Backlink: Pengertian, Manfaat, Jenis, & Cara Mendapatkannya

Backlink adalah strategi mencantumkan alamat situs pada situs lain. Dalam dunia SEO backlink berperan penting dalam menentukan ranking, discoverability dan referral traffic.
Backlink
Daftar Isi

Dalam SEO, terdapat matriks penting yang bisa digunakan untuk meningkatkan peringkat dan traffic website. Matriks tersebut adalah backlink.

Backlink bisa memberikan sinyal pada search engine, khususnya Google bahwa situs Anda kredibel dan bisa dipercaya.

Lantas apa itu Backlink? Seberapa peran penting hal tersebut dalam SEO? Bagaimana cara membangun dan mendapatkan organik backlink? Apa saja tipe-tipe dan bagaimana ciri-ciri dari Backlink yang baik?

Segala pertanyaan di atas akan dijawab melalui uraian artikel di bawah ini, mari baca dengan seksama!

Apa itu Backlink?

Seorang Laki-Laki Membuat Strategi Backlink
Seorang Laki-Laki Membuat Strategi Backlink (Rawpixel/Freepik)

Backlink dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah tautan balik. Selain itu, backlink juga dikenal sebagai inbound links, incoming links, atau one way links.

Pengertian backlink adalah alamat URL website yang tercantum dalam website lain. Dengan kata lain, backlink adalah pencantuman link address yang menuju pada situs lain.

Dalam penulisan artikel blog misalnya, bisa saja alamat URL artikel Anda dicantumkan sebagai referensi.

Contoh backlink lainnya adalah ketika para pengguna internet mencantumkan alamat URL Anda di konten mereka.

Jadi, bisa dikatakan, tautan balik adalah bagaimana para pengguna dapat mengakses website Anda melalui situs orang lain. 

Nah, untuk membuat strategi backlink yang matang, Anda bisa memeriksanya menggunakan berbagi tools. Adapun tools cek backlink yaitu:

  • SEMrush
  • Google Search Console
  • Small SEO Tool
  • UbersuggestOpenLink Profiler
  • Ahrefs
  • Majestic SEO
  • Seobility
  • SE Ranking
  • Backlink Watch

Manfaat Backlink

Manfaat utama dari menggunakan backlink adalah naiknya traffic website. Tautan balik ini bekerja dengan cara mengarahkan pengunjung dari situs web lain menuju website Anda.

Tautan balik mengarahkan pengunjung untuk menemukan informasi tambahan yang tidak tercantum di situs asal.

Lebih lanjut, manfaat lain dari backlink adalah membantu menaikkan kredibilitas website di hadapan mesin pencarian.

Selain itu, tautan balik juga bisa digunakan sebagai bahan evaluasi algoritma mesin pencarian mengenai penting atau tidaknya suatu situs berada di halaman pertama.

Peran Penting Backlink dalam SEO

Optimasi Website Dengan Backlink
Ilustrasi Optimasi Website (Christina Morillo/Pexels)

Perlu dipahami, dalam SEO, internal link dan backlink adalah dua hal yang berbeda. Internal link identik dengan bagaimana tautan tersebut dapat menuntun pengguna ke halaman lain dalam website yang sama.

Sementara backlink identik dengan bagaimana sebuah tautan bisa menuntun pengguna untuk mengunjungi website lain.

Backlink adalah salah satu alat yang digunakan oleh mesin pencarian (search engine) untuk menghitung dan membuat ranking di SERP.

Semakin banyak tautan balik yang dimiliki sebuah website, maka authority-nya juga akan naik. Jika demikian, maka peringkatnya di SERP juga akan meningkat.

Inilah salah satu alasan mengapa tautan balik penting dalam SEO. Selengkapnya, berikut beberapa peran penting tautan balik dalam SEO.

1. Menaikkan Ranking

Merujuk penjelasan di atas, tautan balik dapat membantu menaikkan ranking sebuah website. Hal ini diperoleh dari kepercayaan (trust) yang diberikan oleh Google dan user.

Google melihat tautan balik sebagai tanda bahwa situs Anda kredibel dan bisa dipercaya, sehingga dapat ditampilkan di halaman hasil pencarian.

2. Meningkatkan Discoverability

Sebuah halaman website yang teroptimasi dan dilengkapi dengan tautan balik dari beragam situs ternama, tentu akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan ranking atas SERP.

