Instagram Ads: Pengertian, Fungsi, Tips, & Cara Membuatnya

Instagram Ads adalah iklan dengan memanfaatkan media sosial berbasis digital melalui channel Instagram untuk menjangkau target audience atau pembaca yang lebih luas. Anda bisa memulai Instagram Ads dengan sederhana mulai dari menentukan tujuan iklan dan target audience Anda.
instagram ads
Daftar Isi

Banyak cara untuk mengoptimalkan strategi pemasaran melalui channel digital marketing pada scope media sosial. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media promosi iklan melalui Instagram Ads.

Saat ini, penggunaan media sosial mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan jumlah audiens per hari yang cukup banyak.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa hal terkait cara dan tips untuk mengoptimalkan channel Instagram Ads untuk membantu bisnis Anda agar mampu menjangkau target audience yang lebih luas.

Selain itu, artikel ini juga akan membahas terkait manfaat serta istilah – istilah penting dalam dunia Instagram Ads. Yuk, simak sampai habis!

Apa itu Instagram Ads?

Pengertian dari Instagram Ads adalah proses beriklan dengan memanfaatkan media sosial berbasis digital melalui channel Instagram untuk menjangkau target audience atau pembaca yang lebih luas.

Fitur iklan ini lebih sering digunakan untuk meningkatkan traffic website, brand exposure, serta mendapatkan target leads yang optimal.

Jika dihubungkan dengan sales funnel, maka Instagram Ads dapat membantu leads untuk memindahkannya ke dalam funnel yang lebih bawah, yaitu konversi atau pembelian.

Perlu diperhatikan bahwa tampilan dari platform iklan ini lebih menonjolkan sisi visual desain, bukan teks.

Anda perlu dukungan gambar atau tampilan video yang menarik agar user lebih tertarik (aware) pada ikan yang Anda unggah dan promosikan.

Menurut data dari Instagram sendiri, 62% user (pengguna) telah menyatakan bahwa mereka menemukan produk terbaru melalui iklan yang ditayangkan di Instagram.

Selain itu, menurut situs Hootsuite, para pengiklan di Instagram dapat menjangkau target user berusia remaja (antara 13-17 tahun) lebih besar daripada Facebook dan SnapChat.

Keuntungan Instagram Ads

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh adalah peluang besar untuk mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas dan spesifik, sehingga mampu memberikan dampak yang positif bagi kampanye bisnis Anda yang telah ditentukan sebelumnya.

Kemudian, manfaat lain beriklan dengan platform ini adalah meningkatkan brand awareness produk yang Anda tawarkan, sehingga lebih banyak dikenal oleh pelanggan yang potensial.

Dengan demikian, perusahaan atau organisasi bisnis Anda semakin lebih dikenal oleh konsumen dan akan berbanding lurus dengan jumlah peningkatan engagement yang diperoleh.

Perkiraan Biaya Instagram Ads

Pada dasarnya, biaya beriklan di Instagram bervariasi dan bergantung pada target audiens, model penawaran, dan lain sebagainya.

Pengeluaran di setiap metrik, seperti biaya per klik atau pay per click, biaya per seribu klik, dan biaya per interaksi juga berbeda-beda.

Namun, biaya harian minimum selalu dapat diketahui dari opsi konfigurasi iklan.

Jika melalui Ads Manager, biaya hariannya mulai dari Rp 16.000, sedangkan untuk mempromosikan konten organik, biaya hariannya adalah Rp 20.000.

Biaya beriklan di Instagram cenderung lebih terjangkau dibandingkan platform media sosial lainnya.

Akan tetapi, Anda harus selalu membuat anggaran iklan yang sesuai agar kampanye lebih efektif.

Cara Membuat Instagram Ads

Terdapat beberapa cara atau tahap dalam menyusun proses pembuatan iklan melalui Instagram Ads, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Optimasi pada Facebook Ads Manager

Yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan membuka situs laman dari Facebook Ads Manager. Pastikan Anda telah login pada akun Facebook untuk memulai menjalankan aplikasi ini. 

Langkah selanjutnya, Anda dapat masuk pada menu kampanye dan menekan tombol “buat iklan”.

Berikutnya, Facebook akan memberikan Anda dua pilihan, yaitu pembuatan iklan terpandu dan iklan cepat.

Anda dapat memilih pembuatan iklan terpandu untuk dapat membuat konten yang lebih spesifik.

2. Menentukan Tujuan Iklan Anda

Kedua, Anda dapat menentukan goals atau tujuan iklan yang ingin dicapai. Tools ini telah menyediakan tiga menu kategori, yaitu kesadaran (awareness), pertimbangan (consideration), dan konversi (conversion)

Fitur awareness berfungsi untuk meningkatkan strategi kesadaran merek dan menentukan jangkauan target user yang sesuai dengan bisnis Anda.

