Apa itu WordPress? Definisi, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Wordpress merupakan salah satu CMS paling populer yang banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Hal ini karena WordPress dianggap lebih mudah digunakan untuk pemula.
logo wordpress di laptop
Daftar Isi

Kini, sudah banyak platform atau software yang bisa digunakan untuk membuat website. Nah, sehubungan dengan hal ini, WordPress adalah contoh CMS (Content Management System) yang paling populer.

Diketahui, CMS yang satu ini telah digunakan oleh 43,3% situs web yang ada di dunia. Jadi, mungkin saja website yang sering Anda kunjungi juga menggunakan WordPress.

Pertanyaannya, mengapa WordPress bisa sepopuler ini? Apa fungsinya? Apa saja kelebihan dan kekurangan WordPress? Agar tidak penasaran lagi, simak penjelasannya di artikel ini sampai habis!

Apa itu WordPress?

Tampilan Depan Wordpress
Tampilan depan WP

WordPress adalah software yang dikembangkan oleh Matt Mullenweg bersama Mike Little dan dirilis pada tahun 2003 silam.

Diketahui, CMS yang satu ini merupakan gebrakan untuk menggantikan b2/cafeblog yang pada saat itu akan discontinued (tidak digunakan lagi).

Di awal perilisannya, CMS WordPress hanya digunakan untuk membuat blog. Namun, seiring berjalannya waktu, CMS ini terus dikembangkan, sehingga memiliki fungsi yang lebih luas.

WordPress (WP) sendiri merupakan CMS yang bersifat open source dan bisa digunakan oleh siapa saja.

CMS ini memungkinkan para penggunannya untuk mengelola konten blog dan membuat berbagai jenis website.

Jadi, bisa dikatakan, WordPress adalah situs untuk membuat berbagai jenis website dan mengelola konten yang ada di dalamnya.

Fungsi WordPress

Setelah mengetahui pengertian WordPress, mungkin Anda bertanya-tanya mengenai apa fungsinya?

Di penjelasan sebelumnya, telah disebutkan bahwa CMS ini berfungsi untuk membuat website.

Namun, jenis website apa saja yang bisa dibuat menggunakan WP? Berikut penjelasannya.

1. Membuat Blog

Pertama, WP bisa digunakan untuk membuat blog tanpa harus melakukan coding yang rumit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan WP ini untuk mengelola konten yang ada di dalamnya.

Bagaimana bisa? WP menyediakan berbagai fitur yang bisa mendukung kegiatan pengelolaan konten, mulai dari posting, editing, tag, dan lainnya.

2. Membangun Website Perusahaan

Berbeda dengan blog, membuat website perusahaan yang profesional membutuhkan fitur yang lebih kompleks.

Kabar baiknya, WP juga bisa digunakan untuk membangun website perusahaan Anda. Pasalnya, WP telah menyediakan berbagai tema yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, WP juga mendukung plugin yang bisa Anda pasang sendiri untuk membuat fitur dan fungsi website yang lebih kompleks.

3. Membangun Website Portofolio

Membuat website dengan WordPress terbilang mudah karena Anda tak perlu melakukan coding. Inilah kenapa, software satu ini bisa digunakan oleh siapa saja.

Jadi, tak heran, jika banyak orang yang menggunakan WP untuk membuat website pribadi, seperti situs web portofolio.

Ya, Anda bisa menggunakan WP untuk membuat website portofolio dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia. 

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan fungsi pages untuk membuat halaman homepage, about, dan kontak.

4. Membuat Situs Toko Online

Di awal kemunculannya, WP hanya digunakan untuk mengelola konten dan membuat blog.

Namun, seiring berjalannya waktu, software ini terus dikembangkan dan kini bisa digunakan untuk membuat situs toko online atau e-commerce.

Anda bisa menggunakan plugin e-commerce, seperti WooCommerce untuk membuat fungsi payment, shipping, dan mengelola produk.

