Apa itu MariaDB? – Arti, Fungsi, & Perbedaannya dengan MySQL

MariaDB adalah sebuah software database management system yang dikembangkan dari MySQL. Pengembangan mandiri tersebut dilakukan setelah MySQL diakuisisi oleh Oracle Corp pada tahun 2009.
mariadb database management system
Daftar Isi

Jika Anda sering mendengar database MySQL, mungkin sudah tidak asing lagi dengan MariaDB. Keduanya merupakan Database Management System (DBMS)  yang banyak digunakan dalam pengembangan website ataupun aplikasi. 

Akan tetapi, banyak orang yang lebih familiar dengan MySQL, padahal sebenarnya MariaDB dikembangkan secara mandiri dari MySQL.

Lalu, apa perbedaan keduanya? Tenang saja, artikel kali ini akan membahas rangkuman informasi tentang sistem manajemen database tersebut, mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan, kekurangan, hingga perbandingannya dengan MySQL. Simak dengan saksama ya!

Apa itu MariaDB?

Logo Mariadb

Sebelum membahas tentang fungsi dan perbandingannya dengan MySQL, Anda harus memahami pengertian MariaDB terlebih dahulu.

MariaDB adalah sebuah software database management system yang dikembangkan dari MySQL.

Pengembangan mandiri tersebut dilakukan setelah MySQL diakuisisi oleh Oracle Corp pada tahun 2009. Itu sebabnya, database ini hampir sama dan masih mengandung unsur SQL di dalamnya.

Fitur utama yang terdapat pada DBMS ini adalah replikasi data paralel, supporting API JSON, dan kompatibel di berbagai mesin penyimpanan. 

MariaDB adalah sebuah software database yang menggunakan fungsi tabel dan data, API, socket, dan lain sebagainya.

Beberapa fungsi tersebut memiliki persamaan dengan MySQL, sehingga akan lebih mudah jika Anda ingin berpindah dari MySQL ke MariaDB, karena keduanya berjalan pada SQL yang sama.

Fungsi MariaDB

Beberapa fungsi sistem manajemen database MariaDB adalah sebagai berikut.

1. Data Analytics

MariaDB adalah salah satu software database yang mampu melakukan kalkulasi data analytics 10 kali lebih cepat daripada sistem lainnya.

Hal ini bahkan dapat dilakukan ketika terdapat data yang besar dan banyak pada database.

2. Database Enterprise

MariaDB adalah sistem manajemen database yang dapat membaca data query dengan lebih cepat daripada yang lainnya.

Sebab, software ini memang didesain dengan fleksibilitas dan proses yang tinggi, sehingga dapat digunakan pada struktur yang lebih kompleks.

3. Importing Data

Fungsi lainnya dari MariaDB adalah dapat digunakan untuk importing data, karena software ini memiliki konektor yang dapat menghubungkan beberapa jalur komunikasi, seperti Java, Phyton, Kafka, dan lain sebagainya.

Dengan itu, importing data pun akan lebih mudah dilakukan.

4. Mendeteksi Pesan Error

Software ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi pesan error pada klien. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan langkah yang akan dilakukan.

Sayangnya, fitur ini tidak dapat digunakan dalam Bahasa Indonesia.

Masih banyak lagi beberapa fungsi lain dari software ini, seperti operasi data besar, penyimpanan kolom yang lebih cepat, dapat melakukan skala permintaan data Ad Hoc, dan lain sebagainya.

Itu sebabnya, MariaDB adalah sebuah DBMS yang cukup populer di kalangan developer website dan aplikasi.

Kelebihan Database MariaDB

Di antara beberapa keunggulan dari MariaDB adalah sebagai berikut.

1. Open Source

Salah satu keunggulan yang banyak dicari oleh para developer adalah sifatnya yang open source.

Software ini dapat diunduh dan digunakan tanpa berbayar, sehingga Anda dapat melakukan modifikasi dengan lebih leluasa.

2. Multi User

Software ini dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa menyebabkan lambat, sehingga sangat cocok untuk sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang. 

Apalagi, MariaDB adalah salah satu software yang dikenal stabil dalam kecepatannya. Jadi, Anda tidak akan merasa lemot meskipun digunakan oleh banyak orang dalam waktu yang sama.

3. Banyak Pilihan Data

Software ini juga menyediakan beberapa pilihan data yang cukup banyak sebagai alternatif bagi para pengguna.

Beberapa pilihan data tersebut seperti double, signed or unsigned integer, float, data, timestamps, chat, text, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Keamanan

Keamanan menjadi hal yang sangat krusial bagi database management system.

Oleh karena itu, banyak developer menggunakan software ini karena sudah dilengkapi dengan firewall seperti izin akses, nama host, subnet mask, dan beberapa fitur keamanan lainnya.

