Mengetahui ISP, Provider Pendukung Untuk Koneksi Internet Anda

Internet Service Provider (ISP) merupakan perusahaan yang menyediakan akses internet kepada pelanggan. Saat ini ISP memiliki banyak jenis seperti satelit, DSL, kabel pita lebar, kabel serat optik, Wi-Fi peta lebar.
mengenal isp
Daftar Isi

Bekerja dari rumah, menghadiri kelas, streaming acara TV favorit, atau mengendalikan sistem keamanan rumah, kita semua terus menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Akibatnya, koneksi internet yang cepat dan andal sangat penting untuk produktivitas kerja.

Tetapi dengan berbagai jenis teknologi internet dan Internet Service Provider (ISP) yang tersedia, sulit untuk mengetahui secara pasti apa yang sebenarnya dilakukan oleh ISP dan mana yang harus dipilih. 

Baca artikel kami untuk memahami lebih lanjut tentang ISP dan cara menemukan opsi terbaik untuk Anda.

Apa itu ISP?

ISP singkatan dari Internet Service Provider,  yang merupakan perusahaan yang menyediakan akses Internet kepada pelanggan. Ini sering disebut hanya sebagai “penyedia.” Data dapat ditransmisikan menggunakan beberapa teknologi, termasuk dial-up, DSL, modem kabel, nirkabel atau interkoneksi berkecepatan tinggi khusus.

Biasanya, ISP juga memberi pelanggan mereka kemampuan untuk berkomunikasi satu sama lain dengan menyediakan akun email Internet, biasanya dengan banyak alamat email sesuai keinginan pelanggan.

Layanan lain, seperti layanan telepon dan televisi, atau situs web pribadi atau halaman beranda juga dapat disediakan. Layanan dan kombinasi layanan mungkin unik untuk setiap Internet  Service Provider.

Saat ini, ISP biasanya adalah perusahaan kabel atau perusahaan telepon seluler yang menawarkan langganan Internet selain layanan TV atau komunikasi seluler.

Internet Service Provider juga dikenal sebagai penyedia akses Internet (IAP).

Jenis-jenis ISP

Di masa lalu, ISP hanya menawarkan tiga jenis layanan—dial-up, kabel broadband, dan digital subscriber line (DSL). Karena konektivitas yang lambat, layanan dial-up menjadi langka, jika tidak usang, meskipun sangat terjangkau. Sampai saat ini, ini adalah berbagai jenis opsi ISP yang dapat Anda pilih:

1. Satelit

Konektivitas Internet satelit adalah pilihan yang sering ditawarkan kepada mereka yang tinggal di daerah terpencil sebagai pengganti layanan dial-up. Ini memiliki kelemahan, karena memerlukan investasi infrastruktur yang signifikan dari pihak Internet  Service Provider.

2. DSL

Koneksi DSL memanfaatkan telepon rumah yang ada di rumah konsumen. Mereka masih dapat membuat dan menerima panggilan telepon saat terhubung ke Internet. Jenis konektivitas ini memungkinkan pengguna untuk menikmati akses Internet kecepatan rata-rata tanpa biaya peralatan yang tinggi. Konsumen hanya perlu membeli modem. Kecepatan tergantung pada seberapa jauh konsumen dari stasiun switching terdekat.

3. Kabel Pita Lebar

Penyedia layanan TV kabel biasanya menawarkan konektivitas kabel broadband. Kecepatan koneksi seringkali bervariasi, tergantung pada volume pengguna yang dilayani pada waktu tertentu. Perhatikan bahwa kecepatan akses juga tergantung pada wilayah geografis konsumen. Semakin banyak pengguna di area tertentu, semakin lambat koneksinya karena mereka berbagi bandwidth.

4. Kabel Serat Optik

Konektivitas serat optik mungkin merupakan jenis layanan Internet tercepat dan paling disukai yang disediakan ISP saat ini. Karena ini relatif baru, Internet  Service Provider perlu meletakkan dasar untuk layanan tersebut terlebih dahulu. Dengan demikian, area yang dapat diservis tetap terbatas. Dalam hal harga, berlangganan layanan serat optik bulanan tidak lebih mahal daripada koneksi kabel DSL dan broadband.

5. Wi-Fi Pita Lebar

Wi-Fi broadband adalah jenis lain dari penawaran konektivitas. Hal ini memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses Internet dengan fleksibilitas yang lebih besar. Karena mereka tidak harus tetap terhubung ke modem, pengguna bebas bergerak dan tetap terhubung. Sebagian besar pengguna melakukannya dengan perangkat Wi-Fi saku yang memungkinkan mereka membawa konektivitas ke mana pun mereka pergi.

Memilih jenis layanan Internet yang tepat tergantung pada kebutuhan dan ketersediaan pengguna. Konsumen juga harus memastikan bahwa koneksi yang mereka berlangganan dapat diandalkan.

