IaaS: Pengertian, Cara Kerja, dan Bedanya dengan PaaS & SaaS

Infrastructure as a Service (IaaS) adalah Infrastruktur sebagai Layanan dan layanan komputasi Cloud lainnya akan terus berkembang sebagai respons terhadap peningkatan permintaan, dan pakar teknologi atau penyedia layanan akan lebih lanjut menentukan area virtual untuk pengiriman kinerja yang lebih baik.
penggunaan IaaS pada perangkat komputer
Daftar Isi

Layanan infrastruktur cloud baru-baru ini menjadi lebih signifikan. Terdapat beberapa pembagian layanan cloud pada layanan IaaS, yaitu PaaS, SaaS, dan IaaS. 

Ide mendasar di balik layanan infrastruktur cloud adalah merelokasi semua layanan infrastruktur lama ke cloud, seperti memindahkan rak server.

IaaS (Infrastructure as a Service) atau disebut juga dengan “Infrastruktur sebagai Layanan”. Manfaat menggunakan infrastructure as a service ini adalah kita tidak perlu khawatir dengan kerusakan infrastruktur. Penyedia layananlah yang akan menangani teknologi informasi tersebut. 

Biaya penggunaan infrastruktur lama dapat dikurangi dengan menggunakan cloud untuk layanan infrastruktur dan dapat terhindar dari masalah perbaikan. Tidak perlu mengeluarkan uang apabila terjadi kerusakan karena penyedia layanan yang akan menangani semuanya.

Cloud adalah masalah populer untuk bisnis kecil, perusahaan besar, dan segala sesuatu yang mencakup gagasan besar di bidang internet. Memahami perbedaan dan manfaat dari berbagai layanan cloud computing sangat penting untuk aplikasi maupun penerapan infrastruktur.

Tiga jenis model layanan pada cloud memiliki perbedaan masing-masing. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai infrastructure as a service. Mari kita simak tulisan di bawah ini!

Apa Itu IaaS? 

IaaS adalah salah satu model komputasi cloud utama. Komputasi ini menyediakan bisnis dengan infrastruktur pay-as-you-go. Infrastructure as a service memungkinkan klien untuk menyewa berbagai elemen infrastruktur dari penyedia, seperti pusat data, server, penyimpanan cloud, dan opsi jaringan.

IaaS adalah model layanan terstandarisasi dan otomatis oleh sumber daya komputasi yang dipegang oleh penyedia layanan. Layanan ini disediakan untuk klien sesuai permintaan bersama dengan kemampuan penyimpanan dan jaringan. 

Klien memiliki akses langsung ke antarmuka swalayan. Sumber daya di-hosting oleh penyedia layanan atau di tempat pusat data pelanggan dan dapat berupa penyewa tunggal atau multipenyewa.

Karakteristik IaaS 

Terdapat beberapa karakteristik pada IaaS, sebagai berikut: 

  1. Tugas administratif otomatis.
  2. Penskalaan yang dinamis.
  3. Teknologi virtualisasi platform.
  4. Akses berbasis GUI dan API.
  5. Konektivitas internet.

Keuntungan IaaS 

Keuntungan bagi penggunaan IaaS tentu saja pada biaya. IaaS dapat digunakan tanpa biaya melalui CAPEX yang dikonversi menjadi OPEX. Ini terjadi karena pembeli biasanya dapat meminta penyegaran perangkat keras setelah kontrak berakhir.

Selain itu, karena pembeli tidak memiliki peralatan, penjual bertanggung jawab atas semua pemeliharaan dan pengeluaran lain yang berkaitan dengan pemeliharaan peralatan. Untuk lebih jelasnya lagi tentang apa saja keuntungan dari layanan layanan cloud satu ini, simak tulisan di bawah ini!

1. Bayar Ketika Menggunakan 

Ini kemungkinan besar adalah fitur memikat dari layanan berbasis cloud apa pun, bahkan IaaS. Pelanggan harus membayar layanan dalam model layanan tradisional terlepas dari tingkat fungsinya. Dengan pendekatan ini, kita hanya perlu membayar sumber daya yang digunakan.

Berbagai layanan tersedia untuk pengguna, termasuk sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak. Untuk menyebutkan beberapa, mereka dapat menggunakan sakelar jaringan, RAM, kapasitas hard drive, dan inti CPU.

Baca Juga:
Spesifikasi CPU untuk Developer Website dan Gamers
Mengenal Gamification: Metode Digital Marketing yang Menarik

2. Ketersediaan Terjamin

Jika server berhenti bekerja, IaaS masih dapat melayani pengguna. Ini dilakukan dengan mendistribusikan sumber daya melalui beberapa server yang ditempatkan di berbagai tempat. Bahkan dalam kasus kegagalan server atau penghentian total pusat data, klien yakin bahwa sumber daya akan tersedia.

3. Aksesibilitas Luar Biasa 

Ini memungkinkan konsumen untuk mengakses fungsionalitas sumber daya dari lokasi mana pun. Selain itu, dapat juga dikontrol oleh banyak pengguna dan memungkinkan pengguna resmi untuk menggunakan kredensial login mereka untuk mengakses layanannya.

4. Skalabilitas Sesuai Permintaan

Dalam lingkungan cloud, bisnis dapat terus berkembang dan tumbuh tanpa mengkhawatirkan ketersediaan sumber daya. Untuk memenuhi berbagai tingkat kebutuhan sumber daya perusahaan, Infrastructure as a service dapat ditingkatkan atau diperkecil.

