Inbound Link adalah: Manfaat, Ciri, & Cara Mendapatkannya

Inbound link adalah link website lain yang menautkan halaman website Anda. Manfaat penggunaan inbound link adalah meningkatkan relasi bisnis, brand awareness, referral traffic dan peringkat dalam hasil pencarian Google.
gambar grafik sebagai ilustrasi inbound link dalam SEO
Daftar Isi

Dalam dunia digital marketing terutama SEO, salah satu konsep penting yang perlu dipahami adalah inbound link.

Jika bisnis Anda memiliki sebuah website atau blog, kemungkinan besar Anda sudah pernah mendengar istilah ini.

Artikel kali ini akan fokus memahami inbound link. Mulai dari pengertian, contoh, manfaat, cara mengoptimalkan, dan bagaimana mendapatkan inbound link

Apa itu Inbound Link

Inbound link adalah tautan yang berasal dari situs web lain dan mengarah ke halaman atau konten tertentu di situs web Anda. Tautan ini biasanya disebut sebagai backlink.

Tautan tersebut membantu menghubungkan konten dengan sumber eksternal, dan secara harfiah dapat “membawa” pengunjung dari situs lain ke halaman Anda.

Dalam konteks SEO, inbound link juga dianggap sebagai vote atau dukungan dari situs lain, karena mengindikasikan bahwa konten Anda dianggap bernilai dan relevan oleh sumber eksternal.

Kata “in” dalam kata “inbound” sering mengacu pada perhatian ke dalam menuju suatu objek. Dengan kata lain, penting untuk menetapkan kerangka acuan ketika membahas backlink.

Untuk satu laman website, semua link yang mengarah dari situs lain disebut sebagai tautan masuk. Akibatnya, frasa “tautan masuk” biasanya digunakan saat merujuk ke situs web tertentu.

Inbound link berfungsi sebagai kepercayaan di antara web. Tautan masuk biasanya menunjukkan bahwa satu halaman web mencoba merekomendasikan penguna lain ke mesin pencarian Google.

Setelah itu, Google akan mempertimbangkan beberapa faktor sebelum menentukan apakah backlink itu asli.

Langkah Google tersebut menentukan apakah inbound link benar-benar akan meningkatkan otoritas web tujuan.

Oleh karena itu, biasanya kemampuan laman untuk menentukan peringkat dipengaruhi oleh jumlah backlink berkualitas tinggi.

Kesimpulannya, ada banyak faktor yang berperan dalam SEO. Begitu juga kualitas inbound link juga tak kalah penting.

Fokus pada backlink berkualitas tinggi secara aktif dapat membuat website Anda teroptimasi dengan baik.

Manfaat Inbound Link

Apa Saja Manfaat Inbound Link
Inbound Link Adalah: Manfaat, Ciri, &Amp; Cara Mendapatkannya

1. Menambahkan Relasi Bisnis

Halaman website dapat memiliki peluang berhubungan dengan situs lainnya. Peluang tersebut dibutuhkan untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan. 

Tidak sampai di situ, peluang tersebut juga bisa didapatkan jika salah satu halaman web memiliki inbound link. Tentu saja, link ini harus dari sumber yang dapat dipercaya. 

Semakin banyak orang dapat menautkan ke laman web, maka dapat menambahkan relasi pada website tersebut.

Tidak hanya itu, ini juga dapat berpotensi mendapatkan referensi pelanggan jika bisnis masih memiliki kaitan dengan laman tersebut. 

2. Membangun Brand Awareness 

Inbound link memberikan peningkatan melalui promosi yang diperhitungkan dengan matang di website dengan peringkat artikel Anda. Metode SEO dapat membantu membangun kesadaran merek dari bisnis Anda

Ketika website lain menyertakan tautan ke situs Anda, itu juga berarti mereka mengakui dan menghargai konten tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek Anda di kalangan audiens baru yang potensial.

Jika sudah seperti itu, maka pembaca akan penasaran dan pada akhirnya akan mengunjungi laman website. Lalu, Anda hanya tinggal mengoptimalkan penjualan pada bisnis. 

3. Meningkatkan Referral Traffic 

Inbound link membawa lalu lintas pengunjung dari website lain menuju situs Anda.

Ketika situs web lain yang memiliki audiens relevan mengarahkan pengunjungnya ke website Anda melalui tautan, maka hal tersebut dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan lalu lintas di situs tersebut.

Artinya, semakin banyak laman Anda disebut di halaman mereka, maka kemungkinan juga akan semakin banyak pengunjung yang mampir ke situs web Anda. 