5. Multilingual

MariaDB adalah sebuah aplikasi yang dilengkapi dengan beberapa pilihan bahasa, sehingga dapat membantu mendeteksi berbagai pesan error yang diterima.

Software ini dapat mendeteksi kesalahan besar hingga kecil yang Anda terima dengan kurang lebih 20 bahasa yang bervariasi.

Kekurangan Database MariaDB

Banyaknya keunggulan yang dimilikinya tidak berarti bahwa MariaDB adalah aplikasi yang sempurna.

Berikut adalah beberapa kekurangannya yang cukup penting untuk Anda ketahui.

  • Kemampuannya melakukan data yang cepat dan kompleks membuatnya hanya cocok digunakan oleh perusahaan besar saja. Software ini tidak disarankan untuk digunakan oleh perusahaan atau bisnis kecil
  • Jika data yang akan Anda simpan melebihi kapasitas server, software ini akan lebih susah untuk menyimpannya
  • Meskipun software ini multilingual dan memiliki kurang lebih 20 bahasa, tetapi Bahasa Indonesia tidak termasuk di dalamnya, sehingga beberapa pesan error tidak dapat terdeteksi

MariaDB vs MySQL

Perbedaan Mariadb Dan Mysql
Perbandingan Mariadb dan MySQL

Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, subtopik ini akan membahas tentang persamaan dan perbedaan MariaDB dan MySQL. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Persamaan

Berikut merupakan beberapa persamaan antara keduanya.

  • Sama-sama mematuhi prinsip Atomicity, Consistency, Isolation, and Durability (ACID), sehingga memiliki akurasi dan integritas data yang baik
  • Keduanya sama-sama menggunakan SQL untuk mengelola data dan query-nya
  • Karena menggunakan SQL, terdapat beberapa perintah yang sama pada keduanya, seperti create database, use database, create table, select, insert, update, delete, dan lain sebagainya.
  • Keduanya merupakan software yang bersifat open source
  • Adanya persamaan konfigurasi MariaDB dan MySQL
  • Sistem keamanan keduanya sudah terenkripsi, serta didukung oleh SSL/TLS

2. Perbedaan 

Untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, simak tabel berikut ini.

AspekMariaDBMySQL
Opsi penyimpananMemiliki banyak pilihan penyimpananLebih sedikit opsi penyimpanan
Tahun launching20091995
KecepatanLebih cepatLebih lambat
Dukungan fungsi JsonJSON_QUERY dan JSON_EXISTJSON_TABLE
FungsionalitasKolom tidak terlihat dan baru akan terdaftar ketika pengguna menjalankan perintah select atau insertKolom dinamis, dapat disembunyikan jika data mengandung informasi rahasia dan sensitif
AutentikasiTidak memiliki komponen default, biasanya menggunakan plugin validator kata sandiMemiliki komponen validate_password
EnkripsiMendukung enkripsi log biner dan enkripsi log sementaraMenggunakan AES dan InnoDB dalam melakukan enkripsi data

Nah, itulah beberapa rangkuman informasi tentang MariaDB untuk Anda, mulai dari pengertian, fungsi, hingga perbandingannya dengan MySQL.

Software tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan maintenance website secara lebih efisien, karena dapat memastikan keamanan data dan juga performa situs web secara keseluruhan.

Maintenance website sangat penting dilakukan secara rutin untuk memastikan segala fungsi situs tersebut bekerja dengan baik, serta dapat menghindarkannya dari berbagai serangan berbahaya.

Bagi Anda yang membutuhkan pemeliharaan website secara rutin tetapi tidak memiliki waktu dan sumber daya yang mumpuni, serahkan pada Sekawan Studio!

Kami menyediakan layanan jasa maintenance website yang akan membantu memelihara situs Anda dari berbagai permasalahan.

Kami akan memastikan website Anda memiliki performa optimal dengan melakukan pembaruan plugin, tema, dan juga database, monitoring setiap bulan, serta melakukan pemeriksaan secara detail agar situs tersebut bebas dari bug dan error.

Jika Anda tertarik dengan layanan kami, hubungi kami untuk mengkonsultasikan kebutuhan Anda!

Tampilkan lebih Banyak Rekomendasi Topik.

Dapatkan informasi dan notifikasi update artikel terbaru dari kami, untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknologi.

Mulai Proyek!

Tentukan paket pilihan sesuai dengan bisnis Anda.

Informasi Personal

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.

Mari wujudkan idemu.

Cluster Coding Factory, KEK Singhasari, Jl. Raya Klampok, RT.04/RW.04, Pasrepan, Klampok, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153

Raih keuntungan bersama kami!

Daftarkan diri gratis dan dapatkan keuntungan dari program kami.