Apa itu Captcha? Ini Fungsi & Cara Memasangnya pada Website

Captcha merupakan jenis program keamanan untuk melindungi website dari robot (bots) melalui rumusan penilaian tes pendek yang hanya bisa dilalui oleh manusia.
ilustrasi captcha
Daftar Isi

Ketika sedang mengunjungi sebuah website, pernahkah Anda mendapatkan pop up untuk melakukan verifikasi serta melakukan task pendek dalam box dengan pernyataan “I am not a robot”?

Fenomena yang yang sering Anda temui seperti di atas tersebut, merupakan penerapan dari penggunaan captcha. Hal ini merupakan prosedur paling sederhana yang telah disediakan oleh Google untuk menjadi pengamanan website

Lantas, apa itu captcha? Apa saja fungsi, jenis, dan cara kerjanya? Untuk menjawab pertanyaan diatas mari simak artikel di bawah ini. 

Apa itu Captcha?

Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing Test to tell Computers and Humans Apart.

Ini merupakan jenis program keamanan untuk melindungi website dari robot (bots) melalui rumusan penilaian tes pendek yang hanya bisa dilalui oleh manusia.

Singkatnya, captcha adalah jenis pengukuran keamanan yang menggunakan challenge-response authentication.

Penggunaan kode program keamanan dapat membantu melindungi pengguna internet dari spam dan pembajakan kata sandi. 

Cara kerja program keamanan ini secara sederhana dapat dideskripsikan sebagai rangkaian tes pendek berupa kode-kode yang tidak bisa dipecahkan oleh robot atau program komputer.

Kode program keamanan hanya bisa dipecahkan oleh manusia. Contohnya, hanya manusia yang bisa mengidentifikasi kode huruf yang terdistorsi.

Selain itu, hanya manusia juga yang bisa memecahkan kode untuk melakukan pemilihan gambar sesuai dengan pernyataan yang diperintahkan program keamanan.

Fungsi Captcha

Captcha sendiri memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

1. Mencegah Komentar Spam

Sekarang ini komentar-komentar spam seringkali kita temui pada suatu situs. Di mana hal tersebut mengganggu kita selaku pengunjung situs ketika akan mencari informasi.

Di sinilah peran program keamanan diperlukan untuk mencegah komentar spam pada website. Google sendiri menganggap bahwa komentar spam merupakan suatu masalah.

Jadi, ketika situs Anda terdapat banyak komentar spam, maka ada kemungkinan situs Anda dihapus dari mesin pencarian.

2. Menghindari Pendaftaran Akun Palsu

Ketika website Anda tidak memiliki sistem keamanan yang kuat, maka rentan akan pencurian data. Dengan menambahkan program keamanan, maka akan mencegah akun palsu yang akan melakukan peretasan data pada situs Anda.

3. Mengamankan Transaksi Online

Scamming menjadi satu masalah yang sangat perlu untuk diatasi segera karena telah menimbulkan banyak kerugian baik dari sisi pemilik situs ataupun pengguna.

Captcha berperan dalam memastikan bahwasannya yang melakukan transaksi adalah orang bukan robot ataupun scammer.

4. Melindungi Alamat E-mail dari Scraper

Program keamanan berfungsi melindungi alamat e-mail dari hacker atau scraper yang berusaha mencuri data Anda.

Program Keamanan ini menjaga informasi Anda agar tetap terjaga dan menawarkan perlindungan dari spam.

Manfaat Penerapan Captcha

Seperti yang telah dijabarkan diatas program keamanan bermanfaat dalam menghindarkan pengguna dari ancaman spam dan pembajakan kata sandi.

Selain itu, berikut penjelasan detail terkait berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan program keamanan:

1. Mencegah Spam

Spam merupakan aktivitas yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna dalam berinternet. Salah satu contoh spam yang dominan dilakukan pada website adalah spam komentar pada blog artikel.

Dengan menggunakan program keamanan, ketika hendak mengirimkan komentar, maka segala upaya spam dari robot dapat segera teratasi.

Selain itu, dengan program keamanan, hanya manusia yang bisa mengirimkan komentar tanpa harus mewajibkan pengguna untuk melakukan log in akun.

2. Penyaringan Registrasi Website

Manfaat berikutnya dari penggunaan program keamanan adalah penyaringan registrasi website. Dalam sebuah layanan gratis yang disediakan oleh berbagai penyedia jasa pada website, sering kali mendapatkan ancaman dari bot.

Ancaman tersebut berupa upaya log in atau registrasi dalam banyak percobaan (attempts). Umumnya robot dapat melakukan percobaan registrasi sampai ratusan ribu kali.

Hal ini tentu dapat merepotkan server, dan mungkin dapat mengakibatkan error pada website. Oleh karena itu, program keamanan digunakan untuk melakukan penyaringan registrasi pada website.

