SEO Specialist sebagai Karier Evergreen

Dalam beberapa tahun terakhir, karier sebagai seorang SEO Specialist di Indonesia mulai naik daun karena banyak perusahaan yang mulai menyadari peran dari seorang SEO Specialist. Selain itu, karier ini juga digadang-gadang sebagai karier yang evergreen atau akan terus menerus dibutuhkan di dunia kerja. 
SEO Specialist
Daftar Isi

Di era digital seperti saat ini, tentunya sudah banyak perusahaan yang menggunakan website sebagai media pemasaran ataupun bisnis. Berkaitan dengan hal ini, seorang SEO Specialist sangat berperan penting karena profesi ini berkaitan dengan peringkat suatu website di mesin pencarian. Hal ini tentunya dapat memengaruhi brand awareness dan performa sebuah perusahaan.

Jika anda masih belum mengerti tentang SEO Specialist, anda tidak perlu khawatir karena semuanya akan dibahas tuntas di dalam artikel ini!

Apa Itu SEO Specialist

Seo Specialist-1
© Freepik

SEO Specialist adalah orang yang bertugas dalam mengoptimasi halaman di sebuah situs agar dapat tampil di halaman pertama atau menduduki peringkat pertama di mesin pencarian. Dalam bidang ini, spesialis SEO harus mampu meningkatkan peringkat website suatu perusahaan pada SERP (Search Engine Results Page).

Dalam upaya tersebut, spesialis SEO harus melakukan identifikasi strategi, teknik, dan taktik untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web guna mencapai penempatan peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari. Selain itu, ia juga harus melalukan riset keyword.

Riset keyword biasanya dilakukan dengan menggunakan tools riset keyword yang mudah dalam pemakaiannya (ease of use) dan gratis. Dengan menggunakan keyword yang tepat, seorang spesialis SEO dapat meningkatkan visibilitas dan traffic suatu website.

Mungkin anda penasaran apa saja skill atau kemampuan yang harus anda kuasai sebelum memulai karier di bidang ini? Simak selengkapnya!

Skills yang Dibutuhkan SEO Specialist

Setelah mengetahui apa itu SEO Specialist, kini saatnya anda mengetahui skill apa saja yang seharusnya kuasai sebelum berkarir di bidang ini. Berikut uraiannya:

1. Optimasi On-Page

Pertama, optimasi on-page berhubungan dengan konten di situs web dan mengoptimalkan untuk membantu mesin pencari memahami topik konten anda. Hal ini juga mencakup penggunaan elemen seperti kata kunci, meta tag, internal link, dan tag judul HTML dengan tujuan untuk membantu meningkatkan traffic di mesin pencari.

2. Optimasi Off-Page

Selanjutnya yaitu optimasi off-page yang bertujuan untuk menciptakan hubungan yang lebih kuat antara situs web anda dan situs web lain dengan taktik link building. Pengoptimalan ini juga mencakup strategi untuk membangun reputasi situs web untuk menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs web anda adalah sumber yang tepercaya. Oleh karena itu, layak berada di bagian atas peringkat mesin pencari.

3. Berpikir Kritis

Seorang SEO Specialist dapat berkaitan dengan berbagai aspek dan memiliki peran yang cukup penting dalam suatu perusahaan. Kemampuan dalam berpikir kritis dapat membantu anda untuk menentukan tujuan spesifik seputar kampanye SEO yang akan anda lakukan.

4. Komunikasi dan Kolaborasi

Seperti yang telah anda ketahui sebelumnya bahwa bidang SEO berkaitan dengan berbagai aspek. Oleh karena itu, spesialis SEO akan bekerja sama dengan berbagai divisi di suatu perusahaan dalam peneyelesaian proyek website yang menggunakan SEO. Kemampuan komunikasi dan kolaborasi dapat membantu anda untuk mempermudah proses berkolaborasi dengan divisi lain dalam perusahaan. 

Biasanya, pakar SEO akan bekerja dengan berbagai divisi dalam dunia  bisnis, termasuk penjualan, layanan pelanggan, pengembangan web, analitik, TI, pemasaran, dan lainnya. Penyampaian penjelasan mengenai beberapa perubahan yang dibutuhkan pada situs web untuk menghasilkan lebih banyak traffic dan konversi tidaklah mudah. Oleh karena itu, keterampilan dalam komunikasi dan berkolaborasi sangat berperan penting.

5. Rasa Ingin Tahu dan Adaptasi

Google sering melakukan update terhadap algoritmanya dalam upaya terus memperbaiki dan meningkatkan user experience. Oleh karena itu, pakar SEO perlu untuk terus menerus mengulik, mempelajari, dan mengimplementasikan  algoritma terbaru dari Google dalam website-nya. 

