Joomla: Pengertian, Fitur & Perbandingannya dengan WordPress

Salah satu jenis CMS yang bisa Anda gunakan untuk membuat website adalah Joomla. CMS ini memiliki berbagai kelebihan, seperti SEO-friendly, bersifat open-source, multifungsi, dan sistem keamanannya yang memadai.
orang sedang bekerja dengan joomla melalui laptop sambil duduk
Daftar Isi

Pernahkah Anda mendengar istilah Joomla? Ternyata, Content Management System (CMS) yang satu ini bisa digunakan secara gratis bukan hanya WordPress, lho.

Joomla adalah salah satu CMS yang bisa menjadi alternatif lain selain WordPress. Bahkan, CMS ini sudah mendukung lebih dari satu juta website yang ada di Internet.

Tak heran, hal tersebut dikarenakan CMS ini memberikan fitur-fitur yang menarik dan kustomisasi tampilan, sehingga banyak website yang menggunakan platform ini sebagai CMS-nya.

CMS ini digunakan dalam pengembangan website beberapa perusahaan ternama, seperti Sony Music, Tech Crunch, dan juga BBC America.

Penasaran dengan CMS tersebut? Artikel ini akan membahasnya secara lengkap untuk menjawab rasa penasaran Anda. Pastikan untuk membaca artikel dengan saksama, ya!

Apa itu Joomla?

Pengertian Joomla adalah sebuah alternatif Content Management System (CMS) yang bersifat open source, sehingga dapat diunduh dan digunakan secara gratis. 

Dengan CMS ini, Anda dapat membuat website sesuai kebutuhan, baik untuk bisnis maupun personal.

CMS ini dirilis pertama kali pada tahun 2005 dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Server web yang digunakan pada CMS ini adalah Apache.

Joomla adalah salah satu CMS yang lebih kompleks daripada WordPress, sehingga lebih cocok digunakan oleh developer yang memiliki cukup pengalaman.

CMS ini memiliki desain yang lebih powerful dibandingkan jenis lainnya, serta mempunyai tampilan yang menarik dan fleksibel dari segi back-end maupun front-end-nya. 

Menariknya, CMS ini dapat digunakan pada berbagai keperluan website, seperti kepentingan perusahaan kecil maupun besar, organisasi, pemerintahan, blog, maupun toko online.

Kelebihan Joomla

Beberapa keunggulannya adalah sebagai berikut.

1. SEO-Friendly

Salah satu keunggulan yang sangat diperlukan dari sebuah CMS adalah SEO-friendly.

Tanpa adanya kelebihan ini, Joomla mungkin tidak akan banyak digunakan pada website bisnis. Hal tersebut disebabkan karena SEO adalah hal yang krusial dalam sebuah website.

Jika CMS tidak mendukung SEO, maka website Anda akan sulit untuk ditemukan pengguna, sehingga traffic dan objective bisnis akan lebih susah untuk dicapai targetnya. 

Beruntungnya, CMS ini juga memiliki beberapa plugin yang dapat mendukung aktivitas SEO website Anda. 

2. Open Source

Keunggulan lain adalah sifatnya yang open source. Artinya, CMS ini dapat digunakan dan dimodifikasi dengan mudah oleh developer.

3. Fitur Menarik

Joomla memiliki beberapa fitur yang fleksibel, seperti desain menarik, media manager yang mudah, serta multilingual. 

Hal tersebut juga membuat banyak pengguna website tertarik untuk menggunakan CMS ini sebagai alternatif untuk website-nya. 

4. Multifungsi

Kelebihan lain yang tak kalah menarik adalah kemampuannya untuk dipasang pada beberapa kebutuhan website, seperti kebutuhan perusahaan, pemerintahan, e-commerce, organisasi, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, CMS ini adalah pilihan alternatif yang tepat untuk website Anda, baik untuk kebutuhan pribadi maupun organisasi atau bisnis.

5. Keamanan Memadai

Aspek yang tak kalah penting untuk diperhatikan dari CMS adalah sistem keamanannya. Jika keamanan CMS yang digunakan kurang bagus, maka potensi website Anda terkena virus dan retas juga semakin besar.

Joomla adalah salah satu CMS yang memiliki fitur two-factor-authentication. Karenanya, tidak sembarang orang bisa mengakses website tersebut, sehingga akan memberikan keamanan yang kuat untuk website Anda.

Kekurangan Joomla

Dari beberapa kelebihan yang dimilikinya, ternyata Joomla juga memiliki kekurangan yang tak kalah penting untuk diketahui.

Adapun beberapa kelemahannya adalah sebagai berikut.

