Apa itu Domain Authority? Ini Faktor & Cara Meningkatkannya!

Domain authority merupakan sebuah konsep gubahan Google. Bukan tanpa alasan Google menggagaskan konsep ini, tujuannya adalah untuk memberikan lebih banyak authority bagi domain.
Daftar Isi

Domain authority adalah istilah yang sering kita dengar dalam dunia digital, terutama di ranah Search Engine Optimization (SEO).

Dikembangkan oleh perusahaan analisis web terkemuka, Moz, domain authority telah menjadi parameter penting bagi pemilik website dan pemasar digital untuk mengukur keberhasilan dan otoritas online mereka.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui secara lengkap terkait pengertian domain authority beserta faktor yang memengaruhi dan cara meningkatkan skornya. Oleh karena itu, mari kita berkenalan lebih dekat dengan domain authority!

Apa itu Domain Authority?

Domain Authority (DA) adalah suatu metrik atau skor yang digagaskan oleh Moz. Skor ini berfungsi untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan untuk web mendapatkan peringkat pada mesin pencari.

Domain Authority In Moz
Contoh domain authority pada Moz | Sumber: Moz.com

Moz menggagaskan metrik ini untuk dapat membantu pelaku bisnis mencari tahu tentang kemungkinan di mana web mereka akan berada pada suatu mesin pencari.

Cara kerjanya adalah dengan menyediakan perkiraan dari kemungkinan peringkat sebuah situs melalui beberapa saluran termasuk akar domain serta jumlah total tautan.

Perkiraan itu diolah menjadi skor dari domain authority. Fungsi skor tersebut adalah untuk membandingkan web atau melacak kekuatan peringkat web dari waktu ke waktu.

Lalu, apa itu domain authority? Domain authority merupakan sebuah konsep gubahan Google. Tujuannya adalah untuk memberikan lebih banyak authority bagi domain.

Dalam mencapai hal itu, Anda dapat melakukan upaya-upaya seperti melakukan publikasi konten menarik serta melibatkan tautan berkualitas tinggi.

Meskipun pertama kali digagas oleh Moz, tetapi banyak tools lain, seperti Semrush dan Ahrefs, yang juga menyediakan parameter DA.

Domain Authority Score Of Google In Semrush
Contoh domain authority di Semrush | Sumber: Semrush.com

Konsep ini bukan sebuah faktor dari ranking atau peringkat suatu page.

Dapat dikatakan pula bahwa mesin pencari seperti Google tidak menggunakannya untuk menentukan seberapa tinggi kemungkinan suatu web muncul pada hasil pencarian.

Akan tetapi, domain authority tetap merupakan sebuah konsep penting. Meskipun tidak secara langsung memengaruhi peringkat web, metrik ini sebenarnya berperan sebagai parameter yang memungkinkan penilaian dan perbandingan kinerja antara suatu web dengan pesaingnya.

Dengan kata lain, domain authority mencerminkan sejauh mana kekuatan web Anda jika dibandingkan dengan situs-situs pesaing.

Oleh karena itu, penting untuk diakui bahwa domain authority memiliki relevansi dan manfaat signifikan dalam konteks optimasi mesin pencari (SEO).

Skor Ideal Domain Authority

Umumnya, kisaran skor untuk domain authority adalah 1 sampai dengan 100. Ketika Anda memiliki domain dengan skor authority lebih besar, kemungkinan besar Anda akan melihat peringkat traffic situs web dan peringkat SERP.

Ketika Anda meluncurkan sebuah web baru, domain authority dari domain tersebut adalah 1. Berdasarkan penjabaran dari Moz, situs dengan banyak tautan eksternal biasanya memiliki domain author dengan skor tinggi, sedangkan web dengan jumlah tautan yang sedikit umumnya memiliki skor yang lebih rendah.

Faktor yang Memengaruhi Domain Authority

Moz menyebutkan bahwa ada 40 faktor yang dapat mempengaruhi skor dari authority, beberapa di antaranya adalah domain root, inbound links, dan lain sebagainya.

Inbound links merupakan faktor yang memegang pengaruh sangat penting dalam memberi pengaruh pada skor.

Meskipun Moz tidak secara terbuka mengungkapkan formula pasti yang digunakan untuk menghitung domain authority, beberapa faktor lain yang kemungkinan besar memengaruhi skor domain authority adalah sebagai berikut:

1. Jangka Waktu Domain

Pada dasarnya, semakin lama domain sebuah situs aktif, maka semakin banyak aktivitas yang terjadi di dalamnya.

Fenomena ini secara positif memengaruhi nilai otoritas domain. Dengan kata lain, jumlah aktivitas yang tercatat pada domain dapat mencerminkan konsistensi pemiliknya dalam mengelola website.

2. Volume Konten

Selain membuat konten yang menarik dan berkualitas, kuantitas konten dalam suatu situs juga memiliki peran penting dalam menilai seberapa baik otoritas domain tersebut.

