CPU: Pengertian, Cara Kerja, Tipe & Spesifikasi untuk Gamers

CPU adalah kependekan dari Central Processing Unit. Nama lain dalam bahasa Indonesia CPU adalah Unit Pemrosesan Terpusat. CPU adalah komponen perangkat keras atau hardware berupa sirkuit elektronik kecil yang berperan dalam melakukan pemrosesan dan pengeksekusian data serta instruksi utama dalam program komputer. 
gambar cpu
Daftar Isi

Tahukah anda apa itu CPU (Central Processing Unit)? Sebelum mengenal CPU lebih lanjut, mari simak overview singkat di bawah ini. 

Sebagai awalan, CPU sebenarnya merupakan frasa lengkap dari processor komputer. Namun, dalam hal ini sering terjadi kesalah pahaman pada masyarakat mengenal CPU.

Masyarakat mengenal Central Processing Unit sebagai benda berbentuk kotak besar pada komputer yang mewadahi power supply dan motherboard.

Tentu hal ini bukanlah hal yang tepat. CPU adalah benda kecil dalam motherboard yang berperan sebagai otak dari komputer. 

Kinerja komputer atau laptop didasari oleh dua hal utama, yakni, software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras).

Apabila dua hal itu tidak ada, komputer hanyalah benda mati yang tidak berguna. Dalam hal ini CPU adalah termasuk hardware atau perangkat keras.

Central Processing Unit memiliki peranan penting dalam menentukan kemampuan, kecepatan, dan efektifitas komputer atau laptop dalam mengolah data dan perintah.

Semakin bagus sebuah CPU maka kinerjanya akan semakin cepat dan efektif. Processor termasuk dalam tiga inti bagan komputer.

Sebagai penyokong pengoperasian komputer, processor juga dibantu dengan RAM (Random Access Memory) dan GPU (Graphic Processing Unit).

Seorang Gamers misalnya, untuk menjalankan pekerjaanya mereka tentu memerlukan komputer dengan spesifikasi terbaik.

Game adalah perangkat lunak dengan pemrosesan data tingkat berat. Berbagai game online, memerlukan spesifikasi processor atau CPU mutakhir untuk dapat menjalankan game. 

Lantas apa itu CPU? Bagaimana cara kerja CPU? Apa fungsi CPU? Kira-kira para developer website dan gamers membutuhkan spesifikasi CPU seperti apa? Berikut uraian mengenai CPU.

Apa itu CPU? 

CPU adalah kependekan dari Central Processing Unit. Nama lain dalam bahasa Indonesia CPU adalah Unit Pemrosesan Terpusat.

CPU adalah komponen perangkat keras atau hardware berupa sirkuit elektronik kecil yang berperan dalam melakukan pemrosesan dan pengeksekusian data serta instruksi utama dalam program komputer. 

Dalam kerjanya Central Processing Unit menjalankan berbagai dasar operasi pemrograman dan matematika, sebagai contoh aritmatika, logika, pengaturan, dan input/output program.

Bentuk Central Processing Unit umumnya berupa chip persegi yang menempel pada motherboard.

Dalam beberapa kasus komputer, Central Processing Unit menjadi hardware yang dapat diganti dan diperbaharui. Sedangkan dalam laptop, CPU menjadi bagian permanen dalam motherboard

CPU adalah processor. Untuk saat ini, ada dua brand besar yang memprakarsai produk Central Processing Unit dalam komputer dengan sistem operasi windows, yakni Intel dan AMD.

Kedua brand itu, yaitu Intel dan AMD, konsisten bersaing dan berinovasi setiap tahunya mengembangkan processor terbaru untuk menciptakan komputer dengan kecepatan efektif.  

Gambar Cpu Intel

CPUs reside in almost all devices you own, whether it’s a smartwatch, a computer, or a thermostat. They are responsible for processing and executing instructions and act as the brains of your devices.

