White Hat SEO: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penerapannya!

Dalam dunia SEO, terdapat berbagai macam teknik atau taktik yang dapat anda gunakan dalam melakukan optimasi artikel, seperti teknik white hat SEO, black hat SEO, dan gray hat SEO. Masing-masing taktik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
White-Hat-SEO
Daftar Isi

Saat ini, sudah banyak pelaku usaha yang menggunakan website dalam membangun personal branding. Nah, white hat SEO adalah salah satu teknik SEO yang dapat Anda gunakan untuk optimasi artikel website.

Selain itu, keberadaan website juga dimanfaatkan sebagai media pemasaran secara digital (digital marketing).

Anda mungkin bertanya-tanya apa itu teknik white hat SEO? Lalu, bagaimana cara menerapkannya? Anda tidak perlu khawatir karena jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab tuntas di dalam artikel ini.

Sekilas tentang SEO?

White Hat Seo 1
Sumber: Freepik

SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya dalam optimasi sebuah artikel yang bertujuan untuk meningkatkan ranking website dan menampilkannya di halaman hasil pencarian mesin pencari atau SERP (Search Engine Result Page).

Selain itu, SERP merupakan tampilan hasil pencarian setelah Anda menulis sebuah kata kunci pada mesin pencari, seperti Google, Yahoo, atau Bing.

Dengan menggunakan taktik optimasi SEO, maka artikel Anda dapat menempati peringkat pertama atau teratas di SERP.

Dalam sebuah perusahaan, biasanya terdapat orang yang khusus berkecimpung di dunia SEO. Orang yang bekerja di posisi tersebut disebut sebagai SEO Specialist.

Seorang spesialis SEO akan terus berupaya untuk meningkatkan peringkat artikel di mesin pencari dengan melakukan optimasi.

Di sisi lain, optimasi juga digunakan untuk meningkatkan traffic website. Dalam hal ini, optimasi harus dilakukan secara terus menerus karena Google terus melakukan update terhadap algoritmanya secara berkala.

Apabila tidak ada pembaruan, dikhawatirkan peringkat artikel tersebut akan menurun atau tidak terindeks lagi di SERP.

Apa itu White Hat SEO?

Teknik white hat SEO adalah istilah yang menggambarkan praktik pemasaran situs web pada SERP, misalnya Google, dengan menjaga integritas dan tidak menyalahi persyaratan dari mesin pencarian.

Bisa dikatakan bahwa white hat SEO merupakan teknik yang paling aman untuk Anda gunakan karena teknik ini diakui dan direkomendasikan langsung oleh Google.

Selain itu, dengan menggunakan teknik ini, Anda juga dapat mendapatkan trustworthiness atau kepercayaan dari Google, karena teknik white hat SEO menggunakan metode yang adil dan transparan dalam upaya meraih peringkat pertama di mesin pencari.

Manfaat White Hat SEO

Berikut adalah beberapa manfaat dari penerapan teknik white hat SEO untuk optimasi website.

1. Meningkatkan Ranking Website

Dengan menggunakan teknik white hat SEO, mesin pencari akan menganggap website Anda berkualitas, sehingga akan berpotensi untuk muncul di halaman pertama pencarian.

Hal tersebut disebabkan karena Anda menggunakan teknik yang sesuai dengan rekomendasi dari mesin pencari.

2. Terhindar Dari Penalti Mesin Pencari

Menggunakan teknik SEO yang tidak sesuai dengan aturan search engine tidak akan membuat peringkat website Anda meningkat, justru sebaliknya.

Hal tersebut disebabkan karena mesin pencari seperti Google memiliki algoritma yang dapat menyeleksi konten-konten dengan optimasi berlebihan untuk tidak direkomendasikan kepada user. Maka dari itu, penggunaan white hat SEO sangat penting untuk menghindari penalti tersebut.

3. Pengalaman Pengguna yang Baik

White hat SEO juga dapat menciptakan user experience yang baik. Sebab, teknik ini juga meliputi sajian konten yang berkualitas dan berguna bagi pembaca, kecepatan loading yang baik, dan navigasi yang mudah.

Contoh Teknik Penerapan White Hat SEO

Teknik White Hat Seo
Ilustrasi Penerapan Teknik White Hat SEO (Freepik)

Adapun cara-cara yang dapat Anda gunakan dalam menerapkan teknik ini, antara lain:

1. Analisis Situs Web Anda

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menganalisis performa situs web dan melihat apakah website tersebut telah menggunakan metode white hat SEO dengan optimal.

Dengan melakukan analisis, Anda bisa mengetahui optimasi apa saja yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya.

Selain itu, Anda juga perlu menganalisis traffic situs web, karena hal ini dapat memungkinkan untuk membandingkan hasil sebelum dan setelah menerapkan teknik white hat SEO.

2. Melakukan Riset Keyword

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan riset keyword. Kegiatan ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan tools riset keyword yang telah tersedia secara gratis dan mudah untuk digunakan.

