Apa itu LSI Keyword? – Cara Kerja, Fungsi, & Cara Menemukannya

LSI keyword adalah frasa atau kelompok kata yang relevan dengan suatu keyword tertentu dan sebaiknya digunakan untuk menulis konten di website guna memaksimalkan SEO.
ilustrasi tangan orang mencari suatu keyword di search engine
Daftar Isi

Beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan istilah LSI keyword. Padahal, komponen tersebut hampir selalu Anda temukan ketika mencari sebuah kata kunci melalui search engine seperti Google, Bing, atau Yahoo. 

Bagi para content writer atau SEO specialist, komponen ini cukup penting untuk diperhatikan, sebab LSI keyword dapat memaksimalkan optimasi sebuah konten pada website

Lalu, apa saja fungsinya bagi SEO dan bagaimana cara mencari LSI keyword? Kali ini, artikel berikut akan membahas tentang komponen berikut.

Jadi, bagi Anda yang penasaran, pastikan untuk membaca dan menyimak dengan saksama!

Apa itu LSI Keyword?

Ketika mengetikkan sebuah keyword melalui search engine, pernahkah Anda menemukan saran pencarian yang mirip kata kunci tersebut dengan frasa yang berbeda?

Nah, itu merupakan salah satu contoh dari LSI keyword yang relevan dengan pencarian Anda.

Jadi, LSI atau Latent Semantic Indexing adalah kata kunci yang relevan dengan topik konten secara semantik.

Dengan kata lain, komponen ini merupakan kelompok kata atau frasa yang relevan dengan keyword yang Anda gunakan dalam sebuah konten.

Contoh LSI keyword adalah ketika Anda mengetikkan kata kunci ‘resep nasi goreng’, maka akan muncul beberapa keyword yang relevan, seperti ‘cara membuat nasi goreng’, ‘resep nasi goreng kampung’ dan lain sebagainya.

Keyword relevan tersebut tidak selalu berupa sinonim, tetapi bisa juga berupa pencarian yang sering diketikkan oleh user ketika mencari konten serupa dengan main keyword yang Anda gunakan.

Selain itu, bisa jadi keyword tersebut merupakan kata polisemi yang memiliki makna ganda.

Misalnya, ketika Anda mengetikkan keyword ‘sumber adalah’, hasil yang muncul bisa jadi konten tentang sumber yang berarti ‘mata air’, atau bisa juga sumber yang bermakna ‘asal dari sesuatu’. Hal tersebut juga termasuk dalam kata kunci jenis ini

Untuk itu, Anda perlu menyertakan latent semantic keyword dalam konten yang disajikan untuk website.

Dengan menyertakan LSI keyword, Google akan lebih mudah memahami topik yang Anda bahas dalam konten tersebut.

Cara Kerja LSI Keyword

Secara sederhana, cara kerja dari kata kunci ini dapat digambarkan oleh proses berikut ini. 

  • User mengetikkan sebuah kata kunci tertentu
  • Search engine akan mencari apakah ada kata kunci relevan lain yang sesuai dengan yang diketikkan, atau mengidentifikasinya apakah keyword tersebut memiliki makna lain
  • Mesin pencarian akan menampilkan saran pencarian dan hasil berupa konten dengan kata kunci yang relevan
  • Atau, kata kunci tersebut akan dikelompokkan secara semantik. Misalnya sumber mata air dapat dikaitkan dengan hujan, sumur, sungai, atau air terjun. Sementara itu, sumber asal akan dikaitkan dengan dokumen, media, atau naskah

Pentingnya LSI Keyword Bagi SEO

Menyertakan beberapa keyword yang relevan dengan konten Anda akan membantu proses optimasi menggunakan teknik white hat SEO dari website tersebut.

Dengan itu, Anda dapat memaksimalkan teknik SEO untuk meningkatkan traffic website.

Beberapa manfaat dan peran penting dari LSI keyword terhadap proses SEO adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Relevansi dengan Keyword Lain

Kata kunci atau keyword tentu saja sangat berpengaruh terhadap optimasi konten menggunakan SEO.

Jika Anda melakukan riset keyword, maka ada banyak sekali frasa kata kunci yang dicari oleh user dalam sebuah topik.

Jika menggunakan kata kunci jenis ini, berarti Anda menyertakan banyak kemungkinan frasa keyword yang diketikkan oleh user.

Oleh karena itu, search engine akan menilai bahwa konten Anda paling relevan dengan apa yang mereka cari.