Dengan ini, seorang spesialis SEO tidak boleh mudah berpuas diri dengan konten yang telah dioptimasi karena ia harus secara kontinu meninjau konten untuk melihat apakah konten tersebut selaras dengan praktik terbaik SEO yang selalu mengalami perubahan dari Google. Belum tentu konten yang awalnya menduduki perinkat pertama akan terus bertahan di posisi teratas, disinilah peran spesialis SEO sangat dibutuhkan.

Tugas SEO Specialist

Anda telah mengetahui kemampuan yang harus anda kuasai sebelum terjun ke bidang ini dan berikut adalah tugas-tugas dari seorang SEO Specialist, antara lain:

1. Riset Keyword

  • Melakukan keyword research dengan tools seperti Ahrefs untuk menentukan konten yang berpotensi mendapat rank tinggi pada SERP.
  • Membuat konten yang original di halaman web, berkualitas tinggi, dan sesuai dengan target audiens.
  • Memeriksa istilah pencarian, peringkat, dan analitik untuk memantau kinerja situs web klien dan membuat rekomendasi untuk peningkatan.

2. Optimasi Konten dengan Metode SEO

  • Mengembangkan strategi optimasi dengan tujuan meningkatkan peringkat website di mesin pencari.
  • Memahami program dalam HTML, CSS, dan JavaScript dengan tujuan memastikan kemudahan akses untuk meningkatkan traffic.
  • Membuat rekomendasi teknis untuk developer.
  • Menerapkan konsep user experience (UX) dan metode optimasi tingkat konversi untuk mengubah pengunjung menjadi user yang lebih aktif.
  • Mengubah arsitektur situs web, konten, tautan, dan faktor lainnya dalam upaya meningkatkan posisi website untuk kata kunci target.
  • Melakukan link building.

3. Analisis SEO

  • Memantau metrik harian dengan SEO tools, seperti Google Search Console, untuk mengetahui kinerja strategi SEO.
  • Memantau algoritma mesin pencari secara berkala.
  • Melakukan reporting kepada klien.

Jenjang Karir dan Gaji SEO Specialist

Dengan semakin berkembangnya dunia digital marketing, menjadi seorang spesialis SEO merupakan profesi yang menjanjikan untuk saat ini hingga ke depan. Berikut kami jabarkan gambaran umum tentang jenjang karir dan gajinya:

1. Junior SEO specialist

Ketika anda pertama kali terjun dalam dunia spesialis SEO, maka anda akan memulai karir dengan jabatan level junior. Yang mana pada posisi ini anda bertugas untuk melakukan keyword researh, optimasi konten baik on-page maupun off-page, dan link building.

2. SEO Executive

Setelah anda memiliki pengalaman yang cukup dan menguasai dasar-dasar dari SEO, maka level anda akan meningkat ke posisi SEO Executive. Posisi ini berfokus pada analisis kompetitor, mendalami tools analytics, dan membuat laporan performa website.

3. SEO Manager

Jenjang tertinggi dari karir sebagai spesialis SEO adalah SEO Manager. Pada posisi ini, spesialis SEO tidak terjun secara langsung dalam analisis keyword dan lain sebagainya. Namun tugasnya sudah pada level monitoring Junior SEO Specialist dan Content Writer.

Kali ini, saatnya anda mengetahui gaji seorang SEO Specialist. Dikutip dari laman glassdoor.com, rata-rata gaji SEO Specialist di New York, Amerika Serikat adalah sekitar $76,000 hingga $117,000 atau setara dengan Rp 1,1-1,7 M per tahunnya.

Untuk di Singapura, gaji pakar SEO ini berkisar antara $7,000 hingga $8,000 atau setara dengan Rp 83-85 juta per bulan.

Di Indonesia sendiri, gaji di bidang ini berkisar antara Rp 6-20 juta per bulan untuk DKI Jakarta. Besaran gaji bermacam-macam bergantung pada jenis perusahaannya.

Gaji seorang spesialis SEO memang cukup menggiurkan dan hal ini mungkin membuat anda semakin tertarik untuk berkarier di bidang ini. Hal tersebut tentu wajar mengingat work-load dan skill yang harus anda miliki. 

Pekerjaan yang Relevan dengan SEO Specialist

Berikut ini beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan SEO Spesialis :

1. Search Engine Marketer

Biasanya SEO dan SEM sering disatukan walaupun keduanya sangat berbeda. SEM cakupannya jauh lebih luas dan sebenarnya menggabungkan juga dengan SEO. SEM mengharuskan anda menguasai keterampilan termasuk Pay Per Click (PPC), periklanan, dan beberapa manajemen hubungan pelanggan. Dalam hal ini, menguasai riset kata kunci dan alat SEO seperti Google AdWords, Bing AdWords, dan Google Analytics adalah prasyarat.