Jika demikian, maka halaman tersebut akan mudah ditemukan dan diakses oleh para pengguna internet.

3. Referral Traffic

Referral traffic menjadi salah satu statistik yang bisa dilacak di Google Analytic. Ya, selain organic traffic dan search traffic, Google Analytics menyediakan data referral traffic untuk Anda.

Referral traffic merujuk pada kunjungan website yang datang dari situs lain. Diketahui, website yang memiliki referral traffic tinggi dianggap sebagai situs yang banyak digunakan oleh content creator.

Nah, hal ini juga menunjukkan bahwa situs tersebut bisa dipercaya oleh user dan Google. Dengan demikian, Google akan menampilkan situs Anda di halaman pertama SERP.

Jenis-Jenis Backlink

Jenis Backink
Jenis Backlink (Rawpixel/Freepik)

Tahukah Anda, bahwa tautan balik memiliki beberapa jenis? Apa saja? Berikut uraiannya.

1. Nofollow

Nofollow backlink merupakan tautan balik yang diprogram agar diabaikan oleh Google. Dengan nofollow backlink Google tidak akan melakukan crawling dan indexing tautan tersebut. 

Adapun rel yang digunakan untuk perintah nofollow, yaitu <a href=”https://sekawanstudio.com/blog/” rel=”nofollow”>

2. Dofollow

Berbeda dengan sebelumnya, dofollow merupakan tipe tautan balik yang baik dan diinginkan oleh semua pemilik website.

Pasalnya, dengan dofollow, Google akan secara otomatis melakukan crawling dan indexing terhadap tautan tersebut. 

3. Contextual Backlink

Tautan contextual digunakan pada website yang menyediakan CMS atau Context Management System. Perlu diingat, tautan yang disematkan harus memiliki konteks yang sama untuk menghindari spam.

4. Blog Comment 

Tautan ini menggunakan fitur kolom komentar dari website orang lain untuk menyertakan link ke website Anda.

Namun dengan catatan, website yang menjadi target harus memiliki kesamaan tema dengan website Anda.

5. Link Profile 

Anda mungkin pernah mendapati adanya link yang tersemat di profil media sosial seseorang? Nah, itulah salah satu contoh link profile.

Tautan ini biasanya digunakan media sosial, situs website komunitas, dan forum yang memiliki profil. Tautan ini diletakkan di profil akun pengguna.

6. Sponsored Link

Sponsored link merupakan tautan balik berbayar yang mengarah pada sebuah produk atau layanan tertentu. Perlu diketahui, link ini juga digunakan oleh Google untuk mempertimbangkan peringkat suatu situs.

7. Guestbook

Tautan ini menyisipkan link pada halaman buku tamu atau kontak. Perlu kehati-hatian dalam menempatkan tautan ini karena akan dianggap spam jika buku tamu penuh.

Ciri-ciri Backlink yang Baik

Dalam penerapannya, tidak semua backlink bisa dikategorikan sebagai tautan yang baik. Ada pula tautan balik yang buruk, yaitu ketika link konten dicantumkan dalam sebuah website yang tidak relevan dan tidak profesional.

Tautan balik semacam ini justru bisa menurunkan ranking halaman website Anda. Lalu, bagaimana ciri-cari tautan balik yang baik? Ini dia penjelasannya.

1. Relevan dan Menyertakan Target Keyword

Tautan balik bisa dikatakan baik jika URL disematkan dalam halaman website yang relevan dengan niche situs Anda. Relevansi konten dalam backlink mempengaruhi nilai tautan balik dari Google.

Nah, relevansi ini juga bisa Anda dapatkan dengan menyertakan target keyword. Kata kunci yang tepat akan membantu Google dalam memahami konteks webpage Anda dan mencocokkannya dengan informasi yang dicari pengguna.

2. Come from Trusted

Selanjutnya, tautan balik bisa dikategorikan baik jika link tersebut berasal dari website yang kredibel dan terpercaya.

Mendapatkan tautan balik dari otoritas terpercaya, dapat meningkatkan kepercayaan Google terhadap kredibilitas website Anda. 

3. Traffic

Traffic web juga merupakan salah satu indikator yang bisa digunakan untuk menilai kualitas suatu backlink.

