Apa itu SEO Off Page? Ini Manfaat & Cara Mengoptimalkannya!

SEO adalah salah satu cara untuk meningkatkan peringkat suatu website di mesin pencari. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara optimasi. Orang yang bekerja di posisi ini dikenal dengan sebutan SEO Specialist. Dalam upaya optimasi, terdapat berbagai jenis optimasi dan teknik-tekniknya.
Off-Page-SEO
Daftar Isi

Pernahkah Anda mendengar istilah teknik SEO off page? SEO off page merupakan salah satu teknik untuk optimasi artikel website.

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization), yang merupakan salah satu cara meningkatkan peringkat suatu website di mesin pencarian dengan strategi optimasi. Dalam upaya optimasi, ada berbagai jenis serta tekniknya.

Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu off-page SEO dan bagaimana strategi teknik ini dalam optimasi artikel pada website. Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu SEO Off Page?

Apa Itu Off Page Seo? Berikut Fungsinya Dalam Optimasi Artikel Website!
© Freepik

Off-page SEO atau Off-site SEO adalah salah satu taktik dalam optimasi website yang berkaitan dengan hal-hal di luar dari laman utama.

Sama halnya dengan teknik optimasi lainnya, teknik ini tentunya juga dapat mempengaruhi peringkat website Anda di SERP (Search Engine Results Page).

SEO off page ini termasuk ke dalam optimasi white hat SEO, di mana optimasi dengan teknik tersebut terbagi menjadi dua yaitu SEO on page dan SEO off page

On page SEO adalah kebalikan dari off page SEO. Taktik ini berupaya optimasi artikel website yang berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan halaman artikel tertentu, seperti caption gambar, meta title, meta description, keyword density, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, Off-Page SEO melibatkan berbagai platform untuk mengoptimasi suatu laman atau artikel. SEO off-page memanfaatkan faktor eksternal untuk mempromosikan website dengan cara link building ataupun bekerja sama dengan influencer.

Manfaat SEO Off Page

Menerapkan strategi off page pada artikel dapat memberikan beberapa manfaat untuk situs Anda, seperti meningkatkan peringkat situs di SERP dan meningkatkan traffic visitor.

Selain itu, penerapan taktik ini mungkin dapat meningkatkan authority dan trustworthy situs Anda dari mesin pencari.

Dalam hal ini, semakin tinggi nilai authority dan trustworthy suatu situs, maka semakin tinggi pula peluang situs tersebut untuk menempati peringkat pertama SERP.

Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut adalah beberapa manfaat dari SEO Off-page:

  • Membangun kredibilitas website
  • Membantu meningkatkan traffic website
  • Memperluas jangkauan audiens
  • Meningkatkan ranking pada mesin pencarian

Cara Mengoptimalkan SEO Off Page

Setelah mengetahui pengertian off page SEO, mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana strategi yang seharusnya digunakan pada strategi ini?

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan strategi apa yang dapat Anda terapkan dalam optimasi artikel website.

1. Link Building

Strategi yang pertama yaitu link building. Sesuai dengan namanya, link building merupakan suatu aktivitas untuk mendapatkan backlink dari website lain.

Dalam hal ini, Anda dapat menghubungkan antara link suatu artikel atau website tertentu dengan artikel atau website lainnya.

Namun, diperlukan teknik yang strategis untuk memaksimalkan teknik SEO Off Page, berikut beberapa tekniknya:

  • Ego bait: Mention nama brand atau influencer dalam artikel atau web sehingga menarik figur yang telah disebutkan tadi untuk memberikan backlink
  • Link reclamation: Klaim kembali backlink pada halaman Anda yang terdapat error 404 ketika sudah diperbaiki
  • Guest blogging: Unggah artikel pada website lain yang berpotensi memberikan backlink ke artikel atau situs Anda
  • Broken link building: Melakukan kerjasama dengan website lain untuk menggantikan konten yang mengalami broken link dengan konten Anda
  • Link building dari konten: Buatlah konten yang berisi informasi berkualitas sehingga menjadi bahan rujukan website lain

Salah satu aspek penilaian Google adalah banyaknya backlink relevan yang dapat menunjukkan bahwa website tersebut kredibel.

Berikut beberapa faktor link building yang perlu Anda perhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut:

a. Anchor Text

Yang pertama yaitu dengan anchor text. Anchor text adalah teks yang di dalamnya terdapat URL (Uniform Resource Locator) yang mengarahkan visitor ke halaman lain. 

