Lupa Kata Sandi Email? Begini Cara Atasinya.

Email atau elektronic mail menjadi sebuah syarat utama ketika anda ingin membuat akun baik di sosial media maupun akun di aplikasi. Sebegitu pentingya email membuat email mau tidak mau harus dimiliki oleh tiap orang yang mengoperasikan handphone. Penggunaan email yang sangat efisien membuat penerima surat dapat langsung membaca surat yang dikirimkan saat itu juga tanpa menunggu hitungan hari meskipun terpisahkan oleh jauhnya jarak. Hal ini dikarenakan email menggunakan jaringan internet, namun ketika jaringan internet mengalami kendala maka, surat tidak dapat terkirim dan tersampaikan.
lupa kata sandi email
Table of Contents

Pada dunia perkantoran, email menjadi hal utama karena penggunannya yang simpel dan efektif mengingat kebutuhan surat menyurat pada perkantoran sangatlah banyak dan penting. Tentunya dengan menggunakan email pada perkantoran dalam menghemat waktu, biaya serta tenaga. Kini, layanan email juga telah menyediakan inovasi baru yakni pengguna dapat mengirimkan pesan singkat atau chat melalui sesama pengguna program email. Namun, fitur baru ini digunakan sebagai media berkirim pesan singkat yang tidak resmi. Nah, lalu bagaimanakah jika anda lupa dengan passwordnya? Tidak perlu khawatir karena cara memperbaikinya cukup mudah. Sebelum mengetahui cara memperbaiki password email, mari kita simak seluk beluk mengenai email.

Pengertian Email

Email atau elektronik mail adalah sebuah metode berkirim surat yang berbentuk elektronik dan tidak menggunakan pos sebagai media pengiriman, tetapi menggunakan jaringan internet sebagai media pengirimannya, sehingga setiap orang yang melakukan kegiatan surat menyurat dengan email harus menggunakan komputer, laptop atau handphone yang memiliki fasilitas internet. Email menggunakan metode pengiriman, penerimaan dan penyimpanan pesan melalui sistem komunikasi elektronik berupa internet. Dalam prosesnya email ditulis, dikirim, diterima hingga dibaca melalui media elektoronik. Mico Pardosi (2001) menjelaskan bahwa email merupakan surat menyurat dalam internet.

Sejarah Email

Email merupakan bagian penting yang ikut berpartisipasi dalam perkembangan internet. Pada tahun 1961 MIT (Massachusetts Institute of Technology) mulai melakukan riset dan mulai mengembangkan CTSS (Compatible Time-Sharing System) yang membuat banyak pengguna dapat mengakses IBM 7094 (Internatioal Business Machines Coorporation) dari terminal yang jauh dan menyimpan dokumen ke dalamnya. Kemampuan ini memotivasi banyak pengguna untuk berbagi informasi dalam bentuk baru. Pada tahun 1965, email mulai digunakan sebagai cara berkomunikasi yang baru melalui mainframe komputer. 

Beberapa sistem yang telah memiliki fasilitas tersebut yakni Q32 milik SDC dan CTSS milik MIT. pada tahun-tahun berikutnya email mulai berkembang pesat menjadi email jaringan yang dapat mengirimkan pesan melalui komputer yang berbeda. Jaringan komputer ARPANET juga turut memberikan kontribusi yang besar dalam evolusi email karena membuat email dapat mengirimkan pesan di antara sistem yang berbeda pada tahun 1969. Ray Tomlison, seorang mantan MITI yang bekerja pada sistem operasi TENEX untuk BBN teknologi sebagai kontraktor ARPANET mulai menerapkan penggunaan tanda @ untuk memisahkan antara nama pengguna dan mesin pada tahun 1971. Sejak saat itu, ARPANET meningkatkan popularitas email secara signifikan hingga menjadi email yang saat ini. 

Manfaat Email

  1. Mengirim dan menerima pesan

Fungsi utama email adalah untuk berkirim pesan kapan pun, dimana pun dan dengan siapa pun. Pesan akan secara cepat terkirim dalam hitungan detik. Meskipun kehadiran aplikasi pesan singkat mulai menggeser popularitas email, namun email tetap digunakan untuk berikirim pesan secara profesional karena dianggap lebih sopan. Selain itu, anda juga bisa mengirim foto, dokumen serta video tanpa takut terdistorsi ukurannya. Tinggal lampirkan pada “attachmentfile yang akan dikirimkan. 

