Blog adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis & Langkah Membuatnya

Blog adalah singkatan dari WebBlog yang merujuk pada website berisi konten yang biasanya diatur secara kronogolis dengan postingan yang terbaru biasanya ada di bagian homepage.
ilustrasi blog
Daftar Isi

Blog adalah website online yang berisi informasi-informasi berupa foto, video, artikel yang diperbaharui secara berkala.

Sekarang ini, blog atau web log kerap digunakan untuk menyampaikan opini ataupun membagikan informasi tentang suatu hal.

Pada artikel berikut ini, kami akan membahas tentang apa itu blog, fungsi, jenis, manfaat, perbedaan dengan website, dan langkah pembuatannya. Yuk, simak sampai habis!

Pengertian Blog

Blog adalah singkatan dari WeBlog yang merujuk pada website berisi konten yang biasanya diatur secara kronogolis dengan postingan yang terbaru biasanya ada di bagian homepage. Web log biasanya fokus pada satu tema tertentu saja.

Melansir dari situs niagahoster, sebanyak 77% internet user membaca web log dan di tahun 2020, tercatat sebanyak kurang lebih 600 juta web log aktif di seluruh dunia. 

Kata WeBlog pertama kali dipakai pada tahun 1997 oleh Jorn Barger. Beliau menggunakan istilah ini sebagai sebutan untuk kelompok website individu yang diperbarui secara berkala dan berisi komentar atau opini mereka peribadi.

Blog adalah platform yang memperbolehkan writer untuk menampilkan konten yang ingin dibagikan.

Mereka yang menekuni dunia web log dan menulis web log disebut dengan blogger. Sementara itu, aktivitas yang dilakukan oleh pemilik web log disebut dengan blogging

Fungsi Blog

Web log memiliki beberapa fungsi unggulan yang menjadi alasan dibalik peminatnya yang banyak di dunia.

Berikut beberapa manfaat blog secara umum:

1. Sebagai Portofolio Online

Portofolio merupakan halaman web log yang berisi identias, foto, proyek, dan karya yang pernah diciptakan oleh pemilik web log. Portofolio ini sangat beguna untuk penongkatan karir profesional pemilik web log. 

Perusahaan dapat dengan mudah mengakses track record dari pelamar yang merupakan pemilik web log dan mengambil keputusan dengan melihat skill dan experience yang dimiliki pelamar.

2. Sebagai Sarana Publikasi

Web log bisa menjadi sarana untuk menyalurkan kreatifitas menulis dengan mudah. Tulisan tentang kisah pribadi Anda, opini, ataupun karya lainnya dapat disalurkan dengan mudah melalui web log. 

Apabila Anda memiliki bisnis, web log dapat Anda gunakan sebagai sarana untuk stay connect dengan pelanggan melalui press release kegiatan dalam lingkungan kantor.

3. Sebagai Sarana Branding

Menulis artikel secara berkala pada web log dengan topik yang bervariasi dapat menjadi sarana personal branding sehingga orang-orang tertarik menggunakan jasa menulis Anda.

Hal itu juga berlaku pada bisnis, Anda dapat melakukan branding bisnis dengan menyajikan informasi bermanfaat yang berkaitan dengan niche bisnis perusahaan.

Seperti contoh, Sekawan Studio memiliki web log yang berisi informasi bermanfaat seputar SEO dan IT.

4. Sebagai SEO Website

Website yang memiliki web log terindeks kurang lebih 434% pada search engine sehingga dapat memperbesar peluang untuk mencapai peringkat pertama pada laman SERP.

Secara tidak langsung, cara ini juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan brand awareness perusahaan.

Jenis-Jenis Blog

Ilustrasi Blog
Ilustrasi Blog (from Unsplash)

Setidaknya ada beberapa jenis web log yang populer saat ini, di antaranya:

1. Blog Pribadi

Tujuan dari web log adalah untuk menceritakan pengalaman pribadi pemilik web log.

Pembahasan pada web log satu ini sangat beragam sesuai dengan keinginan pemilik web log. Fokus jenis web log ini tidak pada audiens, tetapi pada pemilik web log itu sendiri.

2. Blog Niche

Jenis web ini membahas topik tertentu sesuai dengan minat pemilik web log. Beberapa niche yang populer adalah:

  • Makanan: Biasanya berisi resep, ulasan restoran, dan ulasan kitchen appliances. Contoh blog niche makanan adalah smittenkitchen, anakjajan, dan thefoodescape
  • Traveling: Berbagi cerita tentang perjalanan wisata. Contoh blog niche traveling yang populer adalah nakedtraveler, catperku, dan lostpacker
  • Keuangan: Berfokus pada manajemen keuangan, usaha sampingan, dan tips budgeting. Contoh web lognya adalah adriansiaril, atur pundi, dan duwitmu
  • Fashion: Membahas trend fashion yang sedang berkembang di pasar seperti baju, tips membeli barang fashion, dan lain sebagainya
  • Kesehatan: Mencakup topik tentang resep makanan sehat, dan tips menjaga kesehatan tubuh.
  • Lifestyle: Topik tentang kecantikan, ataupun hal-hal yang mencakup kesehatan masuk ke dalam kategori ini

3. Blog Multimedia

Jenis web log ini menonjolkan konten berupa podcast dan video. Tulisan tidak terlalu diutamakan dalam jenis ini.

Selain berisi podcast dan video, web log ini juga mencakup daftar isi beserta kutipan yang penting.

4. Blog Afiliasi

Web log jenis ini berfokus pada affiliate marketing, yaitu teknik marketing dengan fokus promosi produk dan servis pihak ketiga melalui online platform.

Biasanya pemilik web log memberikan link produk atau jasa yang mengarah pada suatu toko online. Pada jenis web log ini juga terdapat beberapa ulasan produk dan layanan yang direkomendasikan.

5. Reverse Blog

Pada web log jenis ini, konten ditulis tidak hanya oleh sang pemilik web log, tetapi juga guest writer.

Biasanya pemilik web log hanya mengedit dan mengubah tulisan guest writer. Jenis ini cukup terkenal di kalangan freelancer lantaran dapat membantu meningkatkan exposure mereka.

6. Blog Berita

Jenis web log ini berisi informasi aktual yang terjadi di lingkungan sekitar, sehingga umumnya tidak berisi opini ataupun personal content.

7. Blog Bisnis atau Perusahaan

Untuk meningkatkan minat pasar maka beberapa bisnis memanfaatkan web log dengan mengunggah konten ataupun.

Penggunaan web log dalam website perusahaan juga bisa meningkatkan traffic sehingga brand awareness pun tercipta.

Perbedaan Blog dan Website

Ilustrasi Blog
Ilustrasi Blog (from Unsplash)

Meskipun web log dan website sama-sama digunakan untuk berbagai informasi dan konten di internet, tetapi dua platform tersebut memiliki beberapa perbedaan, di antaranya:

AspekBlogWebsite
Struktur Memiliki fokus pada topik-topik tertentu seperti mode, makanan, teknologi, atau kehidupan pribadiBerupa portal berita, toko online, direktori, forum, aplikasi web, dan banyak lagi
TujuanBerbagi opini, pengalaman, dan informasi terkiniMemberikan informasi, menjual produk atau layanan, menyediakan sumber daya, atau interaksi sosial
KontenDiatur secara kronologis dengan postingan terbaru muncul di bagian atasDiatur dalam berbagai struktur, tergantung pada jenis dan tujuan website tersebut. Terdiri dari berbagai halaman dan subhalaman yang dapat diakses melalui menu navigasi
Frekuensi PembaruanKonten diperbarui secara lebih sering dengan postingan baru yang ditambahkan secara teraturFrekuensi pembaruan konten tidak sesering web log. Pembaruan dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tujuan website
InteraktivitasLebih interaktif karena pembaca dapat memberikan feedback berupa masukan ataupun pertanyaan secara langung pada kolom komentarInteraktivitas bukan fokus utama layanya web log. Namun pada beberapa website menyediakan formulir kontak, forum, area komentar, dan lebih banyak lagi
Fokus dan TopikMemiliki fokus yang spesifik dan terbatas pada topik dan tema tertentuMencakup berbagai topik dan fokus yang lebih luas

Langkah-Langkah Membuat Blog

Berikut langkah-langkah membuat web log secara sederhana yang dapat Anda ikuti:

  1. Menentukan tujuan utama pembuatan blog beserta topik yang ingin Anda bahas
  2. Pilih platform blog yang sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan. Referensi beberapa platform populer yang bisa Anda gunakan untuk blogging antara lain WordPress, Blogger, Wix, atau Medium
  3. Jika Anda menggunakan platform yang memerlukan domain dan hosting, pilih nama domain yang mencerminkan isi web log Anda dan gunakan hosting untuk menyimpan data-datanya
  4. Kemudian buat akun dan desain web log Anda
  5. Tentukan struktur web log dan atur menu navigasi untuk mempermudah dalam menjelajahi web log
  6. Mulai menulis dan mengunggah tulisan atau konten di web log
  7. Jika perlu, manfaatkan media sosial untuk mempromosikan web log Anda
  8. Lakukan pembaruan konten secara teratur
  9. Pahami minat pembaca dan tren topik untuk meningkatkan web log Anda

Itulah sekilas info mengenai web log yang dapat kami sampaikan. Pada intinya, web log adalah bentuk situs web atau platform online yang digunakan untuk mempublikasikan konten secara teratur. 

Web log umumnya berisi postingan terbaru yang diurutkan secara kronologis, dengan yang terbaru muncul di bagian atas. Setiap postingan dapat berupa artikel, catatan, gambar, video, atau kombinasi dari semuanya.

Tujuan dari web log adalah untuk berbagi informasi, pengalaman pribadi, pandangan, atau konten khusus mengenai topik tertentu dengan pembaca. 

Jika Anda ingin web log perusahaan Anda tampil di halaman pertama mesin pencarian maka salah satu caranya adalah dengan mengoptimasi halaman web log tersebut.

Berkenaan dengan ini, Sekawan Studio menyediakan jasa SEO untuk mengoptimasi website Anda.

Kunjungi website Sekawan Studio untuk melihat informasi lebih detail tentang layanan ini!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.