5. Aplikasi Mobile

Dewasa ini, tidak sedikit pengguna internet yang mengakses sebuah web atau situs menggunakan smartphone.

Fakta ini meningkatkan tuntutan para developer untuk membuat website yang responsif dan bisa menyesuaikan tampilan layar dengan device user.

Di samping itu, tak sedikit pula permintaan aplikasi mobile untuk mendukung pengalaman user saat menjelajahi situs.

Nah, dengan WP, Anda bisa menjadikan situs Anda menjadi aplikasi mobile dengan mudah melalui plugin yang tersedia.

6. Membuat Forum Online

Selanjutnya, fungsi WordPress adalah digunakan membuat forum online. Pasalnya, ada berbagai fitur atau plugin khas forum online yang bisa Anda manfaatkan.

Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan fungsi yang memungkinkan para pengunjung untuk meninggalkan komentar, membuat akun, dan mengunggah sesuatu.

Kelebihan WordPress

CMS WordPress adalah pilihan yang tepat untuk pemula yang ingin membuat website. Mengapa demikian?

Adapun alasan memilih WordPress adalah karena WP menawarkan berbagai kelebihan untuk para penggunannya. Apa saja itu? Ini penjelasannya.

1. Open Source

Biaya pembuatan website merupakan salah satu hal yang biasanya menjadi pertimbangan. Nah, pertanyaannya, apakah WordPress gratis?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, WordPress adalah CMS yang sifatnya open-source. Artinya, siapa saja bisa menggunakan dan memodifikasinya tanpa harus membayar lisensi.

Namun, jika ingin website Anda bisa ditemukan di internet, Anda harus membayar layanan hosting dari pihak ketiga.

2. SEO-Friendly

Ingin website Anda mudah ditemukan oleh user? Jika iya, Anda harus memaksimalkan strategi Search Engine Optimization (SEO).

Nah, WP sendiri telah menyediakan plugin SEO, seperti Yoast SEO, yang mumungkinkan Anda untuk membangun website yang SEO friendly.

3. Mendukung Berbagai Jenis Media

Dalam rangka menciptakan website yang menarik, Anda perlu menambahkan berbagai jenis media di dalamnya, seperti gambar atau video.

Nah, sehubungan dengan hal tersebut, keuntungan yang dimiliki oleh WordPress adalah Ia mendukung berbagai jenis media.

Dengan begitu, Anda bisa menambahkan gambar, teks, dan video untuk menarik perhatian para pengunjung website.

4. Bagus untuk Pemula

Anda tidak paham coding? Atau Anda juga masih awam dengan hal-hal teknis yang berkaitan dengan pembuatan website?

Tenang saja, keuntungan menggunakan WordPress adalah Anda tidak perlu memiliki gelar atau skill khusus. 

Anda bisa membuat website dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan tanpa harus repot melakukan coding. 

Menariknya lagi, proses instalasi WP juga terbilang mudah. Inilah mengapa, WordPress adalah CMS yang bagus untuk pemula.

5. Memiliki Banyak Plugin

Screenshot 13
Tampilan plugin-plugin di WP

Keunggulan selanjutnya, yaitu WP memiliki banyak plugin. Plugin adalah fitur tambahan yang bisa digunakan untuk menambah fungsi atau menu pada situs web.

Jadi, Anda bisa mengunduh dan memasang berbagai jenis plugin untuk menambah fungsi dan meningkatkan performa website.

6. Mobile Friendly

Manfaat WordPress adalah membantu Anda untuk mewujudkan website yang mobile friendly, sehingga performa situs bisa maksimal.

WP telah menyediakan berbagai tema yang memang mobile friendly, sehingga situs Anda bisa diakses melalui mobile device dengan mudah.

7. Mudah Mencari Bantuan

Seperti yang sudah disebutkan di awal, WordPress adalah CMS yang paling populer dan banyak digunakan, sehingga software ini memiliki banyak forum.

Di sisi lain, kini juga sudah banyak artikel dan tutorial yang membahas mengenai WordPress. Jadi, jika mengalami kesulitan, Anda akan lebih mudah mencari bantuan.