2. Digital Marketing Manager

Digital marketing dan SEO secara intrinsik terikat. Pemasar digital biasanya menangani semua jenis pemasaran, termasuk SEO, SEM, PPC, dan media sosial. Pemasaran digital profesional bertugas membuat dan menjalankan strategi pemasaran, bekerja untuk meningkatkan SEO, mengelola konten, dan menggunakan media sosial untuk mengarahkan traffic, brand awareness, dan penjualan.

3. Email Marketing Specialist

Spesialis Pemasaran Email mengetahui cara membuat konten yang menarik untuk kampanye email yang akan menarik pelanggan. Email menjadi salah satu metode terkuat untuk menjangkau audiens target. Pemasaran email merupakan aktivitas yang menghasilkan prospek sehingga ini akan selalu menjadi bagian dari strategi pemasaran yang lebih besar.

4. Social Media Manager

Pekerjaan manajer medsos menyerukan pembuatan konten medsos yang menarik yang berfungsi di setiap platform media sosial untuk membuat percikan sebesar mungkin dengan audiens target perusahaan. Seperti pakar SEO, bagian dari tanggung jawab manajer medsos adalah mengarahkan traffic ke situs web perusahaan sembari berinteraksi langsung dengan konsumen dan user melalui akun medsos mereka.

5. Business Marketing Consultant

Anda harus dapat menunjukkan rekam jejak keberhasilan terkait SEO yang terbukti untuk memenuhi syarat sebagai Konsultan Pemasaran Bisnis karena posisi ini mengharuskan Anda untuk bekerja dengan klien. Dalam hal ini, anda harus mampu memberikan solusi bagi kebutuhan spesifik klien, merencanakan, membantu dalam mengimplementasikan SEO, mengukur efektivitas strategi pemasaran yang ada, dan memberikan strategi jangka panjang untuk menciptakan nilai bagi perusahaan.

Perusahaan yang Membutuhkan SEO Specialist

Perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan dan optimasi website, umumnya membutuhkan seorang SEO Specialist. SEO Specialist dalam perusahaan tersebut nantinya berupaya untuk meningkatkan visibilitas website sehingga traffic website tersebut bisa meningkat.

Selain itu, perusahaan-perusahaan yang memiliki website seperti e-commerce juga memiliki SEO Specialist untuk meningkatkan traffic web mereka, mengingat persaingan antar website saat ini sangatlah ketat.

Jika anda sudah memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun, anda dapat meningkatkan level karir anda menjadi seorang konsultan SEO.

Cara Menjadi SEO Specialist

Bagi anda yang ingin berkarir dalam bidang SEO, berikut cara-cara menjadi Spesialis SEO:

1. Mengasah Skills Dasar SEO

Untuk menjadi seorang SEO spesialis dibutuhkan beberapa keahlian dasar seperti yang sudah disebutkan di atas. Perlu diingat skill-skill yang telah dimiliki perlu diasah terus menerus. Anda bisa mendapatkan sekaligus melatih skill anda dalam bidang SEO dengan mengikuti kursus-kursus online yang ada. Saat ini, sudah banyak platform pembelajaran yang menawarkan materi SEO secara lengkap baik berbayar maupun gratis.

2. Membiasakan Diri dengan Data

Pekerjaan seorang Spesialis SEO tidak terlepas dari data. Data tersebut meliputi impresi serta jangkauan website. Membiasakan diri dengan data-data dapat mempermudah anda melakukan pekerjaan sebagai spesialis SEO.

3. Mengembangkan Ilmu SEO

Sama halnya dengan cabang ilmu lain, ilmu SEO terus berkembang dari waktu ke waktu. Mesin pencarian akan terus berkembang dan seorang SEO spesialis harus selalu up to date dengan perkembangan-perkembangan mesin pencarian.

4. Buatlah Portofolio

Dengan adanya portofolio, anda dapat menunjukan kompetensi SEO yang anda miliki. Portofolio ini akan mempermudah anda dalam melamar pekerjaan. Tim HR akan melihat apakah anda merupakan orang yang tepat untuk mendapatkan posisi dalam suatu perusahaan melalui portofolio yang anda miliki.

Baca Juga:
Optimasi Anchor Text untuk Meningkatkan UX pada Website
Domain Authority: Tolak Ukur Penting Bagi Website
Captcha: Program Keamanan Sederhana Perlindungan Website dari Robot

Kesimpulan

Search Engine Optimization (SEO) Specialist merupakan orang yang bertugas dalam mengoptimalkan suatu website agar tampil di peringkat teratas mesin pencari. Terdapat pula berbagai skill yang harus anda kuasai. Selain itu, terdapat pula tugas-tugas, gaji, dan pekerjaan yang berkaitan dengan seorang spesialis SEO. 

Apabila anda ingin memulai karier di bidang ini, bersemangatlah karena tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha. Jangan pernah lelah untuk terus belajar! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sekawan Studio menyediakan jasa maintenance website untuk membantu dalam meningkatkan keamanan, perbaikan bug, dan optimasi traffic situs pada mesin pencarian Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.