Baca juga :
Pengenalan Apa itu Hosting, Beserta Jenis dan Cara Kerjanya
Mengenal Protokol Jaringan dalam Dunia Digital
Pemanfaatan SSL untuk Optimasi Keamanan Website Anda

Bagaimana Cara Menemukan ISP?

Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengetahui “who’s my ISP”

  1. Buka browser anda
  2. Kunjungi www.ipcheck.org atau Alat pencari IP 
  3. ISP anda akan ditampilkan di bawah alamat IP anda 

Cara Kerja ISP

Hal terpenting tentang Internet adalah tidak ada yang memilikinya. Internet adalah kumpulan global jaringan kecil dan besar di mana semua jaringan terhubung bersama, dan jaringan ini menghubungkan komputer di seluruh dunia. Semua komputer yang terhubung ke Internet menjadi bagian dari jaringan ini. Bahkan, Internet adalah jaringan yang sangat besar dari jaringan yang saling berhubungan yang disebut media transmisi dalam bahasa komputer. Jaringan ini adalah kabel di mana informasi dan data bergerak di seluruh dunia.

Banyak jalur data bandwidth tinggi digunakan untuk menyediakan akses Internet ke setiap sudut dunia, juga disebut tulang punggung Internet. Jalur-jalur ini terhubung dengan hub Internet utama yang ada di lokasi berbeda, dan hub yang sama mendistribusikan data di berbagai lokasi. Hub internet ini disebut ISP. Sebagian besar Internet  Service Provider menyediakan akses Internet broadband melalui satu kabel, DSL, atau koneksi serat.

Misalnya, jika Anda memiliki router dengan komputer di rumah Anda untuk menyediakan layanan internet, maka router tersebut juga menyediakan internet hanya dengan menghubungkannya dengan ISP. Komputer Anda di kantor Anda terhubung ke WiFi perusahaan bahkan saat itu perusahaan Anda memiliki kontrak dengan beberapa ISP; baru kemudian Anda mendapatkan layanan internet. Dengan cara yang sama, ketika Anda menggunakan internet melalui sinyal wifi publik; kemudian ada juga router wifi yang terhubung dengan ISP untuk menyediakan internet bagi Anda. Menara data seluler juga terhubung ke beberapa ISP.

Sebagian besar perusahaan ISP mengirimkan Internet kepada orang-orang melalui kabel untuk menyediakan internet melalui smartphone di masa sekarang. Pada saat yang sama, beberapa perusahaan juga secara bertahap memulai layanan internet nirkabel. ISP juga menyediakan layanan Internet dari sistem jaringan nirkabel selain media kabel. Sebelumnya, ketika sistem kabel digunakan untuk menyediakan layanan internet kepada masyarakat, perusahaan penyedia jaringan harus memasang kabel di seluruh area. Namun setelah memperkenalkan media nirkabel, hanya dengan bantuan menara dan satelit, internet menjangkau masyarakat.

Berikut adalah contoh peran yang dimainkan oleh Internet Service Provider saat Anda mengunduh file dan membuka halaman web dari internet.

  1. Saat Anda menggunakan laptop di rumah untuk mengakses halaman di situs seperti Lifewire.com, browser web menggunakan server DNS yang diatur pada perangkat untuk menerjemahkan nama domain Lifewire ke alamat IP yang terkait, yang adalah alamat yang diatur Lifewire untuk digunakan dengan ISP-nya.
  2. Alamat IP dikirim dari router Anda ke ISP Anda, yang meneruskan permintaan ke ISP yang digunakan Lifewire.com.
  3. Pada titik ini, ISP untuk Lifewire.com mengirimkan halaman ke ISP Anda, yang meneruskan data ke router rumah dan ke laptop Anda.

Contoh-contoh ISP

Banyak ISP terbesar juga merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar yang menyediakan beragam layanan. Misalnya, selain layanan data dan Internet broadband, AT&T menyediakan layanan telepon lokal dan jarak jauh, jaringan terkelola, peralatan telekomunikasi, dan produksi serta distribusi film layar lebar, televisi, dan game.

Verizon Communications adalah ISP lain yang memiliki beragam layanan. Konglomerat ini menawarkan layanan suara lokal dan jarak jauh, serta video broadband, pusat data dan cloud, serta layanan keamanan dan jaringan terkelola.

Kesimpulan

Dengan bantuan ISP, internet telah dapat diakses oleh setiap orang di setiap sudut dunia. Dewasa ini, dengan kemajuan teknologi, persaingan antar perusahaan ISP semakin meningkat, sehingga masyarakat mendapatkan layanan internet dengan harga yang sangat murah. Di satu sisi, hanya perusahaan ISP ini yang menghubungkan seluruh dunia ke Internet, karena itu kami dapat memperoleh semua informasi langsung dari rumah dan terhubung dengan teman dan keluarga yang tinggal jauh.

Sekawan Studio menawarkan paket jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website profesional sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.