Ketika meng-klik teks tersebut, maka Anda akan pindah ke laman yang berbeda, sesuai dengan link yang tertaut pada teks tersebut.

Fungsi dari anchor text adalah membantu Google dalam memahami konteks suatu artikel, situs web, atau halaman yang terhubung.

b. Backlinks

Contoh Tampilan Backlink Di Semrush
Contoh tampilan jumlah backlink di Semrush

Yang selanjutnya yaitu dengan membangun backlinks. Anda perlu memastikan apakah backlink yang digunakan telah relevan dengan konten atau tidak. 

Pasalnya, apabila Anda menggunakan backlink yang tidak relevan dengan artikel, maka backlink tersebut tidak akan memberikan dampak apapun pada artikel.

Di sisi lain, Anda juga perlu menggunakan backlink yang berkualitas, artinya backlink tersebut adalah original dan tidak melanggar kaidah SEO. 

Ketika Anda menggunakan backlink yang berkualitas buruk, maka artikel akan memperoleh dampaknya. Misalnya, artikel tidak muncul di halaman pertama mesin pencari atau tidak terindeks oleh mesin pencari, bahkan kemungkinan buruknya website Anda bisa diblokir.

2. Local SEO

Selanjutnya yaitu local SEO. Local SEO adalah upaya optimasi situs untuk mendapatkan traffic dari para user lokal.

Hal penting dalam strategi ini, yaitu menggunakan kata kunci lokal dan melakukan optimasi pada profil Google My Business.

Strategi ini membutuhkan pendekatan yang strategis karena mengacu pada optimasi untuk menarik lebih banyak bisnis dari pencari lokal.

Strategi ini memungkinkan pelanggan untuk menemukan informasi mengenai bisnis Anda secara lengkap meliputi alamat dan kontak toko.

Berikut ini beberapa tips optimasi local SEO:

  • Lengkapi profil Google Business Anda
  • Lakukan local keyword research
  • Berusahalah untuk mendapat backlink dari local website
  • Tambah profil bisnis Anda di berbagai platform

3. Media Sosial

Salah satu strategi lainnya yaitu media sosial. Media Sosial merupakan bagian dari SEO off page karena dapat membantu untuk meningkatkan traffic website Anda.

Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan membagikan link situs atau menautkannya pada postingan yang Anda unggah. 

Melansir dari situs moz.com semakin tinggi engagement rate pada sebuah unggahan, maka akan semakin tinggi pula ranking website pada mesin pencarian.

Untuk menaikkan engagement rate maka Anda harus mengaplikasikan beberapa tips berikut ini:

  • Membuat konten yang berkualitas
  • Mengunggah konten pada jam yang tepat
  • Menggunakan hashtag yang relevan

4. Ulasan

Ulasan atau review dapat membantu Anda dalam menerapkan teknik SEO off page. Hal tersebut karena calon konsumen akan lebih tertarik dan percaya apabila terdapat review positif dari konsumen sebelumnya.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan fitur review untuk mendapatkan ulasan dari konsumen sebelumnya sehingga kemungkinan calon konsumen untuk mengunjungi situs Anda akan menjadi lebih besar.

Itulah dia penjelasan lengkap terkait apa itu SEO off page dan fungsinya dalam optimasi artikel pada website.

SEO off page adalah salah satu taktik optimasi situs dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat situs dan menempati peringkat pertama di SERP.

Terdapat pula strategi yang dapat Anda terapkan yaitu link building, local SEO, media sosial, dan ulasan. Selain itu, dengan penerapan strategi ini, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti meningkatkan peringkat situs dan traffic.

Website yang baik harus memiliki peringkat situs dan traffic yang baik. Jika Anda ingin meningkatkan peringkat situs Anda dengan teknik SEO, Sekawan Studio dapat menjadi solusi terbaik!

Kami menawarkan layanan jasa SEO yang menggunakan teknik white hat SEO, sehingga website Anda akan aman dalam jangka waktu yang panjang.

Kami menyediakan berbagai macam varian paket dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tentunya, Sekawan Studio memberikan layanan terbaik dan dikerjakan oleh tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya.

Kunjungi website Sekawan Studio atau hubungi tim marketing kami untuk informasi selengkapnya sekarang juga!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.