Apa itu SERP? Ini Cara Kerja dan Pentingnya dalam dunia SEO!

SERP adalah akronim dari Search Engine Results Pages, merupakan sebutan untuk sebuah halaman tertampil sesaat setelah anda memasukkan kueri pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Dapat juga diartikan sebagai serangkaian hasil yang didapatkan pengguna setelah mencari sesuatu dengan mesin pencari. Singkatnya, bisa dikatakan bahwa SERP merupakan respon mesin pencari untuk kueri pencarian.
serp adalah
Daftar Isi

SERP adalah salah satu konsep kunci dalam dunia pemasaran digital dan optimasi mesin pencari (SEO). Dalam dunia bisnis, SERP juga merupakan salah satu aspek penting yang harus Anda terapkan untuk mengoptimasikan website.

Sebab, SERP memainkan peran kritis dalam membentuk visibilitas online dan keberhasilan strategi pemasaran digital.

Oleh karena itu, memahami cara kerjanya dan strategi untuk meningkatkan penempatan di halaman hasil pencarian adalah langkah penting untuk memenangkan persaingan online. Yuk, ketahui serba-serbi dan fungsinya dalam dunia SEO berikut ini!

Apa itu SERP?

SERP adalah akronim dari Search Engine Results Pages, merupakan sebutan untuk sebuah halaman yang muncul setelah Anda memasukkan kueri pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Nantinya, mesin pencari akan merespons dengan menampilkan sejumlah halaman yang berisi hasil pencarian yang relevan dengan kueri tersebut. Selain itu, setiap mesin pencarian memiliki beragam desain SERP.

Contoh Tampilan Serp
Contoh tampilan SERP dengan query “Sekawan Studio”

Search intent serta perangkat yang Anda gunakan untuk mengajukan sebuah kueri atau pertanyaan juga akan menentukan jenis SERP yang muncul pada halaman hasil pencarian.

Pentingnya Memperhatikan SERP

Apakah Anda sedang bertanya-tanya, apakah SERP penting? Mengapa SERP itu penting untuk diperhatikan? Jika iya, berikut alasannya.

  • Sebagian besar pengguna Google mengunjungi hasil organic atau organic result pada halaman pertama hasil pencarian dan jarang mengunjungi halaman kedua, sehingga besar kemungkinan situs Anda akan banyak dikunjungi. Namun, peringkat pada halaman pertama tidak selalu berbanding lurus dengan banyaknya traffic karena beberapa alasan tertentu
  • Sering kali hasil berbayar membuat peringkat organic result menjadi turun
  • Terkadang Google menampilkan fitur SERP yang dapat menjawab kueri pada hasil pencarian
  • Seiring dengan perkembangan teknologi, Anda harus beradaptasi dengan keberadaan rich result, elemen media, serta menurunnya rasio klik tayang untuk organic result. Hal ini tentu dapat mempengaruhi potensi traffic dari situs web Anda

Jenis-Jenis Hasil Pencarian

Setiap SERP memiliki karakteristik yang berbeda. Google, sebagai contoh, mereka mempersonalisasikan hasil pencarian untuk penggunanya dalam upaya menampilkan hasil relevan bagi setiap pengguna.

Berikut empat jenis hasil pencarian yang ada di SERP:

1. Sponsor (Sponsored Results)

Situs dapat tampil karena pengiklan membayar untuk menempatkan mereka pada SERP disebut dengan hasil sponsor. Jenis ini kerap kali ditemukan berupa iklan teks atau hasil belanja.

2. Daftar Organic (Organic Listing)

Jenis hasil pencarian ini akan tampil saat pengguna melakukan pencarian untuk kueri tertentu tanpa adanya embel-embel “ads” atau “sponsored“.

3. Rich Features

Jika Anda pernah melihat hasil pencarian dengan kotak-kotak yang diletakkan secara terpisah dengan daftar situs, maka ini dinamakan rich features. Rich features terkadang disebut juga rich results atau rich snippet.

