Local SEO: Pengertian, Manfaat, & Strategi Optimasinya

Local SEO adalah praktik optimalisasi situs web guna meningkatkan lalu lintas (traffic), prospek, dan kesadaran merek dari para pencari lokal. Diketahui, local SEO juga berpotensi meningkatkan konversi penjualan.
local seo
Daftar Isi

Akhir-akhir ini, optimasi local SEO adalah strategi yang disarankan untuk memperluas jangkauan bisnis di wilayah lokal.

Bahkan, jika strategi ini diterapkan dengan baik, website Anda bisa mendominasi pencarian lokal di search engine atau mesin pencari. Bagi para pemilik website, hal ini tentu menjadi salah satu keinginan Anda, bukan?

Jika iya, maka penting untuk memahami lebih dalam apa itu local SEO dan bagaimana strategi optimasinya.

Sehubungan dengan hal tersebut, artikel ini telah merangkum semua informasinya untuk Anda. Jadi, simak baik-baik, ya!

Apa itu Local SEO?

Local SEO adalah strategi optimasi situs web guna meningkatkan lalu lintas (traffic), prospek, dan kesadaran merek dari para pencari lokal.

Dapat dikatakan juga bahwa local SEO adalah proses optimasi presensi online suatu website untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Local SEO memerlukan pendekatan strategis dan memiliki target yang berbeda dengan strategi SEO pada umumnya. Local SEO sendiri lebih menargetkan pelanggan yang berada di wilayah geografis tertentu.

Mengapa Local SEO Penting?

Local Seo
Local SEO (Foto: Unsplash)

Melansir dari Yoast, fokus utama pengoptimalan local search adalah memberitahu Google bahwa bisnis Anda berada di area tertentu dan ingin ditemukan oleh pelanggan di area tersebut.

Upaya ini bisa ditempuh dengan menggunakan cara teknis dan non-teknis. Untuk cara teknis, Anda bisa menggunakan strategi technical SEO.

Di sisi lain, Anda bisa menggunakan cara non-teknis melalui konten yang ditujukan untuk pengguna atau audience di area lokal bisnis Anda.

Jika strategi semacam ini bisa dieksekusi dengan baik, hasilnya juga akan bagus untuk website Anda. Inilah kenapa, strategi local SEO itu penting.

Selengkapnya, simak beberapa alasan mengapa SEO lokal penting untuk bisnis Anda.

1. Keyword Lokal Lebih Banyak Dicari

Konsumen atau pelanggan cenderung mencari informasi atau layanan yang ditawarkan di wilayah geografis spesifik mereka melalui search engine.

Hal ini membuat kata kunci lokal lebih sering dicari oleh para pelanggan. Nah, jika Anda berhasil menargetkan keyword yang relevan, maka peringkat website juga berpotensi mengalami kenaikan.

2. Meningkatkan Traffic Situs

Salah satu manfaat besar menggunakan local SEO adalah meningkatnya traffic situs web dan webpage.

Naiknya traffic dapat mengoptimalkan visibilitas situs web Anda, sehingga berpotensi meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi bisnis lokal kecil yang ingin mempromosikan bisnis mereka di wilayah lokal.

3. Konversi Pencarian Online Menjadi Pembelian Offline

Dengan SEO lokal, Anda dapat memastikan bahwa brand perusahaan bisa muncul di halaman pertama SERP sehingga lebih mudah ditemukan oleh pelanggan.

Jika demikian, maka peluang konversi pencarian online menjadi pembelian offline akan semakin besar.

4. Membantu Mendapatkan Ulasan dari Pelanggan

Sebelum mencoba produk maupun layanan baru, pelanggan cenderung mencari ulasannya secara online terlebih dahulu.

Nah, jika bisnis Anda tidak memiliki ulasan, calon konsumen mungkin ragu untuk memberikan uang mereka kepada Anda.

Sehubungan dengan hal tersebut, SEO lokal merupakan cara efektif untuk mendapatkan ulasan berkualitas dari pelanggan.

Terkait hal ini, Anda bisa menggunakan fitur Google Maps untuk mengumpulkan review dari pelanggan.

Dengan tersedianya wadah review ini, Anda bisa menarik pelanggan untuk memberikan ulasan tentang pengalaman mereka saat membeli atau menggunakan produk Anda.

5. Local Search Dapat Menargetkan Prospek dari Pengguna Seluler

Tidak seperti bentuk periklanan lainnya, SEO lokal dapat menargetkan pengguna web desktop maupun seluler. Hal ini tentu menguntungkan bagi bisnis karena biayanya sangat efisien.

Namun perlu diingat, untuk menarik pengunjung, Anda harus membuat konten yang menarik dan relevan dengan kebutuhan mereka.

Di sisi lain, Anda juga perlu membuat landing page yang menarik dan menyediakan informasi yang lengkap untuk pengguna.

Adapun beberapa informasi yang harus dicantumkan, yaitu nama bisnis, alamat perusahaan, dan kontak yang bisa dihubungi.

Nah, agar lebih maksimal, Anda bisa mengoptimasi tag judul, meta description, dan mengikuti praktik SEO lainnya dengan baik.

Manfaat Local SEO

Melihat beberapa alasan mengapa local SEO penting, Anda mungkin sudah bisa membayangkan apa saja manfaat atau kelebihannya.

Adapun kelebihan dari local SEO adalah sebagai berikut:

1. Sebagai sarana marketing pasar lokal

Pertama, manfaat local SEO adalah bisa dijadikan sebagai sarana pemasaran dalam pasar lokal. Artinya, menggunakan strategi optimasi ini, bisnis Anda berpotensi muncul di pencarian calon konsumen dari pasar lokal.