1. Lebih Kompleks

Tingkat kompleksitas dari Joomla berada di atas WordPress dan di bawah Drupal. Artinya, CMS ini lebih susah penggunaannya daripada WordPresss, tetapi masih lebih sederhana daripada Drupal.

Itu sebabnya, CMS ini lebih cocok digunakan oleh developer yang sudah berpengalaman dengan kebutuhan website yang kompleks.

2. Minim Ekstensi

Karena jumlah ekstensinya yang lebih sedikti dibanding CMS lain, mungkin Anda akan lebih susah untuk menginstal plugin dan tema pada CMS ini.

Fitur-Fitur Joomla

Tampilan Fitur Joomla
Tampilan fitur Joomla (sumber: Hostinger)

CMS ini memiliki beberapa fitur menarik yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola website, di antaranya adalah sebagai berikut.

1.  Content Management

Tentunya, fitur yang paling utama dari Joomla adalah content management-nya yang cukup mudah. Sama seperti CMS lainnya, Anda juga dapat mengatur konten yang diunggah pada website.

Management tersebut dapat meliputi kategori konten, waktu unggah, edit, dan juga arsip.

2. Media Manager

Sama seperti CMS pada umumnya, Joomla juga memiliki media manager untuk mengakses media yang akan Anda input pada website

Pada media manager-nya Anda dapat membuat folder sendiri dan mengelompokkannya berdasarkan kategori.

Hal ini tentu saja dapat memudahkan Anda untuk mengunggah media berupa gambar yang sesuai dengan konteksnya.

3. Forum

Joomla menyediakan fitur Forum yang dapat digunakan secara terbuka oleh para penggunanya. Artinya, siapapun yang menggunakan CMS ini dapat bergabung dalam forum tersebut.

Forum yang menghubungkan antar pengguna di seluruh dunia ini tentu dapat memudahkan Anda menemukan informasi dan insight baru tentang CMS ini.

4. Language

Tak perlu khawatir jika Anda tak menguasai Bahasa Inggris. CMS ini digunakan hampir di seluruh penjuru dunia, sehingga menyediakan banyak bahasa yang bisa Anda pilih.

Perlu Anda ketahui, CMS ini dapat mendukung 75 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Joomla vs WordPress

Laptop Dengan Layar Joomla Vs Wordpress

WordPress adalah salah satu CMS yang paling populer, khususnya di Indonesia. Mayoritas pengguna website awam mungkin mengira bahwa tidak ada CMS lain selain WordPress, padahal Joomla adalah salah satu alternatifnya.

Akan tetapi, apakah CMS ini lebih baik daripada WordPress? Anda bisa simak jawabannya pada perbandingan berikut ini.

  • Kemudahan: Keduanya sama-sama bersifat open source, sehingga Anda dapat menggunakannya secara gratis. Namun, Joomla mungkin akan lebih sulit digunakan oleh pengguna awam
  • Tampilan dan Tema: WordPress hanya dapat menggunakan satu tema untuk satu website, sedangkan pada Joomla, Anda dapat memakai tema berbeda pada setiap halaman
  • Fitur: WordPress memiliki lebih dari 50.000 plugin, sedangkan Joomla hanya memiliki 8.000 ekstensi saja
  • Keamanan: Joomla memiliki two-factor-authentication untuk meningkatkan keamanan, sedangkan WordPress tidak memilikinya. Keamanan WordPress bergantung pada plugin yang tersedia
  • SEO: Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO untuk WordPress. Sebaliknya, pada Joomla, Anda dapat menggunakan plugin bernama Easy Fronted SEO (EFSEO). Dalam hal ini. Yoast dinilai lebih baik daripada EFSEO

Dari beberapa perbandingan di atas, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Jika Anda mencari CMS yang lebih mudah untuk digunakan, maka WordPress yang lebih unggul. Namun, bukan berarti Joomla adalah CMS yang tidak layak digunakan.

Anda dapat menggunakan CMS ini jika ingin membuat website yang lebih kompleks dan membutuhkan fitur-fitur yang tidak terdapat pada WordPress.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Joomla, meliputi pengertian, kelebihan dan kekurangannya, fitur-fiturnya, hingga perbandingannya dengan WordPress.

Pada intinya, baik Joomla maupun WordPress, keduanya sama-sama unggul dan layak untuk digunakan pada website Anda.

Jika Anda tertarik untuk memiliki website dengan salah satu CMS tersebut, kami dapat memberikan solusi yang tepat. 

Sekawan Studio memiliki jasa pembuatan website yang profesional dan pastinya SEO-friendly. Kami juga menawarkan desain yang responsif dan terkini.

Masih ragu? Kunjungi portofolio kami untuk membantu menjawab keraguan Anda! Tunggu apalagi? Kami sangat menunggu kerjasama dengan Anda!

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.