Router: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Bedanya dengan Modem

Router menghubungkan beberapa jaringan komputer dan mengarahkan lalu lintas data antar perangkat dengan memberikan prioritas pada jenis data yang berbeda serta melindungi jaringan dari serangan dan ancaman keamanan.
router
Daftar Isi

Pernahkan Anda mengalami kesulitan saat menyambungkan perangkat ke internet? Jika hal itu terjadi, kemungkinan besar, Anda memerlukan sebuah perangkat yaitu router.

Dengan menggunakan router, dapat memungkinkan beberapa perangkat terhubung ke jaringan internet. Tapi, apa sih sebenarnya pengertian, fungsi, dan jenis-jenis dari router? Lalu, bagaimana cara kerjanya serta apa perbedaannya dengan modem? Yuk, simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih detail!

Pengertian Router

Dilansir dari laman Cloudfare, router adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan atau sub-jaringan yang menggunakan paket data.

Perangkat ini merupakan salah satu komponen penting dalam jaringan komputer yang dapat membantu menghubungkan perangkat-perangkat dalam jaringan dan memastikan lalu lintas data dapat diatur dengan baik serta terlindungi dari ancaman keamanan.

Fungsi Router

Fungsi Router
Gambar Router (Foto: Unsplash)

Perangkat jaringan yang satu ini memiliki banyak fungsi dalam pengaturan lalu lintas data di dalam jaringan. Berikut adalah beberapa fungsinya. Simak penjelasannya dibawah ini!

1. Menghubungkan Jaringan

Berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer secara bersama-sama, baik itu jaringan lokal (LAN) maupun jaringan luas (WAN).

2. Mengarahkan Lalu Lintas Data

Perangkat ini bekerja dengan mengatur dan memeriksa lalu lintas data di jaringan serta memilih jalur terbaik untuk mengirim data dari sumber ke tujuan.

3. Menjaga Keamanan Jaringan

Tak hanya itu, perangkat ini juga dapat melakukan fungsi keamanan, seperti firewall dan enkripsi yang digunakan untuk melindungi jaringan dari serangan dan ancaman keamanan.

4. Mengelola Lalu Lintas Jaringan

Dapat mengelola lalu lintas jaringan dengan memberikan prioritas tertentu pada jenis data yang berbeda, misalnya seperti video atau suara, untuk memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik dalam menggunakan jaringan.

5. Memungkinkan Akses Internet

Memungkinkan pengguna untuk mengakses internet melalui jaringan Wi-Fi dengan menghubungkan perangkat ke modem atau sumber internet lainnya.

6. Memfasilitasi Komunikasi Antar-Perangkat

Menariknya lagi, perangkat ini juga dapat memfasilitasi komunikasi antar-perangkat dalam jaringan, seperti berbagi printer atau file antara perangkat.

Baca Juga: Topologi Star: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Fungsi

Jenis-jenis Router

Berdasarkan fungsinya, terdapat beberapa jenis router yang dapat digunakan. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini.

1. Router LAN

Merupakan jenis yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat pada jaringan lokal atau biasa disebut LAN. Fungsinya adalah untuk meneruskan paket data antar perangkat pada jaringan tersebut.

Dapat digunakan pada jaringan kecil hingga menengah yang memiliki jumlah perangkat yang relatif sedikit.

2. Router WAN

Digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan area luas (WAN) seperti internet. Memiliki fitur yang lebih kompleks dibandingkan dengan jenis LAN, karena harus dapat menangani lalu lintas data yang lebih besar dan kompleks pada jaringan yang lebih besar.

Tak jarang juga digunakan pada perusahaan yang memiliki kantor cabang di berbagai wilayah dan memerlukan koneksi internet yang stabil.

3. Modular

Jenis yang dirancang untuk memungkinkan penambahan modul tambahan untuk menambahkan fitur atau kapasitas jaringan.

Dapat memudahkan pengguna dalam memperluas fungsionalitas dan kapasitas jaringan tanpa harus mengganti perangkat secara keseluruhan dan sering digunakan oleh perusahaan yang memiliki kebutuhan jaringan yang kompleks.

