Pengertian Mobile Friendly Serta Urgensinya untuk SEO.

Mobile friendly merupakan suatu istilah bagi sebuah situs web yang dapat dengan luwes menyesuaikan dengan perangkat mobile para pengguna. Dapat juga diartikan sebagai ukuran dari seberapa baik situs web dirancang dan dioptimalkan untuk dimuat pada perangkat seluler seperti smartphone maupun tablet.
mobile friendly
Table of Contents

Belakangan ini, situs web yang mobile friendly tidak sulit untuk ditemui. Pastinya anda pernah mengunjungi beberapa situs yang kurang nyaman maupun sangat nyaman saat dikunjungi lewat perangkat mobile. Seiring dengan berkembangnya teknologi, tuntutan akan suatu website yang ramah dengan perangkat mobile pun kian meningkat. Kemudahan serta kenyamanan dalam mengakses situs web menjadi satu dari beberapa fokus dari para webmaster. Lalu, apakah anda sudah familiar dengan istilah mobile friendly? Jika belum, mari kita mengakrabkan diri dengan istilah mobile friendly!

Apa itu Mobile Friendly?

Mobile friendly merupakan suatu istilah bagi sebuah situs web yang dapat dengan luwes menyesuaikan dengan perangkat mobile para pengguna. Dapat juga diartikan sebagai ukuran dari seberapa baik situs web dirancang dan dioptimalkan untuk dimuat pada perangkat seluler seperti smartphone maupun tablet. Saat mengunjungi situs web yang ramah akan perangkat seluler, web tersebut tidak akan menampilkan iklan-iklan interstisial yang mengganggu atau agresif, di mana iklan tersebut dapat memblokir konten yang terlihat pada perangkat seluler.

Lalu, kapankah situs web dikatakan sudah mobile friendly selain tidak mengandung iklan-iklan tersebut? Kami merangkum pendapat dari Yoast yang mengatakan bahwa terdapat 7 kemungkinan suatu situs web merupakan situs mobile friendly.

  1. Pengguna akan merasa terbantu dalam menyelesaikan tugas dengan cepat serta menyenangkan
  2. Dimuat dengan benar pada perangkat seluler seperti smartphone atau tablet
  3. Konten disajikan dengan cara yang mudah dibaca tanpa harus merepotkan pengguna dengan melakukan zoom in atau zoom out
  4. Ruang untuk bernavigasi dengan sentuhan yang ditawarkan relatif banyak
  5. Menawarkan nilai tambah bagi pengguna ponsel
  6. Dapat dimengerti secara langsung oleh mesin pencari

Untuk mencapai suatu situs web ramah akan perangkat seluler, terdapat dua cara yang dapat dilakukan, yakni;

  1. Gunakan mobile first atau desain web responsif
  2. Buat situs web terpisah yang dioptimalkan untuk perangkat seluler dan mengalihkan pengguna mobile ke situs tersebut

Anda dapat mencapai suatu pengalaman situs web konsisten di semua perangkat dengan situs mobile friendly yang disederhanakan. Mengharuskan pengguna melakukan zoom in atau mencubit layar sentuh mereka mungkin saja bisa menjadi pengalaman kurang ideal bagi para pengguna.

Apa Pentingnya untuk SEO?

Mobile Friendly memang penting untuk SEO sebab aspek ini merupakan sebuah sinyal bagi algoritma Google saat mendeteksi pengguna sedang melakukan pencarian menggunakan perangkat seluler. Secara umum, situs web dengan keramahan terhadap perangkat seluler berada di peringkat unggul dibandingkan dengan situs web yang tidak mobile friendly.

Situs web anda harus ramah terhadap perangkat seluler karena lebih dari setengah lalu lintas (traffic) web global berorientasi atau berasal dari perangkat seluler. Google memprioritaskan kecepatan pemuatan halaman seluler sebagai matrik utama saat menentukan peringkat pencarian dari situs web anda. Hal tersebut disebabkan oleh 94% lalu lintas organic search berasal dari Google. Website ramah perangkat seluler atau mobile friendly berfungsi untuk kompabilitas seluler para pengguna.

Data lain menyebutkan bahwa orang-orang cenderung menghabiskan 70% waktunya untuk menyelami internet menggunakan perangkat seluler. Jika para pengguna menghabiskan sebagian besar waktunya menggunakan perangkat seluler untuk menjelajahi web, perlu bagi anda untuk memastikan bahwa mereka memiliki pengalaman menyenangkan atau positif ketika mengunjungi situs web anda. Jika anda tidak mulai beradaptasi dengan hal tersebut, maka besar risiko anda untuk kehilangan prospek bisnis anda karena pengalaman akses web pada perangkat seluler yang buruk.

Baca juga :
Apa itu Core Web VItals dan Panduan Tepat untuk Mengoptimalkannya
Mengenal User Experience, Langkah Penting Maintenance Web Bisnis Anda

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Website Mobile Friendly?

Google telah mempermudah proses pemeriksaan seberapa baik situs web dimuat dalam suatu perangkat seluler. Anda dapat melakukan langkah tersebut dengan menggunakan Google Search Console. Cukup masukkan URL situs web anda lalu Google akan memberi tahu apakah website tersebut dianggap sebagai mobile friendly atau tidak berdasarkan algoritma yang bekerja. Anda juga dapat memasukkan kode untuk menguji apakah sebuah situs yang baru dikembangkan termasuk website mobile friendly.