4. Panel Pengetahuan Google (Google Knowledge Panels)

Jenis ini umumnya tampil pada sisi kanan halaman pencarian, biasanya menawarkan potongan atau cuplikan informasi guna meningkatkan hasil pencarian.

Cara Kerja SERP

Seiring dengan berjalannya waktu, search engine results pages terus berkembang menjadi lebih kompleks serta komprehensif.

Saat Google dan berbagai mesin pencari lainnya mulai memahami data tersaji dengan lebih baik, mereka mampu mengatur dan menampilkan rangkaian informasi dengan beragam cara yang bermanfaat bagi para penggunanya.

Google mempertimbangkan ratusan faktor peringkat yang berperan dalam menentukan konten apa yang muncul di SERP, tetapi tampilan SERP akan bervariasi tergantung pada jenis kueri pencarian dan mesin pencari yang digunakan.

Saat Anda memasukkan kueri penelusuran ke mesin telusur, algoritma milik mesin penelusuran tersebut akan melihat atau memperhatikan basis data informasi dengan skala besar serta mencoba memberi Anda beberapa hasil tertentu.

Selanjutnya, ketika Anda melakukan pencarian pada mesin telusur, algoritma akan bekerja untuk mengembalikan hasilnya pada halaman hasil penelusuran.

Hasil tersebut dihasilkan dan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori search engine results pages sebelumnya, seperti sponsored results, organic listing, rich features, dan Google knowledge panel.

Tipe Kueri Pencarian dalam SERP

Fitur search engine results pages tertera setelah pencarian tergantung pada jenis atau tipe dari permintaan pencarian yang dimasukkan.

Oleh karena itu, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas tipe-tipe kueri pencarian saat membicarakan tentang search engine results pages. Sebab, kedua hal tersebut berkaitan erat satu sama lainnya.

1. Navigational Queries (Kueri Navigasi)

Kueri navigasi dapat muncul atau terjadi saat pengguna mencari situs web tertentu, tetapi ia tidak mengetikkan atau menuliskan URL secara lengkap dari situs tersebut.

Kecuali, jika pengguna secara khusus mencari situs web Anda, mungkin sulit untuk mencapai halaman pertama dari hasil tersebut.

Dalam menggunakan kueri navigasi situs, strategi yang perlu Anda pertimbangkan adalah penempatan iklan pada kata kunci tertentu yang ingin ditingkatkan.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan memudahkan pengguna dalam mencari sumber informasi tertentu.

Dengan memilih kata kunci yang relevan, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dan menarik lebih banyak pengunjung yang memiliki niat khusus dalam mencari informasi pada situs Anda

2. Informational Queries (Kueri Informasi)

Pengguna akan membuat kueri informasi ketika mereka ingin mempelajari sesuatu, seperti fakta tentang latar belakangan suatu topik atau bagaimana melakukan tugas tertentu.

Pengguna biasanya tidak ingin melakukan pembelian, tetapi konten yang tepat sering kali mengarahkan mereka pada merek tertentu.

Hal tersebut menunjukkan bahwa penting untuk membuat konten relevan agar memenuhi keinginan, kebutuhan, dan minat target audiens Anda.

Menambahkan konten multimedia ke situs Anda bisa menjadi cara efektif untuk menghasilkan traffic dari kueri informasi.

Berikut merupakan beberapa contoh umum untuk Anda pertimbangkan:

  • Vidio berisi petunjuk produk atau layanan
  • Sebuah posting blog berisi instruksi dengan tips-tips bermanfaat untuk audiens di situs Anda
  • Infografis yang dapat Anda bagikan

3. Transactional Quesries (Kueri Transaksional)

Pengguna membuat kueri tipe ini saat mereka berencana untuk membeli sesuatu, seperti produk maupun jasa tertentu dari kategori yang luas.

Kueri transaksional memiliki potensi besar, sehingga kata kunci cenderung memiliki banyak penawaran untuk tempat bayar per klik. Iklan berbayar popular di kalangan bisnis dikarenakan kefektifannya dalam bisnis.

