SEO Specialist sebagai Karier Evergreen.

Dalam beberapa tahun terakhir, karier sebagai seorang SEO Specialist di Indonesia mulai naik daun karena banyak perusahaan yang mulai menyadari peran dari seorang SEO Specialist. Selain itu, karier ini juga digadang-gadang sebagai karier yang evergreen atau akan terus menerus dibutuhkan di dunia kerja. 
SEO Specialist
Table of Contents

Di era digital seperti saat ini, tentunya sudah banyak perusahaan yang menggunakan website sebagai media pemasaran ataupun bisnis. Berkaitan dengan hal ini, seorang SEO Specialist sangat berperan penting karena ia berkaitan dengan peringkat suatu website di mesin pencari. Hal ini tentunya dapat memengaruhi brand awareness dan performa sebuah perusahaan.

Mungkin anda tertarik untuk berkarier sebagai seorang SEO Specialist. Anda tidak perlu khawatir karena semuanya akan dibahas tuntas di dalam artikel ini.

Apa Itu SEO Specialist

Seo Specialist-1
© Freepik

SEO Specialist merupakan orang yang bertugas dalam mengoptimasi halaman di sebuah situs agar dapat tampil di halaman pertama atau menduduki peringkat pertama di mesin pencari. Dalam bidang ini, spesialis SEO harus mampu meningkatkan peringkat website suatu perusahaan di SERP (Search Engine Results Page).

Dalam upaya tersebut, spesialis SEO harus melakukan identifikasi strategi, teknik, dan taktik untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web dan mendapatkan penempatan peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari. Selain itu, ia juga harus melalukan riset keyword.

Riset keyword biasanya dilakukan dengan menggunakan tools riset keyword yang mudah dalam pemakaiannya (ease of use) dan gratis. Dengan menggunakan keyword yang tepat, seorang spesialis SEO dapat meningkatkan visibilitas dan traffic suatu website.

Mungkin anda penasaran apa saja skill atau kemampuan yang harus anda kuasai sebelum memulai karier di bidang ini? Simak selengkapnya!

Skill yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui apa itu SEO Specialist, kini saatnya anda mengetahui skill apa saja yang seharusnya kuasai sebelum berkarier di bidang ini. 

1. Optimasi On-Page

Pertama, optimasi on-page berhubungan dengan konten di situs web dan mengoptimalkan untuk membantu mesin pencari memahami topik konten anda. Hal ini juga mencakup penggunaan elemen seperti kata kunci, meta tag, internal link, dan tag judul HTML dengan tujuan untuk membantu meningkatkan traffic di mesin pencari.

2. Optimasi Off-Page

Selanjutnya yaitu optimasi off-page yang bertujuan untuk menciptakan hubungan yang lebih kuat antara situs web anda dan situs web lain dengan taktik link building. Pengoptimalan ini juga mencakup strategi untuk membangun reputasi situs web untuk menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs web anda adalah sumber yang tepercaya. Oleh karena itu, layak berada di bagian atas peringkat mesin pencari.

3. Berpikir Kritis

Seorang SEO Specialist dapat berkaitan dengan berbagai aspek dan memiliki peran yang cukup penting dalam suatu perusahaan. Kemampuan dalam berpikir kritis dapat membantu anda untuk menentukan tujuan spesifik seputar kampanye SEO yang akan anda lakukan.

4. Komunikasi dan Kolaborasi

Seperti yang telah anda ketahui sebelumnya bahwa spesialis SEO berkaitan dengan berbagai aspek. Oleh karena itu, ia akan bekerja sama dengan berbagai divisi di suatu perusahaan. Kemampuan komunikasi dan kolaborasi dapat membantu anda dalam hal ini karena skill ini dapat mempermudah anda dalam berkolaborasi dengan divisi lain. 

Biasanya, pakar SEO akan bekerja dengan berbagai divisi dalam dunia  bisnis, termasuk penjualan, layanan pelanggan, pengembangan web, analitik, TI, pemasaran, dan lainnya. Dalam hal ini, penyampaian penjelasan mengenai perubahan pada situs web yang akan menghasilkan lebih banyak traffic dan konversi tidaklah mudah. Oleh karena itu, keterampilan dalam komunikasi dan berkolaborasi anda berperan.

5. Rasa Ingin Tahu dan Adaptasi

Google sering melakukan update terhadap algoritmanya dalam upaya terus memperbaiki dan meningkatkan user experience. Oleh karena itu, pakar SEO perlu untuk terus menerus mengulik, mempelajari, dan mengimplementasikan  algoritma terbaru dari Google dalam website-nya. 

Dalam hal ini, seorang spesialis SEO tidak boleh mudah berpuas diri karena tugasnya yaitu terus meninjau konten untuk melihat apakah konten tersebut selaras dengan praktik terbaik SEO yang selalu mengalami perubahan dari Google.