Cara mudah untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan melibatkan Google. Gunakan alat penguji laman seluler yang telah disediakan oleh Google. Selain Google, anda juga dapat menggunakan beberapa situs seperti SEMRush dan WooRank.

Kelebihan Mobile Friendly

1. Kenyamanan dalam Mengakses

Selain kemudahan, kenyamanan dalam mengakses website ramah pengguna seluler juga dapat dirasakan secara signifikan. Dikarenakan desain, kecepatan, dan optimasi yang sudah disesuaikan dengan keadaan perangkat seluler pengguna, membuat hal tersebut menjadi poin plus tersendiri bagi website ramah satu ini. Kenyamanan paling menonjol ada pada tampilan website, di mana tampilan tersebut telah disesuaikan dengan ukuran layar perangkat seluler pada umumnya.

2. Preferensi Personal

Selain kenyamanan dalam mengaksesnya, website ramah seluler juga menawarkan keuntungan lain seperti menyediakan opsi lebih luas terkait dengan preferensi personal dalam mengakses websitenya.

3. Pengalaman pengguna

Bagi para pengguna seluler yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mengakses informasi melalui perangkat seluler, mobile friendly dapat meningkatkan pengalaman mereka sebagai pengguna saat menjelajahi situs web tertentu. Karena tampilan yang khusus dirancang untuk pengguna perangkat seluler, hal tersebut dapat meninggalkan kesan positif bagi pengguna.

Kekurangan Mobile Friendly

   1. Pemeliharaan

Salah satu kekurangan yang dapat anda rasakan saat mengembangkan situs ramah seluler adalah proses pemeliharaannya. Mengapa demikian? Pemeliharaan website yang dikhususkan untuk perangkat seluler satu ini membutuhkan waktu dan usaha lebih.

   2. Kompatibilitas

Kekurangan lain yang dimiliki oleh website mobile friendly adalah masalah pada kompatibilitas. Di mana, kompatibilitas untuk website tersebut memerlukan perkembangan lebih lanjut yang terpisah.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Website Mobile Friendly?

Setelah mengetahui bagaimana cara mengecek apakah website anda termasuk dalam website yang ramah akan perangkat seluler, kini saatnya beralih ke bagaimana anda melakukan optimasi terhadap mobile friendliness dari website anda. Berikut beberapa poin yang bisa kami sajikan.

  1. Fokus pada kemudahan dan kesenangan pengguna saat mengunjungi website anda. Tawarkan pengalaman luar biasa kepada pengguna. Saat hal tersebut terjadi, anda juga akan bisa melihat bahwa Google pun menikmatinya. Perbanyak lakukan riset tentang tujuan dari pengguna datang dan kegiatan apa saja yang paling sering mereka lakukan saat mengunjungi situs web anda.

  2. Tingkatkan kecepatan memuat situs anda. Ini menjadi salah satu hal krusial yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan SEO pada situs mobile friendly. Kecepatan sudah menjadi faktor peringkat selama bertahun-tahun lamanya. Google pun semakin terfokus untuk memperbaiki masalah umum satu ini.

  3. Setiap permintaan yang harus dibuat oleh situs ada berdampak pula pada kecepatan memuat situs. Anda setidaknya harus mengurangi permintaan tersebut. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengecilkan kode.

  4. Pengalihan (redict) kerap kali mengarahkan pengunjung dari satu laman yang diinginkan ke laman lain karena dihapus atau dipindahkan. Meskipun mengarah kepada pengalaman pengguna yang cenderung baik, semakin banyak pengalihan maka semakin lambat pula situs anda dalam memuat informasi di dalamnya. Cobalah untuk membuat tautan langsung.

  5. Dengan menggunakan cache browser, anda sama saja dengan menginformasikan bahwa elemen halaman yang tidak sering berubah dapat disimpan di dalam suatu chace. Dengan ini, browser hanya perlu mengunduh konten baru dan dinamis setiap kali pengguna mengunjunginya lagi.

  6. Fokus pada user experience. Jika ingin berhasil dalam optimasi website mobile friendly, anda harus fokus pada pengalaman pengguna atau user experience. Desain responsive merupakan bagian dari user experience yang positif. Ketika prospek dapat mengakses dan menjelajahi situs dengan mudah pada perangkat seluler, hal tersebut tentu memberi kesan atau pengalaman positif bagi mereka. Meskipun desain responsive merupakan sebuah batu loncatan untuk menciptakan pengalaman seluler lebih baik, anda juga perlu menambahkan elemen lain untuk memastikan jika website anda benar-benar menawarkan pengalaman luar biasa.

Kesimpulan

Data yang menunjukkan bahwa pengguna cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencari informasi menggunakan perangkat seluler membuat kita harus lebih sadar akan pentingnya mengoptimalkan tampilan mobile friendly yang disuguhkan oleh situs website. Kenyamanan akan menggunakan atau mengunjungi suatu website dengan perangkat seluler dapat dinilai dari berbagai aspek salah satunya adalah kecepatan memuat. Selain fokus pada hal-hal untuk optimasi website mobile friendly, penting juga bagi anda untuk memperhatikan faktor lain yang juga diperlukan dalam proses optimasi secara keseluruhan.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.