Apa itu NOC (Network Operation Center)? Ini Penjelasannya!

NOC adalah sebuah tempat terpusat yang berfungsi sebagai penjaga dan pengontrol seluruh kondisi dari jaringan dari perusahaan
network operation center
Daftar Isi

Ketika bekerja pada bidang layanan dan jaringan IT, hal yang perlu diperhatikan juga adalah keamanan jaringan tersebut. Suatu perusahaan memiliki layanan internet dengan pelanggan yang banyak membutuhkan tingkat penjagaan yang baik.

Penjagaan yang dimaksud adalah NOC. NOC atau disebut juga dengan network operation center adalah penjaga dan pengontrol seluruh jaringan dalam suatu perusahaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan internet.

Penjelasan network operation center beserta dengan cara kerja dan manfaatnya bagi perusahaan akan dijelaskan dalam artikel berikut. Yuk simak sampai habis!

Apa itu NOC?

NOC adalah sebuah tempat terpusat yang berfungsi sebagai penjaga dan pengontrol seluruh kondisi dari jaringan dari perusahaan. Kepanjangan NOC adalah Network Operation Center

Network Operation Center menjadi lokasi terpusat untuk melakukan monitoring dan manajemen dari peristiwa yang dapat memengaruhi layanan infrastruktur setiap harinya. Tugas NOC adalah memantau masalah yang ada dalam jaringan, baik server mati atau overload.

Kontrol dari network operation center  ini berguna sebagai sistem saraf untuk mengelola dan mengoptimasi tugas penting dari bisnis seperti network troubleshooting, pembaruan perangkat lunak, pemantauan kerja, dan koordinasi jaringan afiliasi.

Cara Kerja NOC

Network operation center bekerja pada lokasi terpusat saat staf teknis melakukan proses pengawasan selama 24 jam untuk memonitor manajemen layanan, database, layanan eksternal, firewall, dan jaringan dari perusahaan.

Ilustrasi Cara Kerja Noc
Ilustrasi cara kerja NOC (from Freepik)

Tugas dari staff network operation center melakukan beberapa kegiatan berikut:

  1. Memonitor update dari jaringan
  2. Manajemen komunikasi
  3. Manajemen firewall
  4. Membuat laporan dari performa dan kualitas jaringan
  5. Instalasi software., patching, dan troubleshooting
  6. Policy enforcement
  7. Analisis gangguan
  8. Intrusion prevention center
  9. Incident response

Para staf dari network operation center  memiliki tanggung jawab untuk mengatasi masalah, anomali, atau threats sebelum masalah tersebut dapat mengganggu operasi bisnis atau menyebabkan permasalahan lainnya.

Baca Juga: Kenali Firewall Beserta Manfaat dan Cara Memblokir

Manfaat NOC

Network operation center memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Berikut ini adalah manfaat dari network operation center:

1. IT Department Lebih Efisien

Ilustrasi Tim It
Ilustrasi tim IT (from freepik)

Setiap permasalahan dan kendala dari jaringan telah dilakukan oleh teknisi network operation center, maka karyawan hanya dapat fokus pada proyek penting mengenai ide-ide baru untuk kemajuan bisnis.  

2. Skalabilitas

Sistem network operation center mudah untuk ditingkatkan. Perusahaan yang tumbuh dan berekspansi ke pasar dan lokasi baru dapat ditingkatkan dengan network operation center

Network operation center juga dapat meningkatkan dan menangani lokasi perusahaan baru tersebut. 

3. Eliminasi Downtime

Pemantauan yang dilakukan setiap hari oleh network operation center memastikan semua perangkat lunak, keras, dan jaringan dapat berfungsi dengan maksimal secara nonstop. Network operation center dirancang sebagai pencegahan sebelum terjadinya masalah.

4. Respon Penyelesaian Masalah Dengan Cepat

Teknisi network operation center secara kontinu memonitor sistem jaringan dan identifikasi masalah secara cepat. Bahkan, tim tersebut dapat menangani ancaman sebelum menjadi masalah yang artinya setiap masalah dapat diselesaikan dengan cepat.

5. Optimasi Jaringan

Network operation center juga memberikan laporan secara real time terkait kesehatan dari jaringan dan area yang dapat diperbaiki serta melakukan perbaikan dan pengembangan agar jaringan semakin kuat.

