Penerapan Teknik Off Page SEO dalam Optimasi Artikel Website.

SEO adalah salah satu cara untuk meningkatkan peringkat suatu website di mesin pencari. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara optimasi. Orang yang bekerja di posisi ini dikenal dengan sebutan SEO Specialist. Dalam upaya optimasi, terdapat berbagai jenis optimasi dan teknik-tekniknya.
Off-Page-SEO
Table of Contents

Pernahkah anda mendengar istilah teknik off page SEO? Sesuai dengan namanya, teknik ini merupakan bagian dari teknik pada optimasi artikel website. Mungkin anda sudah acap kali mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization).

Apakah anda penasaran apa itu off page SEO? Bagaimana strategi teknik ini? Lalu, apa saja manfaat yang akan didapatkan dengan menerapkan teknik ini? Tenang saja, anda tidak perlu khawatir karena kami akan membahas semuanya pada artikel ini. Simak dengan saksama ya!

Pengertian Off Page SEO

Pengertian-Off-Page-Seo
© Freepik

Off page SEO atau Off-site SEO adalah salah satu taktik dalam optimasi website yang berkaitan dengan hal-hal di luar dari laman utama. Seperti taktik SEO yang lainnya, taktik ini tentunya juga dapat mempengaruhi peringkat website anda di SERPs (Search Engine Results Pages).

Berkaitan dengan optimasi website, terdapat tiga jenis teknik optimasi yaitu white hat SEO, black hat SEO, dan grey hat SEO. Nah, off page SEO ini termasuk ke dalam optimasi white hat SEO. Optimasi dengan teknik tersebut terbagi menjadi dua yaitu on page SEO dan off page SEO.

On page SEO adalah kebalikan dari off page SEO. Taktik ini berupaya optimasi artikel website yang berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan laman artikel tertentu, seperti caption gambar, meta tittle, meta description, keyword density, dan lain sebagainya.

Strategi Off Page SEO

Setelah mengetahui pengertian off page SEO, mungkin anda bertanya-tanya bagaimana strategi yang seharusnya digunakan dalam upaya penerapa taktik ini? Pada bagian ini, kami akan menjelaskan kepada anda strategi yang dapat anda terapkan dalam optimasi artikel website.

1. Link Building

Strategi yang pertama yaitu link building. Sesuai dengan namanya, link building adalah bangunan yang berupa link. Dalam hal ini, anda dapat menghubungkan antara link suatu artikel tertentu dengan artikel lainnya. Terdapat berbagai cara yang dapat anda lakukan, antara lain:

a. Anchor Text

Yang pertama yaitu dengan anchor text. Anchor text adalah teks yang di dalamnya terdapat URL (Uniform Resource Locator). Ketika anda meng-klik teks tersebut, maka anda akan pindah ke laman yang berbeda, sesuai dengan link yang tertaut pada teks tersebut.

b. Backlinks

Yang selanjutya yaitu dengan membangun backlinks. Backlinks sendiri dapat anda buat dengan sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan kualitas artikel anda. Dalam hal ini, anda perlu memastikan apakah backlink yang anda gunakan telah relevan dengan konten anda atau tidak. 

Pasalnya, apabila anda menggunakan backlink yang tidak relevan dengan artikel anda, maka backlink tersebut tidak akan memberikan dampak apapun pada artikel anda. Di sisi lain, anda juga perlu menggunakan backlink yang berkualitas, artinya backlink tersebut adalah original dan tidak melanggar kaidah SEO. 

Ketika anda menggunakan backlink yang berkualitas buruk, maka artikel anda akan memperoleh dampaknya. Misalnya, artikel anda tidak muncul di halaman pertama mesin pencari atau tidak terindeks oleh mesin pencari, bahkan kemungkinan buruknya website anda bisa diblokir.

2. Local SEO

Selanjutnya yaitu local SEO. Local SEO adalah upaya optimasi situs untuk mendapatkan traffic dari para user lokal. Hal penting dalam strategi ini yaitu menggunakan kata kunci lokal dan melakukan optimasi pada profil Google My Business. Strategi ini membutuhkan pendekatan yang strategis karena mengacu pada optimasi untuk menarik lebih banyak bisnis dari pencari lokal.

3. Media Sosial

Salah satu strategi lainnya yaitu media sosial. Medsos merupakan bagian dari off page SEO karena dapat membantu untuk meningkatkan traffic website anda. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan membagikan link situs anda atau menautkannya pada postingan yang anda unggah.  

4. Ulasan

Ulasan atau review dapat membantu anda dalam menerapkan taktik off page SEO. Hal tersebut karena calon konsumen akan lebih tertarik dan percaya apabila terdapat review positif dari konsumen sebelumnya. Oleh karena itu, anda dapat memanfaatkan fitur review untuk mendapatkan ulasan dari konsumen sebelumnya sehingga kemungkinan calon konsumen untuk mengunjungi situs anda akan menjadi lebih besar.

Baca Juga:
Kenali QRIS, Teknologi Pembayaran Nontunai Yang Serba Bisa
Tertarik Untuk Memulai Bisnis Startup? Begini Caranya!

Manfaat Off Page SEO

Menerapkan strategi off page pada artikel anda dapat memberikan beberapa manfaat untuk situs anda, seperti meningkatkan peringkat situs di SERP dan meningkatkan traffic kunjungan ke situs anda. Selain itu, penerapan taktik ini mungkin dapat meningkatkan authority dan trustworthy situs anda dari mesin pencari. Dalam hal ini, semakin tinggi nilai authority dan trustworthy suatu situs, maka semakin tinggi pula peluang situs tersebut untuk menempati peringkat pertama SERP.

Kesimpulan

Off page SEO adalah salah satu taktik optimasi situs dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat situs dan menempati peringkat pertama di SERP. Terdapat pula strategi yang dapat anda terapkan yaitu link building, local SEO, media sosial, dan ulasan. Selain itu, dengan penerapan strategi ini, anda akan mendapatka beberapa manfaat, seperti meningkatkan peringkat situs dan traffic. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sekawan Studio menyediakan jasa maintenance website untuk membantu dalam meningkatkan keamanan, perbaikan bug, dan optimasi traffic situs pada mesin pencarian Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.