Kekurangan WordPress

Terlepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan, terdapat beberapa kekurangan yang biasanya menjadi pertimbangan para pengguna sebelum menggunakan WordPress.

Nah, adapun kekurangan WordPress adalah sebagai berikut:

1. Sering Menjadi Sasaran Hacker

Sifat WP yang open-source memang menguntungkan karena bisa digunakan oleh siapa saja tanpa harus mengeluarkan sejumlah biaya. Namun, sifat ini bisa membuka celah untuk para hacker.

Nah, untuk mencegah hal ini, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan tema dan plugin. Pastikan bahwa tema dan plugin yang digunakan aman dan berkualitas.

2. Membutuhkan Banyak Plugin

Dalam rangka menciptakan website yang interaktif, Anda harus menambahkan banyak plugin. Masalahnya, semakin banyak plugin yang digunakan, maka tantangan yang akan dihadapi juga semakin banyak.

3. Terlalu Sering Pembaruan

Jika ingin WordPress berjalan dengan maksimal, Anda harus menginstal plugin, tema, dan melakukan pembaruan.

Namun, perlu diketahui bahwa, pembaruan yang dilakukan terlalu sering bisa berdampak pada fungsi plugin yang Anda gunakan. 

Terkadang, pembaruan yang dilakukan justru bisa menyebabkan plugin tidak berfungsi dengan baik.

4. Kecepatan Loading

Tahukah Anda, bahwa penggunaan plugin bisa memengaruhi kecepatan situs? Ya, semakin banyak plugin yang digunakan, maka kecepatan situs akan menurun.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa, loading speed sebuah website juga dipengaruhi oleh hal-hal teknis lainnya.

Contoh WordPress

Sebagai software yang paling banyak digunakan di dunia, kira-kira situs apa saja yang menggunakan CMS ini? Penasaran? Berikut contoh WordPress.

1. Microsoft

Anda tentu tidak asing dengan Microsoft, kan? Ya, perusahaan multinasional Amerika Serikat ini menggunakan WordPress untuk memprakarsai halaman blog resminya.

Tak hanya itu saja, Microsoft juga menggunakan WP di berbagai blog produknya, seperti Windows dan Skype. Bahkan, Microsoft juga menggunakan berbagai plugin custom untuk mendukung kebutuhannya.

2. The Walt Disney

Tampilan Website The Walt Disney
Tampilan Website The Walt Disney

The Walt Disney juga merupakan perusahaan besar yang menggunakan WordPress untuk memprakarsai situs web-nya.

Jika Anda membuka situsnya, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi, mulai dari informasi tentang perusahaan, news, dan halaman karir.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai WordPress. Dari penjelas di atas, diketahui bahwa WordPress adalah software untuk membuat website dan mengelola konten.

Adapun jenis website yang bisa dibuat menggunakan WordPress adalah situs web perusahaan, portofolio, blog, hingga e-commerce.

Membuat website dengan CMS ini tidaklah sulit karena Anda bisa menggunakan tema dan plugin yang sudah disediakan.

Namun perlu diingat, penggunaan plugin terlalu banyak bisa memengaruhi kecepatan loading dan performa website.

Jika Anda ingin memiliki website yang punya banyak fitur dan bisa perform maksimal, serahkan saja pembuatannya pada Sekawan Studio.

Melalui jasa pembuatan website, Sekawan Studio akan membantu Anda mewujudkan website yang interaktif, eksklusif, dan teroptimasi maksimal.

Ditangani langsung oleh profesional, website Anda akan dibangun dengan coding yang ringan, sehingga kecepatan aksesnya bisa tinggi.

Lebih dari itu, pembuatan website di Sekawan Studio juga mengikuti panduan dari Google, sehingga jelas SEO friendly.

Tunggu apalagi? Segera hubungi tim kami dengan mengunjungi laman kontak untuk informasi selengkapnya!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.