Tugas SEO Specialist

Anda telah mengetahui kemampuan yang harus anda kuasai sebelum terjun ke bidang ini dan berikut adalah tugas-tugas dari seorang SEO Specialist, antara lain:

  • Melakukan optimasi halaman dalam mesin pencari
  • Memahami program dalam HTML, CSS, dan JavaScript dengan tujuan memastikan kemudahan akses untuk meningkatkan traffic
  • Membuat konten yang original di halaman web, berkualitas tinggi, dan sesuai dengan target audiens
  • Mengembangkan dan mengintegrasikan strategi pemasaran konten
  • Menerapkan konsep user experience (UX) dan metode optimasi tingkat konversi untuk mengubah pengunjung menjadi user yang lebih aktif
  • Membuat rekomendasi teknis untuk developer
  • Memeriksa istilah pencarian, peringkat, dan analitik untuk memantau kinerja situs web klien dan membuat rekomendasi untuk peningkatan
  • Mengembangkan strategi optimasi dengan tujuan meningkatkan peringkat website di mesin pencari
  • Mengubah arsitektur situs web, konten, tautan, dan faktor lainnya dalam upaya meningkatkan posisi website untuk kata kunci target
  • Memantau metrik harian dengan SEO tools untuk mengetahui kinerja strategi SEO
  • Memantau algoritma mesin pencari secara berkala

Gaji

Kali ini, saatnya anda mengetahui gaji seorang SEO Specialist. Dikutip dari laman glassdoor.com, rata-rata gaji SEO Specialist di New York, Amerika Serikat adalah sekitar $76,000 hingga $117,000 atau setara dengan Rp 1,1-1,7 M per tahunnya.

Untuk di Singapura, gaji pakar SEO ini berkisar antara $7,000 hingga $8,000 atau setara dengan Rp 83-85 juta per bulan. Di Indonesia sendiri, gaji di bdiang ini berkisar antara Rp 6-20 juta per bulan untuk DKI Jakarta. Besaran gaji bermacam-macam bergantung pada jenis perusahaannya.

Gaji seorang spesialis SEO memang cukup menggiurkan dan hal ini mungkin membuat anda semakin tertarik untuk berkarier di bidang ini. Hal tersebut tentu wajar mengingat work-load dan skill yang harus anda miliki. 

Pekerjaan yang Berkaitan dengan SEO Specialist

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, pakar SEO bekerja sama dengan berbagai macam divisi di perusahaan, antara lain:

1. Search Engine Marketer

Biasanya SEO dan SEM sering disatukan walaupun keduanya sangat berbeda. SEM cakupannya jauh lebih luas dan sebenarnya menggabungkan juga dengan SEO. SEM mengharuskan anda menguasai keterampilan termasuk Pay Per Click (PPC), periklanan, dan beberapa manajemen hubungan pelanggan. Dalam hal ini, menguasai riset kata kunci dan alat SEO seperti Google AdWords, Bing AdWords, dan Google Analytics adalah prasyarat.

2. Digital Marketing Manager

Digital marketing dan SEO secara intrinsik terikat. Pemasar digital biasanya menangani semua jenis pemasaran, termasuk SEO, SEM, PPC, dan media sosial. Pemasaran digital profesional bertugas membuat dan menjalankan strategi pemasaran, bekerja untuk meningkatkan SEO, mengelola konten, dan menggunakan media sosial untuk mengarahkan traffic, brand awareness, dan penjualan.

3. Email Marketing Specialist

Spesialis Pemasaran Email mengetahui cara membuat konten yang menarik untuk kampanye email yang akan menarik pelanggan. Email menjadi salah satu metode terkuat untuk menjangkau audiens target. Pemasaran email merupakan aktivitas yang menghasilkan prospek sehingga ini akan selalu menjadi bagian dari strategi pemasaran yang lebih besar.

4. Social Media Manager

Pekerjaan manajer medsos menyerukan pembuatan konten medsos yang menarik yang berfungsi di setiap platform media sosial untuk membuat percikan sebesar mungkin dengan audiens target perusahaan. Seperti pakar SEO, bagian dari tanggung jawab manajer medsos adalah mengarahkan traffic ke situs web perusahaan sembari berinteraksi langsung dengan konsumen dan user melalui akun medsos mereka.

5. Business Marketing Consultant

Anda harus dapat menunjukkan rekam jejak keberhasilan terkait SEO yang terbukti untuk memenuhi syarat sebagai Konsultan Pemasaran Bisnis karena posisi ini mengharuskan Anda untuk bekerja dengan klien. Dalam hal ini, anda harus mampu memberikan solusi bagi kebutuhan spesifik klien, merencanakan, membantu dalam mengimplementasikan SEO, mengukur efektivitas strategi pemasaran yang ada, dan memberikan strategi jangka panjang untuk menciptakan nilai bagi perusahaan.

Baca Juga:
Optimasi Anchor Text untuk Meningkatkan UX pada Website
Domain Authority: Tolak Ukur Penting Bagi Website
Captcha: Program Keamanan Sederhana Perlindungan Website dari Robot

Kesimpulan

Search Engine Optimization (SEO) Specialist merupakan orang yang bertugas dalam mengoptimalkan suatu website agar tampil di peringkat teratas mesin pencari. Terdapat pula berbagai skill yang harus anda kuasai. Selain itu, terdapat pula tugas-tugas, gaji, dan pekerjaan yang berkaitan dengan seorang spesialis SEO. 

Apabila anda ingin memulai karier di bidang ini, bersemangatlah karena tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha. Jangan pernah lelah untuk terus belajar! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sekawan Studio menyediakan jasa maintenance website untuk membantu dalam meningkatkan keamanan, perbaikan bug, dan optimasi traffic situs pada mesin pencarian Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.