Apa Itu Facebook Ads? Kenali 5 Jenis dan Cara Membuatnya

Facebook ads merupakan media atau sarana untuk memulai bisnis iklan secara tersistem. Cara untuk beriklan dengan menggunakan facebook ads yang tepat adalah sebagai berikut: mulai dengan menentukan topik tujuan bisnis, riset kompetitor, memilih target audiens, lokasi, dan anggaran, membuat struktur layouting, merilis iklan, serta memonitoring iklan.
facebook ads
Daftar Isi

Terdapat berbagai cara dan metode untuk mempromosikan produk melalui iklan, baik pemasaran secara online maupun offline. Namun, saat ini banyak pengusaha atau pebisnis yang lebih condong untuk menggunakan pemasaran secara online yang dapat dibilang lebih efektif dan dapat menjangkau target market yang lebih luas. Sebagai contoh, kita dapat memanfaatkan platform media sosial seperti layanan dari Facebook ads.

Tentunya, bagi sebagian besar anda pasti pernah dan sering berinteraksi dengan social media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan lain-lain. Namun, pernahkan anda mencoba untuk memasarkan atau memperkenalkan produk atau layanan anda? Jika belum, anda dapat mempelajari tahapan dasar untuk memulai promosi menggunakan Facebook ads.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan beberapa tips dan trik untuk sukses dalam mengiklankan produk melalui media sosial. Sehingga, anda dapat berjualan secara lebih cepat, mudah, dan tepat sasaran.

Apa Itu Facebook Ads

Facebook ads adalah sebuah media beriklan yang berfungsi untuk ditujukan kepada pengguna (user) pada platform Facebook sebagai pembaca atau audiens -nya. 

Jika dilihat dari komposisi iklan tersebut, facebook ads dapat terdiri atas tulisan, gambar, dan video. Dalam facebook ads tersebut juga disediakan beberapa kategori iklan untuk membantu monitoring hasil kampanye bisnis yang anda jalankan, seperti impression, traffic, leads, dan lain sebagainya.

Mengapa anda perlu mencoba platform dari Facebook? Karena saat ini pengguna aktif dari media sosial ini terbilang sangat besar dengan channel marketing yang sangat kuat di dalamnya. Sehingga, apabila anda ingin memasarkan produk maka, sangat berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak konsumen tanpa harus mengiklankan dengan menggunakan banner atau media berbasis offline lainnya.

Jenis Facebook Ads

Setelah mengetahui definisi umum dari istilah tersebut, selanjutnya dalam facebook ads dibagi lagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Carousel

Facebook Carousel Ads merupakan jenis iklan yang berbentuk hampir mirip seperti slideshow, namun perbedaannya adalah dalam carousel sendiri menampilkan gambar dengan ukuran yang lebih besar. Kelebihan yang lain, anda dapat menyematkan tombol CTA (Call to Action) pada setiap slide -nya agar pengguna dapat menekan button tersebut.

2. Facebook Photo and Video Ads

Facebook Photo and Video Ads juga menyedia fitur marketplace sendiri untuk dapat mengkategorikan beberapa jenis layanan atau bisnis anda. Yang mana, dapat berupa iklan berbentuk gambar maupun video. Anda juga dapat menyematkan tombol CTA di dalamnya untuk mempermudah audiens dan meningkatkan engagement produk anda.

Jika anda mempromosikan produk menggunakan foto, maka anda dapat mengkonfigurasikan tampilan iklan seperti ukuran gambar, dan fitur lainnya. Apabila anda mengunggah dalam bentuk video, maka anda dapat mengatur durasi waktu penayangan sesuai dengan rekomendasi yang diberikan agar lebih optimal.

3. Instant Experience

Facebook Instant Experience Ads sangat cocok untuk mengiklankan produk melalui perangkat seluler atau mobile. Dengan menggunakan instant experience, maka anda akan mendapatkan tampilan iklan yang lebih interaktif seperti pada stories Instagram.

4. Collection

Facebook Collection Ads merupakan salah satu fitur yang biasanya muncul bersamaan dengan instant experience. Dimana, biasanya akan ditampilkan dalam bentuk sebuah katalog untuk meningkatkan brand awareness pada layanan anda. Sehingga, nantinya dapat meningkatkan konversi yang dihasilkan dengan mengunjungi fitur tersebut.

5. Slideshow

Dan jenis terakhir adalah Facebook Slideshow Ads, yang mana fitur ini akan menampilkan beberapa gambar sekaligus dalam bentuk slide dengan dukungan caption dan CTA yang menarik. Pastikan untuk menampilkan gambar yang menarik dan menjual, sehingga audiens lebih tertarik untuk membeli produk anda.

Baca juga :
Panduan Lengkap Optimasi Instagram Ads untuk Bisnis Anda
TikTok Ads: Fitur Pemasaran Terbaru Dari TikTok

Manfaat Facebook Ads

Apa saja manfaat yang didapatkan dari menggunakan fitur facebook ads, berikut ini merupakan beberapa contoh manfaatnya.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Pertama, dengan beriklan melalui internet, Facebook Ads dapat meningkatkan brand awareness pengunjung secara lebih cepat dan tersistem. Dimana, banyak sekali pengguna yang mengakses internet, khususnya media sosial setiap saat. Anda dapat memfokuskan untuk mengincar target pengunjung dengan lebih mudah melalui promosi yang disebarkan melalui Facebook marketing channel.

