanggan cenderung merasa kewalahan terhadap informasi yang akan membuatnya kesulitan dalam menemukan jawaban.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana otomatisasi pemasaran dapat mempengaruhi para pelanggan, mari simak beberapa poin di bawah ini!

1. Menampilkan Konten Relevan

Dengan bantuan marketing automation, Anda dapat melakukan spesifikasi tentang informasi yang akan diperlihatkan kepada setiap pelanggan. Teknologi ini dapat membantu Anda untuk menampilkan informasi khusus yang memang dapat menjawab pertanyaan atau dibutuhkan oleh para pelanggan atau audiens.

2. Menyediakan Jawaban Tepat dan Cepat

Marketing automation juga dapat membantu untuk memprioritaskan tugas serta mengelolanya sehingga pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan atau audiens akan cepat terjawab. Langkah yang juga harus Anda lakukan adalah memahami riwayat para pelanggan serta otomatisasi tanggapan untuk mereka sesuai dengan pembelian sebelumnya.

3. Menawarkan Pengalaman Omnichannel

Dengan menggunakan perangkat untuk marketing automation, Anda dapat melakukan pengumpulan data guna menawarkan pengalaman personalisasi seperti email bertarget yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, Anda juga akan dibantu untuk menyediakan layanan khusus pelanggan guna membangun interaksi berkualitas dengan mereka.

4. Mengorganisir Data Klien

Jika Anda memiliki klien yang relatif banyak, mungkin software marketing automation dapat menjadi jawaban tepat untuk memudahkan Anda. Teknologi ini membantu Anda dalam melakukan pengelolaan data-data para klien. Tidak hanya mengelola data, namun juga dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan dalam format PDF dengan cepat.

5. Membuat Invoice dan Melakukan Pembayaran

Tahukah Anda jika perangkat marketing automation dapat membantu Anda dalam membuat faktur serta memproses atau melakukan pembayaran untuk para klien? Pengelolaan pembayaran ini tidak sembarangan, tentu saja. Anda harus mengikuti beberapa prosedur yang berlaku pada perusahaan Anda.

Contoh Marketing Automation

Selain beberapa keuntungan singkat yang telah kami sebutkan maupun jabarkan sebelumnya, selanjutnya menjelaskan mengapa otomatisasi pemasaran patut untuk Anda terapkan pada proses bisnis khususnya pada upaya pemasaran.

1. Email Reminder

Marketing automation juga membantu dalam melakukan reminder kepada klien Anda. Mengirimkan pengingat utama untuk setiap event penting atau tindakan yang nantinya perlu tindak lanjut.

2. Review dan Feedback

Review dan feedback dapat Anda dapatkan dengan mengirimkan survey dengan ini Anda dapat mengetahui apa yang pelanggan rasakan. Upaya ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kesimpulan

Di era digital seperti saat ini, teknologi berkembang dengan pesatnya untuk menawarkan kemudahan dalam proses-proses khusus, seperti upaya pemasaran. Perkembangan teknologi rasanya tidak pernah berhenti, sebab, di masa mendatang tentunya akan banyak tantangan yang mungkin lebih rumit dari tantangan saat ini.

Dengan adanya marketing automation, Anda bisa dengan mudah mengatur jalannya proses bisnis. Beberapa ahli mengatakan bahwa marketing automation dapat menjadi senjata kuat untuk Anda. Oleh karena itu, perhatikan kembali beberapa poin krusial untuk memaksimalkan hasil yang nantinya hendak dicapai dengan marketing automation.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.