Captcha: Program Keamanan Sederhana Perlindungan Website dari Robot.

Captcha merupakan jenis program keamanan untuk melindungi website dari robot (bots) melalui rumusan penilaian tes pendek yang hanya bisa dilalui oleh manusia.
captcha
Table of Contents

Ketika anda mengunjungi sebuah website? Pernahkah anda mendapatkan pop up untuk melakukan verifikasi serta melakukan task pendek dalam box dengan pernyataan “I’m not robot”? Fenomena yang yang sering anda temui seperti diatas tersebut, merupakan penerapan dari penggunaan Captcha. Hal ini merupakan prosedur paling sederhana yang telah disediakan oleh Google untuk menjadi pengamanan website. 

Lantas apa itu captcha? Apa saja fungsi dan jenis-jenis captcha? Serta bagaimana cara kerja captcha? Untuk menjawab pertanyaan diatas mari baca seksama artikel dibawah ini. 

Apa Itu Captcha?

Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing Test to tell Computers and Humans Apart. Captcha merupakan jenis program keamanan untuk melindungi website dari robot (bots) melalui rumusan penilaian tes pendek yang hanya bisa dilalui oleh manusia. Captcha adalah jenis pengukuran keamanan yang menggunakan challenge-response authentication. Penggunaan kode captcha dapat membantu melindungi pengguna internet dari spam dan pembajakan kata sandi. 

Cara kerja captcha secara sederhana dapat dideskripsikan sebagai rangkaian tes pendek berupa kode-kode yang tidak bisa dipecahkan oleh robot atau program komputer. Kode captcha hanya bisa dipecahkan oleh manusia. Seperti contohnya, hanya manusia yang bisa mengidentifikasi kode huruf yang terdistorsi. Selain itu, hanya manusia juga yang bisa memecahkan kode untuk melakukan pemilihan gambar sesuai dengan pernyataan yang diperintahkan capcha.

“The term CAPTCHA (for Completely Automated Public Turing Test To Tell Computers and Humans Apart) was coined in 2000 by Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas Hopper and John Langford of Carnegie Mellon University.”

-Chaptcha.net

Cara Kerja Captcha

Mengulas lebih lanjut bagaimana cara kerja captcha. Sistem cara kerja capcha didasari pada memberikan informasi kepada pengguna untuk kemudian dapat di interpretasi. Dimana aktivitas interpretasi tersebut hanya bisa dilakukan oleh manusia. Kecanggihan robot tidak punya kemampuan untuk menginterpretasi sebuah perintah atau informasi. Umumnya, Capcha tradisional memberikan kode captcha berupa kombinasi huruf dan angka terdistorsi atau tumpang tindih yang harus ditafsirkan dan dikirimkan oleh pengguna melalui bidang formulir. Kode kombinasi huruf dan angka yang terdistorsi tersebut dapat mempersulit bot sekaligus berbagai pemrograman komputer untuk melakukan akses pada website dan email.

Penerapan Capcha mengandalkan kemampuan manusia untuk menggeneralisasi dan mengenali pola baru berdasarkan pengalaman masa lalu manusia yang bervariasi. Hal ini berbanding sebaliknya dengan robot, dimana ia hanya diprogram untuk mengikuti pola atau kode yang telah ditetapkan. Keterbatasan ini membuat robot tidak memiliki kapabilitas untuk memecahkan kombinasi pola baru dengan tepat. 

Namun, sejak capcha pertama kali dikenalkan, saat ini berbagai macam robot machine learning telah dikembangkan untuk dapat memecahkan kode captcha tradisional. Captcha tradisional pada awalnya yang hanya berbentuk box checklist dengan keterangan “I’am not robot” telah bisa dipecahkan oleh robot machine learning. Karena pengembangan ini, metode kerja kode captcha kemudian diperbarui berdasarkan pengujian yang lebih kompleks. Versi Capcha terbaru inilah yang kemudian dikenal dengan reCAPTCHA. Dengan reCAPTCHA, pengguna diwajibkan untuk menyelesaikan task berupa klik pada gambar tertentu sampai menunggu perhitungan waktu. 

“Advanced bots are able to use machine learning to identify these distorted letters, so these kinds of CAPTCHA tests are being replaced with more complex tests. Google reCAPTCHA has developed a number of other tests to sort out human users from bots.”

-Cloudflare.com

Jenis-Jenis Captcha

Sesuai dengan perkembangan kegunaanya, capcha telah berkembang. Berikut macam jenis-jenis capcha yang ada dan telah banyak digunakan:

1. Kode Captcha Berbasis Teks

Capcha jenis ini merupakan pengkombinasian kode berbasis huruf dan angka. Captha berbasis teks merupakan contoh dari capcha tradisional. Umumnya, Captcha berbasis teks ini menggunakan kata, frasa, ataupun kombinasi acak digit angka dan huruf. Selain itu, beberapa Capcha berbasis teks juga menyertakan variasi karakter huruf kapital untuk mempersulit bot dalam memecahkan kode tersebut. 

2. Kode Captcha Berbasis Gambar

Capcha jenis ini merupakan pengembangan tingkat baru dari captcha berbasis teks. Captcha berbasis gambar menggunakan elemen grafis berbasis gambar atau foto yang biasa dikenali. Seperti contohnya, gambar binatang, kendaraan, bentuk, tempat publik, sampai gambar adegan. Pada umumnya, capcha berbasis gambar mengharuskan pengguna untuk memilih serta mengidentifikasi gambar yang cocok dengan tema atau pernyataan yang telah disebutkan.