2. Mempermudah User Menemukan Konten

Dengan menyertakan LSI keyword pada konten, hal tersebut akan memungkinkan user untuk menemukan konten Anda meskipun mereka tidak mengetikkan main keyword yang digunakan dalam konten tersebut.

Hal tersebut tentu saja dapat memudahkan user untuk memperhatikan konten Anda dan berpotensi mengeklik website tersebut.

Secara tidak langsung, Google akan merekomendasikan konten Anda jika menggunakan kata kunci LSI yang relevan.

3. Berpotensi Meningkatkan Ranking

Jika Anda menggunakan latent semantic keyword, maka kemungkinan konten tersebut akan lebih sering tampil di Search Engine Result Page (SERP).

Dengan itu, website Anda akan lebih sering dikunjungi oleh user, sehingga traffic dan ranking website Anda berpotensi meningkat.

Cara Menemukan LSI Keyword

Jika Anda adalah seorang SEO specialist atau content writer, Anda perlu memperhatikan keyword ini untuk memaksimalkan optimasi konten.

Berikut adalah beberapa tempat yang dapat memungkinkan Anda menemukan jenis keyword ini.

1. Google Suggest

Google suggest atau autocomplete adalah sebuah fitur yang disediakan oleh Google untuk memberikan saran pencarian yang mungkin sesuai dengan keinginan pengguna.

Hal ini memungkinkan user untuk mendapatkan ide pencarian sesuai dengan kata kunci utama yang mereka cari.

Anda dapat menemukan kata kunci LSI dengan memanfaatkan saran pencarian dari Google. Dengan itu, konten Anda akan berpotensi muncul di SERP ketika user menggunakan saran pencarian tersebut.

2. Related Searches

Fitur ini biasanya terletak pada bagian bawah halaman hasil pencarian. Google related searches atau penelusuran terkait dapat memperkenalkan kata kunci lain kepada user yang masih relevan dengan topik yang mereka cari.

Penelusuran terkait tersebut termasuk dalam kata kunci LSI yang relevan dengan topik tertentu. Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan LSI keyword yang didapatkan dari Google related searches 

3. People Also Ask

People also ask atau orang lain juga bertanya juga merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh mesin pencarian Google.

Biasanya, fitur ini akan tersedia untuk kata keyword yang bersifat informasional. Setelah suatu keyword diketikkan, fitur ini akan muncul di SERP berupa frasa pertanyaan yang biasanya ditanyakan user.

4. Google Trends

Tools ini merupakan salah satu alat yang disediakan oleh Google untuk melakukan riset keyword sederhana secara gratis.

Ketika Anda mengetikkan sebuah kata kunci utama, Google Trends akan menyediakan topik dan kueri terkait yang dapat Anda sertakan pada konten website

5. Tools Lainnya

Selain beberapa fitur yang disediakan oleh Google, masih banyak cara lain untuk menemukan LSi keyword, salah satunya adalah dengan menggunakan tools riset kata kunci.

Beberapa tools tersebut seperti Semrush, Ubersuggest, Alexa, Ahrefs, dan lain sebagainya. 

Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci utama, lalu akan muncul related keyword lengkap beserta search volume dan tingkat kesulitannya.

Nah, itulah beberapa informasi tentang LSI keyword. Kata kunci jenis ini sangat penting untuk menunjang optimasi konten berdasarkan metode SEO.

Menggunakan kata kunci LSI akan memudahkan pengguna dalam menemukan konten Anda melalui frasa terkait yang relevan.

Selain itu, menyertakan LSI keyword juga merupakan salah satu metode optimasi yang direkomendasikan oleh Google. 

Dengan demikian, website Anda tidak akan terkena penalti dari algoritma Google yang membuat situs web tidak dapat terindeks.

Berbicara tentang metode optimasi yang sesuai dengan rekomendasi Google, Anda memang perlu menerapkannya untuk meningkatkan ranking dan traffic website.

Hal tersebut juga dapat berpotensi memunculkan website Anda di halaman pertama hasil pencarian.  

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup tentang teknik SEO, serahkan kepada Sekawan Studio!

Kami menyediakan jasa SEO dan optimasi website yang sesuai dengan Google guideline dan algoritma ter-update, sehingga lebih aman.

Tak perlu ragu, sudah banyak perusahaan yang mempercayakan urusan optimasi website brand-nya kepada kami.

Mulai 5 juta per bulan, website Anda akan berpotensi untuk naik peringkat di SERP. Tunggu apalagi? Hubungi tim marketing Sekawan Studio sekarang juga!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.