The silicon chip sits in a special socket located on the main circuit board (motherboard or mainboard) inside the device. It is separate from the memory, which is where information is temporarily stored. It is also separate from the graphics card or graphics chip, which renders the video and 3D graphics that are displayed on your screen.

CPUs are built by placing billions of microscopic transistors onto a single computer chip. Those transistors allow it to make the calculations it needs to run programs that are stored on your system’s memory.

digitaltrends.com

Cara Kerja dan Fungsi CPU

Fungsi utama CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika atas data yang diambil dari memori dan informasi yang diberikan oleh beberapa perangkat keras lainnya, seperti RAM dan GPU. 

Prinsip kerja dalam processor adalah dua komponen utama. Kedua komponen utama dalam prinsip kerja central processing unit adalah ALU dan CU.

Berikut uraian mengenai keduanya.

1. ALU (Arithmetic Logic-Unit) atau Unit Aritmatika dan Logika

Komponen pertama adalah Arithmetic Logic-Unit atau ALU. Arithmetic Logic-Unit adalah bagian pengolahan bilangan biner pada central processing unit.

ALU terdiri dari sirkuit elektronik yang mampu memproses operasi aritmatika bilangan biner dan logika matematika dari bilangan biner itu.

Unit Artiematika dan Logika ini mampu mengenali dan membandingkan huruf, angka, ataupun karakter khusus dalam pemrograman komputer.

Tidak hanya itu, ALU terdiri dari rangkaian gerbang-gerbang logika, misalnya AND, OR, XOR, dan NOT yang dihubungkan pada multiplexer.  

2. CU (Control Unit) atau Unit Kontrol. 

Komponen kedua adalah CU atau Control Unit. CU adalah bagian dalam central processing unit yang bertugas memberikan arahan, kendali, dan kontol atas operasi ALU di dalam Central Processing Unit.

Hasil output dari CU akan mengatur berbagai aktivitas pada perangkat processor. 

Dalam proses kerjanya, kedua komponen itu saling mewakili dua langkap utama pemrosesan CPU. Operasi dasar Central Processing Unit memiliki dua langkah kerja utama yaitu:

1. Fetch

Fetch adalah langkah pertama dalam pemrosesan central processing unit. Dalam fetch terjadi proses pengambilan instruksi berupa nomor atau urutan angka dari memori program. 

2. Dekode

Setelah instruksi diambil, maka proses selanjutnya adalah mengubah instruksi menjadi sinyal yang nantinya mengontrol bagian lain dari Central Processing Unit. Langkah dekode dalam CPU dilakukan pada seksi sirkuit yang dikenal sebagai instruction decoder. 

Komponen CPU

CPU (Central Processing Unit) merupakan pusat utama atau pengolahan data suatu perangkat komputer.

Sementara itu, di dalam unit CPU terdapat beberapa komponen yang dihubungkan menjadi satu. Berikut adalah komponen-komponen yang ada dalam processor komputer:

1. Casing CPU

Case CPU biasanya terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari besi, stainless steel, dll.

Case ini sangat berguna untuk melindungi berbagai komponen yang terdapat di dalam processor, tentunya untuk melindunginya lebih lanjut dari debu, panas, air atau unsur-unsur lain yang dikhawatirkan akan mempengaruhi kinerja fisik dari processor itu sendiri.

Selain itu case juga berfungsi sebagai tempat dimana kita dapat meletakkan dan memasang berbagai komponen seperti motherboard, power supply, optical drive, harddisk dan masih banyak lagi komponen lainnya.

2. Motherboard

Motherboard ini merupakan tempat dipasangnya banyak perangkat elektronik dan komponen komputer lainnya dan tentunya dapat dihubungkan satu sama lain. Komponen-komponen penyusun motherboard adalah prosesor, sound card, video card, harddisk, dan bagian lainnya.

Motherboard juga berfungsi sebagai media penghubung setiap komponen komputer agar dapat berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya.

Selain itu setiap motherboard juga memiliki parameter benchmark yang berbeda-beda, seperti spesifikasi CPU yang dapat didukung oleh motherboard, kapasitas RAM maksimal yang didukung oleh motherboard.