3. Kode Captcha Berbasis Audio

Captcha berbasis audio merupakan solusi sebagai alternatif capcha yang memberikan aksesibilitas kepada pengguna yang terganggu secara visual. Tidak semua pengguna internet memiliki kemampuan untuk melihat, oleh sebab itu capcha berbasis audio dibuat. Captcha berbasis audio menghadirkan rekaman audio dari rangkaian kombinasi huruf dan angka yang terpampang dalam capcha berbasis gambar dan teks. 

4. Kode Captcha Matematika

Captcha matematika merupakan jenis capcha berikutnya. Capcha jenis menggunakan pertanyaan matematika sederhana sebagai indikator verifikasi akses untuk manusia. Pada umumnya pertanyaan matematika sederhana yang ditampilkan berupa penjumlahan atau pengurangan seperti “3+4” atau “18-3”. Dengan captcha matematika robot akan kesulitan untuk mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan tersebut.

Baca Juga :
Mengenal Bahaya Phising: Ancaman Kebocoran Data Digital
Pemanfaatan SSL untuk Optimasi Keamanan Website Anda
Panduan untuk Memulai Karier Menjadi seorang UX Researcher

Manfaat Penerapan Captcha

Seperti yang telah dijabarkan diatas capcha bermanfaat dalam menghindarkan pengguna dari ancaman spam dan pembajakan kata sandi. Selain itu, berikut penjelasan detail terkait berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan capcha:

1. Mencegah Spam

Spam merupakan aktivitas yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna dalam berinternet. Salah satu contoh spam yang dominan dilakukan pada website adalah spam komentar pada blog artikel. Dengan menggunakan capcha ketika hendak mengirimkan komentar, maka segala upaya spam dari robot dapat segera teratasi. Dengan capcha, hanya manusia yang bisa mengirimkan komentar tanpa harus mewajibkan pengguna untuk melakukan log in akun.

2. Penyaringan Registrasi Website

Manfaat berikutnya dari penggunaan captcha adalah penyaringan registrasi website. Dalam sebuah layanan gratis yang disediakan oleh berbagai penyedia jasa pada website, sering kali mendapatkan ancaman dari bot. Ancaman tersebut berupa upaya login atau registrasi dalam banyak percobaan (attempts). Umumnya robot dapat melakukan percobaan registrasi sampai ratusan ribu kali. Hal ini tentu dapat merepotkan server, dan mungkin dapat mengakibatkan error pada website. Oleh karena itu, capcha digunakan untuk melakukan penyaringan registrasi pada website. Dengan capcha, hanya satu individu manusia yang dapat melakukan registrasi pada website. Selain itu capcha dalam juga dapat berperan dalam menyaring upaya penggunaan pengisian registrasi yang telah diprogram dengan automated scripts. 

3. Menghindari Upaya Phising

Manfaat penting berikutnya dalam penggunaan captcha adalah ia dapat menghindarkan pengguna email dari upaya phising. Upaya phishing sering kali terjadi pada email. Tindak aktivitas yang menyerang email sebagai sasaran utamanya, dikenal dengan istilah email phising. Dengan menerapkan capcha pada verifikasi pengiriman email atau pesan pada kontak website, maka sebuah akun kontak website dapat memastikan email tersebut tidak dikirimkan oleh robot. Melainkan dikirim oleh manusia. 

Kekurangan Penggunaan Captcha

Dari beberapa kelebihan dan manfaat capcha yang telah disebutkan diatas, ternyata capcha juga memiliki kekurangan, yaitu:

1. Membuat UX Terlihat Buruk

Hal utama yang menjadi kekurangan captcha adalah rusaknya atau berkurangnya kenyamanan User Experience yang didapatkan oleh pengguna. Kode captcha dapat mengganggu dan merusak flow (aliran) User Experience. Hal ini secara tidak langsung dapat memberikan pandangan negatif dari pengalaman mereka mengakses sebuah website. 

2. Mengganggu Kenyamanan Pengunjung Website

Efek utama dari User Experience (UX) yang buruk dapat membuat pengguna website merasa tidak nyaman. Konsekuensi terburuk dari rasa ketidaknyaman tersebut adalah pengguna dapat meninggalkan website yang mereka kunjungi. Hal ini dapat meningkatkan bounce rate sebuah website. Ketika bounce rate meningkat, maka rangking sebuah website dalam mesin pencarian dapat menurun. 

Kesimpulan

Dalam era modern, website memegang perenan penting dalam berbagai aspek kegiatan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari website digunakan sebagai penyedia informasi, penyedia berita, penghubung koneksi, sampai penghantar jasa dan produk bagi manusia luas. Namun, dalam penggunaanya website memiliki berbagai ancaman tak terlihat yang dapat mempengaruhi kenyamanan aktivitas komunikasi antara pengguna dan provider website. Mulai dari spam, phising, link virus, berbagai macam bahaya internet banyak kali disisipkan oleh pihak tak bertanggung jawab melalui website dengan keamanan yang rentan. Oleh Sebab itu, berbagai macam produk dan tindak upaya Google untuk menyediakan pengaman bagi website telah banyak dikembangkan.

Sebagai upaya melindungi keamanan website dan pengguna website dari upaya gangguan spam dan phising, Captcha adalah solusi terbaik yang sederhana dalam memberikan kemudahan akses bagi pengguna. Tidak dapat dipungkiri berkembangnya teknologi robot dengan kemampuan machine learning memang dapat membahayakan aktivitas pengguna internet dalam berinternet. Oleh sebab itu, capcha ditemukan dan dikembangkan. 

Sekawan Studio membuka jasa desain website, jasa pembuatan website, dan jasa maintenance website untuk membantu proses optimasi kecepatan situs Anda di search engine Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.