4. Wireless

Salah satu jenis yang penggunaannya memanfaatkan teknologi nirkabel untuk menghubungkan perangkat pada jaringan dan sering digunakan pada rumah atau perkantoran kecil.

Karena lebih mudah dalam pengoperasiannya dan tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan perangkat.

5. Core

Terletak di pusat jaringan dan bertugas untuk mengarahkan lalu lintas data ke arah yang tepat. Merupakan salah satu jenis yang paling penting dalam sebuah jaringan besar.

Jenis ini harus memiliki performa yang handal dan kapasitas yang besar untuk mengelola lalu lintas data yang sangat besar pada jaringan.

6. Edge

Jenis ini terletak di tepi jaringan dan bertugas untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan luar atau internet. Dapat mengelola lalu lintas data yang besar dan kompleks pada jaringan yang lebih besar.

Sering digunakan pada perusahaan yang memiliki kebutuhan akses internet yang stabil dan cepat.

7. Virtual

Berada di dalam mesin virtual pada server dan digunakan untuk mengelola jaringan virtual. Sehingga, memungkinkan pengguna untuk membuat jaringan virtual dengan kapasitas dan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

8. Personal

Merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan pada rumah atau perkantoran kecil untuk menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan. Biasanya memiliki kapasitas yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis lainnya.

Namun perlu diingat, bahwa pemilihan jenis router yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jaringan yang ada. Karena, dengan pemilihan yang tepat, akan membantu memastikan koneksi jaringan yang stabil dan cepat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Cara Kerja Router

Cara Kerja Router
Cara Kerja Router (Foto: Unsplash)

Berikut ini adalah cara kerja router, dimana cara kerjanya sendiri didasarkan pada konsep rute atau jalur. Karena, perangkat ini memiliki peranan dan fungsi sebagai penghubung antara jaringan serta memilih jalur tercepat dan terbaik untuk mengirimkan data.

1. Mengarahkan Lalu Lintas Data

Perangkat ini bekerja dengan mengarahkan lalu lintas data ke alamat tujuan yang tepat di dalam jaringan atau di luar jaringan, melalui koneksi yang tersedia.

2. Menggunakan Tabel Rute

Kemudian, menggunakan tabel rute untuk menentukan jalur atau rute mana yang harus diambil untuk mengirim data ke alamat tujuan. Tabel rute ini terus diperbarui dan diatur untuk memastikan pengiriman data yang efisien.

3. Menyediakan Proteksi

Perangkat ini juga menyediakan proteksi atau perlindungan terhadap serangan dan ancaman yang memungkinkan terjadinya perusakan atau pengambilalihan data yang dikirim melalui jaringan.

Hal tersebut dilakukan dengan mengontrol akses dan memblokir akses yang mencurigakan.

4. Membagi Koneksi Internet

Lalu koneksi internet dibagikan ke beberapa perangkat di dalam jaringan sehingga setiap perangkat dapat terhubung ke internet dengan aman dan stabil.

Perbedaan Router dengan Modem

Router dan modem adalah dua perangkat yang cukup sering digunakan dalam jaringan komputer, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Modem sendiri berfungsi untuk mengonversi sinyal internet yang diterima melalui kabel koaksial atau yang sering disebut dengan serat optik, menjadi sinyal digital yang dapat dipahami oleh komputer atau perangkat lainnya.

Sedangkan router digunakan untuk mengarahkan lalu lintas data antara berbagai perangkat dalam jaringan, serta memungkinkan pengguna untuk mengakses internet melalui jaringan Wi-Fi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa, meskipun keduanya berfungsi untuk memungkinkan akses internet, perbedaan utama antara kedua perangkat ini adalah terletak pada fungsinya dalam jaringan.

Itulah penjelasan mengenai router, mulai dari pengertian hingga perbedaannya dengan modem. Nah, selain artikel ini, Anda juga bisa menggali informasi lebih banyak dan mendapatkan insight melalui Sekawan Studio Blog disini.

Anda dapat menggunakan layanan jasa maintenance website milik Sekawan Studio untuk menjaga website supaya terhindar dari permasalahan yang merugikan.

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.