3. Processor

CPU merupakan salah satu komponen yang penting karena tanpa CPU, perangkat komputer tidak mungkin dapat berfungsi. Oleh karena itu, banyak orang yang percaya bahwa mikroprosesor adalah otaknya komputer.

Segala proses dan instruksi akan dijalankan di CPU meskipun komponen lain masih membutuhkan bantuan.

Semakin tinggi kecepatan prosesor, semakin cepat komputer dapat memproses berbagai jenis data.

4. Kipas Processor

Kipas CPU berfungsi sebagai pendingin dan menjaga suhu CPU tetap dingin dan stabil. Hal ini bertujuan untuk mencegah prosesor komputer menjadi terlalu berat atau cepat rusak.

5. RAM

RAM (Random Access Memory) juga memegang peranan penting pada perangkat komputer.

Karena komponen ini berfungsi sebagai penyimpan sementara data yang telah diproses oleh processor sebelum dipindahkan ke komponen lainnya.

RAM juga bisa diganti dengan kapasitas yang lebih besar atau lebih kecil, namun tentunya harus sesuai dengan jumlah maksimal RAM yang didukung pada motherboard Anda.

Unit RAM sering kali menggunakan perhitungan byte, dan kapasitas RAM yang ada di pasaran biasanya 256MB, 512MB, 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, dll.

6. Hardisk

Harddisk mempunyai fungsi untuk menyimpan banyak data dan sistem operasi yang berbeda dari satu perangkat komputer yang sama. Hard drive sering kali menggunakan perhitungan byte.

Semakin besar kapasitas harddisk maka semakin spesifik pula data yang dapat disimpan. Kapasitas harddisk yang ada di pasaran umumnya sangat beragam, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 TB hingga 3 TB.

7. CD/DVD ROM

Drive CD/DVD ROM atau drive optik ini merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk menulis dan membaca kaset atau chip CD/DVD.

Selain itu, CD/DVD ROM juga dapat digunakan untuk membakar atau menyalin CD menggunakan berbagai software.

Sedangkan format yang terdapat pada CD/DVD ROM adalah CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive dan DVD-RW drive.

8. VGA CARD (Video Graphic Adapter)

VGA (Video Graphic Adapter) merupakan komponen yang sangat penting bagi sebuah perangkat komputer. Padahal, VGA berperan sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan di layar.

Tanpa VGA, layar komputer pasti tidak akan menampilkan apa pun. Selain itu VGA juga sangat penting dalam menentukan kualitas gambar yang ditampilkan di layar komputer.

9. Sound Card

Perangkat ini lebih berfungsi sebagai audio processor untuk perangkat komputasi.

Kartu suara juga berfungsi sebagai prosesor audio, yang mampu mengubah sinyal analog atau digital menjadi input kartu dan kemudian mengeluarkan audio atau audio ke sistem komputer. Sound card juga mengontrol semua suara pada perangkat komputer.

10. Power Supply

Power supply berfungsi sebagai pembagi daya (sumber arus) pada setiap bagian komputer. Selain itu, power supply juga mengubah tegangan DC menjadi tegangan AC sebelum disuplai ke setiap bagian komputer.

Tipe-tipe CPU

Gambar Cpu Amd

Intel dan AMD telah banyak melakukan pengembangan ragam tipe processor. Dalam tiap tipenya, Central Processing Unit dibangun dengan pengembangan arsitektur yang berbeda.

Sebagai contoh, processor 32 bit dan 64 bit dengan kecepatan maksimum dan fleksibilitas kapasitas yang berbeda tiap tipenya. Berikut pengelompokan tipe-tipe central processing unit adalah:

1. Single Core Processor

Single Core Processor adalah jenis CPU tertua yang tersedia dan digunakan di sebagian besar komputer saat ini. Single-core processor hanya dapat mengeksekusi satu perintah pada satu waktu dan tidak efisien dalam multi-tasking.