Fitur SERP

Mari menyelami lebih dalam tentang SERP dengan mengetahui apa saja fitur-fitur yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Belakangan ini, SERP lebih bervariasi secara visual daripada tahun-tahun sebelumnya. Selain hasil pencarian umum yang hanya menampilkan nama situs dan metadata, hasil pencarian juga dapat menampilkan gambar, saran belanja, tweet, maupun kartu informasi.

Berikut merupakan beberapa fitur dari SERP:

1. Google Ads

Google Ads biasanya sering muncul pada halaman atas SERP maupun pada halaman bawah. Akan mudah untuk menempatkannya pada bagian bawah, tetapi alangkah lebih baik jika Anda menempatkannya pada bagian atas. Sebab, Anda akan mendapatkan lebih banyak pemirsa.

2. Image Pack

Apabila algoritma Google menilai bahwa suatu informasi visual sangat relevan dengan kueri pencarian, maka SERP akan memasukkan beberapa gambar ke dalam hasil pencarian gambar Google.

Penting untuk memastikan bahwa Anda menggunakan nama dokumen yang akurat dan deskriptif, menyertakan keterangan gambar dan teks alternatif yang informatif, serta menempatkan teks di sektiar gambar dengan relevansi yang tinggi.

3. In-depth Articles

Google meluncurkan fitur ini agar para pengguna mendapatkan visibilitas yang lebih lengkap.

4. Local Pack

Fitur ini akan muncul ketika pengguna memasukkan kueri dengan nama lokasi atau saat algoritma Google mendeteksi bahwa item yang Anda cari tersedia.

5. Related Questions

Terdapat banyak sekali pencarian dengan kueri dan kata berbeda pada setiap pencarian. Google kerap kali menampilkan hal tersebut pada SERP. Biasanya, Anda akan menemukan bagian di mana terdapat kalimat “people also ask“.

Tips Mengoptimalkan Peringkat Situs pada SERP

Setelah mengenal beberapa hal penting terkait dengan SERP, saatnya beralih kepada hal yang juga tidak kalah pentingnya, yakni tips untuk mengoptimalkan peringkat situs pada SERP.

Kami akan menyajikan beberapa tips agar Anda dapat menargetkan peringkat situs dengan optimal pada SERP. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Perbarui situs dengan cara menambahkan konten segar dan beragam
  • Buat kata kunci yang ramah untuk pengguna
  • Optimalkan tag judul dan meta deskripsi agar rasio klik tayang di situs Anda meningkat
  • Hubungkan situs Anda dengan beberapa tautan internal, serta authority sites
  • Buat kehadiran konten di media sosial
  • Percepat waktu muatan situs
  • Buat situs Anda ramah untuk pengguna mobile (Mobile Friendly)

Itulah dia penjelasan lengkap terkait apa itu SERP beserta fungsinya dalam SEO. SERP memainkan peran kritis dalam membentuk visibilitas online dan keberhasilan strategi pemasaran digital.

Memahami cara kerja SERP, komponen-komponennya, dan strategi untuk meningkatkan penempatan di halaman hasil pencarian adalah langkah penting untuk memenangkan persaingan online.

Semakin paham dengan konsep SERP, Anda dapat melakukan analisis terhadap beberapa faktor krusial serta dapat membangun strategi apik untuk konten dan situs Anda nantinya.

Itulah mengapa SERP merupakan aspek yang sangat penting dan berpengaruh dalam SEO. Jika Anda menginginkan website dikembangkan sesuai dengan standar SEO, Sekawan Studio adalah solusi terbaik!

Sekawan Studio menyediakan paket jasa SEO yang dapat membantu bisnis Anda dalam meningkatkan visibilitas situs di Google.

Layanan ini memaksimalkan web bisnis dengan fitur eksklusif penunjang pengalaman pengguna yang nyaman.

Jangan khawatir karena Sekawan Studio menawarkan berbagai macam harga yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Maka dari itu, segera kunjungi website Sekawan Studio untuk informasi selengkapnya!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.