Sebab, mereka biasanya akan mencari bisnis yang ada di sekitar untuk mendapatkan dan menggunakan produk maupun layanan yang ditawarkan.

2. Membantu menghasilkan konversi

Selain sebagai sarana pemasaran, strategi SEO ini juga bermanfaat untuk menghasilkan nilai konversi yang lebih tinggi.

Sebab, ada sebuah studi yang membuktikan bahwa angka konversi jauh lebih tinggi menggunakan strategi SEO sebanyak 50% daripada iklan konvensional.

3. Meningkatkan visibilitas niche bisnis

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan visibilitas niche bisnis Anda. Artinya, dengan membuat konten yang lebih bagus dalam mesin pencari, maka calon audiens akan mudah menemukan bisnis dan tertarik dengan produk yang Anda jual.

Maka dari itu, Anda hanya perlu untuk memastikan bahwa situs web telah ditampilkan sesuai permintaan yang tepat.

4. Meningkatkan traffic situs

Dengan menggunakan strategi local SEO dapat memberikan manfaat bagi bisnis Anda berupa peningkatan traffic pada situs website.

Sebab, Anda sudah memberikan informasi penting yang dibutuhkan oleh calon konsumen, seperti profil bisnis, produk yang ditawarkan, dan sebagainya.

Strategi Optimasi Local SEO

Strategi Local Seo
Strategi Local SEO (Sumber: Freepik)

Setelah mengenal beberapa poin krusial dalam local SEO, kini saatnya membahas strategi apa saja yang dapat Anda lakukan guna mengoptimalkannya.

Selengkapnya, berikut penjelasannya:

1. Buat Akun Google Business

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buat akun Google My Business terlebih dahulu untuk mendaftarkan bisnis Anda.

Caranya, Anda bisa masuk ke Google Maps, lalu pilih tambahkan bisnis. Setelah itu, lengkapi semua informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Adapun informasi penting yang harus tercantum di dalamnya, yaitu nama bisnis, alamat, kontak, dan media sosial perusahaan.

2. Dapatkan Ulasan dari Pelanggan

Strategi optimasi selanjutnya, yaitu dapatkan ulasan baik dari para pelanggan. Anda bisa meminta pelanggan Anda untuk me-review produk atau layanan Anda di Google Maps.

Hal ini penting untuk membangun citra perusahaan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan akan kualitas dari brand Anda.

Namun perlu diingat, usahakan Anda mendapat review yang bagus dari pelanggan, ya. Oleh karenanya, berikan pelayanan terbaik untuk mereka.

Jika pun Anda mendapatkan ulasan yang kurang baik, tanggapi dengan cermat dan profesional agar tidak merusak citra brand.

3. Lakukan Riset Keyword

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keyword lokal memiliki search volume besar, sehingga berpotensi mendapatkan banyak traffic.

Namun perlu diingat, hal ini bisa terjadi apabila Anda menargetkan keyword yang tepat. Oleh karena itu, lakukan riset terlebih dahulu.

Pastikan bahwa keyword yang akan digunakan memang banyak dicari oleh pelanggan dan sesuai dengan niche perusahaan.

Nah, soal riset keyword ini, Anda bisa menggunakan beberapa tools SEO, seperti Ahrefs atau SEMrush.

4. Lakukan Optimasi On-Page

Menggunakan keyword yang tepat memang sebuah keharusan, tapi Anda juga perlu melakukan optimasi on-page agar hasilnya lebih maksimal.

Soal ini, bagian yang perlu Anda optimasi adalah deskripsi, judul, internal link, heading, dan lain sebagainya.

Jika beberapa bagian tersebut berhasil teroptimasi dengan baik, kemungkinan bisnis muncul di halaman utama SERP juga akan meningkat.

5. Bangun Otoritas Website

Strategi yang tidak kalah penting dalam local SEO adalah bangun otoritas website. Semakin kuat otoritasnya, maka website akan lebih mudah ditemukan di SERP.

Lantas bagaimana cara membangun otoritas website? Berkenaan dengan hal ini, dapatkan backlink dari website ternama dan brand mention.

Untuk mendapatkan backlink, Anda harus membuat konten yang berkualitas dengan sumber terpercaya.

Di sisi lain, Anda bisa mendapatkan brand mention melalui ulasan pengguna di media sosial atau hasil kolaborasi dengan influencer.

Itulah dia ulasan lengkap mengenai what is local SEO, bagaimana strategi optimasi yang bisa dilakukan, serta manfaat menggunakannya.

Dapat disimpulkan, local SEO adalah strategi SEO yang bisa meningkatkan visibilitas bisnis lokal di hasil pencarian search engine, terutama Google.

Strategi ini tak hanya mampu meningkatkan visibilitas saja, tapi juga traffic dan berpotensi menghasilkan konversi bisnis yang tinggi. Maka dari itu, SEO lokal perlu dilakukan.

Adapun strategi optimasi local SEO, yaitu membuat akun Google My Business, melakukan riset keyword, mendapatkan ulasan, hingga membangun otoritas website yang kuat.

Nah, daripada repot memikirkan strategi ini, Anda bisa menyerahkannya pada Sekawan Studio karena kami menyediakan jasa SEO.

Melalui jasa ini, Sekawan Studio akan membantu Anda menyusun strategi terbaik untuk meningkatkan traffic dan konversi bisnis.

Yuk, kunjungi laman kontak kami dan diskusikan strategi SEO terbaik untuk website Anda!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.