  1. Akses untuk mendaftar sosial media

Dengan memiliki email, anda dapat dengan mudah bergabung dan mendaftar berbagai media sosial serta aplikasi. Hampir seluruh website dan layanan media sosial akan meminta pengguna barunya untuk menyertakan alamat email. Setelah mencantumkan alamat email, anda akan dikirimkan kode aktivasi khusus pada email yang bersifat rahasia.

  1. Tempat menyimpan data atau dokumen yang aman dan mudah dicari.

Email dapat menjadi tempat menyimpan dokumen surat menyurat yang aman. Hal ini dikarenakan dokumen yang tersimpan tidak akan mudah hilang dan tersimpan dengan rapih. Terlebih, ruang penyimpanan data pada email juga terbilang cukup besar sehingga bisa menyimpan data dan dokumen yang banyak. Untuk mencari dokumen juga cukup mudah tinggal ketik keyword pada fitur pencarian, maka keyword yang berkaitan akan muncul.

Baca juga:
Fenomena Harga Jual Tinggi akibat Faktor Produksi
Dampak Positif Rutin Melakukan Briefing.

Macam-Macam Email

1. Gmail

Gmail menjadi salah satu email besutan Google yang melayani email dan chat. Gmail menyediakan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 15GB secara gratis. Gmail menjadi email dengan unduhan terbanyak yakni sebanyak 1 miliar unduhan dengan jumlah pengguna aktif 425 juta orang.

2. Yahoo

Yahoo merupakan perintis pertama penyedia layanan email secara gratis dengan pengguna yang  cukup banyak. Yahoo menyediakan layanan chatting yang disebut dengan aplikasi Yahoo Messenger. Ruang penyimpanan yang dapat diklaim nisa mencapai 1000GB atau 1TB. Hal inilah yang membuat Yahoo sangat terkenal pada saat itu.

3. Hotmail

Hotmail merupakan penyedia layanan email gratis berbasis website dengan ruang penyimpanan sebesar 23GB. Selain kapasitas penyimpanan yang lebih besr daripada gmail, hotmail juga memiliki kelebihan pada fitur pencariaan yang cepat dan keamanan yang solid dengan antar muka yang mudah digunakan sebagai email dekstop. 

4. Mail.com

Mail .com merupakan penyedia layaan email gratis dengan kelebihan anda bisa memilih berbagai macam domain untuk email anda. Namun sayangnya layanan keamanan di mail.com cukup rendah dibandingkan dengan email lainnya.

Cara Memperbaiki Lupa Password Email

A. Membuka Email dengan Nomor Telepon

  • Buka halaman awal masuk email dan masukkan email anda yang lupa password,
  • Klik “selanjutnya” dan anda akan diminta untuk memasukkan password, tidak perlu memasukkan password klik “forgot password
  • Maka akan muncul halaman untuk memasukkan kode verifikasi, klik “another way
  • Masukkan nomor telepon dan minta kode verifikasi melalui telepon atau SMS
  • Periksa HP dan masukkan kode verifikasi pada kolom yang telah disediakan,
  • Klik “next” kemudian buat password baru untuk login ke email
  • Selanjutkan klik simpan password dan selesai.

B. Membuka Email Pemulihan atau Recovery Email

  • Buka halaman awal masuk email dan masukkan email anda yang lupa password,
  • Klik “selanjutnya” dan anda akan diminta untuk memasukkan password, tidak perlu memasukkan password klik “forgot password
  • Maka akan muncul halaman untuk memasukkan kode verifikasi ke alamat email pemulihan yang anda masukkan saat mendaftar email tersebut
  • Masukkan kode verifikasi dan klik “next
  • Selanjutnya, anda akan diarahkan untuk membuat password email baru
  • Setelah itu klik “save password” dan selesai.

Kesimpulan

Email merupakan faktor penting dewasa ini karena dibutuhkan dalam berkirim pesan hingga untuk mendaftar akun sosial media. Bagi anda yang kebingungan karena lupa password email, cobalah beberapa langkah tersebut untuk memperbaiki email anda yang lupa password. Selamat mencoba!

Sekawan Studio membuka jasa maintenance website profesional dan terpercaya untuk membantu dalam meningkatkan business campaign melalui channel digital marketing.

Bagikan:

Tampilkan lebih banyak rekomendasi topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda mungkin juga menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Hubungi Kami.

Jl. Maninjau Raya No. 44, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139

Ingin bergabung dengan program kami?

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.