2. Mampu Menjangkau Konsumen yang Luas

Kedua, Facebook Ads juga dapat menjangkau konsumen secara luas tanpa ada batasan waktu dan tempat. Kemudian, biaya yang dikeluarkan juga terbilang rendah apabila dikomparasikan dengan pemasaran secara offline. Yang perlu anda perhatikan, sesuaikan juga target pembeli berdasarkan demografi dan kebutuhan bisnis anda agar dapat meningkatkan konversi bisnis.

3. Dapat Menentukan Target Audiens yang Spesifik

Ketiga, sebelum memulai bisnis tentunya anda sudah memperhatikan target audiens yang ingin anda sasar. Mulai faktor usia, lokasi, hingga jenis perangkat yang digunakan akan sangat berpengaruh pada produk yang akan dipasarkan. Oleh karena itu, Facebook Ads dapat menentukannya se-awal mungkin untuk mencegah terjadinya kegagalan promosi dan pemborosan biaya produksi.

4. Biaya yang Lebih Terjangkau

Keempat, dengan beriklan melalui media sosial, Facebook Ads dapat mengurangi biaya periklanan secara signifikan. Anda dapat mulai membandingkan dengan mengiklankan produk melalui media cetak maupun media massa seperti televisi. 

Jika anda hanya memiliki modal yang terbatas, kami sarankan untuk mencoba beriklan melalui situs media sosial. Namun, anda harus konsisten dengan kampanye produk yang anda kembangkan agar dapat meraih hasil yang maksimal.

5. Mempunyai Data Analytics

Keunggulan yang terakhir adalah, dengan Facebook Ads sendiri anda dapat memonitoring setiap saat terkait promosi iklan anda, apakah telah sesuai dengan produk atau masih kurang efektif dan cenderung kalah bersaing dengan kompetitor. 

Dengan dukungan data analitik, dapat membantu dalam mengukur tingkat keunggulan yang akan diperoleh dengan estimasi waktu yang lebih jelas.

Baca Juga :
Mengenal Metode PPC (Pay Per Click) untuk Promosi Bisnis Anda
Strategi Tepat untuk Menjalankan Bisnis dengan Social Media Marketing

Cara Membuat Facebook Ads

Lantas, bagaimana cara yang paling mudah untuk dapat membuat channel Facebook ads sendiri? Kami akan membagikan beberapa tips dan triknya untuk dapat mengelola dan mengembangkan proyek ini secara lebih singkat dan jelas.

1. Menentukan Target Tujuan Anda

Tentukan terlebih dahulu target tujuan bisnis anda dengan cara melakukan riset kompetitor bisnis dan kebutuhan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengembangkan produk tersebut. Hal tersebut sangatlah penting untuk mengetahui seberapa besar peluang anda dapat bersaing dalam niche yang sama dengan kompetitor anda.

2. Memilih Konsumen yang Akan Disasar

Selanjutnya, pilihlah dan tentukan konsumen produk yang sesuai agar lebih banyak mendapatkan rata – rata jumlah konversi yang berhasil didapatkan. Anda dapat menentukan, apakah audience yang disasar telah cocok dan memenuhi kriteria sesuai dengan produk yang akan anda rilis.

3. Menentukan Lokasi Iklan Anda

Menentukan lokasi merupakan salah satu metrik yang sangat penting untuk dikembangkan. Dimana, tidak semua lokasi memiliki jumlah trafik yang besar dan sesuai dengan ceruk bisnis anda. Perlu adanya strategi khusus untuk menghindari agar tidak terjadi kerugian yang besar bagi perusahaan atau organisasi tersebut.

4. Menetapkan Anggaran Sesuai Budget Bisnis

Berikutnya, anda juga harus menetapkan anggaran yang tepat dan tidak memboroskan modal perusahaan. Anggaran bisnis merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menjaga keberlangsungan usaha secara (realtime).

5. Menentukan Layout dan Format Iklan

Setelah setiap parameter yang diatas telah terpenuhi dengan baik, selanjutnya anda dapat memulai dengan membuat struktur layouting dan format iklan sesuai dengan keputusan bersama pada stakeholders anda.

6. Rilis Iklan Anda

Jangan lupa untuk merilis iklan setelah berhasil dibuat, baik dari sisi desain maupun teknik copywriting yang digunakan. Dalam merilis iklan, pastikan juga untuk menargetkan konsumen yang tepat agar segera memproses ikan tersebut.

7. Monitoring dan Kelola Iklan Anda

Dan cara yang terakhir dilaksanakan adalah dengan mulai dengan melakukan monitoring pengelolaan iklan anda. Salah satu kelebihan dari online marketing sendiri adalah menyediakan fitur untuk mengelola data dari Facebook ads secara lebih komprehensif, terstruktur, dan tepat guna.

Sekawan Studio membuka jasa maintenance website terpercaya di Indonesia. Jika anda mempunyai situs perlu dioptimalisasi, kami siap untuk mengaudit hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal