Wix: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Membuatnya

Wix adalah sebuah platform pembuat situs web yang memungkinkan pengguna untuk membuat situs web tanpa perlu memiliki keahlian dalam pemrograman atau desain web.
wix mockup shows on screen
Daftar Isi

Anda ingin membuat website tapi tidak memiliki keahlian khusus di bidang coding dan programming? Jika iya, Wix adalah salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan.

Dewasa ini, website merupakan salah satu media digital yang banyak digunakan dalam bisnis karena dapat menunjang strategi pemasaran.

Namun masalahnya, masih banyak orang yang ragu untuk membuat website karena terhalang oleh budget atau keahlian.

Kini, Anda tak perlu lagi khawatir akan hal seperti ini karena sudah ada platform pembuatan website yang bisa digunakan dengan mudah. Mari pahami lebih lanjut apa itu Wix website di artikel berikut ini!

Apa itu Wix?

Bagi orang awam, pembuatan situs web sangatlah rumit karena harus mempelajari coding dan paham bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Ya, hal ini memang benar. Namun, perkembangan teknologi masa kini memungkinkan siapa saja untuk bisa membuat membuat website tanpa memiliki keahlian coding atau programming.

Pasalnya, kini sudah tersedia berbagai platform pembuatan website yang bisa digunakan, salah satunya yaitu Wix.

Wix adalah platform pembuatan website yang menawarkan berbagai fitur menarik untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Platform ini telah menyediakan template yang siap digunakan, sehingga pengguna bisa mendesain situs web dengan mudah.

Nah, karena kepraktisannya ini, Wix menjadi platform website builder yang populer dan banyak digunakan untuk membuat situs web bisnis skala kecil dan menengah.

Kelebihan Wix

Mengingat Wix adalah website builder yang tidak mengharuskan penggunanya bisa coding, platform ini relatif mudah untuk digunakan. Inilah yang menjadi salah satu kelebihannya.

Namun, apakah hanya itu saja? Tentu saja tidak, adapun kelebihan Wix adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Fitur yang Beragam

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda-beda, Wix menyediakan berbagai pilihan fitur, seperti tools SEO dan ratusan template desain.

Dengan tools SEO, Anda bisa menciptakan situs web yang teroptimasi dengan baik, sehingga mudah muncul di halaman SERP.

Di sisi lain, template yang ditawarkan membuat proses desain website jadi lebih mudah dan cepat.

Maka dari itu, Anda tak perlu pusing dengan cara buat website design Wix karena bisa langsung memilih template yang sudah disediakan.

2. Responsif dan Mobile Friendly

Dewasa ini, menciptakan situs web yang mobile friendly sangatlah penting. Hal ini dikarenakan, hampir seluruh pengguna internet menjelajahi internet menggunakan telepon seluler.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa membangun website menggunakan Wix.

Platform ini akan menyesuaikan layout situs web dengan tampilan komputer dan telepon seluler secara otomatis.

3. Aman

SSL merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk menilai keamanan suatu situs. Umumnya, pengunjung lebih percaya terhadap situs web yang menggunakan SSL.

Nah, jika berlangganan Wix untuk waktu tertentu, Anda akan mendapatkan sertifikat SSL yang bisa dipasang di situs web secara gratis.

4. Domain dan Hosting Terintegrasi

Wix adalah self-hosted platform yang menawarkan hosting aman, cepat, dan reliable tanpa dipungut biaya tambahan.

Dengan demikian, Anda tidak perlu mencari layanan domain dan hosting secara terpisah.

Namun, jika sudah memiliki domain sendiri, Anda bisa menggunakan dan menghubungkannya dengan situs web buatan Anda.

5. Skalabilitas Tinggi

Kelebihan selanjutnya, yaitu memiliki skalabilitas yang tinggi. Di tahap awal, Anda bisa menggunakan platform satu ini secara bebas dan gratis.

Namun, untuk menciptakan situs web yang lebih kompleks dan dinamis, Anda bisa berlangganan untuk mendapatkan fitur eksklusif lainnya.

6. Memiliki Dukungan Pelanggan yang Baik

Platform website builder ini telah menyediakan berbagai sumber daya untuk mendukung para penggunanya.

Adapun dukungan pelanggan yang disediakan, yaitu video tutorial dan komunitas yang bisa membantu menjawab pertanyaan Anda.

Kekurangan Wix

Setiap aplikasi atau platform tentu memiliki keterbatasan sendiri. Adapun kekurangan Wix adalah sebagai berikut:

1. Kostumisasi Template Terbatas

Kekurangan yang pertama, yaitu adanya batasan kostumisasi template. Memang, Wix menyediakan berbagai template untuk Anda gunakan.

Namun, kostumisasi setiap tampilannya terbatas. Jadi, Anda mungkin akan kesulitan dalam mengubah tata letak atau fitur sesuai kebutuhan.

2. Ruang Penyimpanan Terbatas

Dalam versi gratisnya, Wix menyediakan ruang penyimpanan hingga 500MB. Kapasitas ini mungkin cukup untuk situs web pribadi atau portofolio.

Namun, untuk situs web bisnis, Anda tentu membutuhkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar untuk menyimpan semua file dan dokumennya.

Nah, untuk meningkatkan kapasitas ini, Anda perlu meng-upgrade paket layanan hosting. Artinya, Anda harus menyiapkan biaya tambahan.

3. Ketergantungan Pada Server

Apabila menggunakan layanan hosting bawaan platform, Anda tidak akan memiliki kontrol penuh atas server Anda sendiri.

Jadi, jika nanti terjadi kesalahan dalam server, situs web Anda akan mengalami downtime.

4. Tidak Memiliki Fitur Backup Otomatis

Maintenance website secara rutin ditujukan untuk menjaga kesehatan dan keamanan situs web. Agenda pemeliharan ini mencakup pemeriksaan server hingga bug atau error.

Di samping itu, penting juga untuk melakukan backup secara rutin untuk meminimalisasi kehilangan data di kemudian hari.

Nah, sayangnya, Wix tidak memiliki fitur backup data otomatis, sehingga Anda harus melakukannya secara manual.

Cara Membuat Website Menggunakan Wix

Setelah memahami kelebihan dan kekurangannya, mari masuk dalam pembahasan bagaimana cara membuat situs menggunakan platform Wix.

Adapun cara membuat Wix site adalah sebagai berikut:

1. Daftar Akun

Pertama-tama, Anda perlu membuat akun dulu. Caranya, pergi ke alamat Wix.com, kemudian klik login di pojok kanan atas, atau klik tombol “mulai” di halaman utama yang muncul.

Kemudian, masukkan data-data yang diminta, yaitu e-mail dan password, kemudian klik Sign Up. Jika tidak ingin membuat akun baru, Anda bisa masuk menggunakan akun Google.

2. Jawab Berbagai Pertanyaan yang Diajukan

Setelah berhasil masuk, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pertanyaan, salah satu pertanyaannya yaitu, apa jenis website yang ingin Anda buat?

Jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk menjawab semua pertanyaannya dengan benar.

Sebab, Wix akan menggunakan jawaban tersebut untuk memberikan rekomendasi template desain website.

3. Pilih Template

Nah, setelah menjawab semua pertanyaannya, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan template.

Perlu diingat, jika Anda menggunakan salah satu template yang ditawarkan, Anda tidak bisa mengubah elemen-elemennya.

Jadi, jika ingin berkreasi dan mendesain website sesuai preferensi, Anda bisa klik “Skip” di pojok kanan atas dan mulai mendesain website dengan halaman kosong.

4. Mulai Atur Tampilan

Setelah menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan, Anda bisa mulai membangun situs web dengan mengatur tampilannya.

Caranya, klik “Design Site”, lalu pilih “Let Wix create a site for you”. Kemudian, Anda tinggal memasukkan informasi tambahan yang diminta dan pilih tema sesuai dengan persona bisnis.

5. Publish Website

Setelah mendesain dan mengedit elemen website sesuai kebutuhan dan persona bisnis, Anda bisa memeriksa tampilan situs web secara keseluruhan dengan mengklik “Preview”.

Jika kurang puas dengan tampilannya, Anda bisa mengeditnya lagi. Namun, jika tampilan sudah sesuai dengan yang diinginkan, Anda bisa mengunggah website tersebut agar tersedia secara online di internet.

Perbandingan Wix vs WordPress

Selain Wix, ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat website, salah satunya yaitu WordPress.

WordPress merupakan platform yang populer dan banyak digunakan oleh situs web perusahaan ternama. Nah, jika dibandingkan dengan Wix, mana yang lebih baik? Berikut penjelasannya.

1. Ketersediaan Plugin

Wix memungkinkan Anda untuk menambahkan aplikasi dan mengintegrasikan media sosial dengan situs web. Namun, plugin dan fitur yang disediakan terbatas.

Beberapa fitur yang disediakan platform ini, yaitu bookings, forum, music, video, instagram feeds, events, dan beberapa lainnya.

Di sisi lain, WordPress menyediakan puluhan ribu plugin untuk menunjang fungsionalitas situs web sesuai kebutuhan bisnis.

2. Layanan Dukungan

Wix menyediakan dukungan pengguna yang lengkap. Dalam hal ini, ada 3 layanan dukungan yang bisa Anda hubungi, di antaranya yaitu call center, online help center, dan akun media sosial mereka.

Sementara itu, WordPress tidak menyediakan layanan dukungan semacam ini. Layanan dukungan di WordPress tersedia dalam bentuk forum yang berisikan pengguna WordPress dari seluruh dunia.

3. Kostumisasi Desain

Baik Wix dan WordPress sama-sama menyediakan berbagai pilihan template situs web. Namun, kostumisasi template Wix sangat terbatas.

Sekali Anda memilih satu template, Anda tidak bisa mengubah desainnya sesuai dengan identitas brand. Hal ini berbeda dengan WordPress.

WordPress memungkinkan Anda untuk meng-custom tampilan situs web secara bebas. Bahkan, Anda juga bisa memilih berbagai macam template yang sudah disediakan.

4. Keamanan

Dari segi keamanan, Wix lebih unggul karena Anda tidak bisa mengubah fungsionalitasnya. Sementara itu, WordPress memiliki risiko keamanan yang tinggi karena platform ini bersifat open-source.

5. SEO

Wix website otomatis disesuaikan dengan aturan SEO, Anda bisa mengganti judul, H1, deskripsi dengan mudah tanpa harus menginstall plugin.

Di sisi lain, WordPress memungkinkan Anda untuk mengatur SEO situs web secara bebas dengan menggunakan plugin yang tersedia.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Wix hingga perbandingannya dengan WordPress.

Kesimpulannya, Wix adalah platform pembuatan website yang tidak mengharuskan penggunannya untuk memiliki kemampuan coding.

Dari segi keamanan dan kemudahannya, platform ini cocok digunakan untuk pemula yang ingin membuat situs web bisnis dengan skala kecil dan menengah.

Namun, platform ini tidak cocok untuk situs web bisnis dengan skala besar karena kostumisasi desain dan penyimpanannya terbatas. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membuat situs web untuk bisnis skala besar, lebih baik membuat website menggunakan WordPress.

Soal ini, Sekawan Studio bisa membantu Anda menciptakan situs web memakai WordPress melalui jasa pembuatan website yang disediakan.

Jasa ini menawarkan layanan dan fitur yang lengkap untuk Anda, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Kami juga akan memastikan desainnya responsif, SEO friendly, dan sesuai dengan persona perusahaan. Tunggu apalagi? Segera kunjungi laman kontak dan hubungi kami sekarang!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.