Penggunaan keyword yang tepat dapat memberikan keuntungan bagi Anda karena website akan mendapatkan traffic yang tinggi.

3. Meta Tag

Selanjutnya, Anda dapat memaksimalkan meta tag. Anda harus benar-benar memperhatikan penggunaan bagian ini karena akan berpengaruh untuk bisa muncul di mesin pencari.

Meta tag dapat berupa meta title, meta description, dan meta keyword. Hal tersebut penting dilakukan karena meta tag akan merepresentasikan konten Anda kepada bot dari mesin pencari saat proses crawling.

4. Konten yang Berkualitas

Kemudian, Anda harus membuat konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas dapat membuat website Anda mendapatkan kepercayaan atau trustworthy dari Google.

Apabila website Anda mendapatkan kepercayaan yang tinggi, maka besar kemungkinan bahwa artikel yang diunggah di website tersebut akan menduduki peringkat pertama di SERP. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kepercayaan dari user.

5. Backlink yang Berkualitas

Gunakan backlink yang berkualitas dalam menerapkan teknik white SEO. Sebab, backlink akan berpengaruh bagi peringkat artikel website Anda di SERP.

Penggunaan backlink yang berkualitas menyebabkan website Anda mendapatkan kepercayaan dari Google.

Hal tersebut harus diperhatikan, karena backlink yang berkualitas mengindikasikan bahwa website Anda dapat dipercaya.

6. Kecepatan Website

Aspek yang terakhir adalah dengan memperhatikan kecepatan website. Langkah tersebut perlu Anda perhatikan karena hal ini berkaitan dengan user experience.

Apabila website Anda memiliki load time yang cukup lama, maka kemungkinan user akan merasa kurang nyaman karena harus menunggu selama beberapa saat ketika mengakses situs web tersebut.

Menurut Google, 53% user akan menginggalkan website apabila load time-nya lebih dari 3 detik. Oleh karena itu, memperhatikan terkait kecepatan website Anda adalah hal yang sangat penting.

7. Aktif di Platform Media Sosial

Mesin pencarian juga melihat halaman dan brand mana yang sering dibahas oleh pengguna media sosial. Aktif di media sosial dapat membantu mempromosikan merek anda, termasuk konten yang sudah dibuat di website.

Postingan media sosial juga seringkali muncul di bagian atas hasil pencarian. Mulailah dengan membangun jaringan media sosial, sehingga Anda dapat muncul, bahkan berada di peringkat pertama hasil pencarian.

White Hat SEO vs Black Hat SEO

Black hat SEO adalah strategi yang berlawanan dengan white hat. Teknik black hat digunakan untuk merujuk pada strategi SEO yang curang, atau tidak mengikuti aturan yang benar dari mesin pencari.

Melansir dari situs Diffen, berikut beberapa perbedaan antara White Hat SEO dengan Black Hat SEO.

AspekBlack Hat SEOWhite Hat SEO
DefinisiTeknik yang digunakan untuk mendapatkan peringkat pertama search engine dengan cara memanipulasi algoritma mesin pencarianTeknik yang mengacu pada praktik apa pun yang meningkatkan peringkat pencarian di halaman hasil mesin pencarian dengan tetap menjaga integritas situs web juga ketentuan layanan mesin pencarian
StatusTidak disetujui oleh mesin pencariDisetujui oleh mesin pencari
HasilSitus akan diblokir, tidak diindeks, atau mendapat hukuman melalui peringkat yang lebih rendahHasil bertahan lama
TeknikTeknik black hat SEO meliputi keyword stuffing, doorway atau cloaking page, link farming, hidden text, link, subpos, auto-redirect dan spam komentar blogTeknik white hat SEO meliputi keyword research, analisis, menulis ulang meta tag agar lebih relevan, peningkatan konten dan re-desain web

Dalam upaya optimasi website, terdapat berbagai macam teknik yang dapat Anda gunakan, seperti teknik white hat SEO dan black hat SEO.

Setiap jenis teknik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaan teknik white hat SEO sangat dianjurkan karena menggunakan cara organik dalam meningkatkan peringkat website.

Untuk itu, Anda harus memastikan untuk menggunakan teknik white hat SEO dalam optimasi website. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan performa website dengan meningkatkan peringkat dan traffic situs tersebut melalui search engine.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mempelajari teknik SEO yang tepat untuk optimasi website, Sekawan Studio menyediakan jasa SEO atau website optimization profesional yang akan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Anda tidak akan kesulitan menentukan strategi yang tepat, karena tim kami sudah berpengalaman dan memiliki kapabilitas tinggi untuk mengoptimalkan web dan meningkatkan visibilitas situs di halaman hasil pencarian.

Selain itu, kami juga dapat membantu Anda memproduksi konten berkualitas tinggi, memaksimalkan penggunaan keyword yang berpotensi mendatangkan target pasar, hingga audit halaman web agar dapat diakses dengan mudah kapanpun.

Apakah Anda berminat? Segera hubungi tim kami untuk penawaran terbaik!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.