Internet: Pengertian, Sejarah, Perkembangan, dan Manfaatnya

Internet adalah sistem jaringan komputer yang mampu menghubungkan berbagai media elektronik dengan menggunakan standar teknologi pendukung. Jaringan internet telah membawa banyak manfaat bagi manusia dan terus berkembang sepanjang waktu. Walaupun begitu, penting bagi Anda untuk menggunakannya dengan bijak untuk menghindari berbagai dampak buruknya.
internet
Daftar Isi

Internet adalah salah satu perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang telah bertransformasi lebih cepat dan fleksibel.

Teknologi ini telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, digunakan melalui Wifi di rumah, tempat umum, dan lingkungan perkantoran. Jadi, penggunannya tidak dapat terlepas dari aktivitas manusia setiap harinya.

Jika Anda masih bingung dengan istilah ini, kami akan membahasnya secara lebih detail dalam artikel ini, sehingga untuk kedepannya Anda dapat memanfaatkan teknologi ini sebijak mungkin.

Apa itu Internet?

Pengertian internet menurut Onno W. Purbo (dalam Prihatna, 2005) adalah suatu media atau sistem yang dapat digunakan untuk mengefisiensikan proses komunikasi menggunakan aplikasi seperti web, voip, atau e-mail.

Sementara itu, menurut Harjono (2009), internet merupakan kumpulan komputer di seluruh dunia yang dapat terkoneksi dan terhubung satu sama lain dengan baik.

Terakhir, menurut Supriyanto (2006), internet menghubungkan berbagai perangkat komputer dengan jaringan yang memiliki sistem operasi dan aplikasi berbeda dengan memanfaatkan protokol standar, yaitu TCP/IP.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Interconnected Network atau Internet adalah sistem jaringan komputer yang mampu menghubungkan berbagai media elektronik dengan menggunakan standar teknologi pendukung seperti TCP/IP.

Sementara itu, istilah “internetworking” merujuk pada sebuah proses yang menghubungkan suatu rangkaian akses jaringan berbasis online agar dapat berjalan dengan stabil.

Sejarah Internet

Interconnected network pertama kali ditemukan sekitar tahun 1960-an oleh Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat yang bernama Advanced Research Projects Agency (ARPA).

Organisasi tersebut merintis sebuah sistem jaringan yang diberi nama ARPANET. Pada tahun 1982, protokol standar dari TCP/IP mulai dipublikasikan kepada publik. 

Sekitar tahun 1990, ARPANET mulai diturunkan dan diganti dengan layanan berbasis tampilan grafis, yaitu WWW (World Wide Web) yang mulai dikembangkan oleh CERN. Dan pada tahun 1993, InterNIC mulai didirikan untuk melayani pendaftaran nama domain secara publik.

Di Indonesia sendiri, interconnected network mulai masuk sekitar tahun 1994 yang menjadi titik awal perkembangan jaringan komputer secara kompleks dan tersistem.

Perkembangan Internet

Untuk perkembangannya sendiri, di seluruh dunia berbeda-beda menyesuaikan dengan letak geografis dan kemajuan teknologi suatu negara.

Di negara maju, interconnected network tentu memiliki perkembangan yang jauh lebih baik daripada di negara berkembang dan mayoritasnya masih menyesuaikan dengan kondisi wilayah, serta faktor sumber daya manusia (SDM) yang memerlukan proses adaptasi.

Perkembangan internet mulai masuk pada tahun 90 -an melalui beberapa orang yang memiliki keahlian di bidang TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi).

Sekarang, perkembangan internet jika diukur melalui tingkat transmisi data sudah mencapai tahap generasi kelima (5G). Ini akan sangat berpengaruh pada kecepatan akses internet di berbagai tempat seperti 2G, 3G, 4G, dan 5G itu sendiri.

Jika dilihat dari sisi penggunaannya sendiri, interconnected network dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan dan mampu untuk memaksimalkan aktivitas yang ada, baik dari sisi efisiensi kerja, kecepatan transfer data, bahkan sarana komunikasi secara cepat dan real-time.

Baca Juga : Ketahui 5 Cara Uji Kecepatan Internet dan Faktor Penyebabnya

Manfaat Internet

Banyak sekali manfaat yang dimiliki saat Anda menggunakan jaringan interconnected network, berikut ini adalah beberapa contoh penerapannya dalam beberapa bidang kehidupan.

1. Manfaat Internet di Bidang Pendidikan

Interconnected network juga dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam mengakses berbagai informasi berupa artikel, jurnal, blog, bahkan konten video pembelajaran secara cepat melalui web browser.

Proses pembelajaran juga dapat dilakukan menggunakan media internet untuk mengakses aplikasi berbasis web maupun mobile.

Selain itu, proses belajar mengajar juga dapat dilaksanakan di berbagai tempat dan tidak terbatas oleh waktu, sehingga guru dan murid dapat mengerjakan tugas secara efektif tanpa dibatasi ruang belajar seperti di sekolah maupun lingkungan kampus.

