7 Cara Membuat Google Bisnis Profesional dengan Mudah

Google Bisnis adalah fitur gratis yang memungkinkan pemilik bisnis mempromosikan profil dan situs bisnis dengan mudah supaya dikenal lebih luas oleh pelanggan.
google bisnis
Daftar Isi

Apakah Anda sedang mencari artikel tentang cara membuat Google Bisnis? Google Bisnis merupakan layanan resmi yang berbasis internet dari Google untuk para pelaku bisnis. Google merilis layanan ini pada Juni 2014 silam.

Dengan layanan ini, para pelaku bisnis merasa terbantu untuk mengendalikan tampilan bisnis mereka saat orang-orang mencari tahu tentang produk mereka.

Layanan ini memiliki beberapa fitur seperti mengedit informasi, ulasan, dan postingan.

Walaupun bisnis Anda sudah memiliki situs website sendiri, keberadaan layanan ini dapat menyempurnakan situs Anda dengan meningkatkan visibilitasnya di Google Search dan Google Maps.

Akan tetapi, bagaimana cara membuat Google bisnis yang cepat dan mudah? Tenang, artikel ini akan memberikan tutorial dan langkah-langkahnya untuk Anda. Simak hingga akhir!

Apa itu Google Bisnis?

Mengutip laman resmi Google, Google Bisnis adalah fitur gratis yang memungkinkan Anda mempromosikan profil dan situs bisnis Anda di platform tersebut.

Dengan begitu, Anda dapat memantau dan menjangkau pelanggan dengan mudah.

Selain itu, Anda juga dapat melihat cara pelanggan melakukan interaksi dengan bisnis Anda di Google, seperti pelanggan yang memberikan ulasan produk atau layanan yang ditawarkan.

Untuk memanfaatkannya, Anda perlu mempelajari cara membuat Google Bisnis terlebih dahulu. Pastikan untuk menyimak artikel berikut hingga akhir!

Manfaat Google Bisnis

Bagi para pelaku bisnis kecil atau besar, Google Bisnis akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Anda dapat mencantumkan detail informasi mengenai penawaran produk maupun jasa layanan. Maka, bisnis Anda akan muncul di Google dengan atau tanpa alamat fisik.

Dengan mempelajari cara membuat Google Bisnis, Anda dapat memahami semua fiturnya dan memanfaatkannya secara maksimal.

Google bisnis dapat berfungsi untuk menarik perhatian serta berinteraksi dengan para pelanggan saat mereka melakukan penelusuran bisnis Anda di Google.

Sebelum mempelajari cara membuat Google Bisnis, terlebih dahulu Anda harus mengetahui manfaat-manfaatnya sebagai berikut.

1. Menyediakan Informasi yang Akurat

Dengan adanya perkembangan teknologi digital, orang-orang memiliki kebiasaan untuk melakukan riset saat mereka ingin membuat keputusan untuk membeli sebuah produk. Riset tersebut mereka lakukan secara online.

Mereka melakukan riset online di Google Penelusuran melalui smartphone atau device lain yang dimilikinya.

Saat para pelanggan mengunjungi toko, membeli produk, atau menggunakan jasa layanan Anda, sudah pasti informasi tersebut berasal hasil penelusuran di Google.

Dengan begitu, penting untuk memberikan informasi pada Google agar detail produk dan bisnis Anda dapat dijangkau oleh pelanggan.

Pada layanan ini, Anda dapat mencantumkan nama, deskripsi, jam operasional, hingga ulasan pelanggan.

Informasi tersebut akan terverifikasi oleh Google sehingga akurat dan terpercaya.

2. Mempermudah Konsumen Menemukan Bisnis Anda

Selain melalui Google Maps, produk atau jasa layana yang Anda tawarkan akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google.

Hal ini mempermudah konsumen saat melakukan riset produk atau layanan Anda.

Informasi yang Anda cantumkan pada layanan ini akan ditampilkan secara otomatis akan ditampilkan oleh Google.

Maka dari itu, pelajari cara membuat Google Bisnis dengan benar agar bisnis Anda akan lebih mudah dijangkau para pelanggan.

3. Sebagai Alat Analisis Pelanggan

Terdapat fitur Analytics yang berfungsi sebagai alat untuk menganalisis pelanggan. Dengan fitur tersebut, Anda dapat melihat perbandingan antara performa bisnis dengan kompetitor.

Selain itu, Anda juga dapat melihat jumlah pelanggan yang menemukan dan mengunjungi bisnis tersebut.

4. Sebagai Media Komunikasi dengan Pelanggan

Selain memberikan ulasan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, pelanggan juga dapat memberikan pertanyaan seputar bisnis Anda.

Pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh pelanggan lain atau pemilik bisnis.

5. Lokasi Muncul di Google Maps

Manfaat terakhir dengan menggunakan layanan ini adalah pelanggan dapat menemukan lokasi pembelian produk atau penggunaan jasa Anda dengan mudah melalui Google Maps.

Sebab, informasi yang Anda berikan pada layanan ini terekam oleh Google Maps, sehingga alamat bisnis juga akan tercantum dan pengguna lebih mudah menemukannya.

Untuk memastikan semua manfaat tersebut dapat berfungsi dengan baik, banyak orang yang tertarik untuk mempelajari cara membuat Google Bisnis.

Sebab, tools ini memang sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda.

Fitur Google Bisnis

Sebelum mengetahui cara membuat Google Bisnis, maka terdapat informasi mengenai fitur-fitur di dalamnya yang yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan kebutuhan bisnis secara gratis.

Berikut ringkasan informasinya untuk Anda:

1. Foto

Fitur pertama adalah foto yang mana Anda bisa menambahkan logo bisnis, gambar produk atau menu, dan lainnya.