2. Dual-Core Processor

Dual-Core Processor adalah central processing unit tunggal yang terdiri dari dua cores kuat dan berfungsi, misalnya Central Processing Unit ganda yang bertindak seperti satu. Berbeda dengan processor dengan satu core, dual-core processor mengelola multitasking secara efektif.

3. Quad-Core Processor

CPU quad-core adalah model yang disempurnakan dari beberapa fitur dan desain Central Processing Unit dengan empat core pada satu processor.

Mirip dengan dual-core processor, yang membagi beban kerja di antara core, quad-core memungkinkan multitasking yang lebih efektif.

4. Hexa Core Processor

Central processing unit Hexa Core adalah prosesor dengan core ganda lain yang tersedia dengan enam core dan dapat menjalankan tugas yang bekerja lebih cepat daripada prosesor quad-core dan dual-core.

Untuk pengguna komputer pribadi, prosesor Hexacore saat ini telah diluncurkan oleh Intel dengan Intel core i7 pada tahun 2010.

5. Octa-Core Processor

CPU Octa-Core dikembangkan dengan delapan core untuk menjalankan tugas efektif yang efisien dan bahkan bertindak lebih cepat daripada quad-core processor.

Octa-core Processor terdiri dari dua set prosesor quad-core yang membagi aktivitas berbeda di antara berbagai jenis.

6. Deca-Core Processor

CPU Deca-core tersedia dengan sepuluh sistem core independen yang digunakan untuk mengeksekusi dan mengelola tugas, serta instruksi data. Memiliki PC, atau perangkat apa pun yang dibuat dengan deca-core processor adalah pilihan terbaik. 

“The Intel 486 is rapid than 386, but after introducing the Pentium processor, all the processors are named like Duron, Celeron, Pentium, and Athlon.”

educba.com

Spesifikasi CPU untuk Developer Website dan Gamer

Bagi para gamers dan pekerja kreatif dengan task-task berat, pemilihan laptop dengan spesifikasi processor atau Central Processing Unit tinggi merupakan hal penting untuk menunjang keefektifan kerja.

Berikut beberapa rekomendasi processor yang penting bagi para gamers dan berbagai organisasi dalam developer website:

1. Gamer

Seorang gamer setidaknya memerlukan Quad Core processor dengan kecepatan tinggi. Seperti contohnya para gamer minimal setidaknya bisa menggunakan CPU seri Intel Core i3 atau seri AMD Ryzen 3/APU generasi terbaru untuk menjalankan game online dan berat. 

2. Developer Website/Programmer

Sedangkan untuk para developer website ataupun programmer, setidaknya untuk dapat menjalankan pemrograman dengan mudah, seorang programmer atau developer website paling tidak mempunyai spesifikasi CPU minimal yang memiliki ekstensi virtualisasi seperti Intel VT-x/Intel VT-d/Intel EPT atau AMD-V/AMD-Vi/AMD RVI (Rapid Virtualization Index).

“These days, your Central Processing Unit isn’t as important for overall system performance as it once was, but it still plays a major role in the response and speed of your computing device. Gamers will generally find a benefit from higher clock speeds, while more serious work such as CAD and video editing will see an improvement from a higher processor core count.”

digitaltrends.com

Kesimpulan

  • CPU adalah komponen perangkat keras atau hardware berupa sirkuit elektronik kecil yang berperan dalam melakukan pemrosesan dan pengeksekusian data serta instruksi utama dalam program komputer. 
  • Prinsip kerja dalam processor adalah terdiri dari dua komponen utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic-Unit) dan CU (Control Unit) dengan dua langkah pemrosesan utama, yakni fetch dan dekode. 
  • Tipe-tipe processor dikategorikan dalam beberapa hal, yaitu  single-core, dual-core, Quad-core, Hexa core, Octa-core, and Deca core processor.

Sekawan Studio menyediakan paket jasa pembuatan website profesional dan UMKM untuk membantu meningkatkan visibilitas situs di Google.

Bagikan:

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.