Profesi NOC Engineer

Ilustrasi Profesi Noc Engineer
Ilustrasi profesi NOC engineer (from freepik)

Teknisi atau NOC Engineer adalah orang yang bekerja dalam pengontrolan dan pengawasan suatu jaringan yang bertugas untuk memastikan layanan dapat berjalan dengan baik. Profesi ini bekerja di bidang IT dan telekomunikasi dan memiliki karier yang menjanjikan. 

Sistem ini memiliki peran untuk memastikan layanan dapat dinikmati dengan baik oleh pelanggan. Banyak jenis NOC Engineer, antara lain:

  1. Network Operation center VSAT
  2. NOC Wireless atau Radio
  3. NOC Wireline atau FO (Fiber Optik)

Ketika terjadi masalah, tim network operation center engineer adalah orang yang pertama kali dihubungi. Tim engineer harus segera melakukan eskalasi untuk segera memperbaiki kesalahan yang terjadi. Gaji NOC engineer berkisar antara 6-15 juta per bulan tergantung faktor pengalaman dan keterampilan.

Berikut ini adalah peran tim NOC engineer dalam perusahaan:

  • Melakukan pemecahan masalah yang muncul dan mengambil tindakan dengan proses eskalasi sesuai SOP perusahaan.
  • Mengelola spesifikasi layanan untuk memenuhi target yang telah ditetapkan.
  • Mengelola komunikasi pelanggan dengan memberikan arahan kepada divisi helpdesk.
  • Menganalisis masalah jaringan.
  • Melaporkan tugas dan membuat pengumuman atas eskalasi dan langkah yang akan diambil.

Cara Mengelola NOC

Hanya network operation center engineer atau teknisi yang dapat mengelola sistem ini dengan baik. Para teknisi ini bertanggung jawab untuk memantau jaringan besar. Pemantauan dapat dilakukan pada lokasi terpusat. Teknisi NOC bertugas untuk menyebarkan firewall dan router

Para teknisi tersebut harus mengamati titik akhir, server, dan lalu lintas jaringan. Teknisi tersebut bertanggung jawab untuk menginstal perangkat lunak dan keras. Bahaya yang harus diperhatikan adalah DOS dan malware

Mengapa Perusahaan Perlu NOC?

Ketika perusahaan memiliki jumlah pengguna yang besar, malware dan traffic website dapat memengaruhi performa website. Perusahaan sangat memerlukan peran NOC apalagi perusahaan yang beroperasi setiap hari. 

Layanan IT dan jaringan sangat diperlukan bagi beberapa industri. Contohnya pada bidang telekomunikasi, layanan finansial, manufaktur, dan energi. Pada industri tersebut, jaringan dan layanan IT sangat vital sehingga memerlukan network operation center.

Tanpa adanya network operation center, sebuah bisnis akan sangat rentan terjadinya masalah dan kendala pada firewall. Salah satu penyebabnya berupa hacker atau karyawan yang tidak sengaja menghapus file konfigurasi. Adanya network operation center dapat membantu bisnis berjalan tanpa adanya kendala.

Baca Juga: Protokol Jaringan: Pengertian, 6 Jenis, Contoh dan Fungsi

Itulah dia penjelasan tentang network operation center, mulai dari pengertian, cara kerja, manfaat, dan pentingnya untuk perusahaan.

NOC adalah sistem yang sangat berguna bagi perusahaan. Tanpa adanya sistem ini, sebuah sistem dalam perusahaan akan sangat rentan terhadap hacker dan kerusakan sistem jaringan.

Network operation center dapat berperan dalam pemantauan dan manajemen keamanan jaringan, termasuk deteksi serangan siber dan perlindungan terhadap ancaman keamanan yang mungkin mempengaruhi situs web. 

Penting bagi perusahaan untuk membuat website yang aman dari berbagai serangan siber. Berkenaan dengan ini, Sekawan Studio menyediakan layanan jasa pembuatan website yang aman bagi jalannya bisnis dan perusahaan Anda.Jika tertarik.

Yuk, kunjungi website Sekawan Studio untuk informasi yang lebih lengkap!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.