4. Meningkatkan Peringkat dalam Hasil Pencarian Google

Inbound link membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks halaman-halaman di situs Anda. Hal ini penting, terutama untuk konten yang mungkin tidak mudah dijangkau oleh mesin pencari melalui navigasi internal situs Anda.

Mesin pencari, seperti Google, menggunakan algoritma yang kompleks untuk menilai dan mengurutkan peringkat situs web berdasarkan relevansi, otoritas, dan kualitas konten.

Jumlah dan kualitas inbound link yang mengarah ke situs Anda dapat meningkatkan otoritas dan kepercayaan website tersebut di mata mesin pencari.

Hal tersebut dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda dalam Searh Engine Result Page (SERP).

Ciri-ciri Inbound Link yang Bagus

Inbound link yang bagus adalah tautan dari situs lain yang memiliki karakteristik tertentu. Memiliki inbound link yang bagus sangat penting untuk meningkatkan otoritas dan kredibilitas situs web Anda di mata mesin pencari dan juga pengunjung.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri inbound link yang bagus:

1. Relevansi

Inbound link yang bagus harus relevan dengan konten halaman atau situs web Anda.

Jika tautan berasal dari situs yang memiliki topik atau industri yang serupa dengan situs Anda, mesin pencari akan menganggapnya sebagai indikasi bahwa konten tersebut memiliki keterkaitan dan kualitas yang baik dengan topik tersebut.

2. Otoritas dan Kredibilitas

Inbound link yang berasal dari situs otoritatif dan terpercaya memiliki nilai lebih daripada tautan dari situs yang kurang terkenal.

Situs otoritatif biasanya memiliki reputasi yang baik di mata mesin pencari dan pengunjung, sehingga tautan dari situs ini akan memberikan kepercayaan dan kredibilitas tambahan pada halaman Anda.

3. Kualitas Lalu Lintas

Inbound link yang bagus juga dapat membawa traffic yang baik untuk situs Anda. Tautan tersebut mendorong pengunjung potensial untuk mengklik dan mengunjungi halaman Anda.

Jika pengunjung berasal dari sumber yang relevan dan memiliki minat dengan topik Anda, mereka lebih cenderung berinteraksi dengan konten dan meninggalkan jejak yang lebih positif di situs tersebut.

4. Anchor Text yang Relevan

Anchor text, yaitu teks yang menjadi tautan, harus relevan dengan konten halaman tujuan. Anchor text yang deskriptif membantu mesin pencari dan pengunjung memahami tentang halaman apa yang muncul setelah mengklik tautan tersebut.

Anchor text yang tepat juga dapat membantu meningkatkan peringkat halaman target pada mesin pencari untuk kata kunci tertentu.

5. Tidak Spam atau Berlebihan

Inbound link yang bagus harus menghindari situs-situs yang terlihat spam atau memiliki konten yang tidak relevan dengan halaman Anda.

Tautan dari situs-situs semacam ini bisa merugikan reputasi website Anda di mata mesin pencari, bahkan dapat menyebabkan halaman tersebut terkena penalti SEO.

6. Mendukung Pengalaman Pengguna

Inbound link yang baik seharusnya mendukung pengalaman pengguna atau User Experience (UX). Artinya, tautan tersebut mengarahkan pengunjung ke halaman yang relevan dan bermanfaat bagi mereka.

Jika pengunjung merasa kecewa atau tertipu setelah mengklik tautan, itu bisa berdampak buruk pada citra dan reputasi situs Anda.

Cara Mengoptimalkan Inbound Link

Mengoptimalkan inbound link adalah bagian penting dari strategi SEO off-page untuk meningkatkan peringkat dan kredibilitas situs web Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan inbound link:

1. Cari Tahu Siapa yang Berhubungan dengan Website

Sebelum membuat tautan artikel, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi situs web yang sudah terhubung sebelum dapat mulai membangun tautan itu sendiri. Misalnya, Anda bisa menggunakan tools analisis tautan yang ditawarkan oleh situs lain. 

Situs lain yang dimaksud pun harus relevan dengan topik konten pada artikel itu sendiri.

Jika sudah seperti itu, Anda dapat dengan mudah menemukan semua situs lain yang menautkan backlink hanya dengan mencari URL. 

2. Analisis Website Kompetitor Terlebih Dahulu

Salah satu point penting untuk dapat bersaing dan menjadi nomor satu adalah dengan belajar dari kompetitor.

Anda membutuhkan analisis kompetitor untuk membandingkan kualitas website dengan situs milik mereka.

Selain itu, menganalisis kompetitor juga dapat membantu untuk mengetahui apa sudah dimiliki dan apa yang kurang oleh mereka.

