Apa itu Rich Result? Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

Rich result dapat diartikan sebagai sebuah cuplikan dari mesin pencari yang disempurnakan dengan cara melakukan penawaran atau penambahan visual secara menarik.Biasanya, data tambahan berupa data struktur satu ini ditambahkan oleh penulis atau pembuat halaman web pada HTML tersedia.
rich results
Daftar Isi

Pernah dengar istilah rich results? Saat melakukan penjelajahan pada mesin pencari, pernahkah Anda bertemu dengan hasil pencarian yang memiliki informasi lengkap seperti rating, deskripsi, dan data terstruktur lainnya tertera pada laman pencarian tersebut?

Komponen seperti itu disebut dengan rich results atau rich snippets. Apa saja jenis dan manfaatnya serta bagaimana cara optimasinya?

Dalam artikel ini, mari berkenalan dengan rich results, komponen yang terpampang pada halaman hasil pencarian!

Apa itu Rich Results?

Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, rich results memiliki arti hasil kaya atau hasil melimpah.

Sementara itu, secara istilah, rich result dapat diartikan sebagai sebuah cuplikan dari mesin pencari yang disempurnakan dengan cara melakukan penawaran atau penambahan visual secara menarik.

Biasanya, data tambahan yang terstruktur ini ditambahkan oleh penulis atau pembuat halaman web pada HTML tersedia.

Istilah ini juga dikenal sebagai rich snippets, keduanya tentu mencakup hal-hal yang hampir sama namun rich results lebih luas cakupannya. Istilah rich results dan rich snippets kerap kali disebut atau digunakan secara bergantian.

Google dalam dokumentasinya, tetap menggunakan istilah rich result.

Akan tetapi, Brad McHargue melakukan penelusuran terkait kata kunci rich results dan rich snippets pada Ahfers. Hasil riset tersebut menyebutkan bahwa pengguna cenderung menelusuri rich snippets daripada rich results.

Terdapat 3,9 ribu pengguna menelusuri kata kunci rich snippets, sedangkan hanya 200 pengguna saja yang menggunakan keyword rich results.

Jadi, meski Google memasukkan istilah populer tersebut ke dalam kategori rich results, tetapi nampaknya para pengguna cenderung lebih suka menyebutnya dengan rich snippets.

Rich results dirancang untuk memberi sorotan terhadap informasi utama dan membantu mesin penelusuran dalam memahami tujuan pencarian dengan seakurat mungkin.

Hal ini mengindikasikan bahwa akan Google memahami pencarian dan menampilkan hasil yang lebih relevan bagi pengguna.

Rich results terdiri dari rich snippets dan rich cards, di mana mereka menawarkan lebih banyak ruang untuk gambar dan fitur korsel. Untuk memaksimalkannya pada situs web Anda, berikut beberapa tag yang penting untuk dicantumkan:

  • Navigasi breadcrumb
  • Informasi kontak dan logo perusahaan
  • Pemutaran secara berurutan
  • Kontak pencarian dan informasi profil untuk ditampilkan dalam hasil pencarian

Selain empat hal tersebut, beberapa tipe konten di bawah ini juga dapat Anda jadikan sebagai tag pada konten website.

  • Buku
  • Rangkaian data besar
  • Acara
  • Berita
  • Artikel blog
  • Okupasi dan pekerjaan
  • Bisnis lokal
  • Media, seperti musik, podcast, video, televisi dan lain-lain

Manfaat Rich Results

Selain dapat memberikan gambaran sekilas atau cuplikan deskripsi tentang produk maupun laman web Anda dengan lebih maksimal, elemen ini juga memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Produk atau laman web Anda dapat muncul pada bagian atas halaman hasil pencarian walaupun tidak sedang berada di peringkat atas. Syaratnya, informasi yang dimuat dalam situs tersebut bersifat relevan dengan pencarian, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Data yang tersaji dalam kotak dengan gambar dan rating membuatnya lebih menghemat waktui untuk para pengguna dalam mendapat jawaban informasi yang mereka cari.
  • Informasi yang tersaji dengan terperinci dapat menghadirkan prospek lebih menarik bagi para pengguna untuk menjangkau situs Anda. Hal tersebut juga dapat meningkatkan peringkat dari situs web tersebut
  • Konten Anda akan tetap muncul pada pencarian melalui suara
  • Dapat meningkatkan manfaat secara teknis, seperti kemudahan memberi tag halaman agar situs Anda menjadi lebih mudah ditemukan dengan hasil yang lebih relevan

Jenis-Jenis Rich Results

Rich results dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni:

1. Featured Snippets

Contoh Featured Snippet
Contoh Featured Snippet Bentuk List

Jenis ini merupakan salah satu hasil penelusuran yang disempurnakan. Selain itu, featured snippets juga terbagi menjadi tiga macam, yakni paragraph, di mana akan muncul deskripsi dalam bentuk paragraf, table, dan juga list atau daftar.

2. Knowledge Graph Cards

Contoh Knowledge Graph Card Rich Results
Contoh Tampilan Knowledge Graph Card

Knowledge Graph Cards adalah sebuah blok berisi deskripsi tertampil pada halaman pencarian. Biasanya, result jenis ini dapat Anda temui di sebelah kanan SERP. Jenis ini juga kerap kali dikaitkan dengan bisnis ataupun organisasi.

Jenis rich results ini tidak memerlukan data terstruktur untuk ditampilkan meskipun data tersebut dapat membantu.