Selain dari aspek kualitasnya, jumlah konten dalam situs juga memiliki dampak signifikan terhadap jumlah traffic dan jumlah pengunjung setia website tersebut.

3. Daya Tarik Domain

Upaya untuk menilai popularitas suatu situs adalah melalui jumlah tautan masuk atau inbound link berkualitas yang mengarah ke situs tersebut.

Perlu Anda ingat, bahwa hanya tautan masuklah yang dianggap berkualitas oleh mesin pencari yang dapat memengaruhi peringkat domain authority.

Untuk mencapainya, Anda dapat memberikan komentar di situs lain atau mempromosikan domain situs melalui blog, forum, atau komunitas.

Cara Meningkatkan Skor Domain Authority

Pada dasarnya, tidak ada nilai pasti yang dapat menentukan skor dari domain authority. Jika ingin meningkatkan skor domain authority pada situs Anda, berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkannya:

1. Audit Profil Tautan

Sebuah profil tautan merupakan daftar dari seluruh tautan di balik web Anda. Untuk meningkatkan skor, Google lebih suka jika Anda menyertakan tautan dari web dengan authority tinggi.

Anda harus selalu memastikan bahwa tautan yang disertakan pada web dapat dipercaya serta terjamin keaslian informasinya. Janganlah memasukkan tautan negatif yang berisi spam.

2. Buat Konten Menarik

Metrik keterlibatan seperti bounce rate atau lalu lintas organik dapat membuat perbedaan besar pada skor Anda.

Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan skor, buatlah konten berkualitas guna menarik banyak audiens pada situs Anda agar menjaga mereka agar menjadi pengunjung tetap.

Pikirkan dengan matang tentang pembuatan konten, mulai membuat konten dengan target audiens yang diinginkan.

Tulis sebuah konten yang memiliki struktur baik dan ramah, dengan judul yang unik agar terlihat menarik. Anda juga dapat mengolah kembali konten lama, perbarui data serta sudut pandang pada konten yang sudah ada.

3. Dapatkan Backlink dengan Kualitas Tinggi

Melakukan langkah ini merupakan sebuah bagian esensial dari meningkatkan skor authority. Metode ini melibatkan penilaian konten pesaing dan memastikan bahwa konten Anda lebih baik.

Dengan begitu, ada kemungkinan besar untuk mendapatkan backlink yang lebih berharga. Pastikan juga backlink memuat informasi yang relevan dengan konten Anda.

Sam Martin-Ross, dalam Digital Uncut, menyebutkan bahwa satu backlink dari sumber dengan tingkat relevansi tinggi akan bernilai lebih tinggi daripada sepuluh backlink dari sumber tidak relevan.

Cara Mengintegrasikan Domain Authority dengan SEO

Setelah Anda mendapatkan skor dari domain authority serta beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, ada langkah lanjutan yang bisa Anda lakukan.

Yang pertama adalah backlink. Sama seperti langkah dalam meningkatkan skor authority sebelumnya, backlink juga merupakan salah satu faktor yang harus menjadi perhatian saat ingin mengintegrasikan authority pada proses SEO.

Jika Anda memiliki spesialisasi dalam sesuatu hal unik atau menawarkan opsi baru pada suatu produk maupun layanan, hal itu bisa menjadi awalan baik. Teruslah berusaha untuk memberikan informasi lebih baik tentang niche Anda.

Selanjutnya, Anda dapat berkolaborasi dengan beberapa usaha kecil di mana Anda dapat menjalin kemitraan yang menguntungkan.

Jangkau beberapa perusahaan yang juga sudah menjalin hubungan dengan Anda. Lihat dan telaah apakah ada cara agar Anda dapat saling mendukung satu sama lain.

Selain itu, saling bertukar testimonial juga termasuk dalam satu dari banyak strategi yang dapat Anda terapkan.

Itulah dia penjelasan lengkap terkait apa itu domain authority serta faktor pengaruh dan cara meningkatkan skor DA.

Meningkatkan skor domain authority dapat membuat website Anda berada di urutan paling atas pada search engine. Selain itu, peringkat yang tinggi dapat menumbuhkan brand awareness untuk bisnis Anda.

Mempunyai otoritas domain tidak hanya menumbuhkan brand awareness, tapi bisa meningkatkan traffic visitor yang nantinya akan membuat bisnis Anda sukses.

Jika Anda ingin meningkatkan traffic visitor melalui website yang SEO friendly, Sekawan Studio menawarkan layanan jasa pembuatan website profesional yang dikerjakan oleh tenaga ahli berpengalaman.

Melalui desain eksklusif dan SEO, kami bisa membuat usaha Anda dijangkau oleh pasar yang lebih besar lagi. Kunjungi website Sekawan Studio sekarang juga untuk mendapat informasi selengkapnya!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.