Dengan program keamanan, hanya satu individu manusia yang dapat melakukan registrasi pada website. Selain itu program keamanan dalam juga dapat berperan dalam menyaring upaya penggunaan pengisian registrasi yang telah diprogram dengan automated scripts. 

3. Menghindari Upaya Phising

Manfaat penting berikutnya dalam penggunaan captcha adalah ia dapat menghindarkan pengguna e-mail dari upaya phising. Upaya phishing sering kali terjadi pada e-mail. Tindak aktivitas yang menyerang e-mail sebagai sasaran utamanya, dikenal dengan istilah e-mail phising.

Dengan menerapkan program keamanan pada verifikasi pengiriman e-mail atau pesan pada kontak website, maka sebuah akun kontak website dapat memastikan e-mail tersebut tidak dikirimkan oleh robot, melainkan dikirim oleh manusia. 

Jenis-Jenis Captcha

Sesuai dengan perkembangan kegunaanya, program keamanan telah berkembang. Berikut macam jenis-jenis program keamanan yang ada dan telah banyak digunakan:

1. Berbasis Teks

Recaptcha Berbasis Text
Captcha Teks | Sumber: Okta.com

Program keamanan jenis ini merupakan pengkombinasian kode berbasis huruf dan angka. Captcha berbasis teks merupakan contoh dari program keamanan tradisional.

Umumnya, captcha berbasis teks ini menggunakan kata, frasa, ataupun kombinasi acak digit angka dan huruf.

Selain itu, beberapa program keamanan berbasis teks juga menyertakan variasi karakter huruf kapital untuk mempersulit bot dalam memecahkan kode tersebut. 

2. Berbasis Gambar

Recaptcha Berbasis Gambar
Captcha Gambar | Sumber: Addons.mozilla.org

Program keamanan jenis ini merupakan pengembangan tingkat baru dari captcha berbasis teks. Program keamanan berbasis gambar menggunakan elemen grafis berbasis gambar atau foto yang biasa dikenali.

Seperti contohnya, gambar binatang, kendaraan, bentuk, tempat publik, sampai gambar adegan. Pada umumnya, program keamanan berbasis gambar mengharuskan pengguna untuk memilih serta mengidentifikasi gambar yang cocok dengan tema atau pernyataan yang telah disebutkan.

3. Berbasis Audio

Captcha Berbasis Audio
Captcha Audio | Sumber: Arstechnica.com

Captcha berbasis audio merupakan solusi sebagai alternatif program keamanan yang memberikan aksesibilitas kepada pengguna yang terganggu secara visual.

Tidak semua pengguna internet memiliki kemampuan untuk melihat, oleh sebab itu program keamanan berbasis audio dibuat.

Program keamanan berbasis audio menghadirkan rekaman audio dari rangkaian kombinasi huruf dan angka yang terpampang dalam program keamanan berbasis gambar dan teks. 

4. Matematika

Captcha Perhitungan Matemarika
Captcha Matematika | Sumber: Drupal.org

Captcha matematika merupakan jenis program keamanan berikutnya. Program keamanan jenis menggunakan pertanyaan matematika sederhana sebagai indikator verifikasi akses untuk manusia.

Pada umumnya pertanyaan matematika sederhana yang ditampilkan berupa penjumlahan atau pengurangan seperti “3+4” atau “18-3”.

Dengan program keamanan matematika, robot akan kesulitan untuk mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan tersebut.

Cara Kerja Captcha

Sistem kerja captcha didasari pada memberikan informasi kepada pengguna untuk kemudian dapat di interpretasi.

Di mana aktivitas interpretasi tersebut hanya bisa dilakukan oleh manusia. Kecanggihan robot tidak punya kemampuan untuk menginterpretasi sebuah perintah atau informasi.

Umumnya, program keamanan tradisional memberikan kode program keamanan berupa kombinasi huruf dan angka terdistorsi atau tumpang tindih yang harus ditafsirkan dan dikirimkan oleh pengguna melalui bidang formulir.

Kode kombinasi huruf dan angka yang terdistorsi tersebut dapat mempersulit bot sekaligus berbagai pemrograman komputer untuk melakukan akses pada website dan e-mail.

Penerapan program keamanan mengandalkan kemampuan manusia untuk menggeneralisasi dan mengenali pola baru berdasarkan pengalaman masa lalu manusia yang bervariasi.

Hal ini berbanding sebaliknya dengan robot, di mana ia hanya diprogram untuk mengikuti pola atau kode yang telah ditetapkan.

Keterbatasan ini membuat robot tidak memiliki kapabilitas untuk memecahkan kombinasi pola baru dengan tepat. 

Namun, sejak program keamanan pertama kali dikenalkan, saat ini berbagai macam robot machine learning telah dikembangkan untuk dapat memecahkan kode captcha tradisional.