Sebab, Google mengambil informasi dari berbagai sumber, termasuk Wikipedia dan artikel berita relevan lainnya.

3. Enriched Search Results

Contoh Tampilan Enriched Rich Results
Contoh Tampilan Enriched Search Results

Secara bahasa, jenis result satu ini berarti hasil pencarian yang diperkaya. Jika ditelaah lebih dalam lagi, enriched search result merupakan sebuah cuplikan yang disempurnakan dengan bentuk yang lebih interaktif, seperti resep, postingan lowongan pekerjaan, juga acara-acara penting.

4. Discover Results

Contoh Tampilan Google Discover Rich Results Android
Contoh Tampilan Google Discover di Android

Discover Results kerap kali kita temui pada Google versi android.

Pernahkah Anda menemukan beberapa cerita tampil pada halaman awal Google berdasarkan beberapa riwayat pencarian terakhir? Seperti itulah wujud dari discover results yang sesungguhnya!

5. OneBox Results

Contoh Onebox Rich Results
Contoh Tampilan Onebox Rich Results

Pastinya Anda tidak jarang menjelajahi mesin pencari hanya sekadar untuk mengetahui waktu yang tepat pada saat itu.

Jika Anda pernah melakukan hal tersebut, pastinya tidak asing lagi dengan onebox results yang muncul di halaman pencarian teratas.

Onebox results adalah jawaban sebaris pada Search Engine Result Page (SERP) yang sesuai dengan kata kunci yang diketikkan. Jenis results ini dapat memberikan jawaban untuk pertanyaan yang Anda ajukan kepada mesin pencari.

Hal yang Perlu Dicantumkan pada Rich Results

Setelah mengetahui jenis-jenis dan manfaatnya, pasti Anda bertanya-tanya, kira-kira informasi apakah yang cocok dan penting untuk dibagikan pada rich results?

Tidak perlu khawatir, kami telah merangkum beberapa informasi yang dapat Anda jadikan opsi untuk dicantumkan di dalamnya.

Beberapa informasi yang dapat Anda cantumkan adalah sebagai berikut.

  • Data terstruktur tentang produk
  • Atribut harga
  • Ketersediaan produk
  • Spesifikasi teknis

Cara Mengoptimasi Rich Results

Lalu, bagaimana cara untuk mengoptimasinya? Tenang saja, mari melangkah ke subtopik selanjutnya, di mana kami akan membagikan beberapa cara untuk mengoptimasi result ini milik situs web Anda sebagai berikut.

1. Bagikan Cuplikan Informasi Saja

Jangan langsung memberikan jawaban terhadap kueri penelusuran pada kotak rich results. Hal tersebut akan membuat pengguna cenderung tidak mengunjungi laman atau situs Anda karena sudah terlebih dahulu mendapatkan jawaban dari pertanyaannya.

Pikat perhatian pengguna dengan memberikan sebagian atau secuil jawaban dari keseluruhan. Berikan jawaban tersebut saat mereka membaca konten pada situs Anda. Dengan itu, Anda akan mendapatkan Click Through Rate (CTR) yang lebih tinggi.

2. Memastikan Loading Halaman Cepat

Berikan pengalaman yang baik kepada para pengguna yang mengklik situs Anda dengan cara pemuatan halaman yang cepat, informasi update dan tidak ketinggalan zaman, produk selalu siap tersedia, serta pengalaman pengguna yang intuitif.

3. Layout Menarik

Jika Anda menetapkan hasil yang disempurnakan dengan jenis tertentu, pastikan bahwa format kontennya sesuai dengan beberapa website lain yang memiliki peringkat tinggi. Pikirkan bentuk artikel yang paling cocok dengan keinginan mesin pencari.

4. Bangun ulasan

Ulasan dan peringkat biasanya disertakan pada rich results. Hal tersebut merupakan cara cemerlang untuk meningkatkan peluang situs Anda untuk muncul di SERP atau halaman hasil pencarian.

5. Gunakan Teknik SEO yang Benar

Melakukan upaya optimasi terhadap rich results saja tidak akan cukup. Pastikan situs Anda mengikuti pedoman SEO yang tepat untuk hasil lebih optimal. Jangan gunakan praktek black hat SEO yang akan menyebabkan traffic website Anda menurun.

Elemen yang kerap kali ditemukan pada SERP ini dapat memberikan Anda manfaat yang sangat menguntungkan.

Dalam praktik membuat maupun melakukan optimasi pada elemen ini, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa aspek pendukung.

Akan tetapi, memperhatikan aspek untuk mengoptimalkan rich results saja tidak akan cukup untuk mengantarkan situs Anda agar mendapatkan peringkat teratas.

Gunakan teknik SEO yang sesuai dengan aturan dan algoritma search engine untuk memaksimalkan traffic website Anda.

Untuk memudahkan optimasi situs web Anda, gunakan jasa SEO dan optimasi website dari Sekawan Studio!

Berbasis pengetahuan yang luas, kami menerapkan teknik white hat SEO yang disarankan oleh Google, sehingga website bisnis Anda akan lebih optimal dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Harga jasa SEO kami cukup terjangkau, yaitu mulai dari 5juta-an saja. Tentunya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Jangan ragu, sudah banyak brand yang mempercayakan optimasi website-nya kepada kami.

Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk menentukan solusi yang tepat untuk masalah optimasi website Anda!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.