Semakin banyak jumlah traffic yang dimiliki website, maka referral traffic dari backlink tersebut akan semakin besar. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi website dan pengguna. 

4. Penempatan Backlink

Suatu fakta yang menarik bahwa penempatan tautan balik bisa menjadi tolok ukur untuk menilai kualitasnya.

Tautan balik yang ditempatkan dalam website kredibel dengan tampak visual menarik dapat dikatakan sebagai backlink baik.

Pasalnya, website yang kredibel bisa meningkatkan otoritas situs Anda. Sementara itu, visual yang menarik bisa mendorong pembaca untuk mengklik dan mengunjungi tautan tersebut.

Maka dari itu, selalu perhatikan sumber tautan balik yang Anda dapatkan dari website lain.

Cara Mendapatkan Backlink

Tampilan Traffic Website Dapa Google Search Console
Ilustrasi Traffic Website (Stephen Philips/Unsplash)

Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan atau menciptakan tautan balik secara organik agar bisa mendongkrak peringkat website di SERP? Berikut beberapa caranya:

1. Buat Konten Berkualitas

Salah satu cara mendasar untuk mendapatkan tautan balik yang organik, yaitu membuat konten berkualitas.

Sebuah konten yang berkualitas harus unik dan bisa memecahkan berbagai masalah pengguna, sehingga mereka akan merasa terbantu. Jika demikian, maka kepercayaan pengguna terhadap website Anda juga akan meningkat.

Itulah kenapa, seorang penulis konten website wajib memiliki kemampuan yang baik dalam menciptakan konten.

2. Ambil Peran dalam Menjawab Pertanyaan

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mendapat tautan balik secara organik adalah ambil peran dalam menjawab pertanyaan di forum atau komunitas online.

Anda bisa menjawab pertanyaan yang sesuai niche perusahaan dengan menyematkan URL ke halaman webpage yang membahas topik tersebut. Dengan begitu, maka kunjungan ke website Anda akan meningkat.

3. Berkolaborasi dengan Influencer dan Blogger

Hal penting dalam dunia kreatif berikutnya adalah kolaborasi. Dalam mendapatkan tautan balik secara organik, kita dapat melakukanya dengan mengundang penulis lain untuk bekerja sama.

Dalam hal ini penulis bisa menyematkan URL dari webpage Anda yang sekiranya relevan dengan topik yang sedang ditulis.

Namun, Anda perlu berhati-harti jika menggunakan cara ini agar tidak dianggap melanggar peraturan Google.

4. Publikasi di Media Sosial

Hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tautan balik adalah melakukan publikasi di media sosial, seperti Instagram, LinkedIn, ataupun X (Twitter).

Cara ini ditujukan untuk mendapatkan engagement dari media sosial, sehingga bisa menaikkan traffic atau kunjungan pengguna.

Semakin banyak kunjungan yang diciptakan, maka otoritas website akan meningkat. Hal ini tentu merupakan hal baik untuk website Anda.

Itulah penjelasan lengkap mengenai backlink mulai dari pengertian, hingga bagaimana cara mendapatkannya.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa backlink adalah hal penting yang harus Anda perhatikan dalam menyusun strategi SEO.

Pasalnya, tautan balik ini akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan peringkat dan juga traffic situs.

Namun perlu diingat, tidak semua tautan balik bisa dikategorikan baik karena ada sebagian backlink yang justru memberikan dampak kurang menguntungkan bagi website.

Maka dari itu, saat menyusun strategi link building, pastikan Anda mendapatkan tautan balik yang baik dan berkualitas, ya!

Nah, agar Anda bingung membuat strateginya, serahkan saja persoalan ini pada ahlinya, yaitu Sekawan Studio.

Jasa SEO Sekawan Studio akan membantu Anda membuat strategi SEO yang matang untuk meningkatkan peringkat dan traffic website.

Dengan begitu, Anda bisa menjangkau pelanggan lebih luas, sehingga dapat meningkatkan potensi konversi bisnis.

Anda tak perlu ragu soal biayanya karena Sekawan Studio telah menyediakan beragam paket layanan dengan harga yang bervariasi. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhan.

Yuk, perbesar peluang bisnis Anda dengan melakukan optimasi website sekarang juga! Jika tertarik, kunjungi laman kontak untuk mendapatkan informasinya lebih lanjut.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.