Sementara itu, fitur consideration atau pertimbangan berfungsi untuk meningkatkan interaksi dan jumlah lalu lintas trafik pengunjung pada beberapa konten yang akan diimplementasikan, seperti pada promosi iklan video, pemasangan aplikasi, dan lain sebagainya.

Lalu, fitur conversion berguna untuk meningkatkan jumlah penjualan produk dan menghasilkan nilai konversi yang tinggi.

Anda dapat menentukan tujuan iklan sesuai dengan kampanye bisnis yang ingin dijalankan.

Misalnya, Anda dapat memilih goals awareness jika tujuannya adalah untuk meningkatkan trafik pengunjung.

3. Manajemen Biaya Iklan

Langkah ketiga, Anda dapat memilih jenis iklan yaitu uji split dan pengoptimalan anggaran.

Pada tahap ini, Anda perlu menentukan strategi pengelolaan anggaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Berikutnya, Anda dapat menuliskan nama iklan dan dapat memilih tujuan trafik yang akan digunakan. Pilihan tersebut tentunya akan disesuaikan dengan tujuan awal iklan yang digunakan.

4. Menampilkan Promo

Jika Anda sedang menjalankan aktivitas promosi pada bisnis, maka centanglah menu pilihan promo untuk menampilkan notifikasi promo tersebut.

Selanjutnya, masuk pada penentuan target audience untuk menentukan sasaran yang tepat.

5. Menentukan Target Audience yang Tepat

Langkah yang kelima adalah menentukan target audiens yang sesuai dengan tujuan kampanye Anda.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengisi beberapa spesifikasi dalam tampilan menu tersebut.

Beberapa spesifikasi itu di antaranya adalah dengan menentukan usia pengguna, lokasi, bahasa, jenis kelamin, hingga pilihan yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan.

6. Integrasi dengan Akun Instagram

Langkah yang keenam, Anda dapat menentukan lokasi penempatan dari media promosi yang akan dibuat.

Kemudian, pastikan juga untuk mengatur jadwal berapa lama iklan tersebut akan ditampilkan.

Setelah mengatur jadwal, maka Anda dapat menghubungkannya dengan akun Instagram.

7. Mulai Membuat Teks dan Konten secara Spesifik

Yang terakhir, masuk pada tahap pembuatan iklan, di mana Anda perlu mengatur format atau layout iklan yang akan dibuat.

Kemudian, mulai tambahkan informasi berupa teks, memilih gambar, menentukan judul, hingga memasukkan tautan untuk target link yang akan dituju.

Setelah semua proses pengisian konten telah selesai, maka anda akan diarahkan pada menu pembayaran iklan. Anda dapat melakukan pembayaran menggunakan kartu debit atau kredit.

Selanjutnya, Facebook akan me-review iklan yang dibuat dan menampilkannya jika telah memenuhi setiap persyaratan dan peraturan yang berlaku.

Menentukan Format Instagram Ads

Terdapat beberapa pilihan untuk dapat menentukan format atau tampilan layout pada Instagram Ads agar lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Simak beberapa formatnya berikut!

1. Single Image

Dalam single image (gambar tunggal) ini, Anda perlu menambahkan beberapa atribut tambahan, seperti gambar, caption, serta tombol CTA (Call To Action).

2. Single Video

Untuk format single video, Anda membutuhkan video dengan ekstensi Gif atau format yang lainnya.

Kemudian, ukuran file yang diperbolehkan adalah maksimal 4GB dengan durasi antara 1 hingga 60 detik saja.

3. Carousel

Format carousel merupakan tampilan layout yang memungkinkan anda dapat menampilkan hingga 10 gambar atau video. Untuk rasio foto yang direkomendasikan dalam format ini adalah persegi (1:1).

4. Slideshow

Format slideshow hampir sama dengan carousel, namun perbedaannya terletak pada penambahan ekstensi musik untuk membuat video yang dijalankan dapat diputar secara berulang (looping). Format video yang digunakan adalah .mp4 dan .mov.

Tips Membuat Instagram Ads

Untuk membuat Instagram Ads yang efektif, Anda perlu memerhatikan beberapa hal. Berikut adalah tips membuat Instagram Ads yang paling efektif.

1. Manfaatkan Fitur Stories

Stories adalah fitur yang menampilkan konten hanya dalam waktu 24 jam. Meski durasi penayangannya singkat, namun hal itu menjadi kekuatan tersendiri bagi kampanye iklan Anda.

Faktanya, hingga 52% pengguna Instagram mengaku tertarik dengan merek yang mereka lihat melalui Stories. Menariknya, isi cerita akan otomatis disiarkan secara terus menerus.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk membuat iklan Instagram di Stories karena dapat mendatangkan lalu lintas berkualitas ke merek Anda.

2. Perhatikan Kualitas Visual

Platform Instagram ditujukan untuk orang-orang yang menyukai konten foto dan video.

Oleh karena itu, pengiklan harus memastikan untuk menampilkan gambar yang indah dan menarik agar penontonnya tertarik dengan iklan tersebut.