Infrastructure as a service dan layanan berbasis cloud lainnya dihargai karena fleksibilitas dan ketangkasannya, selain skalabilitasnya.

Manfaat IaaS 

Developer aplikasi dapat membangun sistem dengan banyak server dengan beban yang seimbang, terhubung satu sama lain, dan internet yang lebih luas, serta backend penyimpanan objek. Sistem ini berpotensi dihapus oleh pengembang karena tidak lagi diperlukan.

Keuntungan utama dari paradigma layanan cloud ini adalah harga pembelian dan penggelaran infrastruktur yang setara dibandingkan harga pembelian.

Tampilan Cara Kerja Iaas
Ilustrasi Infrastructure as a Service (Markus Spiske/Unsplash)

Cara Kerja IaaS

Pada prosesnya, penyedia layanan cloud computing atau cloud provider telah menyediakan sistem IaaS. Pihak penyedia tersebut akan mengelola sistem penyimpanan seperti storage, jaringan server, software, dan sebagainya. Fitur tersebut berguna untuk menjalankan infrastruktur ini.

User akan diarahkan untuk membuat akun yang disediakan oleh pihak layanan. Layanan tersebut akan berupa jumlah server yang digunakan, jumlah ruang penyimpanan, besaran bandwidth, dan sebagainya. User akan mengonfigurasikan layanan tersebut agar sistem data dapat berjalan.

User dapat menggunakan akses layanan mereka melalui jaringan internet dengan sangat mudah. User tersebut juga dapat mengelola layanan, memonitor performa, dan mengatur keamanan server. Dengan cara tersebut, infrastruktur ini memungkinkan user untuk mengatur pengeluaran perusahaan.

Kasus Penggunaan IaaS

Kasus penggunaan IaaS terjadi pada hosting website atau aplikasi. Perusahaan yang dapat menggunakan layanan ini adalah Amazon EMR, Microsoft Azure Virtual Machines, dan Google Compute Engine sebagai sumber daya yang dibutuhkan. Dengan begitu, perusahaan dapat menjalankan aplikasi dan website dengan optimal.

Contoh kasus penggunaan layanan ini adalah untuk menganalisis data. Layanan IaaS dapat digunakan untuk menganalisis data yang ada di cloud. Layanan model ini dapat dijalankan melalui aplikasi, seperti Hadoop atau Spark untuk menganalisis data perusahaan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Apa Itu Software Testing: Tujuan, Jenis, dan Cara Kerjanya!

Implementasi IaaS

Implementasi IaaS digunakan pada penyedia layanan sebagai fiturnya. Berikut ini adalah beberapa implementasi IaaS berdasarkan penyedia layanannya.

1. Telkom – Telkom Cloud

Implementasi IaaS digunakan pada Telkom Cloud yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan besar. Telkom Cloud merupakan layanan cloud computing yang dapat digunakan bagi perusahaan maupun individu.

2. Microsoft – Microsoft Azure

Implementasi pengembangan IaaS yang dikembangkan oleh Microsoft adalah Microsoft Azure. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk membuat, menguji, dan mengelola aplikasi melalui jaringan Microsoft.

IaaS vs PaaS vs SaaS

Sementara pelanggan bertanggung jawab untuk memasang, memantau, memelihara, dan mendukung program dan sistem operasi mereka, penyedia IaaS bertugas untuk mengendalikan infrastruktur.

Berbeda dengan SaaS (Software as a Service), IaaS merupakan infrastruktur sebagai layanan. IaaS adalah variasi dari layanan terkelola di mana penyediaan peralatan sebagai komponen layanan menggantikan penjualan langsung peralatan tersebut. 

Pada SaaS (Software as a Service), kita dapat mengidentifikasi kapan SaaS digunakan dengan berbagai cara seperti mengendalikannys dari satu lokasi.

Karakteristik SaaS terletak di server yang jauh dan tersedia melalui internet. Hal ini menunjukkan bahwa peralatan tersebut digunakan secara terus-menerus.

Penggunaan Iaas Oleh Developer Atau Pengembang
Ilustrasi Penggunaan Infrastructure as a Service (Sigmund/Unsplash)

PaaS (Platform as a Service) adalah jenis layanan cloud yang disebabkan oleh sejumlah faktor. Faktor utamanya adalah berdasarkan teknologi virtualisasi. Ini membuat PaaS mudah untuk meningkatkan atau menurunkan sumber daya saat perusahaan kita membutuhkan perubahan. 

PaaS juga menawarkan berbagai layanan untuk membantu pembuatan, pengujian, dan pendistribusian aplikasi. Tidak hanya itu, hal ini juga tersedia bagi banyak orang yang menggunakan program pengembangan tunggal serta mengintegrasikan database dan layanan website

Terlepas dari ukuran bisnis kita, memperkerjakan PaaS memiliki sejumlah keuntungan seperti pembuatan dan penyebaran aplikasi yang sederhana dan terjangkau serta dapat diakses dengan mudah. 

Itulah pembahasan mengenai Infrastructure as a Service, mulai dari pengertian, karakteristik, perbedaannya dengan PaaS dan SaaS, manfaat, cara kerja, hingga implementasinya.

IaaS juga berguna bagi jalannya sebuah website dan sebagainya. Bagi kalian yang sedang mencari layanan pembuatan website, Sekawan Studio adalah solusinya!

Sekawan Studio memberikan layanan pembuatan dan penyelesaian website yang tentunya aman, cepat dan tanpa kendala. Yuk, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.