Anda bisa menggunakan hasil analisis tersebut sebagai bentuk pengembangan situs website. Dengan begitu, akan sangat mudah untuk membandingkan dengan tautan kompetitor, karena yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan URL untuk mendapatkan inbound link ke laman tersebut.

Jika diperlukan, hubungi mereka untuk memastikan website kompetitor juga akan menambahkan tautan Anda. Saat melakukannya, pastikan laman website atau artikel Anda mudah digunakan dan lebih estetis. 

3. Dapatkan Link dari Website yang Relevan

Akan jadi hal yang menguntungkan jika laman web terkenal menambahkan dan menautkan halaman Anda. Informasi yang terdapat pada website yang kredibel pasti memiliki kualitas tinggi.

Dengan kata lain, saat menerima koneksi dari halaman web lain itu bagus, tetapi menerima tautan dari website yang relevan dengan situs Anda akan jauh lebih baik.

4. Temukan Halaman dan Situs Resmi

Untuk hasil yang lebih optimal, sebaiknya dapatkan tautan inbound dari halaman resmi ketika mencoba meningkatkan peringkat mesin pencarian.

Meningkatkan tingkat kredibilitas sebuah web dapat dilakukan dengan menentukan otoritasnya. Ini menunjukkan bahwa informasi tersebut dapat diandalkan, layak mendapatkan tautan, dan pantas mendapat peringkat tinggi dalam mesin pencarian. 

Kuantitas dan kualitas tautan dari situs web lain juga dapat menentukan otoritasnya. Tautan seperti ini dianggap sebagai “suara” yang memberikan otoritas web.

Oleh karena itu, inbound link dari halaman bereputasi lebih berharga daripada tautan dari halaman yang tidak memiliki baclink sendiri.

Cara Mendapatkan Inbound link

Inbound Link Untuk Optimasi Seo
Inbound Link Adalah: Manfaat, Ciri, &Amp; Cara Mendapatkannya

1. Buat Konten yang Berkualitas 

Sebelum menuju tahap selanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa konten pada website sudah berkualitas.

Konten berkualitas mengandung isi yang berguna dan relevan dengan isi artikelnya, serta sesuai dengan kebutuhan dari target audiens. 

2. Bijak dalam Menentukan Keywords

Patikan penggunaan keywords pada situs web merupakan salah satu dari membuat konten bagus. Terlebih lagi, manfaatkan penggunaan keywords untuk membuat artikel berkualitas dan konten yang sesuai target audiens.

Berkenaan dengan ini, mulailah dengan melakukan sedikit research keywords.

3. Perbaiki Link yang Rusak

Inbound Link yang rusak merupakan tautan yang pernah bekerja dengan baik tetapi sudah tidak berfungsi.

Untuk memperbaiki tautan tersebut, gunakan beberapa tools yang tersedia seperti Ahref. Tools semacam ini akan memberitahu tautan mana yang sudah tidak berfungsi.

4. Buat Konten yang Menarik

Target audiens Anda pastinya akan jenuh jika harus membaca ribuan kata dalam satu artikel. Untuk mengoptimalkan kualitas konten, maka Anda perlu memasukkan beberapa gambar.

Hal ini dapat membuat konten semakin menarik dan mudah untuk dibaca. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan infografik jika diperlukan. Infografik membantu target Audiens untuk memahami konten.

Inbound link bekerja untuk membantu menaikkan peringkat artikel. Akan tetapi, sebenarnya bukan tentang berapa banyak backlink yang terdapat dalam artikel, melainkan kualitas dari Inbound link tersebut.

Dengan begitu, jika Anda ingin memasukkan backlink, maka perlu memperhatikan dahulu kualitasnya. Lebih baik memiliki sedikit Inbound link yang bagus daripada banyak namun berkualitas rendah.

Nah, itulah artikel yang memberikan informasi tentang inbound link untuk Anda. Pada intinya, inbound link sangat penting dalam praktik Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan traffic dan peringkat sebuah website.

Namun, suatu website tentunya memiliki kebutuhan inbound link yang berbeda dari situs lainnya. Untuk itu, Anda harus memahami kebutuhan website.

Tak perlu khawatir jika belum menguasai konsep kebutuhan SEO pada website. Dengan jasa SEO dan optimasi website dari Sekawan Studio, temukan solusi yang tepat untuk segala permasalahan traffic situs Anda.

Yuk, segera tingkatkan ranking website bisnis Anda untuk menjangkau target pasar yang potensial. Segera hubungi kami untuk menemukan solusi yang tepat sesuai kebutuhan Anda!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.