3. Sesuaikan Iklan Anda

Tips yang sama pentingnya dalam membuat iklan Instagram adalah mengetahui selera audiens target Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat membuat konten berdasarkan minat mereka, sehingga iklan Anda lebih lancar, natural, dan mudah dinikmati.

4. Perhatikan Ukuran Gambar

Sebelum menjalankan iklan Instagram, Anda perlu membuat konten dengan ukuran yang sesuai agar masyarakat dapat menikmatinya. Di bawah ini adalah beberapa format ukuran gambar yang sesuai untuk IG Ads.

a. Single Image

Single image adalah satu gambar yang di-posting di Instagram. Berikut adalah referensi ukurannya.

  • Ukuran: 1200×628 px
  • Stories: 1080×1920 px
  • Rasio: 9:16 sampai 16:9

b. Carousel

Carousel adalah postingan Instagram yang memungkinkan Anda menampilkan lebih dari satu foto. Berikut adalah referensi ukurannya.

  • Ukuran 1080×1080 px (Maksimal 30MB)
  • Rasio: 1:1

c. Slideshow

Slideshow dapat memungkinkan Anda menampilkan beberapa foto dan video sekaligus. Berikut ukurannya.

  • Ukuran: 1280×720 px
  • Rasio: 16:9, 1:1, 2:3
  • Format: .mov atau .mp4

d. Single Video

Berikut adalah ukuran yang tepat untuk menampilkan iklan dengan satu video.

  • Ukuran: Minimal 600 px (Maksimal 4GB)
  • Rasio: 9:16 sampai 16:9
  • Durasi: 1-60 detik
  • Format: .mov, .mp4, atau .gif

Istilah Penting dalam Instagram Ads

Terdapat beberapa istilah penting dalam platform Instagram Ads, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Ads Manager

Ads Manager merupakan sebuah tool iklan milik Facebook yang berfungsi untuk melakukan manajemen data atau informasi pada Facebook dan Instagram Ads.

Fitur-fitur yang berada dalam Ads Manager adalah untuk melakukan targeting, membuat dan menjalankan iklan, menentukan budget, serta melihat informasi penting mulai dari biaya pembayaran, history, hingga performa dari iklan tersebut.

2. Business Manager

Business Manager merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Facebook untuk beriklan. Business Manager juga tergolong ke dalam tools yang berdiri sendiri atau standalone

Fungsi atau fitur dari Business Manager di antaranya adalah untuk mengelola lebih dari satu ads manager, terdapat fitur advertising, dan memungkinkan Anda untuk melimpahkan wewenang atas pengguna lain melalui Ad account, dan lain sebagainya.

3. Power Editor (PE)

Power Editor juga merupakan tools Facebook yang dibuat untuk tujuan memulai iklan. Pada fitur ini, para pengiklan besar dapat lebih leluasa untuk mengontrol akses iklan dan mengatur kampanye bisnis mereka.

Fitur utama dari Power Editor ini adalah mampu mengelola beberapa iklan dalam satu waktu, melakukan impor data dengan menggunakan Excel, serta menggunakan fitur pencarian dan filter yang disediakan oleh tools.

Kesimpulannya, Instagram Ads adalah salah satu platform yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk melalui iklan pada media sosial.

Untuk memulai menjalankan iklan pada platform ini, anda dapat mengoptimalkannya dengan menggunakan Facebook Ads Manager secara maksimal dan sesuai petunjuk yang tersedia.

Terdapat beberapa istilah penting yang harus anda pelajari saat memulai iklan melalui Instagram Ads, yaitu ads manager, business manager, dan power editor.

Nah, itulah tadi beberapa informasi tentang Instagram Ads yang harus Anda ketahui sebelum mulai menggunakannya. Cara beriklan ini akan efektif jika target Anda merupakan pengguna Instagram.

Akan tetapi, jika mayoritas target bukan pengguna Instagram, maka mungkin cara ini kurang efektif untuk Anda.

Lantas, bagaimana alternatifnya? Anda dapat menggunakan website untuk mempromosikan bisnis.

Faktanya, mayoritas semua pengguna internet memanfaatkan mesin pencarian untuk menemukan informasi.

Artinya, jika Anda memiliki website dan berhasil masuk di halaman hasil pencarian, maka kemungkinan akan menjangkau pasar yang lebih luas.

Lalu, bagaimana jika saya tidak bisa membuat website? Tenang saja, saat ini Anda sudah tidak perlu bersusah payah untuk mengembangkannya sendiri. Serahkan semuanya pada Sekawan Studio!

Kami memiliki layanan jasa pembuatan website profesional untuk segala kebutuhan bisnis Anda. Tentunya, kami akan menyesuaikan dengan standar SEO, sehingga akan lebih mudah untuk tampil di Search Engine Result Page (SERP).

Kami juga memastikan untuk membuat desain yang responsif dan user friendly. Tertarik? Hubungi tim kami sekarang juga untuk informasi dan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.