Kabar Baik, Google Menambahkan Data Terstruktur Baru!

Data terstruktur baru dari Google memungkinkan Anda untuk menampilkan variasi produk. Update ini akan sangat bermanfaat bagi pemilik toko online.
update data terstruktur baru dari google untuk menampilkan rich result produk
Daftar Isi

Ada kabar baru bagi pemilik bisnis toko online. Saat ini, Google menyediakan data terstruktur baru yang dapat memungkinkan Anda untuk menampilkan lebih banyak varian produk di hasil pencarian, yang mana sebelumnya hanya dapat menampilkan satu jenis produk induk saja.

Variasi produk ini akan sangat bermanfaat bagi pemilik website e-commerce. Sebab, banyak penjual online yang menjual berbagai variasi produk, seperti warna, ukuran, motif, bahan, dan lain sebagainya. 

Dengan memanfaatkan fitur data terstruktur baru dari Google ini, calon pembeli akan lebih mudah menemukan produk sesuai dengan kebutuhan mereka.

Cara Menambahkan Varian Produk

Menampilkan varian produk yang lebih banyak tentu akan lebih kompleks dibandingkan dengan menambahkan satu variasi saja. Hal itu disebabkan karena variasi tersebut harus disatukan dengan produk intinya. 

Google menambahkan tiga properti baru untuk mendukung fungsi data terstruktur baru ini, berikut masing-masing penjelasannya.

  • hasVariant: Properti ini digunakan untuk menyusun variasi produk secara bertingkat yang disertakan dalam produk induk
  • Variesby: Properti ini digunakan untuk mengidentifikasi variasi produk
  • ProductGroupID: Properti ini berfungsi sebagai SKU induk dari produk

Search engine menggunakan schema markup untuk menampilkan rich result produk, seperti cuplikan, ulasan, detail, carousel, dan lain sebagainya.

Schema akan menghubungkan produk induk dan variasinya dengan menggunakan markup terstruktur.

Hal ini akan membuat search engine dapat memahami berbagai jenis produk yang kompleks dan menampilkannya dalam hasil pencarian.

Schema juga akan menampilkan representasi website e-commerce, sehingga pengguna akan lebih mudah menemukan variasi produk tertentu.

Memantau Data Terstruktur Baru Melalui GSC

Data terstruktur baru ini dapat Anda pantau melalui Google Search Console untuk melacak kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada data terstruktur ini.

Validasi data ini dapat Anda lacak melalui fitur Snippet and Merchant Listings Report atau Rich Result Test.

Perlu dipahami bahwa hanya data terstruktur yang valid saja yang dapat muncul di halaman hasil pencarian.

Akan tetapi, data yang valid pun tidak dapat menjamin konten Anda dapat muncul sebagai rich result di SERP.

Google biasanya memilih website untuk ditampilkan di rich result berdasarkan kualitas data terstruktur yang digunakan serta relevansinya bagi pengguna.

Oleh sebab itu, pastikan untuk memaksimalkan fitur baru ini agar produk Anda tampil sebagai rich result di SERP.

Manfaat Data Terstruktur Baru 

Jika Anda menerapkan data terstruktur baru ini pada website e-commerce, search engine akan memahami produk atau layanan secara lebih detail.

Penggunaan data terstruktur baru ini sangat bermanfaat bagi customer maupun pemilik toko online. Berikut beberapa manfaatnya.

  • Menampilkan representasi produk beserta variasinya secara lebih akurat, meliputi pilihan ukuran, warna, bahan, motif, dan lain sebagainya
  • Akan berdampak pada peningkatan user experience, karena mereka dapat menemukan produk yang dibutuhkan dengan lebih cepat.
  • Meningkatkan visibilitas online dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas
  • Meningkatkan click through rate atau rasio klik tayang website, sehingga akan berpotensi meningkatkan tingkat konversi
  • Berpotensi untuk memunculkan website Anda sebagai rich snippet yang deskriptif dan atraktif

Nah, itulah beberapa informasi update tentang data terstruktur baru yang diluncurkan oleh Google. Anda sebagai pemilik website e-commerce akan sangat terbantu dengan adanya fitur ini. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Anda Mungkin juga Menyukai.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.