2. Manfaat Internet di Bidang Teknologi Informasi 

Manfaat Internet Pada Bidang Teknologi Informasi
(Foto: Pixabay)

Pada bidang teknologi informasi, media internet dapat digunakan untuk membantu proses pengembangan perangkat lunak berbasis web, desktop maupun mobile.

Selain itu, perangkat yang digunakan juga sangat berdampak dengan adanya teknologi ini untuk membantu proses komunikasi dan penyampaian informasi seakurat mungkin.

3. Manfaat Internet di Bidang Politik dan Sosial Budaya

Dalam bidang politik, dapat digunakan untuk membantu proses sosialisasi sistem kinerja dan program pemerintah kepada masyarakat luas.

Kemudian, membantu dalam proses pembuatan aplikasi untuk kebutuhan governance dan instalasi layanan publik. 

Berikutnya, pada bidang sosial budaya sendiri, mampu menghubungkan komunikasi antar perangkat dengan jangkauan yang lebih luas.

Dengan demikian, pengguna dari daerah yang jauh dapat mengontak user lain secara cepat dengan proses delay yang rendah.

4. Manfaat Internet di Bidang Manufaktur dan Kesehatan

Pada bidang transportasi dan industri, teknologi ini juga sangat membantu dalam menciptakan struktur kerja yang dinamis dan optimal.

Setiap sistem mulai dari level terbawah hingga paling tinggi mempunyai koneksi yang baik dan dapat membantu produktivitas dari suatu pekerjaan. Misalnya saja, pengembangan fleet management system, dan production management

Di sisi kesehatan, teknologi ini juga sangat membantu dalam mengelola sistem database rumah sakit atau puskesmas agar lebih termonitoring dengan baik.

Percepatan penanganan pasien serta diagnosa penyakit menjadi lebih transparan dan terpercaya dengan adanya dukungan data yang memadai.

Internet Pada Bidang Kesehatan
(Foto: Pixabay)

5. Manfaat Internet di Bidang Hiburan

Internet Pada Dunia Hiburan
(Foto: Pixabay)

Di bidang hiburan sendiri, interconnected network memiliki pengaruh yang besar dalam membantu mengembangkan industri entertainment melalui iklan, website, dan media yang lainnya.

Selain itu, penggunaannya juga dapat digunakan dalam media sosial dan industri permainan yang diminati oleh pengguna dari berbagai usia.

Baca Juga : Internet Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi, dan Manfaat

Dampak Penggunaan Internet

Kita sudah membahas mengenai manfaat dari penggunaan internet itu sendiri. Selanjutnya, kita akan mengulas beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaannya. 

1. Dampak Positif Penggunaan Internet

Secara garis besar, dampak positif dari penggunaan interconnected network secara umum adalah sebagai berikut:

  • Membantu dalam mendapatkan informasi secepat mungkin tanpa batasan tempat dan waktu
  • Mampu untuk menghubungkan koneksi dari sisi komunikasi antar perangkat komputer yang berbeda
  • Meningkatkan produktivitas kinerja dari manusia dalam mengerjakan suatu pekerjaan

2. Dampak Negatif Penggunaan Internet

Secara singkat, dampak negatif dari penggunaan interconnected network antara lain, sebagai berikut:

  • Penyebaran informasi palsu atau hoax semakin banyak dan sulit untuk dihindari
  • Timbulnya kejahatan seperti pencurian data, penyebaran virus, serta spamming marak terjadi
  • Perilaku sosial menjadi menurun dan tergantung dengan perangkat yang ada
  • Dapat meningkatkan praktik penipuan berkedok bisnis

Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet

Selanjutnya kita akan membahas perbedaannya dengan istilah intranet dan ekstranet. Intranet adalah sistem jaringan berbasis teknologi informasi yang memiliki cakupan (scope) yang lebih sempit daripada interconnected network.

Pada umumnya, penggunaan intranet digunakan untuk kebutuhan personal seperti pada perusahaan atau instansi terkait, sehingga nantinya mampu untuk memusatkan ruang kerja, dokumen, alat, serta sumber daya manusia secara tersistem.

Di lain sisi, ekstranet adalah model intranet yang dapat diakses oleh beberapa pihak di luar organisasi atau perusahaan, namun memiliki keterkaitan.

Biasanya, ekstranet digunakan untuk proses kolaborasi antar setiap stakeholders dalam mencapai target bisnis secara efektif dan optimal. 

Itu dia penjelasan terkait pengertian, sejarah, perkembangan, dan manfaat dari internet. Meskipun teknologi dan informasi semakin maju dan berkembang, Anda tetap harus bijak dalam menggunakan teknologi ini kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Anda juga perlu memanfaatkan internet dengan baik, terutama dalam bidang pemasaran digital dan bisnis. Website dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menjadi media pemasaran digital untuk bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website untuk bisnis Anda, Sekawan Studio dapat menjadi solusi tepat bagi Anda.

Sekawan Studio menyediakan jasa pembuatan website yang telah dikembangkan sesuai dengan standar SEO yang baik, sehingga website Anda dapat bekerja lebih optimal.

Jika Anda tertarik dengan jasa layanan ini, Anda dapat mengunjungi website Sekawan Studio untuk informasi lebih lanjut!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.