Captcha tradisional pada awalnya yang hanya berbentuk box checklist dengan keterangan “I am not a robot” telah bisa dipecahkan oleh robot machine learning.

Dengan adanya pengembangan ini, metode kerja kode captcha kemudian diperbarui berdasarkan pengujian yang lebih kompleks.

Versi program keamanan terbaru inilah yang kemudian dikenal dengan reCAPTCHA. Dengan reCAPTCHA, pengguna diwajibkan untuk menyelesaikan task berupa klik pada gambar tertentu sampai menunggu perhitungan waktu. 

Cara Memasang Captcha di Website

Untuk memasangnya pada WordPress, Anda perlu untuk membuat Captcha Google untuk mendapatkan Site Key dan Secret Key. Kemudian, tambahakan kedua item tersebut pada WordPress.

1. Membuat Captcha Google

  • Masuk ke akun Google Anda.
  • Kunjungi laman Google reCaptcha dan klik admin console.
  • Untuk mendapatkan Site Key dan Secret Key Anda perlu mengisi form pada menu register a new site (meliputi label, reCaptcha Type, domains, owners, terms of service, dan alerts), kemudian klik tombol submit.
  • Setelah Anda men-submit form tersebut, Anda akan mendapatkan dua kunci utama yaitu Site Key dan Secret Key.
  • Selanjutnya Anda harus menyalin dua kunci tersebut dengan Google reCaptcha di WordPress.

2. Memasang Captcha Google di WordPress

  • Masuk dan Buka Dashboard WordPress.
  • Pasang Plugin reCaptcha by BestWebSoft.
  • Buka menu Plugins, kemudian klik Installed Plugins.
  • Cari reCaptcha by BestWebSoft, lalu klik Settings.
  • Pilih versi reCaptcha, kemudian masukkan Site Key dan Secret Key.
  • Kemudian pilih form yang akan ditambahkan reCaptcha.
  • Aturlah tampilan dan visibilitas captcha.
  • Website Anda telah aman dari spam.

Kekurangan Penggunaan Captcha

Dari beberapa kelebihan dan manfaat program keamanan yang telah disebutkan diatas, ternyata program keamanan juga memiliki kekurangan, yaitu:

1. Membuat UX Terlihat Buruk

Hal utama yang menjadi kekurangan captcha adalah rusaknya atau berkurangnya user experience yang didapatkan oleh pengguna.

Kode program keamanan dapat mengganggu dan merusak flow (aliran) user experience. Hal ini secara tidak langsung dapat memberikan pandangan negatif dari pengalaman mereka mengakses sebuah website

2. Mengganggu Kenyamanan Pengunjung Website

Efek utama dari User Experience (UX) yang buruk dapat membuat pengguna website merasa tidak nyaman.

Konsekuensi terburuk dari rasa ketidaknyaman tersebut adalah pengguna dapat meninggalkan website yang mereka kunjungi.

Hal ini dapat meningkatkan bounce rate sebuah website. Ketika bounce rate meningkat, maka peringkat sebuah website dalam mesin pencarian dapat menurun. 

Itulah dia penjelasan lengkap terkait apa itu captcha serta fungsi dan cara memasangnya pada website Anda.

Dalam era modern, website memegang peranan penting dalam berbagai aspek kegiatan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, website digunakan sebagai penyedia informasi, penyedia berita, penghubung koneksi, sampai penghantar jasa dan produk bagi manusia luas.

Namun, dalam penggunaanya website memiliki berbagai ancaman tak terlihat yang dapat mempengaruhi kenyamanan aktivitas komunikasi antara pengguna dan provider website.

Mulai dari spam, phising, link virus, berbagai macam bahaya internet banyak kali disisipkan oleh pihak tak bertanggung jawab melalui website dengan keamanan yang rentan.

Oleh sebab itu, berbagai macam produk dan tindak upaya Google untuk menyediakan pengaman bagi website telah banyak dikembangkan.

Sebagai upaya melindungi keamanan website dan pengguna website dari upaya gangguan spam dan phising, program keamanan adalah solusi terbaik yang sederhana dalam memberikan kemudahan akses bagi pengguna.

Tidak dapat dipungkiri berkembangnya teknologi robot dengan kemampuan machine learning memang dapat membahayakan aktivitas pengguna internet dalam berinternet. Dengan adanya cyber threat inilah, program keamanan ditemukan dan dikembangkan. 

Jika Anda menginginkan website yang aman untuk keperluan bisnis, Sekawan Studio menyediakan jasa maintenance website untuk membantu mengoptimalkan performa website Anda.

Kami siap untuk melindungi web Anda dari berbagai aktivitas yang dapat mengancam keamanan dan kesehatan website.

Jangan khawatir, Anda memiliki berbagai opsi paket yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Kunjungi website Sekawan Studio untuk mendapatkan layanan terbaik oleh tenaga ahli profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.