Melalui fitur ini, dapat memudahkan pelanggan untuk mengenali bisnis Anda dan tertarik untuk mengunjungi hingga membeli produk-produknya.

2. Atribut

Fitur atribut merupakan elemen penting dalam tools ini karena berfungsi untuk memudahkan pelanggan menemui bisnis Anda.

Anda harus melengkapi semua informasi dalam atribut ini, mulai dari jam operasional bisnis, kontak, hingga alamat toko.

3. Ulasan

Selajutnya, ulasan juga menjadi bagian dari fitur cukup penting yang mana bisa membuat pelanggan memberikan penilaian mengenai pelayanan, produk, dan lainnya terhadap bisnis Anda.

Melalui hasil ulasan ini, bisa memberikan kepercayaan bagi pelanggan terhadap bisnis Anda, sehingga membantu mereka untuk mengambil keputusan apakah membeli produk atau tidak.

4. Deskripsi dan kategori

Deskripsi dan kategori merupakan elemen yang penting karena memuat informasi mengenai bisnis Anda bergerak di bidang apa dan produk apa saja yang ditawarkan.

5. Tanya jawab

Selanjutnya, ada fitur tanya jawab yang menjadi tempat bagi pelanggan untuk bertanya mengenai produk atau layanan yang bisnia Anda berikan.

Fungsinya hampir sama dengan ulasan, namun fitur tanya jawab ini bisa lebih spesifik memberikan informasi sesuai yang pelanggan inginkan dan penjual juga akan menjawab dengan jelas dan detail.

6. Post

Apakah Anda mempunyai konten promosi? Jika iya, jangan lupa untuk membagikan di Google Bisnis. Sebab, tools ini memiliki fitur post untuk membagikan konten promosi seperti sosial media.

7. Google My Business Insights

Fitur terakhir dari Google Bisnis adalah Google My Business Insights. Fitur ini hanya bisa dilihat ole pemilik bisnis saja dan memberikan beberapa informasi, seperti berapa kali profil dilihat, dari mana pelanggan dapat akses, dan lainnya.

Cara Membuat Google Bisnis

Mengutip laman resmi Google Bisnisku, berikut ini adalah cara membuat Google Bisnis yang dapat Anda ikuti langkah-langkahnya.

1. Buka halaman Google Bisnisku pada browser yang Anda gunakan

2. Kemudian, klik ‘Kelola Sekarang’ pada layar pojok bagian atas

Cara Membuat Google Bisnis

3. Selanjutnya, login dengan menggunakan akun Gmail Anda. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki akun Gmail terlebih dahulu.

4. Jika sudah, maka akan muncul halaman pencarian bisnis Anda. Masukkan nama bisnis Anda pada kolom yang tersedia. Jika tidak menemukan, klik ‘Tambahkan Bisnis Anda ke Google’

Cara Membuat Google Bisnis

5. Setelah muncul halaman berikutnya, masukkan informasi terkait bisnis Anda pada kolom yang tersedia. Lalu, klik ‘Berikutnya’

Cara Membuat Google Bisnis
Masukkan informasi bisnis pada kolom

6. Masukkan informasi secara akurat hingga selesai. Jika seluruh pertanyaan sudah terjawab, akun Anda akan terverifikasi

Cara Membuat Google Bisnis

7. Terakhir, Anda dapat memasukkan informasi tambahan secara lengkap seperti jam operasional bisnis, deskripsi bisnis, foto, dan iklan.

Hubungan Google Bisnis dengan SEO

Setelah Anda sudah mengetahui cara membuat Google Bisnis di atas, kini saatnya untuk memahami bagaimana hubungan tools ini dengan SEO.

Perlu Anda ketahui, jika SEO adalah teknik untuk meningkatkan peringkat situs web di halaman mesin pencari atau SERP.

Jika situs web Anda berhasil muncul di halaman pertama Google dan mendapatkan peringkat pertama, maka peluang produk terjual semakin besar.

Google Bisnis dan SEO mempunyai hubungan yang sangat erat. Sebab, Google Bisnisku yang telah dioptimalkan dengan baik, maka dapat membantu menaikkan peringkat bisnis di halaman mesin pencari.

Kondisi tersebut karena Google menggunakan informasi listingan dari Google Bisnisku untuk menentukan profil bisnis mana yang akan ditampilkan di hasil penelusuran.

Dengan begitu, jika Anda menggunakan Google Bisnisku dan melakukan optimasi melalui SEO, bisa menaikkan peringkat profil bisnis di halaman pencari, sehingga bisa meningkatkan penjualan produk dan membuat bisnis Anda lebih dikenal luas oleh pelanggan.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian, manfaat, dan cara membuat Google Bisnis.

Pada dasarnya, membuat Google Bisnis cukup mudah Anda lakukan sendiri. Namun, untuk mengoptimalkan supaya profil bisnis bisa muncul di search engine result page, maka perlu melakukan strategi SEO dalam website.

Pasalnya, teknik optimasi yang tepat juga dapat meningkatkan peringkat website dan memunculkannya di urutan teratas hasil pencarian Google.

Tertarik untuk menerapkan SEO pada bisnis? Gunakan jasa SEO dan optimasi website dari Sekawan Studio.

Layanan kami sudah pasti sesuai dengan guideline dan algoritma Google, sehingga lebih aman dalam jangka panjang dan terhindar dari penalti.

Masih ragu? Layanan kami sudah dipercaya oleh banyak perusahaan, loh. Mari bergabung bersama mereka yang sudah berhasil meningkatkan peringkat website-nya dengan Sekawan Studio!

Hubungi tim kami untuk informasi dan penawaran paket menarik sesuai kebutuhan Anda!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.